Merangkak

By Keke Naima - January 06, 2013

Pernah galau gara-gara merangkak? Chi pernah.. Tapi itu dulu, beberapa tahun yang lalu.. Waktu baru pertama kali punya anak

Gara-garanya Keke waktu bayi gak melewati fase merangkak. Usia 9 bulan dia mulai belajar berdiri, dan di usia 11 bulan mulai lancar jalannya. Tapi dia sama sekali gak merangkak..

Chi selalu melatih Keke untuk merangkak, tapi memang anaknya yang gak juga merangkak.. Awalnya Chi pikir karena Keke gemuk *tapi gak sampe obesitas ya, karena selalu konsultasi ke dokter anak.. Itu pun Chi masih santai..

Sampe suatu hari Chi baca sebuah artikel *dulu masih jarang banget internetan.. Artikel itu menulis *kalimatnya gak sama persis, tapi intinya sama karena Chi masih inget banget.. kalo bayi HARUS melewati fase merangkak. Bayi yang tidak merangkak menandakan adanya gangguan pada tumbuh kembang bayi. Bayi yang tidak merangkak katanya akan lemah bagian pinggang ke atas. Biasanya akan lemah dalam hal tulis menulis, susah belajar berenang dan kegiatan fisik lainnya.. Ketika merangkak bayi juga menstimulasi otak kanan dan kiri. Makanya bayi yang gak merangkak biasanya nanti akan tertinggal dalam hal akademis di bandingkan anak-anak yang merangkak ketika bayi..

Nah apa Chi gak galau banget pas baca kayak gitu. Apalagi baru punya anak pertama, pengetahuan dan pengalaman tentang mengasuh anak masih minim banget. Curhat sama K'Aie seperti biasanya ekspresinya kalem. Curhat sama mamah, katanya Chi juga dulu waktu bayi gak merangkak sama sekali. Jadi nyantai aja. Curhat lagi sama mamah mertua juga sama, K'Aie katanya dulu juga gak merangkak sama sekali. Jadi Chi pun di minta santai..

Oke Chi rada lega dengan penjelasan mamah dan mamah mertua, setidaknya ayah-bundanya Keke juga gak merangkak dan kami nyaman-nyaman aja sampe sekarang.. Hehehe..

Ketika Nai lahir, ternyata Nai pun gak merangkak. Tadinya yang Chi pikir Keke itu karena gemuk makanya gak merangkak ternyata Nai yang selalu kurus juga gak merangkak ketika bayi.. Langsung belajar jalan. Susah banget di ajarin merangkak. Gak pernah mau..

Sekarang anak-anak udah kelas 3 SD dan 1 SD. Tiba-tiba aja Chi keingetan tentang rasa galau Chi sama merangkak. Dan kayaknya Chi sekarang udah bisa bilang kalo kegalauan Chi saat itu ternyata GAK TERBUKTI..

Alhamdulillah sejauh ini prestasi akademis anak-anak membanggakan Chi. Padahal kan katanya anak yang gak merangkak akan mengalami ketertinggalan dalam hal akademis ya..

Untuk kegiatan fisik juga gak masalah.. Mereka termasuk anak yang aktif.. Keke berenangnya juga udah bisa, Nai masih belajar untuk urusan berenang. Keke pernah privat drum di rumah *sekarang lagi istirahat dulu. Kalo Nai lebih suka kegiatan berkreasi, makanya sekarang Nai kursus di global art.. Mereka berdua seneng banget main sepeda..

Chi gak bilang pendapat ahli yang menulis di artikel itu salah, karena biar gimana mereka pasti punya ilmu makanya di sebut ahli :) tapi bisa aja :


  1. Pada saat penulisan artikel kurang detil. Yah namanya artikel kan paling banyak berapa halaman sih? Jadi yang ditulis cuma garis besarnya aja..
  2. Yang nulis bukan ahlinya langsung.. Bisa jadi orang ketiga yang mungkin salah mengartikan

Masih banyak kemungkinan yang lain.. Tapi menurut Chi kita sebagai orang tua pasti lebih tau gimana kondisi anak kita.. Apalagi seorang ibu kan punya feeling kuat sama anak biasanya.

Cerita tentang galau kita ke orang-orang terdekat juga menolong banget. Kalo pun kita masih ragu, mendingan konsul ke ahlinya langsung jangan hanya membaca dari sebuah artikel. Biar mereka melihat langsung kondisi anak kita.. Kalo Chi belom sampe ke situ sih.. Waktu itu kami pikir gak perlu lah konsul ke ahlinya.. Mungkin memang anak-anak seperti ayah-bundanya yang gak melewati fase merangkak.. Dan alhamdulillah sampai saat ini Keke & Nai normal-normal aja.. :)

Di bawah ini bukti kalo mereka anak yang aktif.. O'ya kalo untuk prestasi akademisnya sendiri setiap ambil raport juga selalu tulis disini. Alhamdulillah nilai-nilai mereka selalu bagus :)


Akhir November 2009 (waktu Keke masih di TK B) beliin Keke Drum karena Keke kursus drum. Sebelum di beliin drum ada syaratnya.. Memantau di 3-4 bulan pertama. Kalo tetep semangat, gak ada ngeluh baru di beliin drum. Apalagi setelah itu Keke kan privat drum di rumah, jadi bener-bener kepake drumnya.. Cuma sekarang lagi istirahat dulu dari kursus-kursus.. Baru mau mulai cari-cari lagi..
Kalo Nai lebih suka dengan kegiatan berkreasi dan menggambar.. Jadi mulai November 2012 dia kursus di Global Art. Di foto ini, lagi ada kelas kreasi. Kelas kreasi kemarin, Nai boleh di temenin makanya Keke ikutan..

  • Share:

You Might Also Like

20 comments

  1. Info dari artikel tersebut juga pernah aku dengar dari orang2 sekitar Mba..tapi ya menurutku juga sama spt mba, belum tentu itu benar ya...

    ReplyDelete
  2. Gw pernah galau soal merangkak, Chie. Kok saldo tabungan gw gak merangkak naik gituh. Wahahaha. :D
    Alhamdulillah ya, anak-anak selalu sehat. Betul, kita orangtua yang paling tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl saldfo yg gak merangkak kayaknya sy juga bakal galau.. :D

      kadang feeling org tua juga penting bgt ya mbak :)

      Delete
  3. hihihi namanya emak2, kita pasti takut banget ya kalo denger atau baca sesuatu tentang anak2 yang ga sesuai. Toh namapun teori, bisa bener bisa ga kan..tenyata malahan prestasi Nai & Keke bagus banget..;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kl baru punya anak, yg engalamannya masih minim.. Bisa panik.. :D

      Delete
  4. Kata orang tua, saya dulu juga tidak merangkak mbak.

    Hasilnya ya seperti ini. :)

    ReplyDelete
  5. Wah..besok Al mengalami fase merangkak ga ya?, soalnya punya harapan neh kalau sampai di fase itu, hehehe Sebagai ibu memang harus cerdas ya mbak, gak gampan telan mentah2 informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak.. spt katanya Erry.. Cari2 2nd opinion juga kalau galau :)

      Delete
  6. aku juga pernah lihat tayangan di tivi dan itu seorang dokter yang bicara, klo anak tdk merangkak akan mengalami keterlambatan di usia 9 tahunan (sekitar kelas 4 SD) bahkan ada penayangan anak yang akhirnya diterapi merangkak.

    Allahu alam ya kalo begitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keke blm 9 tahun sih.. tp semoga gak kenapa2 ya.. :)

      Delete
  7. Alhamdulllah ya gak terbukti mbak ... tiap anak emang beda2 koq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mbak, keliatanya memang berbeda tiap anak.. alhamdulillah..

      Delete
  8. uwaaa senengnyaa...ajarin tante zwan ngedrum dong ke :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti hrs bs ya tante.. jgn kyk bunda di ajarin gak bisa2.. hehehe..

      Delete
  9. Saya juga pernah baca artikel ttg merangkak tsb, dan ketika anak kedua saya tdk merangkak, saya latih utk bisa merangkak.... dan akhirnya bisa merangkak walaupun fase merangkak nya cuma sebentar. Tapi kalau ada yg tdk merangkak,ternyata anak nya ga papa, ya... memang ga usah dikhawatirkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah skrg udah gak kawatir.. keliatannya memang beda2 tiap anak ya :)

      Delete
  10. Replies
    1. intinya jgn cpt termakan pendapat ya mbak.. :)

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^