Sabtu, 03 Oktober 2015

#PhilipsRiceCooker Membantu Menjaga Kehangatan Keluarga

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus

Philips Rice Cooker Membantu Menjaga Kehangatan Keluarga. Chi termasuk yang meyakini kalau makan adalah salah satu momen untuk tetap menjaga kehangatan keluarga. Itukah kenapa walopun kami termasuk keluarga gadget mania, tapi saat waktunya makan dilarang ada gadget antara kita. Waktunya makan adalah saatnya kebersamaan. Lebih baik berbincang-bincang sambil makan, daripada diam tapi konsentrasi ke arah gadget masing-masing *walaupun mulut tetap mengunyah*.

Sayangnya, kami jarang menghabiskan waktu untuk makan bersama. Kalau pagi, biasanya anak-anak yang sarapan lebih dulu. Sementara mereka sarapan, Chi menyiapkan berbagai keperluan sekolah. Begitu juga dengan K'Aie yang membantu Chi. Ketika anak-anak berangkat, Chi baru sarapan. Kalau K'Aie sangat jarang sarapan.

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus
Nasi campur bali

Siang hari, Chi makan sendiri. Anak-anak baru makan di rumah lagi menjelang sore saat baru pulang sekolah. Kemudian mereka pun makan malam lagi dan tidak bersama Chi *alasannya sedang berusaha gak makan malam*. K'Aie pulang larut malam, biasanya  makan sendiri atau kadang Chi temenin juga, sih *gagal lagi dietnya hahaha* Intinya kami jarang makan bersama saat weekdays. Paling weekend baru kami bisa makan bersama.

Walaupun jarang makan bersama, kami punya selera yang sama, yaitu makanan harus dalam keadaan hangat termasuk nasi. Makan nasi dingin itu gak enak. Tapi, kalau masak nasi setiap kali mau makan itu ribet. Enaknya sekali masak trus nasi tetap hangat dalam jangka waktu lama. Masalahnya kalau nasi dibiarkan lama di rice cooker, suka jadi kuning. Jadi serba salah kalau begini, deh.

Philips Rice Cooker Membantu Menjaga Kehangatan Keluarga

Chi yakin yang mempunyai pengalaman sama dengan keluarga kami itu banyak. Khususnya untuk yang tinggal di daerah perkotaan. Kesibukan masing-masing ditambah perjalanan yang padat membuat aktivitas makan bersama keluarga menjadi berkurang. Padahal makan bersama itu salah satu momen untuk menciptakan kehangatan keluarga.

Rabu, 30 September 2015, Chi hadir di acara launching Philips Rice Cooker terbaru yang penuh gaya dan tahan lama. Acara ini mengusung tema "Festival Nasi Nusantara" yang berkolaborasi dengan ahli kuliner ternama, Bondan Winarno.

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus
Nasi kuning banjar

Nasi memang makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Bahkan ada istilah "Orang Indonesia belum makan kalau belum ketemu nasi". Ibu-ibu di Indonesia *termasuk Chi* selalu menyediakan nasi di rumah sebagai makanan pendamping untuk lauk. Pak Bondan Winarno pun berkata kalau jumlah masakan nasi di Indonesia bahkan lebih banyak dari jumlah provinsi di Indonesia. Ada sekitar 70 masakan nasi nusantara yang tersebar sepanjang Sumetera, Jawa, dan Sulawesi. Menurut bu Maria Sianjuntak, konsumsi nasi di Indonesia mencapai 114 kg/tahun, Jauh lebih tinggi dibandingkan negara di kawasan Asia lainnya yang hanya 90 kg/tahun.
"Di Philips, kami ingin membantu keluarga untuk bisa menyiapkan makanan buatan rumah yang sehat dengan lebih mudah dan sering," ujar Jasper Westerink, General Manager Personal Health Philips Indonesia"
Philips mengerti kebutuhan masyarakat Indonesia. Setelah melakukan riset yang cukup panjang, Philips mengembangkan produk terbarunya untuk peralatan dapur, yaitu rice cooker. Produk yang merupakan refleksi dari kebutuhan orang Indonesia. Disain dan teknologi Philips Rice Cooker terbaru memungkinkan nasi masih tetap nikmat disantap selama 48 jam.

