Monday, February 3, 2014

Bintaro Jaya Xchange Mall - Pusat Lifestyle dan Belanja Terbaru di Selatan Jakarta

Bintaro Jaya Xchange Mall - Pusat Lifestyle dan Belanja Terbaru di Selatan Jakarta - Jakarta dan sekitarnya semakin mengukuhkan diri sebagai kota mall dengan berdirinya 1 lagi mall di Jakarta, yaitu Bintaro Xchange Mall. Mall ini sebetulnya terletak di selatan Jakarta, tepatnya di Tangerang. Tapi, lokasinya yang memang sangat dekat dengan Jakarta, bolehlah kalau mall ini mengklaim sebagai salah satu mall di Jakarta.

Jadi, kira-kira apa yang akan menjadi daya tarik Bintaro Xchange Mall ini?


Nostalgia


Waktu masih kuliah, saya termasuk yang sering pergi ke daerah Bintaro. Bisa 1 atau 2 minggu sekali. Berkunjung ke rumah tante dan bermain dengan sepupu-sepupu saya yang masih kecil. Saking seringnya, rasanya saya sangat hapat di jam dan titi mana aja yang sering macet dan lancar hehe. Setelah mulai kerja dan hingga sekarang menjadi ibu rumah tangga, sudah tidak pernah ke daerah Bintaro lagi.

Ketika saya dan para blogger mendapat undangan untuk mengelilingi Bintaro Xchange Mall, rasanya seperti bernostalgia.Menyusuri jalan-jalan yang sudah lama sekali gak saya kunjungi. Senang aja rasanya :)


Aksesnya Mudah


Ketika saya berkunjung ke suatu tempat, termasuk mall, seringkali gak harus yang dekat dengan rumah. Malah yang jauh itu suka lebih baik saya kunjungi daripada yang dekat. Salah satu alasannya adalah aksesnya mudah.

Bintaro Xchange Mall , lokasinya dekat sekali dengan pintu masuk CBD Bintaro Jaya. Kalau dari rumah saya yang juga dekat dengan pintu masuk tol, itu artinya kalau ke mall ini saya tingggal dari tol ke tol saja. Gak perlu lewat jalan lain. Selama jalan tol gak macet, perjalanannya akan memudahkan karena jalan tol biasanya gak terlalu banyak muter-muter.

Mall ini juga sangat dekat dengan stasiun Jurangmangu hanya berjarak 100-150 meter saja. Jadi, untuk yang menggunakan kendaraan umum, naik kereta bisa jadi salah satu pilihan yang terbaik. Atau bagi penduduk Bintaro Jaya yang ingin pergi ke Jakarta, bisa memarkirkan kendaraan pribadinya di mall ini. Fasilitas parkirnya bisa menampung 1.372 mobil dan 1.100 motor, jumlah yang besar, kan. :)


Green Wall


Menurut rencana, dinding luar mall ini akan dikelilingi oleh tumbuhan. Sepintas saya teringat saya rumah masa kecil yang seluruh dindingnya dipenuhi dengan tanaman rambat. Tapi, green wall di mall ini pasti bakal jauh lebih keren, dong. Karena didisain oleh ahlinya.

Green wall di Bintaro Xchange Mall, masih pendek tanamannya.


Waktu saya ke sana, bangunannya belum terlalu terlihat hijau. Karena tanamannya masih pendek-pendek. Tapi, kalau seluruh tanaman ini sudah tumbuh, tidak hanya akan membuat mall ini ramah lingkungan juga menjadikan green wall terbesar di dunia. Dan, sepanjang pengetahuan saya untuk mall di Jakarta saya baru melihat green wall di mall ini.

Saat ini green wall terbesar di dunia menurut The Guinness Book of Record ada di Singapore (di Collyer Quay)  dengan luas sebesa5r 2.125 m2 terdiri dari 50.972 tanaman dengan 25 varietas. Sedangkan green wall di Bintaro Xchange Mall rencananya akan seluas 2.197 m2 dan tinggi 26 m3 (4 lantai), dengan 150.000 tanaman terdiri dari 53 varietas.


BX Rink


Bukan karena saya jago ice skating, makanya saya menyukai BX Rink. Boro-boro bisa meluncur di es, untuk berjalan menggunakan sepatunya aja menurut saya itu lebih susah daripada pake high heels. Padahal pake high heels aja saya gak lulus-lulus amat hahaha.

Tapi, saya memang suka aja lihat orang yang lagi meliuk di atas es. Walopun cuma sekedar meluncur di atas es. Wiiihhh! Seru ngeliatnya!Saya bisa melihat atraksi itu sambil menyantap makanan di area Food Xchange yang memang mengelilingi BX Rink.

Waktu ke sana, kami disuguhi 3 pertunjukkan. Ada anak kecil yang menari solo bak penari ballet. ada serombongan anak kecil dan dewasa yang berlarian seperti kita melihat lomba sepatu roda, dan ada pertunjukkan ice hockey yang sukses membuat saya jejeritan karena melihat aksi keren mereka sekaligus bikin baju dan celana saya basah. Brrrr....!

Dengan luas ice rink 1.320 m2 dan luas fasilitas pendukung sebesar 1.000 m2 menjadikan BX Rink sebagai arena ice skating terbesar di Indonesia. Bahkan BX rink juga mempunyai skating academy, lho.


BX Rink Skating Academy berada di bawah naungan ISI (Ice Skating Institute) Asia, yang berpusat di Hongkong, dengan nomor member 13-AD092. Program ISI telah berstandar internasional untuk diterapkan di arena es seluruh dunia. Tujuan program, untuk mengembangkan skater yang ingin cepat menikmati aktivitas ice skating sebagai sarana olahraga rekreasi. - sumber: http://kicaubintaro.co.id/bx-rink-bakal-punya-skating-school/ -

Dengan 20 pelatih berpengalaman yang mengantongi sertifikat ISI Asia, siapa tahu di masa depan akan ada anak muda Indonesia yang berprestasi dari arena ice skating. Walopun, Indonesia sendiri bukalah negara bersalju, tapi setidaknya kita sudah memiliki fasilitas yang mendukung.  Tidak ada yang tidak mungkin, seperti cerita di film Cool Running :)
BX Rink Skating Academy


BXc Park


Ada apa aja sih di BXc Park? Di BXc Park, akan ada:

  1. Arrival Court (Drop off)
  2. Main Spine
  3. Maze Garden
  4. Children Playground
  5. Musical Fountain
  6. Koi Pond
  7. Performance Stage
  8. The Grand Lawn
  9. Amphitheatre
  10. Alfresco Dining
  11. Lawn
  12. Fragrant Garden
  13. Flower Meadow
  14. Jogging Track

Puas banget nonton di videotron segede gini. Dan, tiap akhir pekan akan ada hiburan jazz hingga top 40.


Oke, saya gak akan bahas dulu seluruh fasilitas yang ada di BXc Park ini. Apalagi waktu saya ke sana masih taraf dibangun. Diperkirakan sekitar bulan Mei 2014, BXc Park akan rampung seluruhnya. Yang jelas di area The Grand Lawn sudah ada amphitheatre dan terpasang 96 m2 videotron. Bikin nobar disana kayaknya asik. Nonton piala dunia? Atau film?

ECOmmunity memang menjadi konsep kawasan mixed-used ini. 6 hektar dari 25 hektar total kawasan akan dijadikan green belt area dengan berbagai fasilitas pendukung pedestrian walk (untuk pejalan kaki dan pesepeda), seating area, jogging track, panggung, water feature, dan beraneka taman tematik. Seluruh kawasan ini rencanannya akan dikembangkan dalam jangka waktu 15 tahun, terdiri dari shopping centre (Bintaro Xchange Mall), office tower, apartment, hotel, dan  convention centre.

Mall yang berkonsep Ecommunity (Ecology Community) ini, tidak akan lengkap rasanya kalau tenant-tenant Food and Beverages tidak bernuansa Alfresco Dining. Alfresco berarti open air atau udara terbuka. Jadi, Alfresco dining bisa dikatakan bersantap diudara terbuka.
    Tentunya tidak semua udara terbuka menjadi teman yang nikmat untuk kita menikmati santapan. Pemandangan yang bagus, taman-taman yang cantik akan membuat kita semakin menikmati santapan yang dihidangkan atau hanya sekedar ngopi di coffe shop.

    Saya penasaran akan secantik apa taman ini kalau sudah selesai pembangunannya.


    Di Bintaro Xchange Mall, tenant-tenant F&B akan menghadap ke BXc Park. Sekedar duduk dan ngopi sementara anak-anak bermain dan berlarian. Apalagi bakal ada children playgroundnya. Yah, namanya juga masih punya anak kecil Setiap ada children playground, biasanya kami datangi. Karena anak-anak biasanya suka banget.

    Bagi warga Bintaro Jaya, keberadaan Bintaro Xchange Mall semakin melengkapi dan memantapkan posisinya sebagai satu-satunya kota mandiri yang terdepan di selatan Jakarta. Sedangkan bagi saya yang warga Bekasi, adanya mall di Jakarta yang ramah lingkungan, rasanya saya siap untuk  "Xplore, Xperience, and the Xcitement" lagi, nih. Yuk!

    Bintaro Jaya Xchange Mall - Pusat Lifestyle dan Belanja Terbaru di Selatan Jakarta
    4/ 5
    By

    6 comments

    1. hah,173 mall mbk???beuh,banyak banget ya...jakarta oh jakarta.....

      ReplyDelete
    2. Horeee deket rumah...bintaro emang paling top buat tmpt tinggal dan lifestyle.....

      Siapa mak yg ditembok aja? Wkekwk

      ReplyDelete
      Replies
      1. nanti Raffi kl udah gedean bakal skatingan terus kayaknya, ya :D

        Yg jelas bukan saya hahaha

        Delete
    3. Wah kayaknya seru juga ya bun buat dikunjungi, bisa skatingan juga :D

      ReplyDelete

    Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

    Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^
    EmoticonEmoticon