Sehari tanpa gadget? Gak masalah, tuh!

Halah! Chi ini kayaknya labil banget, ya. Sebelumnya posting, gak mau kalau sampe kiamat internet terjadi. Tapi sekarang posting kalau sehari tanpa gadget gak masalah. :p Ya, kalau buat Chi itu beda. Beda dari segi waktunya :)

Chi bukan orang yang terlalu tergantung sama gadget (dalam hal ini alat komunikasi). Walaupun diakui juga waktu FB sempet down beberapa waktu lalu, Chi sempet kelimpungan hahaha. Sebetulnya yang bikin Chi kelimpungan bukan karena gak bisa 'nongkrong' di FB. Tapi ada kerjaan yang harus Chi email saat itu juga. Masalahnya alamat email dan kontak orang tersebut ada di akun FB dan Chi gak punya no telponnya. Jadilah Chi kelimpungan, untung FB down nya cuma beberapa jam aja *lap keringet :O

Banyaknya 'tempat nongkrong' bagi kita untuk berkomunikasi, mulai dari FB, twitter, BBM, Path, whatsapp, dan lainnya makin membuat banyak orang senang berkomunikasi di dunia maya. Gak semuanya Chi ikutin, karena semakin banyak yang diikutin sebetulnya bikin hidup gak tenang *gadget berisik karena bunyi terus plus cepet habis batterenya :r

Lagipula Chi sendiri sebetulnya masih termasuk yang jadul seleranya. Telpon dan SMS masih pilihan yang paling nyaman buat Chi untuk berkomunikasi. Kalau sehari tanpa gadget, tentu aja bisa bikin Chi gak nyaman. Gak nyaman karena gak bisa telponan sama suami. *Kalau sama suami, Chi lebih suka telponan. Sms dilakukan kalau suami lagi ada rapat atau hp low bat. Ngobrol di media sosial sama suami? Nyaris gak pernah dilakukan :)

Tapi kalau dikondisikan sehari tanpa gadget, rasanya juga gak akan terlalu masalah. Lebih memaksimalkan kebersamaan dengan keluarga. Dan ini yang akan kami lakukan :


  1. Baca buku bahkan setelah dibaca biasanya kami saling berdiskusi tentang isi buku tersebut. Buku juga bisa jadi penyelamat buat Chi kalau lagi suntuk. Misalnya pas nungguin anak-anak sekolah. Chi lebih sering baca buku di parkiran daripada online atau ngobrol dengan ibu-ibu di sekolahan :D
  2. Menonton tv. Berlangganan tv kabel di rumah memungkin kami mempunyai banyak pilihan untuk ditonton. Tontonan yang bagus dan layak.
  3. Ngobrol dan aktivitas lainnya. Yang namanya anak-anak itu hidupnya penuh warna-warni. Ada aja ulah atau ocehan mereka yang seru. Seharian bermain bersama mereka juga bisa bisa bikin gak inget waktu :)

Bagaimana kalau lagi jalan-jalan di luar? Buat Chi malah lebih mudah lagi,  selama perginya dengan keluarga, gadget bisa jadi nomor sekian bagi kami. Apalagi kalau lagi pulkam, asik main di sawah atau mancing ikan di kolam bisa bikin kami lupa dengan keberadaan gadget.

Makan jangan sambil bicara? Buat kami lebih baik makan sambil bicara, daripada diam tapi asik dengan gadget masing-masing. Kami dengan tegas meminta anak-anak untuk menyimpan gadget ketika sedang makan. Selain mengurangi keakraban, ada resiko gadget jadi rusak dan kotor. Jadi harus disimpan dan tanpa ada kompromi.

Trus gimana kalau Chi sendirian harus keluar rumah tanpa gadget? Nah, ini yang agak berat. Biasanya kami sekeluarga saling mengabari lewat telpon. Apalagi kalau perjalanan mengalami hambatan. Ya, kalau harus tanpa gadget paling cuma pasrah. Berharap siapa tau masih ada wartel atau telpon umum koin yang bisa digunakan untuk menghubungi telpon rumah. Masih ada gak, ya? :D

Lagian cuma sehari, kan? Kalau berhari-hari, ya, jangan sampe. Nanti bisnis online K'Aie berantakan, dong :)