Philips Rice Cooker yang Penuh Gaya dan Tahan Lama

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus

Di awal acara, Novita Angie bertanya ke beberapa rekan media serta blogger tentang produk Philips yang dipakai di rumah masing-masing. Rata-rata menjawab menggunakan lebih dari 1 produk Philips di rumah. Dari mulai lampu hingga hair dryer. Dan, semuanya mengatakan kalau produk Philips itu tahan lama. Bahkan ada yang masih menggunakan produk Philips yang sudah jadi barang turun temurun dari orang tuanya.

Lalu bagaimana dengan produk Philips Rice Cooker terbaru ini? Bukankah rice cooker Philips yang lama juga tahan lama? Ya, produk Philips rice cooker yang lama memang tahan lama. Tapi, menurut ibu Maria Simanjuntak - Marketing Manager Domestic Appliances Philips Indonesia, ada beberapa alasan kenapa kita bisa mempertimbangkan untuk membeli produk Philips rice cooker terbaru, yaitu:
  1. Fakta kalau 240 juta masyarakat Indonesia itu makan nasi setiap hari.
  2. Dari 240 juta tersebut sekitar 60 juta rumah tangga membutuhkan rice cooker
  3. Walaupun rice cooker tahan lama, tapi fakta kalau sekitar 10 juta rice cooker terjual setiap tahunnya di Indonesia dengan peningkatan pasar sekitar 10% setiap tahunnya.
  4. Kita mungkin bisa pinjam setrikaan, blender, dan lainnya ke tetangga. Tapi kalau pinjam rice cooker, rasanya gak ada, ya. :)
philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus
Nasi uduk jambi

Sebelum mengeluarkan produk rice cooker terbaru, Philips melakukan survey dan riset panjang terlebih dahulu. Hasilnya adalah:
  1. Ibu memegang peranan penting di rumah tangga termasuk dalam hal menyediakan makanan. Rata-rata ibu memasak nasi itu 1x dalam sehari. Kalau dalam sehari tidak habis, nasi akan tetap disimpan. Tapi juga harus dipikirkan bagaimana nasi tetap bisa terasa pulen dan hangat. 
  2. Jumlah anggora keluarga di Indonesia dalam satu rumah jarang yang sedikit sehingga butuh rice cooker dalam jumlah cukup besar
  3. Materi inner pot (panci). Food grade adalah sebuah keharusan karena nasi ketika dimasak atau dihangatkan ada di dalam inner pot. Teman-teman bisa bayangkan kalau inner potnya ternyata gak aman bagi kesehatan?
  4. Anti gores. Setelah nasi habis, biasanya inner pot akan dicuci lebih dulu sebelum dipergunakan kembali. Saat mencuci, selalu ada resiko kalau inner pot akan tergores. Sebagai customer tentu saja gak akan memilih rice cooker yang inner potnya mudah tergores. Kalaupun inner potnya tergores, apakah rice cooker tersebut tetap aman digunakan?
  5. Sekarang dapur banyak yang cantik interiornya. Gak mau kalah dengan ruangan lain yang ada di rumah. Kadang cutomer ingin memadupadankan dapurnya yang berkonsep modern minimalis dengan peralatan dapur yang dimiliki. Philips rice cooker terbaru memiliki disain yang modern minimalis
sumber foto: fanpage Philips Home Living

Dari berbagai survey yang di dapat, pertanyaan yang paling sering ditanya adalah apakah produknya tahan lama? Ada 7 warna Philips rice cooker terbaru yang terbagi dalam 3 model, yaitu Premium+, Premium, dan Basic.

 Philips Rice Cooker Premium+ (HD3128) ini hanya satu warna. Kesannya elegan sekali.
 sumber foto: fanpage Philips Home Living

 Ada 3 warna untuk tipe Premium (HD3127). Ketiganya menggambarkan Indonesia. Merah-putih warna bendera Indonesia, hijau warna pemandangan, dan biru untuk samudera Indonesia. Indonesia banget :)
 sumber foto: fanpage Philips Home Living

Tipe basic (HD3118) juga ada 3 warna yang sama seperti tipe premium. Hanya saja tipe basic lebih dominan warna putih.
 sumber foto: fanpage Philips Home Living

