Selasa, 03 Juni 2014

Ramadhan Datang, Badan Sehat, Dompet Pun Sehat

Baru aja saya nonton televisi, katanya harga-harga kebutuhan pokok dibeberapa pasar mulai merangkak naik menjelang datangnya bulan Ramadhan. Hmmm… walopun selama ini urusan keuangan itu, suami yang atur tapi tetep aja suka langsung cenat-cenut kalau denger harga pada naik. Eits, tapi itu duluuuuu… Sekarang, lebih santai, lah.

Santai bukan karena merasa udah jadi orang kaya yang tinggal ‘metik’ aja uangnya. Tapi, keunangan itu sebetulnya bicara tentang manajemen juga, kan? Coba dipelajari dan dipraktekin lagi segala tips tentang keuangan.

Ngomongin tentang puasa, kita sepakat ya kalau berpuasa itu selama dilakukan dengan cara yang benar maka badan kita pun akan jadi sehat. Nah, sekarang percaya gak kalau puasa juga bisa bikin dompet kita sehat? Beneran bisa kok, asal tau caranya juga.

Buka puasa bersama


Yang paling marak saat ramadhan adalah adanya acara buka puasa bersama. Buka puasa bersama teman seangkatan waktu SD, SMP, SMA, kuliah, teman kantor, komunitas, dan lain-lain. Mungkin bisa jadi paling tidak seminggu sekali kita dapat undangan buka puasa bersama. Malah ada yang lebih dari seminggu sekali, ya.

Jujur aja, saya paling malas datang ke acara buka puasa bersama kalau diadakannya di mal. Bukannya tidak ingin bersilaturahmi, tapi buka puasa bersama di mal itu lebih banyak ribetnya. Yang pertama, pasti urusan ibadah. Maghrib itu waktunya pendek. Emang, sih sekarang banyak mal yang sudah mempunyai tempat untuk beribadah. Tapi, bayangin aja deh, berapa lama antrian yang harus kita lakukan karena akan banyak sekali yang akan melaksanakan sholat maghrib.

Alasan kedua adalah saya malas menunggu. Gak bulan puasa aja, saya itu paling malas antri dan menunggu urusan makanan. Biar kata banyak orang makan di resto tersebut lagi hits, saya memilih untuk gak makan di sana kalau harus berlama-lama tunggu antrian. Nah, kalau bulan puasa kita semua tau, lah. Kayaknya gak mungkin ya, dating ke suatu resto apapun pas jam maghrib trus langsung dapet makan. Biasanya kita harus duduk kira-kira 1 jam sebelumnya. Bisa aja sih kita datang pas maghrib, tapi biasanya udah ada teman atau keluarga yang datang lebih dahulu.

Kalaupun kita tetap ingin datang ke acara buka puasa bersama di mal, sebaiknya pilih-pilih juga. Biaya makan di mal sama makan di rumah, pasti lebih murah makan di rumah. Nah, kalau kita terlalu sering datang ke acara buka puasa bersama di mal, bisa-bisa pengeluaran keuangan kita saat bulan ramadhan lebih besar dari bulan lainnya.

Kalau gini gimana mau bikin dompet sehat. Malah mungkin kita juga jadi cenat-cenut, belum lebaran uang gaji udah abis buat bukber sana-sini. Ngandelin THR atau gesek kartu kredit? Kayaknya jangan, ya kalau alasannya untuk bukber.

Buka Puasa Masih Di Jalan


Jadi inget waktu masih jadi orang kantoran, selalu aja saya berbuka puasa di jalan karena selain rumah cukup jauh, jam pulangnya juga udah sore. Kadang suka ada rasa tergoda pengen buka aja di mal. Apalagi jarak kantor sama mal kan deket banget. Tinggal jalan kaki, jadi gak perlu pusing sama macet atau cari parker.

Tapi, karena gak mau keuangan jebol, akhirnya saya selalu bekal camilan dan air putih untuk berbuka. Buat saya makan 1-2 camilan plus minum air putih, udah cukup mengenyangkan, kok. Kalau maish lapar, tunggu sampai rumah dulu baru makan. Irit, kan?

