Senin, 16 November 2015

Ngeblog Asyik Itu Diawali Dari Niat

Ngeblog asyik itu diawali dengan niat. Awal November lalu, Chi sekeluarga camping ke Tanakita. Kali ini, kami camping di riverside, salah satu new camp area Tanakita (sekarand Tanakita punya 4 camp area). Pilih di sana karena memang udah gak ada pilihan lain. Semua area penuh hehehe.

Di riverside ini suasananya tenang banget. Camping di pinggir sungai, aktivitas yang terdekat ya bermain air di sungai. Kalau mau kegiatan lain seperti yang selama ini biasa kami lakukan, harus berjalan kaki dulu. Naik kendaraan pribadi atau carter angkot juga boleh kalau males ngos-ngosan :D

Gak cuma rada jauh dari aktivitas. Di riverside juga susah signal internet.Jadi, selama 2 hari 1 malam di sana, kami benar-benar family time. Ya, sesekali Chi memang buka laptop untuk ngedraft tulisan. Dan, jadilah sekitar 5 draft tulisan selama disana yang siap untuk dipublish.

Membuat 5 draft tulisan selama di sana, gak terlalu mengurangi family time, kok. Karena ternyata, yang selama ini banyak menyita waktu adalah godaan untuk bersocmed. Buat Chi, socmed itu gak cuma menguntungkan tapi juga godaan. Ketika membuat 1 postingan aja bisa berlama-lama, ternyata kalau dipikir lagi waktu terlama adalah karena tergoda socmed melulu huahahaha! Nah, karena di sana gak ada signal internet sama sekali, jadi Chi bener-bener fokus.

Kalau lihat perkembangannya, dunia blog sekarang ini semakin ramai, ya. Bahkan gak sedikit brand yang mulai melirik blogger sebagai perpanjangan marketing. Selain biayanya lebih murah, blogger juga dinilai mampu menyampaikan pesan secara viral. Sebut aja beberapa blogger ternama yang seringkali bikin blogger lain iri karena kesuksesan mereka.

Lalu apa hubungannya camping dengan monetize blog?

Ngeblog Asyik Itu Diawali Dari Niat

Hubungannya adalah ... Kalau mau flash back ke awal ngeblog, kondisi saat camping di Tanakita itu seperti saat pertama kali Chi mengenal blog. Bener-bener fokus tanpa ada gangguan dari social media. Gimana mau bersocmed kalau karena biaya internet mahal ajah :D *Yak! Point utamanya adalah di fokus.*

Dulu mau nyalain internet aja udah kayak nyalain mobil tua yang harus dipanasin dulu. Suaranya yang krik ... krik ... panjang dan nyaring itu pertanda Chi baru buka internet. Rada deg-degan juga, sih, karena ketahuan banget kalau lagi internetan. Ya itu artinya kalau tagihan telpon jadi mahal di bulan tersebut bakal langsung ketahuan siapa yang paling sering internetan. Mana dulu kalau mau nelpon berarti internet harus dimatiin dulu hehehe.

Tapi karena dari awal memang udah punya niatan untuk ngeblog, Chi bisa konsisten menjalaninya. Niatan Chi waktu itu adalah ingin membuat catatan perjalanan hidup Keke dan Nai.

Setelah Niat, Berikutnya adalah Konsisten

Niat itu harus kuat, itulah yang Chi rasakan selama ini. Kemudahan memang kadang suka memanjakan. Sekarang kalau internet mati suka rada kesel. Padahal dulu mau internetan aja harus bener-bener atur strategi hehe.  Dulu dengan segala keterbatasan jaringan internet, Chi tetap konsisten ngeblog. Caranya dengan ngedraft di word, nyalain internet kalau mau publish aja. Atau orat-oret di kertas dulu. Kalau udah jadi, disimpan di word. Jadi gak perlu berlama-lama dan ujung-ujung jadi mahal bayarnya kalau lama.