Keunggulan dari Philips rice cooker terbaru ini adalah:
  1. Sistem pemanas pintar 3D - tujuannya agar nasi matang sempurna, nasi tidak hanya dipanaskan dari bagian samping tapi juga dari atas dan bawah.
  2. Fungsi pemanas otomatis yang membuat nasi tetap hangat dan enak selama 48 jam *nasi tetap segar dan gak kuning*
  3. Tutup bagian dalam bisa dilepas dan mudah dibersihkan*tapi untuk tipe basic fitur ini tidak ada*
  4. Body yang stainless steel sehingga kuat dan anti karat, terdiri dari 5 lapis panci
  5. Kapasitas panci 2 liter
  6. Ada pegangan pada pinggiran panci *udah gak perlu cari lap buat angkat panci yang masih panas, deh*
philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus
 Kalau nasi sudah habis, tinggal angkat saja. Gak perlu cari lap lagi buat angkat pancinya

Selain tipe Premium+, body luar Philips rice cooker premium dan basic adalah plastik. Kembali ke pertanyaan awal adalah apakah Philips rice cooker ini mudah tergores? Untuk membuktikannya, Philip melakukan ujicoba dengan menggunakan mesin profesional. Mesin tersebut untuk melakukan tekanan dan penggosokan terhadap produk Philips dan 2 produk kompetitor. Setelah 700 kali digosok, produk lain mulai tergores. Sedangkan produk Philips baru tergores setelah sekitar 3600 gosokan.

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus
Sistem pemanas 3D dan tutup lubang uap yang sudah disempurnakan membuat memasak nasi dengan Philips rice cooker bisa memasak lebih cepat. Perbedaannya sekitar 5 menit. Lumayan selisih 5 menit juga :)

Gak cuma lebih anti gores, konsentrasi uap pada Philips rice cooker hanya di tengah sehingga mudah dibersihkan.  Rice cooker yang uapnya kemana-mana membuat susah dibersihkan. Nasi yang dimasak dengan Philips rice cooker juga bisa lebih pulen. Dan nasi yang dibiarkan dalam waktu 48 jam pun, tetap terlihat segar. Ketika melakukan blind test ke konsumen, banyak yang memilih nasi yang dibuat dari Philips rice cooker.

#BekalNasiPhilips yang sempat diadakan di Facebook dengan mengajak para netizen untuk memposting bekalnya adalah salah satu cara Philips untuk mendekat kepada konsumen. Tujuannya supaya lebih tau apa yang dibutuhkan konsumen. Selama 36 hari, ada 568 partisipan dan 3.428 likes di fanpage Philips untuk kampanye ini.

Demo Nasi Nusantara bersama pak Bondan Winarno
Sumber foto : milik Philips Indonesia

Taukah apa menjadi makanan ikonik nasi Jakarta? Ternyata, bukan nasi uduk. Nasi uduk asalnya dari Jawa (sego wuduk). Di Jambi juga ada nasi uduk, tapi lebih dikenal dengan nama nasi minyak. Bagi orang melayu, minyak atau lemak itu artinya santan.

Walopun sudah tersebar ke berbagai daerah di nusantara, nasi kuning juga asalnya dari Jawa. Nasi ikonik dari Jawa Barat adalah nasi liwet. Di Solo juga ada nasi liwet tapi berbeda. Nasi liwet dari Jawa Barat bisa juga disebut nasi kastrol. Kastrol adalah periuk yang terbuat dari alumunium, tempat untuk memasak nasi liwet. Selain nasi liwet juga ada nasi tutug oncom makanan ikonik dari Jawa Barat.

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus
Nasi liwet solo

Berbagai kuliner nasi asal mulanya berasal dari makanan upacara. Salah satunya adalah nasi kuning. Banyak yang mengatakan kalau nasi kuning adalah nasi perayaan karena umumnya disajikan saat ada perayaan, misalnya saat ulang tahun. Tapi kalau disantap saat tidak ada perayaan apapun juga sah aja, kok. Gak dilarang :)

Menarik, ya, kalau membicarakan betapa kayaknya kuliner Indonesia baru dari nasi aja *dan, bikin lapaaarr hehehehe* Gak heran jadinya kalau Philips juga membuat Festival Nasi Indonesia. Di acara ini, ada 3 nasi nusantara dan 1 nasi asal Belanda yang akan dibuat oleh pak Bondan Winarno.

