Rabu, 29 April 2015

5 Tip Supaya Anak Tidur dengan Tertib dan Nyenyak

Keke dan Nai itu kalau biasanya kalau tidur gak lebih dari pukul 9 malam. Chi memang melarang mereka untuk tidur larut malam kecuali kalau hari libur. Kalau lagi libur, bolehlah sedikit larut. Tapi karena memang udah terbiasa, tanpa Chi harus sering mengingatkan pun, biasanya menjelang pukul 9, Keke dan Nai udah ngantuk dan bersiap-siap untuk tidur.

Memang pernah ada masa dimana Keke dan Nai tidur sampe larut malam banget. Sekitar pukul 1-2 dinihari. Bangunnya sekitar pukul 10 pagi. Tapi, itu dulu waktu belum sekolah. Kira-kira, saat usia batita. Sekarang udah enggak, lagi.

Chi punya 5 tip bagaimana membuat Keke dan Nai mau tidur dengan tertib dan nyenyak

1. Sedikit memaksa

Ih, emangnya boleh gitu memaksa anak? Kalau Chi sih iya *ups!*. Tapi, sedikiitt hehehe. Iya, jadi mereka itu mulai lebih cepat tidurnya saat Keke mulai masuk sekolah TK. Awalnya diminta tidur dengan cepat dengan alasan besok sekolah. Tapi, cara tersebut gak begitu berhasil. Mereka tetep aja tidur larut.

Selarut apapun mereka tidur, kalau udah sekolah tetep harus bangun pagi, dong. Tapi masalahnya kalau tidurnya terlalu larut, pasti dibanguninnya minta ampun rewelnya. Kalau udah rewel banget, terpaksa gak sekolah. Gak boleh dibiarkan terus seperti itu. Terus berusaha bangunin mereka pagi, lama-lama rewelnya hilang. Mereka mulai terbiasa bangun lebih pagi. KAlau Keke udah terbiasa tertib, Nai pun ikut tertib. Karena dia gak punya teman begadang lagi hehehe.

2. Dilarang tidur siang

Banyak yang bilang kalau anak itu harus tidur siang. Karena tidur siang, bagus buat tumbuh kembang anak. Mungkin iya. Tapi, Chi gak melakukannya. Karena setelah dilihat lagi, kalau Keke dan Nai tidur siang, malamnya pasti bakal larut banget tidurnya. Apa penyebabnya karena mereka kelamaan tidur siang? Enggak juga. Mau tidur siang cuma 30 menit pun, tidur malamnya pasti bakal larut banget.

Gimana kalau pas siang hari mereka ngantuk? Chi banyakin aktivitas yang menyenangkan buat mereka. Menggambar, main gadget, jalan-jalan ke taman di depan rumah, dan lain-lain. Pokoknya, bagaimana caranya supaya mereka gak pengen tidur siang. Kalaupun mereka menolak semua aktivitas yang Chi tawarkan dengan alasan terlalu mengantuk, Chi masih ada 1 aktivitas yang biasanya gak akan ditolak mereka, yaitu main air. Silakan mereka berlama-lama main air. Biasanya kalau udah main air, mereka jadi segar lagi dan gak pengen tidur hihihi. Cuma Chi gak sering-sering tawarin main air, abis sayang kalau keseringan buang-buang air dan sabun madi :D

Kalau sekarang sih mereka kadang suka tidur siang. Tapi karena udah mulai besar, mereka udah ngerti peraturannya. Boleh tidur siang, asalkan tidur malam gak boleh larut. Biasanya mereka udah bisa patuh sama aturan. Jadi, walopun tidur siang, malamnya tetap gak terlalu larut tidurnya.

Kalau anak kita lagi sakit gimana? Minum obat kan bikin ngantuk? Ya, kalau itu special case. Masa' dilarang tidur siang kalau keadaannya kayak gitu :)

3. Menjelang tidur, matikan lampu kamar dan nyalakan lampu belajar


5 Tip Supaya Anak Tidur dengan Tertib dan Nyenyak


Di kamar ada lampu belajar, tapi gak pernah dipake untuk belajar. Lampu belajar di kamar beralih fungsi jadi lampu tidur hihihi. Dulu, Chi selalu tidur dengan lampu yang gak pernah dimatikan. Setelah menikah, Chi menyesuaikan dengan kebiasaan K'Aie yang selalu mematikan lampu. K'Aie itu gak bisa tidur kalau lampu kamar masih terang. Seringkali dia menutup matanya dengan bantal kalau lampu kamar masih terang sedangkan dia sudah ingin tidur. Solusinya ya pake lampu belajar kalau sudah waktunya tidur. Itupun lampunya diarahkan ke tembok atau lantai supaya penerangan kamar remang-remang.