Kalau lagi ada rasa malas ngeblog, biasanya gak dipaksain. Nyantai aja dulu. Tapi kalau udah ada tanda-tanda malas berkepanjangan, itu artinya harus kembali lagi ke niat. Apakah niatnya masih kuat atau tidak. Insya Allah, niat Chi untuk mencatat cerita tentang Keke dan Nai masih kuat. Jadi kalau mulai timbul rasa malas, diingetin lagi sama niat.

Ah, masa sih Chi malas? Update blognya kayaknya tiap hari?

Ssstt ... ini rahasianya, ya. Bikin draft kalau lagi banyak waktu hehehe. Ketika waktu kita lagi sedikit, draft yang ada tinggal di publish. Atau bisa juga bikin poin-poin utamanya dulu, nanti tinggal dikembangin.

Konsisten memang bukan berarti harus ngeblog tiap hari, kok. 1 atau 2 minggu sekali juga gak masalah, asalkan konsisten. Jangan kali ini setiap hari menulis, berikutnya berbulan-bulan gak menulis.

Udah ... yang penting menulis tapi perhatikan konten

Suka galau gak kalau lihat tampilan blog orang lain cakep. Pengen blog kita secakep itu tapi gimana caranya? Atau pernah galau gak nentuin apakah blog harus ber-niche atau lifestyle (alias campur-campur). Galau sih boleh-boleh aja, tapi jangan kepanjangan. Apalagi sampe gak nulis-nulis. Padahal yang namanya ngeblog itu utamanya adalah menulis.

Dari awal blog ini memang ber-niche. Tapi dulu Chi mana ngerti berbagai istilah blog, termasuk niche. Ber-niche karena memang niatan awal adalah ingin menulis tentang Keke dan Nai. Jadi kebanyakan cerita tentang parenting. Buat yang masih bingung, mending nulis aja dulu yang konsisten. Nanti juga bakal ketemu arahnya kemana, apa tetap lifestyle atau berniche.

Lagipula daripada terlalu memusingkan hal itu mending diasah terus tulisannya. Paling gak paham lah do's and dont's menulis blog. Copas jelas dilarang keras. Apalagi kalau trus seolah-olah mengaku-aku kalau itu tulisan kita tanpa mencantumkan sumber.

Jadi diri sendiri juga bukan berarti cuek dengan sekitar. Maksudnya, jangan merasa 'inilah saya' trus nulis seenaknya. Menyakiti banyak orang, contohnya melanggar SARA. Tetaplah jadi diri sendiri tapi beretika. Ada beberapa tip lainnya, sih. Tapi bisa dipelajari sambil jalan, kok.

Passion yang Menghasilkan Rezeki itu Nikmat

Siapa, sih, yang gak pengen blognya bisa menghasilkan uang? Chi si pengen banget hehehe. Alhamdulillah, udah ada rezeki dari blog. Tapi, sebetulnya rezeki gak harus tentang uang aja. Rezeki banyak teman, mendapatkan barang, dan lainnya juga bisa dikatakan rezeki. Tapi, memang lebih nikmat lagi kalau rezeki didapat karena passion terhadap sesuatu yang kita lakukan.

Dulu Chi itu suka rada ngiri sama K'Aie karena kayaknya enak banget kerjanya. Yang namanya kerja sih pasti sama lah. Dimana-mana ada cape dan stressnya. Tapi, kerjaan K'Aie itu sama dengan passionnya. Dia mana mau kerja kantoran seperti di bank? Passionnya dia adalah di dunia adventure. Dan dia sekarang bekerja di bidang adventure. Ya, semacam hobi yang menghasilkan jadinya. Kalau begitu enak, kan?