Butter rice

Butter rice yang dibuat oleh pak Bondan akan diinfiltrasi dengan sayur mayur. Bagus buat anak-anak yang gak suka atau susah makan sayur, nih. Cara membuatnya mudah banget. Mix vegetables (wortel, jagung, buncis, dan kacang polong) direbus terlebih dahulu. Campurkan nasi putih, butter, dan mix vegetables hingga menyatu. Supaya kadar garam lebih mudah dikontrol, sebaiknya pakai butter unsalted. Beri garam sedikit demi sedikit ke nasinya. Lidah anak-anak masih bagus, jadi sebaiknya gunakan sedikit garam.

Nasi Ulam Betawi

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus
Nasi ulam betawi

Nasi ulam adalah nasi putih yang diberi serundeng. Biasanya pakai serundeng kelapa. Tapi pak Bondan saat itu menggunakan serundeng lengkuas. Ebi disangrai kemudian dihancurkan. Kacang tanah disangrai atau digoreng. Ulam adalah sayur-mayur yang dirajang halus. Pak Bondan menggunakan kacang panjang dan daun kemangi yang dirajang halus. Campurkan semua. Nasi ulam biasanya disajikan bersama semur tahu, bihun goreng, perkedel. kerupuk, dendeng manis, dan digarnish dengan daun kemangi.

Nasi Bakar Manado (Cakalang Pampis)

Teman-teman yang pecinta kuliner Korea *atau pecinta drama Korea juga boleh*, tau kuliner Korea bernama Dolsot Bibimbap? Nah, nasi Cakalang Pampis mirip seperti Dolsot Bibimbap. Cara membuatnya, nasi putih di masukan ke dalam wadah *biasanya pakai periuk. Kalau gak ada bisa pakai wadah yang tebal bagian bawahnya karena nanti nansi langsung dibakar di wadah tersebut.* Taburkan di atas nasi secukupnya cakalang pampis (abon cakalang atau di manado disebut cakalang suwir). Parut wortel, kemudian dikukus *bisa juga ditambahkan pepaya muda*. Wortel yang sudah dikukus dimasukkan ke nasi. Bakar sebentar saja karena semua makanan yang berada di wadah sudah matang. Bakar hingga bagian bawahnya berkerak. Biar agak berasa crunchy.

Nasi Tutug Oncom

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus

Sambil menunggu nasi Cakalang Pampis dibakar, pak Bondan mulai membuat nasi tutug oncom. Ini bikinnya juga mudah. Campurkan nasi dengan sambal oncom. Membuat sambal oncom adalah oncom, rawit, kencur, dan bawang putih diuleg. Untuk sambal oncom, sebaiknya bikin sekaligus banyak *kecuali kalau tingga di Jawa Barat yang mudah mendapatkan oncom*. Bagi ke beberapa porsi, simpan di freezer supaya gak tumbuh bakteri.

Biasanya, nasi yang baru matang dari rice cooker itu suka lengket dan agak basah. Sekarang, sih, masih mending mau pakai rice coker. Dulu masak nasi harus diaron, trus dikukus di dandang, kemudian diakeul. *Duh, bahasa Indonesianya diakeul itu apa, ya? hehehe* Ya, pokoknya nasi yang sudah matang harus diaduk-aduk sambil sesekali dikipas supaya uapnya hilang. Walopun udah masak nasi dengan menggunakan rice cooker, Mamah tetap mengingatkan supaya setelah matang nasinya harus diakeul. Tapi, kalau pakai Philips rice cooker terbaru dengan penguapan yang sudah disempurnakan, nasi yang sudah matang gak perlu diakeul lagi. Bahkan pak Bondan mengatakan kalau nasi yang baru matang dari Philips rice cooker sudah bisa langsung dibuat nasi goreng dengan tekstur nasi yang enak.

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus
Nasi jagung madura

Berbagai jenis nasi di Indonesia yang saat ini dikenal di Indonesia adalah dari padi. Padahal sekarang mulai ada berbagai jenis beras lain, lho. Ada yang namanya beras analog, hasil karya dari IPB. Beras ini terbuat dari singkong, ubi, dan jagung yang di extruded jadi beras. Cara memasaknya juga sama seperti beras yang kita selama ini kenal. Bisa dimasak di rice cooker juga. Dan menurut pak Bondan rasanya sama enaknya, bahkan kalau di blind test kemungkinan kita gak akan menyangka kalau yang disantap adalah beras analog.

Beras dari padi yang terbaik juga sebetulnya beras pecah kulit yang warnanya justru gak terlihat putih-bersih. Saat ini, banyak yang terbiasa mengkonsumsi beras merah dengan alasan kesehatan. Untuk yang belum terbiasa mengkonsumsi beras merah perbandingannya 2 : 1 (2 bagian beras merah, 1 bagian beras putih), supaya tidak terlalu keras. Tapi kalau beras hitam, wajib perbandingan 1 : 1 (1 bagian beras hitam, 1 bagian beras putih). Karena beras hitam sangat pera, kalau tidak dicampur beras putih rasanya akan sangat keras. Sukar untuk dinikmati.

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus
Beras analog terbuat dari jagung

Beras yang membutuhkan banyak air bukan berarti lebih jelek dari beras yang sedikit air. Masing-masing beras punya karakter. Jadi, kalau teman-teman mencoba beras baru, trial dan error dulu sampai menemukan kadar air yang pas di lidah. Jangan juga sampai menyalahkan rice cookernya karena, ya :)

Philips Rice Cooker Mana yang Menjadi Pilihanmu?

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus
Kalau boleh milih, Chi akan memilih Philips rice cooker Premium+. Tapi untuk yang tipe Premium ini juga bagus. Apalagi warna merah, warna kesukaan Chi, nih :)

Dari 3 tipe Philips yang ada, Chi tertarik dengan tipe superstar, yaitu Philips Rice Cooker Premium+ (HD3128). Selain kualitasnya yang terbaik dari ketiga tipe tersebut, suka banget dengan warnanya yang elegant. Pro ceramic juga mudah dibersihkan. Bahkan cukup dengan dilap pakai lap bersih saja, sudah bisa bersih. Itu karena pro ceramic tidak memiliki pori-pori. Pori-pori bisa menjadi sarang bakteri kalau membersihkannya tidak benar. Tapi, karena pro ceramic tidak memiliki poro, maka dilap bersih saja sudah cukup. Ditambah lagi tutup bagian atas Philips rice cooker untuk tipe premium+ dan premium juga bisa dilepas, semakin higienis, deh.

Pak Bondan juga merekomendasikan kalau untuk peralatan masak sebaiknya yang menggunakan bahak pro ceramic. Harga Philips rice cooker tergantung pasaran, kisaran antara Rp500.000,00 s/d Rp700.000,00. Tersebar di berbagai pasar tradisional dan modern. Listriknya 400 watt saja, cocoklah untuk listrik rata-rata rumah tangga di Indonesia.

Kalau di rumah kami, rasanya nyaris gak pernah nasi di rice cooker tetap bertahan hingga 48 jam. Sehari sekali pasti masak nasi. Tapi, kalau punya rice cooker berkualitas seperti Philips, kayaknya bakalan tenang. Setidaknya nasih putih yang hangat, segar, serta nikmat akan selalu tersedia. Untuk lauk bikin yang simpel saja kalau tidak sempat masak. Dengan begini, gak cuma nasinya yang terus hangat. Tapi, kehangatan keluarga juga tetap terjaga. Karena salah satu datangnya cinta itu kan dari perut *tsaaahhh! :D*

philips rice cooker, anti gores, masakan nusantara, masakan indonesia, harga rice cooker, tahan lama, rice cooker yang bagus
2 hari sebelum launching #PhilipsRiceCooker, dapat kiriman 3 nasi nusantara dari Philips. Gak cuma lauknya yang enak. Nasinya juga pulen, lho. Terima kasih banyak untuk kirimannya, ya :)

Philips Indonesia
post signature

29 komentar:

  1. Alat juga pengaruh ya, Chi. Aku pernah pakai rice cooker X, nasi yang dimasak selalu lembek dan cepat bau. Giliran pakai rice cooker Y, ga seperti itu. Nasi pulen dan lebih tahan lama. Ngiler euy liat rice cooker Philips. Pengin. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Hay. Berpengaruh banget. Apalagi kalau udah banyak goresnya gitu. Gak cuma bikin nasi jadi kuning, sih. Tapi, gak bagus juga buat kesehatan

      Hapus
  2. Hihiii, ibuku juga nyurus ngaduk-ngaduk *diakeul* meski masak nasi pakai rice cooker, mbak :D