Temen-temen juga punya tips lainnya? Kalau ada kita berbagi, yuk! Semakin banyak tips, bisa jadi semakin sehat dompet kita, kan? :)

Keke Naima
Keke Naima

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

34 komentar:

  1. bulan yang penuh berkah ini memang sangat ditunggu kedatangannya pada setiap tahunnya, banyaklah himak yang terkandung saat kinunaikan kewajiban puasa dengan keikhlasan....semogapuasa kita tahun ini lebih baik dari puasa puasa sebelumnya...aaamiiiin

    BalasHapus
  2. tggl menghitung hari ya mak...plg males buber di mol jg sih..ribet bgttttt :)

    BalasHapus
  3. Semenjak ber-food combining, pengeluaran untuk makanan pas bulan puasa sekeluarga makin enteng. Malah sampai geleng-geleng kepala saking herannya. Kami berbuka hanya dengan buah dan air putih saja. Habis magrib baru makan nasi, sayur dan protein nabati saja. Karena ingin memaksimalkan puasa juga untuk ikhtiar sehat. Sahurnya, kalau saya eksklusif buah. itung-itung ternyata ngiriiiiiit banget :) Nice article Mak Chi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga nyobain food combining. Enak juga ternyata :)

      Hapus
  4. Iya seharusnya Ramadhan jadi ajang kesederhanaan dalam segala hal ya Mbak Myr..Tidak seperti selama ini, Ramadhan justru memicu kenaikan inflasi karena harga makanan meroket akibat permintaan yang meningkat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, apalagi harganya juga suka meningkat saat ramadan hingga hari raya, ya. Kyknya emang harus lebih hitung2 lagi urusan pengeluaran :)

      Hapus
  5. Yukk...sambut puasa dengan bahagia dan gembira, termasuk dengan cara memanag dompet :P

    BalasHapus
  6. makasih tips nya mak,,bermanfaat buat aku :)

    BalasHapus
  7. tak terasa waktu berjalan begitu cepan, ramadhan sebentar lagi ya, hehehehe

    BalasHapus
  8. sama mbak...saya juga paling malas kalau diundang buka puasanya di mall....tapi saya punya trick kalau buka puasa di mall. Begitu adzan...langsung batalkan dengan segera dan langsung ke musholla. Saya jamin tempatnya masih kosong deh...itu sudah saya jalankan beberapa tahun terakhir seandainya harus berbuka di mall....jadi urusan ibadah tetap lancar deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, boleh juga tipsnya, Pak. setelah itu makan, Biasanya resto ydah lumayan berkurang konsumennya, ya. Jdi enak

      Hapus
  9. biasanya memang kalo pas bln puasa, pengeluaran sedikit naik, jadi harus pintar2nya kita mengelola keuangan y mak...

    BalasHapus
  10. qiqiq aku ama keluargaku udah pada kapok buka puasa di mall. Udah penuh, rame, makanan lama dateng, sholat magrib antri qiqiqi akhirnya ngga pernah ada acara buka puasa di mall :P

    BalasHapus
  11. ga kerasa ya, akhir bulan udah puasa lagi :D

    BalasHapus
  12. hiks harusnya konsumsi selama puasa biasa aja kayak bulan lainnya ya tapi kadang suka laper mata jadi berlebih2an deh makanannya...ditambah memang harga2 naik ya pas menyambut ramadhan gini

    BalasHapus
  13. Ak pun tak suka mba kalo buka puasa di mol, karena solatnya susah.

    Jadi lebih buka puasa dirumah saja, silaturahmi dapet, ibadah juga lancar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, kalau diadainnya di rumah, bisa saya pertimbangkan untuk dateng:)

      Hapus
  14. iya kalo buka puasa di mal bingung sholatnya aja

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah, saya dan keluarga selalu diberikan kesempatan yang indah berbuka bersama di rumah. Sebenarnya undangan bukber sih selalu ada, tapi eman-eman kalo hanya sekedar ngumpul dan makan, sebab ramadhan setiap detiknya adalah peluang mendapatkan pahala sebanyak-banyuaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kumpul2nya bisa di lain waktu ya Pak :)

      Hapus
  16. aku termasuk yang tambah pengeluaran di bulan puasa maak... karena pulang kantor gak keburu buat bikin camilan, jadi hampir selalu membelinya....
    alhamdulillah, bulan puasa juga ada tambahan pemasukan, dari jualan ini itu, judulnya impaas aja dah alhamdulillah

    BalasHapus
  17. biasanya bulan ramadhan pengeluaran lebih besar ya padahal kan lagi puasa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya harus lebih diatur2 lagi, Lid :)

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^