Chi udah merasakannya sekarang. Blogging udah jadi passion. Memang nikmat ternyata hehe. Tapi sebelum tau apakah ini passion atau bukan, tentunya ada yang namanya proses. Dulu Chi mana tau kalau ngeblog bakal jadi passion. Pokoknya taunya menulis. Eh, lama-lama betah. Rasanya kalau gak ngeblog itu ada yang hilang *tsaaahhh! hahaha*

Terakhir, Chi gak percaya sama proses instant. Rasanya gak mungkin hari ini mulai ngeblog, besoknya langsung dikenal. Brand aja butuh sosialisasi kalau mau dikenal. Malah kalau kata Keke, "Mie intan aja harus dimasak dulu baru dimakan." Jadi, gak ada yang namanya proses instan. Coba deh tanya ke beberapa blogger yang sudah lama ngeblog, pasti banyak prosesnya kalau perlu jungkir balik. Tapi yang penting tetep semangat!

Nah, itu rahasia Chi kenapa rajin posting. Semuanya diawali dengan. Dan, niatlah yang terus mengingatkan Chi kalau semangat sedang menurun. Bagaimana dengan teman-teman? Apa yang bikin ngeblog jadi asik?

post signature

34 komentar:

  1. Mbaak... Betul banget. Dulu waktu awal2 kenal blog, saya nulis dulu di komputer rumah. Simpan di flashdisk. Seminggu sekali ke warnet. Posting. Hihihi... Kangen ya masa2 itu. Atau pas sudah bisa internetan di rumah, malam aja biasanya online. Itu juga ga lama2. Takut membengkak tagihan telpon.
    Kalau sy mungkin karena suka nulis jadi ngeblog ya asyik-asyik aja :D

    BalasHapus
  2. da saya mah, masih bingung soal niche mbak :)
    kalo blog saya temanya masih abstrak (alias gado-gado)
    hi hi hi

    BalasHapus
  3. Mantep... YG penting niat
    Kaoan2 jalan nya ke kampung saya Mbak...
    Hihi... Bakal ngerasain gimana susah senangnya menangkap sinyal alias koneksi internet 😁 haha...

    Tapi kalo sdh niat semua bisa dijalani. Betul itu 😊 virus menulis dan ngeblog ini pingin banget saya tularkan kepada teman2 TKI di luar negeri. Kenapa?
    Bukan aji mumpung, tapi saya sangat sudah merasakan bagaimana melesatnya menggunakan internet di luar negeri.
    Wuasshhh!!! Kenceeeng!
    Jauh beda sama di Indonesia 😊 makanya bagi yang masih di negara penempatan, yuk niatkan selain nabung duit juga nabung postingan alias nulis di blog 😊

    BalasHapus
  4. sipp...niat ingsun ngeblok lilaahi TA"ALA>>> :)

    BalasHapus
  5. Jadi inget kata2 mbak Anaz, tidak ada yang lebih indah di dunia blogging kecuali rezeki pertemanan

    BalasHapus
  6. Tips2nya mantap Mak Chi...Niat awal boleh beda2 tapi saat diiringi konsistensi, lambat laun akan terasa #NgeblogItuAsik. Bisa jadi curhat pribadi, lalu aktualisasi diri, berbadi bahkan jadi pundi2.

    BalasHapus
  7. Niatku ngeblog biar bisa nulis bebas merdeka ... hehehe

    BalasHapus
  8. Salam kenal mbak Chi...

    saya baru belajar nih, masih amburadul dan perasaan tulisan saya nggak mutu semua deh... :)

    BalasHapus
  9. Setuju pake banget mak .. semuanya berawa l sari niat. Niat yg baik insyaallah memudahkan semuanya. Awal ngeblog dulu ga kebayang bisa spt sekarang. Pun sekarang masih jauh dr profesional i'm enjoying the process.
    Niat baik checked..passion checked .. insyaallah rezeki mengikuti :)

    BalasHapus
  10. Aku jadi inget waktu dulu masih internetan nyolok ke telp. Hihihi... Disiplin banget itulah karena takut pulsa jebol. Dan suara berisiknya itu emang kesannya telponnya comel, ya. kayak mau bilang, nih si ini lagi internetan hahaha.... Dan aku setuju hobi yang menghasilkan itu emang asik banget. Kayak kata Kang Emil, pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar.