    Asik juga ya kalo bisa langsung dibikin nasgor begitu matang, nggak perlu didinginkan dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, asik Mbak. Karena saya juga suka rada ribet kalau mau bikin nasgor harus didinginkan dulu

      Hapus
  3. Ngiler lihat rice cookernya. Yang sekarang baru beli belom nyampe setahun udah gampang bau aja nasinya dan inner potnya ituloh. Gores baret sana sini.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepet juga, ya. Padahal baru setahun. ayo ganti, Mas. Saya juga mau ganti rice cooker baru. Pengen yang premium+ :)

      Hapus
  4. Pengaruh banget yaa pemilihan rice cooker terhadap kualitas nasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berpengaruh, Mbak. Gak cuma ke kualitas nasinya. Tapi juga akhirnya kepada kesehatan. Kalau kita terus makan nasi yang kurang/gak segar juga lama-lama gak baik untuk kesehatan, kan? :)

      Hapus
  5. kayaknya bisa jadi pilihan nih.. lagi butuh ricecooker soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilih Philips rice cooker yang mana, nih?

      Hapus
  6. Aku tipikal penyuka nasi hangat dengan karakteristik nasi pulen kering gak terlalu lembek. Masalahnya, karakteristik beras bisa beda-beda. Beras A airnya lebih banyak ketimbang beras B, sementara, beras C cuma butuh air dikit daripada daripada beras B. Rumusnya gak bisa dipastikan.

    Soal beras kuning karna kelamaan di rice cooker 2in1, aku pernah alami. Nggak cuma kuning, tapi juga bau basi. Makan jadi gak selera. Pilih beli nasi di warung aja.

    Kalau Philips mengeluarkan produk rice cookernya, jadi tertarik nyobain. Dah lama juga pakai produk Philips. Sejauh ini sih puas2 aja pakainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kata Pak Bondan harus triel and error sampai kemudian bisa mendapatkan nasi yang teksturnya pas dengan lidah kita. Sama, nasi kuning walaupun hangat juga bikin saya gak selera makannya.

      Produk Philips banyak yang awet. Saya juga pakai beberapa produk Philips. Jaid rasanya patut dipertimbangkan rice cookernya :)

      Hapus
  7. Kalau nasinya enak, makan pake lauk kerupuk sama sambal aja udah nikmaaat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha setujuuu ... Bakal nambah terus, ya :D

      Hapus
  8. Wah boleh request enggak ya rice cooker Phillips nya warna ungu? Kalau ada mau beli! Hahhaha...
    Tapi yang merah juga bagusss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. penggemar warna ungu, ya? Gak ada untuk produk ini, Mbak. Iya, merah aja. Warna favorit saya hehhee

      Hapus
  9. Nasinyaaa enak semuaaaaa... Mau cobaaa ah resepnya pak Bondan. Dan pulang nanti kita cari rice cookernyaaa ..ungu adaa kan ya mak hehehe ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak ternyata penggemar ungu, ya hehehe. Gimana kalau merah ajah? :D

      Hapus
  10. Rice cookernya disamakan dg interior dapur biar makin manis. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah kenapa warna-warna Philips rice cooker terbaru cakep-cakep, Dah. Kan, seneng banget kalau lihat dapur jadi cantik, ya :)

      Hapus
  11. mantep banget nih philips, tertarik banget nih buat coba produknya juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain, deh. Banyak produk Philips yang awet :)

      Hapus
  12. Warna merahnya sangat menggoda ya Mak, kualitas Philips semakin inovatif ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semakin inovatif, semakin berkualitas

      Hapus
  13. Wewww...mau tuh rice cooker yg ada pegangannya. Ngerasain banget ribetnya harus nyari lap kemana2 klo pas harus angkat rice cooker yg udah abis nasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, sama kita. Suka riber cari lap buat angkat pancinya :D

      Hapus
  14. Secara...dulu pernah rice cooker di rumah ortu yg nasinya cepet kuning dan bau. Sempat pusing2, jangan krn air yg digunakan utk masak. E...pas ganti RC, udah gak bau lagi

    BalasHapus
  15. Yang warna hijau bagus Mak :)

    BalasHapus
  16. Pas bangett rice cookerku udh rusak, udh 5th n udh ga panas lg. Intip2 rice cooker philips ahhh...

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge