Naiiiiii.... Hiks....

By Keke Naima - April 13, 2011

Sebetulnya lagi sedih.. Ceritanya sekitar 3 bulan terakhir ini Chi tuh gampang sakitan. Sakit batpil sih. Tapi biasanya cuma 2-3 hari juga sembuh, ini lama sekali. Ada demamnya juga. Malah pernah ya waktu kena batuk Chi sampe gak bisa bangun (gerak sedikit aja sakit) karena semua tulang sakit banget. Harus minum pain killer dulu baru agak berkurang..

Sempet ngobrol sm K'Aie kenapa ya akhir-akhir ini kok Chi sakitan. Padahal dulu jaraaaaaang banget. K'Aie mungkin sekarang cuaca lagi gak bagus. Ya mungkin juga sih..

Nah udah sekitar 3 minggu ini (maaf) payudara Chi sebelah kiri bengkak & berair. Ada benjolan cukup besar. Bikin badan meriang..

K' Aie udah berkali-kali nyaranin ke dokter. Tapi Chi takuuuuutttt... Di bayangan udah serem-serem banget..

Akhirnya tadi pagi Chi beraniin diri untuk periksa di hermina bekasi ke dr bedah onkologi. Dan ternyataaaa.. Harus operasi :(. Ya pas denger itu langsung lemes & nangis lah.. Takuuuuttt :(

Kok bisa ya Chi kena?? Padahal Chi gak ngerokok, menyusui juga, di keluarga gak ada keturunan, bahkan Chi jarang banget jajan sembarangan, di rumah juga gak pernah pake msg. Kalo kata dokter sih penyebabnya itu sebetulnya banyak banget. Gak hanya yang kita tau dari info-info di majalah, dll.

Termasuk jinak atau ganas? Belom di ketahui.. Dokter bilang (chi juga udah cari second opinion dan jawabannya sama) rontgent udah gak di perlukan. Krn rontgent kan untuk tau ada benjolan atau enggak. Nah ini kan benjolannya udah keliatan banget, besar (ukuran 7cm x 6,5cm). Mammograph apalagi, dilarang banget. Alasannya kan gak tau itu tumor jinak atau ganas. Yang di khawatirkan kalo ganas, sinar dari mamograph malah bisa bikin tumornya menyebar..

Tapi dokter 1 & ke-2 kasih jawaban yang cukup melegakan. Tumornya belum masuk ke jaringan getah bening. Kalo udah masuk kesana, udah bakal lain ceritanya...

Jalan satu-satunya ya harus di operasi. Mengangkat tumor. Nanti tumornya di periksa. Kalo ternyata jinak ya udah cukup pengangkatan tumor aja. Kalo ternyata ganas nanti diliat udah stadium mana. Kalo baru stadium 1 aja sih katanya payudara gak perlu sampai di angkat. di kemoterapi aja cukup. Do'ain ya, semoga ini cuma tumor jinak... Aamiin.. Walopun dokternya udah bilang kemungkinan besar sih ganas kalau lihat dari diameter benjolan dan gejala. *Lemeeeesss

Waktu pertama kali denger sih Chi nangis terus. Kaget & takut banget. Tapi setelah di kuatin sama keluarga & teman, terutama dari suami tercinta alhamdulillah kayaknya Chi berani deh operasi. Insya Allah.. Malah Chi udah bisa ketawa-ketawa lagi.

Tapi barusan aja temen Chi salah seorang pakar pengobatan alternatif menyarankan untuk tidak operasi dulu.. Dia cerita tentang pengamalan dia yang pernah terkena kanker getah bening dan sekarang udah sembuh total..

Dari pengalamannya waktu kena kanker biasanya dokter suka langsung menyuruh operasi. Tapi sebaiknya kita sebagai pasien minta di cek lab dulu. Nanti pas bagian hormon kanker kita lihat apakah hormon kanker kita masuk ke dalam nilai rujukan atau tidak. Kalo belom (walopun hanya selisih 0,01) di sarankan jangan. Karena angka selisihnya itu yang mungkin bisa jadi bibit kanker selanjutnya. Tapi kalo udah masuk ke angka rujukan ya baru silahkan operasi.

Selama belum masuk ke angka rujukan, biasanya dokter akan memberi obat untuk mengendalikan hormon. Dan biasanya sih gak akan bikin selisih angka hormon lebih besar, tapi justru akan memperbaiki hormon kita. Cuma kuncinya ya harus sabar.. Harus rajin minum obat.

Yah Chi jadi rada bingung juga nih harus ambil keputusan yang mana. Tapi kayaknya ambil saran temen Chi dulu apa ya?? (bingung juga sih yang dokter & pakar alternatif dua-duanya temen baik. Hehe..)

Cuma tiba-tiba aja Nai ngomong gini (Nai ngomongnya sambil nangis)..

Nai : "Kalo bunda dirawat, yang temenin ima sholat di rumah siapa??"

Waaaaaa.... Bunda jadi mewek lagi nihhh... Hiks... :(

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^