    BalasHapus
  11. Dulu ngeblog karena pengen bisa menuliskan pengalaman. Rasanya sayang kalo cuma keluarga dan orang di sekililing lingkaran pergaulan aja yang tahu, betapa nano-nanonya hidup saya. Nano-nanonya dalam arti positif, banyak kebahagiaan, karena bisa menerima apapun kondisi yang diberikan Allah pada kami sekeluarga :)

    BalasHapus
  12. Sepakat!
    Setelah niat sudah mantap, maka selanjutnya harus konsisten. Jika tidak, ya bersiaplah untuk gulung tikar. :D
    Menurut saya sih, konsisten dulu yang dikedepankan. Kalo sudah bisa konsisten, insyaallah semua akan ngikut. Terutama kualitas konten.

    Salam hangat dari Bondowoso..

    BalasHapus
  13. Nyahaa...saya awalnya juga gak tau niche itu apa Mba, taunya Nchie Hanie jee wkkwk...
    Btw emang semua dimulai dengan niat, dan untuk itu nggak ada yang serba instant. Saya aja butuh beberapa tahun di dunia perblogingan *yaela bahasanya* baru bisa kenal dengan dirimu mbaa. Kalo untuk sukses seperti teman2 bogger yang lain saya musti belàjar banyak nih ��

    BalasHapus
  14. rejeki ga harus tentang uang aja... waahh, suka!
    kembali ke niat awal membuat blog :)

    BalasHapus
  15. Aku akui niat saya besar sekali tetapi sulit ketika plan harus berubah karena ada prioritas anak yang super aktif :(

    BalasHapus
  16. awal ngeblog karena dulu ikutan MLM yg disuruh bikin blog, karena emang dasarnya seneng nulis, akhirnya ngeblog jalan terus tapi MLM nya gak jalan :) Akhirnya jadilah blog sebagai catatan perjalanan saya dan anak2.

    BalasHapus
  17. Dari awal ngeblog sampai sekarang isi blogku gak banyak berubah sih. Mungkin bahasa tulisan aja dan pemilihan konten. Kalau dulu semuanya diceritain di blog, sekarang engga. Bener, socmed itu racun :)))) walaupun memang banyak efek positifnya kalau kita mampu membranding diri dengan baik di socmed. Khusus untuk socmed, ternyata udah 1 tahun loh aku diet. Horee ternyata, bisa hahaha. Jadi curcol di sini. keep blogging lah pokoknya ya ^_^

    BalasHapus
  18. Seneng banget baca sharingnya, Mak. Buat belajar bagi saya yg blognya masih amburadul :)

    BalasHapus
  19. iya betul mak, ga ada yg instan, blog itu harus dibangun dari nol, ga ada ceritanya baru bikin lgsg keren..

    BalasHapus
  20. Setuju ngeblog asyik diawali dengan niat. Eh tapi kalau sedang liburan keluarga yang nginep di hotel itu aku biasanya malah nggak fokus ngeblognya hihi. Nulisnya kalau sudah sampe rumah. Memang harus dicoret-coret dulu deh biar nggak lupa, pengalaman sering tuh kelamaan nggak ditulis malah lupa mau nulis apaan sampe rumah.

