"Enak, ya, sekolah-sekolah di daerah. Halamannya masih pada luas. Berasa sejuk banget," kata K'Aie waktu kami berjalan-jalan keliling Jawa saat liburan kenaikan lalu.

Spontan, Chi inget dengan foto sekolah putra mbak Dey di FBnya. Sekolah dimana terlihat jelas pegunungan, berhalaman luas, dan langit biru cerah. Makanya, postingan ini pun Chi kasih judul dengan "Sekolah Di Atas Awan". 

Sekolah-sekolah yang kami lewati dan K'Aie suka itu (Chi juga suka, sih) bukanlah sekolah dengan gedung mentereng. Apalagi menyandang kata 'internasional'. Hanya gedung sekolah sederhana. Tapi, halaman luas dengan banyak pepohonannya yang bikin kami suka setiap kali meihatnya. Kadang kami melihat beberapa anak sedang bermain di halaman sekolah.

Beruntung sekali anak-anak yang masih memiliki halaman luas di sekolahnya. Sebagai perbandingan, Chi pernah mengunjungi beberapa sekolah, dimana minim sekali halaman tapi sebagai pengganti tersedia ruangan bermain indoor. Cuma, tetep aja buat kami, sekolah yang masih memiliki halaman itu bisa dijadikan salah satu nilai plus ketika memilih sekolah. Dan bersyukur, Keke-Nai masih memiliki halaman di sekolahnya walaupun mungkin tidak seperti "sekolah di atas awan" :)