Pernah baca beberapa tulisan memang katanya kalau tidur sebaiknya lampu itu remang-remang. Jadi, aja sekarang kalau tidur, lampu utama dimatikan, lampu belajar dinyalakan. Dan, memang membantu, sih. Anak-anak tidurnya cepat dan nyenyak. Kalau lampu mulai dimatikan berarti saatnya tidur. Kalau pagi-pagi, Chi mulai menyalakan lampu utama, biasanya mereka langsung kelihatan bergerak. Kayak berasa kalau ada perubahan cahaya walopun mata mereka masih merem.

4. Minimalkan aktivitas

Kalau di tip nomor 2, Chi memaksimalkan aktivitas supaya mereka lupa dengan ngantuk dan keinginan untuk tidur siang. Kalau malam hari kebalikannya, Chi meminimalkan aktivitas. Kalau bisa, hindari deh aktivitas yang bikin mereka terlalu aktif, misalnya lari-larian atau loncat-loncatan. Kasih mereka aktivitas yang tenang seperti menggambar atau membaca buku.

Gadget atau nonton tv juga aktivitas yang bikin tenang. Tapi, bikin nyandu. Kalau gak di stop, mereka akan terus nonton sampe larut. Apalagi kalau dikasih gadget. Bisa makin larut lagi. Jadi biasanya, Chi akan mematikan tv kalau sudah waktunya tidur. Kalau gadget malah sebelum pukul 6 sore sudah harus brenti. Kalau sesekali mereka main gadget, boleh aja. Tapi, begitu waktunya tidur, semua harus dimatikan. Ouya, tempat tidur juga harus bersih menjelang tidur, ya. Segala krayon dan benda0benda aktivitas lainnya dirapikan dulu.

5. Kebiasaan sebelum tidur

Keke dan Nai itu punya kebiasaan harus dipijitin dulu baru tidur. Kalau Keke biasanya punggungnya harus diusap-usap, sedangkan Nai telapak kakinya. Biasanya kalau udah dipijit-pijit atau diusap-usap, mereka bakal cepet tidurnya. Sampe sekarang pun mereka masih minta dipijitin sebelum tidur. Tapi, kalau hari libur, mereka selalu menolak dipijitin sama Chi. Kata mereka, pijitan ayah lebih enak hahaha.

Itu adalah 5 tip supaya Keke dan Nai mau tidur tertib dan nyenyak. Manfaat yang dirasakan kalau anak tidur tertib dan nyenyak serta tidak terlalu larut malam adalah mereka mendapatkan jumlah jam tidur yang cukup. Kalau jam tidur cukup, besok pagi mereka akan bangun dengan keadaan yang bugar. Kita bisa bayangkan atau rasakan sendiri, jam tidur yang kurang, cukup, atau terlalu banyak itu pasti rasanya beda ke badan. Efeknya, anak yang tidurnya cukup dan badannya bugar, biasanya akan membantu mereka untuk proses belajar. Jadi, yang namanya proses belajar itu gak selalu berarti duduk di meja dna menghadapi sejumlah pelajaran. Harus dilihat juga, anaknya tidur cukup dan nyenyak atau enggak. Kita aja kalau kurang tidur pasti bakal berasa lemot mikirnya. Iya, gak?

Teman-teman punya tip lain? Berbagi, yuk :)

post signature

54 komentar:

  1. Kalau anak kecil ngantuk pada siang hari apa harus ditahan mba atau tetap tidurkan saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah menulis di nomor 2, ya Wida. Tapi, berhasil atau tidaknya,kembali lagi ke kondisi masing-masing keluarga. Pengalaman saya selalu berhasil untuk menahan mereka supaya tidak tidur siang.

      Kalau cara nomor 2 sudah dilakukan tapi gak berhasil juga bisa coba 4 tip saya yang lain. Tapi, kalau semuanya gak berhasil, coba cari-cari dan lebih kenali lagi karakter serta penyebab anaknya sulit tidur siang. Karena (sekali lagi) setiap keluarga memang punya kondisi yang berbeda-beda

      Hapus
  2. Makasih sharingnya mak.. buat blajar masa depan ini :)

    BalasHapus
  3. Matikan TV agar anak-anak tak tergoda menonton. Sebagai gantinya ceritakan dongeng sebagai pengantar tidur. Jangan lupa elus-elus kepala selama mendongeng. Usahakan tidak ada lagi snack di kamar tidur.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih untuk tambahan tipsnya, Pakde :)

      Hapus
  4. anak2 saya pun kalo tdr malam, max harus jam 9 :)

    BalasHapus
  5. Saya biasanya kalo anak anak gak tidur tidur juga, saya kasih susu atau air putih, sambil usap usap pake minyak telon atau minyak kayu putih
    terutama di punggung dan betis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, katanya susu hangat juga bisa bikin cepat tidur

      Hapus
  6. Yang ke lima itu loh. Hahaha....
    Jam 8 biasanya anak2ku dah masuk kamar mbak. Jam 9:30 cek posisi tidur yg biasanha asal jatuh tertidur. Kadang kufoto krn lucu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap anak ada kebiasaan masing-masing, ya hehe

      Hapus
  7. betul mba keponakan saya juga suka engga di bolehin tidur siang hari ternyata sama dengan poin no 2 :) kalo tidur sing dulu malamnya suka susah tidur malahan dia tidur suka malem jam setengah 10 baru tidur itu engga baik kan mba buat anak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikhawatirkan paginya lemas karena kurang tidur

      Hapus
  8. navaro dulu selalu tidur siang. tapi sejak di TK B, dia udah gak tidur siang lagi. disuruhpun susah sekali. Kalau malam, yang paling oke memang mematikan lampu, TV, gadget, masuk kamar. udah pasti deh dia ngikut maminya juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. matikan lampu, gadget dan lain-lain emang beneran bisa bikin anak cepat tidur. Toss! :)

      Hapus
  9. kayak ponakanku mak,nggak boleh tidur siang biar tidur malamnya cepet hehehe. jadi sudah dipastikan habis isya udah pada tepar hehehe

    BalasHapus
  10. Saya sepakat nih, mbak Myra, anak-anak memang sebaiknya jangan dibiasakan tidur siang, agar malamnya bisa tidur sebelum larut malam.
    Biasanya siang itu waktu yang teoat bagi anak-anak untuk mengisi waktunya dengan sesuatu yang sesuai dengan potensi dan bakat anak, seperti melukis, main piano, dan lain-lain.
    Anak saya lebih punya waktu lama untuk bermain piano di siang hari, sehingga di malam hari bisa lebih konsentrasi belajarnya, yang penting ritme nya terpelihara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Pak. Buat saya mendingan anak-anak banyak beraktivitas di siang hari. Malamnya tinggal istirahat :)

      Hapus
  11. tipsnya kurang lebih sama. Pascal & Alvin masih tidur siang myr tapi gak lama jadi tidurnya malam jam 9

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting tidur malamnya jangan sampe terlalu larut ya, Lid :)

      Hapus
  12. Dulu pas nadia tidur siang tidur malemnya kacau banget kadang jm 11 malem bru tidur..pagi bangunnya harus berantem dulu...akhirnya sekarang ga kukasih tidur siang n bener mak jm 8 udah teler dia hihihi...
    Sekarang walaupun sesekali tidur siang tetep jam 8 udah ngantuk..jam biologisnya udah kebentuk x ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak kalau anak udah terbentuk jam biologisnya, ya :)

      Hapus
  13. Aku masih berdayakan bobosiang kalo sekarang...nanti kalo dah gedean bisa diingetin sebab akibat gitu ya...boleh bobo siang asal malemnya bobo cepet

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu Keke dan Nai belum bisa diingetin juga biasanya saya pakai cara dengan memperbanyak aktivitas yang mengasyikan di siang hari, Mak