    BalasHapus
  21. akhir2 ini ide nulis blog mentokkk banget,binguung mau nulis apa hehehe...soalnya jarang keluar rumah alias kurang piknik xixixi *ini mah alesan*.
    setuju banget, kalo g ngeblog itu rasanya ada yang hilang hehe

    BalasHapus
  22. Saya sampe sekarang klo ngeblog sambil online, hihihi. Jadi kadang nulis sebaris, buka sosmed 2 jam. Wkwkwkwk

    BalasHapus
  23. jd inget ini draft tulisanku masih banyaaakkk bgt yg blm keposting -__-.. diitung2, krn aku slalu publish tulisan baru seminggu sekali, berarti dgn stok draft segini bisa ampe 10 bulan ga ush cari bhan tulisan traveling dan kuliner ;p

    sbnrnya krn kerjaan kantor yg makin bnyk, apalagi mndekati akhir thn sih mba, yg bikin aku suka agak lama mempublish tulisan... nyampe rumah udh malam, udh keburu capek hrs mengedit tulisan lg.. tapi at least, BW slalu aku usahain tiap hari minimal 5 blog spy ga ketinggalan berita ;)

    BalasHapus
  24. Hai.. Pertama kalinya komen diblog kamu..

    Btw aku juga punya blog yg udah g keurus hampir 1 tahun ini, pas baca tulisan kamu, yg plg ngena itu bagian

    "Galau sih boleh-boleh aja, tapi jangan kepanjangan. Apalagi sampe gak nulis-nulis."

    Aduh.. Aku bgt tuh.. Mungkin akunya masih kena penyakit males, padahal di otak udah banyak bgt ide2 buat nulis

    BalasHapus
  25. Setuju banget, Chi. Segala sesuatu harus diawali niat yang kuat. Kalau medsos, aku jadikan pendukung aja. Blogger ga bisa lepas dari kebutuhan bermedsos. Asal jangan kebablasan. Gara-gara asyik bermedsos, kita jadi ga ngeblog. :D

    BalasHapus
  26. ngeblog asik itu jika internet juga ikutan lancar...kalau nggak lancar kadang bikin bete, kalau bete nggak jadi ngeblog deh...

    BalasHapus
  27. saya masih harus banyak belajar ... initnya adalah Niat.. konsisten.. menulis juga perhatikan konten ... :)

    BalasHapus
  28. Ngeblog buat mengasah agar tidak lupa MENULIS, krn sbg penulis novel kondisi punya baby, sering terpending.dari ngeblog ini, dengan nulis ga banyak-banyak, ide ga ribet2, keseharian, apa yang dilihat, dirasa. bisa nyambi momong, dll...syukur2 bisa menambah pendapatan :D

    BalasHapus
  29. Punya blog yang konsisten dan berkat hasil tersebut kita menghasilkan pundi-pundi uang. Wah setiap orang juga pengen begitu. Tapi blog gue belum menghasilkan apa apa:(, gapapa deh yang penting rutin dulu dalam nge blog :3

    BalasHapus
  30. Ngeblog di awali dengan niat bener banget, niat awal ngeblogku ya have fun.
    Ga nyangka gara2 ngeblog jadi kerja di dewaseo. Ga nyangka dengan ngeblog bisa menghasilkab pundi2 yaa Chi

    Tpi semuanya butuh perjuangan, ga instan. Tapi alhamdllh ya masih bertahan meski up n down ngeblognya :D
    hahhaaaa..

    BalasHapus
  31. Niat ngeblog buat asik nulis kadang pengen nulis yang bermanfaat buat diri sendiri. Kadang pengen nulis.fiksi juga

    BalasHapus
  32. Aku suka nggak enak kalau ada istilah "kembali ke niat awal ngeblog" karena niat awalku nggak semulia teman2. Kalau teman2 pd ingin berbagi, aku benar2 cuma buat ngisi waktu, daripada bengong nggak ada teman. Alhamdulillah kemudian ketemu teman2 yg baik & pandai, jadinya aku ketularan ngeblog yg lebih baik. Jangan suruh aku kembali ke niat awal ngeblog ya hahaaa

    BalasHapus
  33. Ngeblog itu emang asyik.. prosesnya juga ikutan asyik, bagi yang suka.. tapi yang penting semangat nulis dan konsisten ya mbak.. ^ ^

    BalasHapus
  34. Obat Jantung koroner
    Ikutan nnimbrung ya admmin dan inviite juga blog punya aku terimakasih

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge