Sebelum cerita Chipmunk, Chi cerita sedikit lagi tentang Kidzania ya.. *ada yang tanya..

Minimal usia 6th, maksimal 16 th dan area di bawah 6th ada, tapi sedikit banget.. Dan cuma area bermain aja, gak ada gajinya.. :p

Orang tua gak boleh masuk ke area kerja, cuma boleh liat dari balik kaca.. Kalo melanggar di denda 20 kidzoz.. Itu dia kenapa Chi protes bertanya kok harga tiketnya sama?? Tapi kalo lagi gak musim libur sih katanya tiketnya lebih murah dari harga tiket anak-anak. Dan harga tiket anak juga gak semahal itu.. Kemaren Chi kenal tiket liburan..

Kidzania itu ibarat sebuah negara. Kalo kita mau ke negara Kidzania, kita harus masuk pesawat dulu (loket tiket). Di loket itu, setiap anak di tanya nama lengkap & umurnya.. Abis itu di kasih gelang. Dan kalo kita mau kerja di suatu tempat, gelang si anak di scan gitu. Data-datanya masuk ke komputer, nanti selesai kerja di scan lagi plus ambil gaji.. Kalo di dunia nyata beneran, gelang itu fungsinya kayak kartu absensi kali yaaa...

Di Kidzania gak ada anak-anak. Jadi semua anak akan di panggil dengan sebutan Bapak/Ibu sama pembimbingnya.. Hmmmm... kalo anak-anak di panggil Bapak/Ibu trus kita yang beneran Bapak/Ibu jadi apa ya?? Hihi..

Karena namanya juga negara, untuk punya uang pun si anak harus kerja. Walopun di awal sesi tiap-tiap anak dapet selembar cek untuk di tuker sama uang cash di Bank sebesar 50 kidzoz (kidzoz = mata uang kidzania), tapi kalo gak kerja itu uang gak bakal cukup untuk "hidup". :D

Yang namanya cari kerja itu kan harus ngelamar, di Kidzania juga gitu.. Syaratnya gampang kok, cuma ngantri aja (setiap pekerjaan antara 20 s/d 45 menit.. dan setiap pekerjaan ada batasan-batasan jumlah anaknya). Walopun syaratnya keliatan sepele, tapi kalo lagi musim liburan antriannya bisa panjang banget.. Jadi itung-itung si anak belajar sabar kali yaaa... Setiap pekerjaan rata-rata di gaji antara 5-10 kidzoz

Uangnya untuk apa sih? Ya untuk beli makan. Untuk bersenang-senang, seperti main balap mobil.. Tapi kalo mau ikutan balap mobil harus bikin SIM dulu ya.. Kalo masih ada sisa, bisa di simpen di bank BCA cab Kidzania.. Hehe.. Semua kartu ATM, SIM, dll bisa kita pake lagi untuk kunjungan berikutnya. Jadi jangan sampe hilang.. :)

Satu sesi itu 5 jam di weekend, kalo weekdays 7 jam. Sebaiknya jangan telat kalo gak mau rugi. Keliatannya sesinya panjang banget ya.. Tapi kalo lagi rame, gak akan dapet banyak pekerjaan juga.. Lebih banyak antrinya.. Keke & Nai beruntung pas ke Kidzania waktu itu lagi gak terlalu rame..

Itu aja info tentang Kidzania yang Chi inget.. Nanti kalo ada tambahan Chi ceritain lagi.. :D


Yang paling atas itu ATMnya Nai.. Yang bawah segala kartu identitas Keke plus lencana pernah kerja sebagai polisi :D

 

Chipmunk Playland & Cafe

 
K'Aie tanya mau jalan-jalan kemana lagi mumpung sepupu-sepupu Chi masih libur.. Chi sempet bingung juga. Anak-anak sebetulnya minta berenang tapi cuacanya kayaknya lagi kurang bersahabat. K'Aie juga lagi batpil berat, kalo anak berenang trus kecapean Chi khawatir mereka akan kena batpil juga. Mana udah mulai sekolah & mau pekan ulangan pula..

Kepikiran mau ajakin ke Chipmunk, tapi kalo hari kerja berarti harus nunggu Keke pulang sekolah. Dan itu artinya ke Chipmunknya sore.. Ah mana enak ke Chipmunk cuma sebentar, lagian besoknya anak-anak masih harus sekolah. Kasian kalo sampe kecapean..

Akhirnya hari Sabtu berikutnya (1/9) kami pergi ke Chipmunk, sempet bingung ke Chipmunk apa Giggles? Tapi pikir-pikir ke Chipmunk aja deh..

Seperti apa Chipmunk? Chi udah pernah cerita panjang di Chipmunk Playland & Cafe. Kemaren itu personil yang ikut lebih banyak dari waktu pergi ke Kidzania. Ada ketambahan 6 orang lagi. 2 orang sepupu Chi yang akhirnya nyusul liburan (Rian & Risa), 1 orang bibi Chi (Bi Nung), 2 orang sepupu Keke & Nai (Fira, Fabian) dan 1 orang pengasuhnya Fabian. Kami lebih lama lagi main di Chipmunk ketimbang kunjunganyang pertama. Dari jam 11 s/d jam 7 malem. 8 jam!! Hehehe.. Sampe ada mbak-mbak petugasnya ngomong gini "Adek masih belom pulang juga dari pagi? Betah ya?"..

Yang di foto ini Alam, Keke cuma 1 fotonya.. Terlalu asik nyemangatin Keke supaya bisa sampe atas :D


Kali ini Keke udah mau main bungee trampolin & panjat tebing.. Cuma pas panjat tebing kok dia susah bener naiknya, keberatan badan nih Keke.. Harus sering-sering latihan.. Hehehe..

Akhirnya dapet meja juga, setelah menunggu yang lumayan lamaaa...

 

8 jam itu gak melulu di Chipmunk sih. Di potong sama makan siang juga. Dan Naima ngotot makan di Pizza Hut.. Hadeeeuuuuhhh antrinya lamaaaaaa... Cari meja kosong untuk sekitar 13 orang emang gak mudah.. Tapi Nai di minta ganti tempat gak mau..

Dari rumah udah bawa botol minum banyak, pengalaman dari kunjungan yang pertama. Anak-anak kan minum terus.. Tapi walopun udah coba belajar dari pengalaman tetep aja gak cukup.. Anak-anak minum terus.. Di itung-itung kami beli botol air mineral 300 ml sampe 20-an kayaknya.. Mana belinya kan di cafenya Chipmunk. Sebotol udah pasti jatohnya lebih mahal (5500/botol).. Tau gitu bawa air mineral botol sedus aja ya... Hihihi..

Itu aja cerita ke Chipmunknya.. Besoknya sepupu-sepupu & bibi-bibi Chi udah pada pulang lagi ke Bandung. Itu artinya liburan tlah usaaaaiiii... Kembali ke aktifitas normaaalll..