Libur Imlek di TANAKITA

By Keke Naima - January 24, 2012

Menghabiskan liburan di mall? Kurang asik ah.. Karena kalo ke mall sih gak harus nunggu liburan panjang atau long wiken ya..


Kalo liburan itu enaknya di rumah aja, bikin aktifitas yang seru-seru atau ngumpul-ngumpul sama sodara-sodara kalo perlu pergi kemana gitu deh..

Kalo terpikir ingin menghabiskan liburan di alam terbuka, jauh dari kebisingan kota & menghirup udara segar pilihan pertama kami adalah TANAKITA!! Pilihan kedua, yaitu TANAKITA.. Pilihan ketiga, tetep TANAKITA. Begitu juga dengan pilihan-pilihan lainnya.. Hahaha..

Kok pilihannya cuma TANAKITA? Ya abis enak sih disana.. Kayaknya kalo di Tanakita udah gak perlu mikir-mikir lagi mau kemana-mana & mau apa.. Udah komplit disana.. Makanya kalo di pikir-pikir tiap tahun kami kesana sampe sekarang belum pernah bosen.. ^^

Long wiken kali ini kami juga berencana menghabiskan liburan di Tanakita bersama keluarga besar Chi dari Bandung. Sebetulnya sempet agak khawatir, karena kali ini kan liburan imlek. Biasanya kalo imlek itu suka ujan terus-terusan.. Kalo Chi pribadi sih sebetulnya lebih suka di Tanakita pas lagi gak ujan. Tapi karena ngumpul sama keluarga dari Bandung itu selalu seru, jadi kayaknya gak ada alasan untuk males berangkat.. Lanjuuuuttt.. Hehe...

Perjalanan


Biasanya Chi suka berangkat anyara jam 9-10 dari rumah. Dengan rata-rata sampe sana jam 3-4 sore (Sukabumi selalu maceeeeeeeettt!!). Tapi karena rombongan Bandung udah jalan dari jam 6, kami pun bergegas berangkat. Untung aja semua perlengkapan udah siap dari malam, jadi tinggal masuk mobil trus berangkat deh.. Karena belom sarapan, jadi beli nasi uduk dulu di depan komplek. Makannya di mobil. Dan beli roti unyil di pom bensin.

Biasanya kalo ke tanakita, kami wajib brenti dulu untuk makan siang di resort Lido Lakes. Tapi karena kali ini ngejar rombongan Bandung (banyak keluarga dari Bandung yang belum pernah ke tanakita) jadinya kali ini kita langsung aja ke tanakita.

Ternyata berangkat pagi enak juga ya. Gak terlalu macet. Jam 11.30 kita udah sampe tanakita, situ gunung. Rombongan Bandung udah sampe 30 menit sebelumnya


Activities @tanakita


Kegiatan-kegiatan apa aja nih yang kita lakuin liburan kemaren.. Banyak dan semuanya seruuuuu.. Ini kegiatannya..


Kumpul keluarga

Kalo udah kumpul sama keluarga Bandung emang suka rame. Dari mulai cuma ngobrol-ngobrol, nyanyi-nyanyi, joget-joget dan urusan ber narsis ria.. Hehe..

Main twister bareng keluarga besar. Seruuuuuuuuu abiiiiiiisssssss!!! Tapi Chi gak ikutan.. Terakhir kali main twister sama Keke di rumah, pinggang Chi rada kecengklak saking semangat mainnya.. :p

Main twisternya di bagi 5 sesi. Sesi anak-anak (2x), sisanya sesi remaja, ibu-ibu & bapak-bapak masing-masing sekali

Kalo ada lapangan emang paling enak juga main sepakbola ya.. Main bolanya gak usah pake aturan, asal sama-sama ngejar bola aja udah seru banget.. Hehe..


Ke Danau

Biasanya Chi ke danau itu hari kedua. Tapi karena ini datang sebelum makan siang jadi kami bisa ke danau di hari pertama. Setelah makan siang pun kami berangkat ke danau

Di danau, Alam & Rian rada ngambek.. karena mereka pengen naik perahu. Tapi gak ada yang bawa uang. Lagian udah mulai sore, cuaca mulai berangin.. Udah gitu kan masih ada acara selanjutnya yaitu main flying fox.. Lagipula, menikmati indahnya danau udah cukup lah mengobati lelah selama perjalanan ke danau..



Flying Fox

Pulang dari danau lanjut lagi main fying fox.. main flying foxnya di tanakita.. Main flying foxnya kali ini lebih menantang dari yang terakhir kali Chi main di tanakita. Tapi kali ini Chi gak ikutan.. Males ahhh.. (baca : gemeteran.. Wkwkwk...)

Pertama kita harus menanjak lewat jaring laba-laba. Rintangan kedua, menanjak di atas seutas tali. Rintangan ketiga melewati jembatan goyang. Rintangan keempat baru deh flying fox..

Selama 2 hari para krucil naik sampe 3 kali, sementara yang dewasa 1 kali aja cukup.. Umur emang gak bisa bohong.. Wkwkkw... Naima juga naik looohhh.. Tapi karena dia masih kecil, dia tandem sama ayahnya..

Kalo main flying fox disini, WAJIB pake sepatu ya.. Yang gak pake sepatu dilarang naik..



Api Ungun

Udara malam di situgunung, memang menggigit. Apalagi kalo gak hujan.. Dingin bangeeeeetttt... Yang dari Bandung aja pake pakaian komplit. Baju tangan panjang, celana panjang, jaket bahkan kaos kaki.. Tapi walopun dingin, gak mengurangi keseruan looohhh...


Main Kartu Uno

Kami main Uno juga.. tapi untuk permainan uno gak sempet di foto.. Sayang yaa... :(


Ke Curug Sawer

Hari kedua kami jalan ke curug sawer.. Chi baru pertama kali ke curug.. Dan ternyata jalan ke curug itu edaaaaaaaannnnnn... O'ya ke curug juga wajib pake sepatu ya.. Bawa cemilan & air minum juga wajib banget tuh..

1 jam perjalanan ke curug dengan kondisi jalan yang curam.. Nanjaaaaaaaakkkk banget.... Trus turuuuuuuuunnnnnnnn bangeeettt.. Napas ngos-ngosan abis.. Jadi kalo bisa sih jangan terlalu di forsir tenaganya.. Sesekali brenti aja.. Sekalian narsis, foto-foto dulu.. Hahaha..


Waktu berangkat mereka masih pada happy.. Liat deh foto ceria mereka sebelum berangkat..

Tapi setelah jalan, baik itu berangkat & pulang, ada yang nangis tapi ada juga yang kuat.. Bravo untuk Keke!! Anak bunda hebat euuuuyyyy, kuat jalan sejauh itu.. Cuma Naima harus di gendong sepanjang perjalanan pulang.. Nanti kalo udah segede Aa' Keke, Nai juga kuat yaa.. Kiss juga untuk K'Aie yang terus menggendong Nai sepanjang jalan.. :)

Sebetulnya ada jalan yang lebih landai.. Tapi rutenya lebih jauh.. Yang deket aja, jalannya 1 jam ya apalagi yang jauh.. Hihihi.. Trus di rute yang landai itu kita nerusin lagi naik ojek & angkot.. Jadi ya udah deh pilih rute yang pertama aja.

Sesampainya di curug, seneeeennnggg banget.. Kebayang bakalan main di air gunung yang seger..

Yang pertama di celupin itu kaki. Ternyata airnya dingiiiiiiiiinn bangeeeettt.. Kayak di rendem di es batu.. Brrrrr..... Kirain cuma sejuk, gak taunya dingin banget.. Cuma lama-lama tergoda juga untuk main air.. Apalagi liat anak-anak kok gak ada dingin-dinginnya yaa.. Kuat banget mereka..



Sehabis main di curug kami pun balik ke Tenda.. Cuma Keke & Nai yang bawa baju ganti.. Tapi perjalanan jauhnya perjalanan, akhirnya baju yang basah juga kering sendiri selama di perjalanan.. :D


Tidur & Mandi

Tidur & mandi juga aktifitas menyenangkan di tanakita.. Ya iyalah, walopun di dalam tenda tapi sudah di sediakan kasur & bantal empuk sama crew rakata adventure. Plus sleeping bag.. Tapi biasanya Chi tetep pake baju tidur tangan panjang plus kaos kaki. Abis dingiiiinnn...

Mandi juga enak banget di sana.. Jangan bayangin kamar mandi kayak di pemandian umum ya.. Tapi ini bersih banget.. Ada shower air hangat juga.. Jauhnya perjalanan & kegiatan yang bikin capek, kayaknya terbayar banget dengan mandi air hangat.. Kadang suka pengen berlama-lama.. Tapi nanti bisa-bisa ketinggalan kegiatan menyenangkan lainnya nih.. ^^


Makan.. Makan... Makan... dan Makan...


Untuk dieters, lupakan dulu diet kalo lagi nginep di tanakita ya.. Karena selalu ada makanan di tanakita.. Apalagi udara kan dingin, bawaannya pengen makan terus.. Lagian mending makan lah, daripada masuk angin..

Awalnya keluarga Bandung mau bawa macam-macam makanan untuk selama kemping. Tapi Chi bilang kalo urusan makanan itu udah di sediain sama Rakata.. Pokoknya kalo nginep di sana kita tinggal bawa diri & perlengkapan pribadi aja.. Ya kalo mau bawa cemilan atau pop mie aja..

Ini makanan yang disediain tanakita selama kita camping kemaren


Makan Siang (day 1)

Nasi putih, ayam goreng, tempe goreng tepung, teri kacang, gado-gado, sayur asem, sambel terasi, lalapan, kerupuk udang & lengkeng


Gorengan

Pas kita main flying fox, kita di suguhin juga aneka gorengan.. Tapi gak ke foto gorengan, keburu masuk perut. Hihihi..


Makan sore

Cuankie.. Pas banget deh.. Cuaca mulai dingin, cuankie pun datang.. Racikan Chi adalah, pedas, manis.. Chi nambah sampe 2 kali.. Sebetulnya sih masih pengen nambah, cuma malu ah.. Kesannya kok rakus amat.. Haha..


Makan Malam

Menunya nasi putih, ayam bakar, kakap asam manis, perkedel tahu, capcay, sop kimlo, sambal terasi, sambal rawit, kerupuk udang, semangka


Marshmallow & Jagung Bakar

Bakar marshmallow kemudian di lanjut sama makan jagung bakar


Pisang Keju

Dan penutup makan malam adalah pisang keju.. Bener-bener kenyang.. Hihihi... Yang tukang makan aja sampe bilang, kapan tidurnya nih kalo di sediain makan terus.. Tapi tetep aja makan & semuanya tandas.. Haha..


Pancake

Pagi hari untuk para krucil di sediakan pancake.. Yang menyenangkan, pancakenya bikin sendiri.. Ada pemandunya dari crew rakata. Aktifitas ini menyenangkan untuk anak-anak karena seperti main masak-masakan..


Sarapan

Sarapannya kami di suguhi nasi goreng putih, nugget, mie goreng, emping, jeruk. Tapi kali ini Chi cuma fotoin mie gorengnya aja.. Padahal Chi makan yang lain juga.. Hihihi..


Gorengan

Gorengan sebelum makan siang kami di suguhi Combro.. Hmmm... Nyam.. Nyam..


Makan Siang (day 2)

Menunya nasi putih, gepuk, bakwan jagung, tumis tahu, tumis ikan asin jambal, sambel terasi, sop ayam, sop labu siam, kerupuk udang, lengkeng.


Pesta Duren

Emang sempurna deh makan-makannya karena sebelum pulang kita makan duren dulu sampe puas.. Hahaha..


Air putih, Air panas, Kopi, Teh, Gula, Creamer

Kalo ini stoknya gak terbatas. Jadi silahkan sepuasnya. Karena gak terbatas, perut-perut karet kami masih sanggup beberapa kali makan pop mie plus cemilan loh.. Hehe..


Pulang..


Perpisahan itu suka berat ya.. Rasanya masih pengen nginep lagi. Apalagi liburan masih ada 1 hari lagi. Tapi ya kita udah harus pulang..

Keke & Nai mah udah biasa deh, mereka gak suka perpisahan. Jadi suka uring-uringan kalo mau pisah sama sodara-sodaranya..

Insya Allah kalo masih di kasih umur panjang & rejeki kita ketemu & jalan-jalan lagi ya..

Sebagai penutup, kenalin dulu ya sama keluarga besar Chi.. Keluarga besar Alm. Bapak Embang Soelaeman



Keterangan: Yang wajahnya diblur atau diberi ikon bunga karena sekarang sudah berhijab :)

  • Share:

You Might Also Like

12 comments

  1. keluarga asik dan libuanyg sangad sangad asik,,,,seru bgd chi liburanmu, jadi iri deh, moga menang kontesnya yaaaa

    ReplyDelete
  2. wah asik yaaa..walo nginep di tenda,tapi ada kasurnya..ada listrik pula hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu wajib kyknya mbak.. wkt pertama tanakita dibangun kan blm ada kasur & listrik.. Wah sy gak bisa tidur semaleman & mati gaya.. Haha..

      Delete
  3. waa seru banget liburannya....jadi ngiler pengen kesana

    ReplyDelete
  4. asik sekali liburannya..seru dan menyenangkan apalagi bersama keluarga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup.. apalagi ngumpul2 kyk gini lumayan jarang mbak

      Delete
  5. yang ini, SERU BANGEEEETTTT!!!!!!!

    pendidikan dapet, kekeluargaan dapet, kembali ke alam dapet...
    makan makan juga dapet...
    semuanya lengkaaaaaaaaaaapppppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya sy gak kapok.. pergi ke sana terus.. hihi..

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^