      Hapus
  14. Kebiasaan saya sama bintang saat mau tidur malam, ngobrol bareng ampe ngantuk... trus lampu dimatikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngobrol juga bisa bikin cepet tidur. Asal jangan sambil loncat-loncatan ngobrolnya :D

      Hapus
  15. Dulu waktu kecil aku paling sebel disuruh bobo siang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya malah seneng tidur siang hehe

      Hapus
  16. Jangan lupa kalau tidur si dedek jangan di ajak tidur bareng, supaya lebih mandiri dan berani :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tergantung situasi dan kondisi saja

      Hapus
  17. Kalau saya matiin semua lampu mak..dikmar ataupun diruang tamu..jadi anak2 dah ngerti klo dah matiin lmpu, waktunya tidur. Cepet mlah..biarpun siang tdur juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu juga bisa bikin anak cepat tidur :)

      Hapus
  18. Suruh berenang ajalah biar capek, biar gampang tidurnya wekekek

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, berenang tiap hari. Bikin kolam renangnya dulu di rumah :p

      Hapus
  19. kata lain sedikit memaksa = mendisiplinkan hehehe... kalo Kayla jarang tidur siang..soalnya sekolahnya sampek sore... boleh juga Chie tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. disiplin demi kebaikan anak, gak apa-apa, Mak :)

      Hapus
  20. kalau saya: tidur... pasti jav bakal ikut tdr jg, soalnya ga ada temen hihihi... tp entah deh klo dia udah beranjak abg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya gak bisa begitu, Mak. Karena Keke dan Nai saling bermain hihihi

      Hapus
  21. Anak-anakku susah kalo diminta tidur jangan terlalu malam, ya mungkin karena efek tidur siang kali ya. Tidur siang bisa 2 jam, jadilah malemnya tidur jam 11. Kalo liburan malah tidur larut, bangunnya yang siang. Harus dibiasakan tidur paling malam jam 9 ya, supaya besoknya nggak ngantuk di sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kalau lagi libur, aga melonggarkan aturan jam tidur.

      Hapus
  22. Jiaaah kok sama sih maak..
    Gak tidur siang, pake lampu tidur dihadapin ke tembok, dan pijitt.. sama kayak vania hihihi...

    Tp selain pijit vania harus dibacain cerita... gak jarang emaknya duluan yg ketiduran sih.. ahahahaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dibacain cerita itu kebiasaannya Keke, Mak hehehe

      Hapus
  23. Anakku tidurnya sudah teratur. Tapi heran, kalau libur otomatis aja bangungnya jelang makan siang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkkw, kebalikan sama anak-anak saya, Mak. Kalau libur sering mudah bangun pagi. Padahal tidurnya larut

      Hapus
  24. Bener juga, gw tiap hari tudur siang cuman 30 menit - 1 jam tapi efek nya bakal melek ampe jam 3 pagi :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, kalau melek gitu ngapain hayooo... Bikin postingan, ya :D

      Hapus
  25. Mak tapi kalo gak bobo siang, malemnya suka rada rewel. Malah ga nyenyak tidur malemnya. Sementara ini Kifah masih tidur di atas jam 9 malem. Emaknya riweuh deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelan-pelan aja prosesnya, Mak. Kalau memang masih suka rewel kalau gak tidur siang, tetep aja di kasih tidur siang. Trus pelan-pelan coba dialihkan dnegan aktivitas lain

      Hapus
  26. Mirip-mirip mak...kami pun di rumah seperti itu. Enaknya, karena abang Bo sudah besar dan dia paling ngg mau telat ke sekolah, justru abang sekarang sudah mengingatkan mamanya kalau sudah jam 9 dan harus tidur :). Kadang mamanya baru pulang kantor padahal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiknya kalau anak udah bisa mendisiplinkan diri sendiri, ya, Mak

      Hapus
  27. kalau anakku siang tetep tidur karena tidur siang itu penting untuk anak, dan sebelum tidur harus cuci tangan, kaki, muka dan ganti baju baru masuk kamar untuk tidur. Jam tidur harus konsisten agar jam biologisnya terbentuk, TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pengalaman saya, kembali ke masing-masing anak, Mbak. Setuju kalau jam tidur harus konsisten. Tapi bagi saya yang penting jumlah jam tidur itu cukup. Kalau tidur malamnya cukup, tidur siang gak dibutuhkan lagi.

      Di kalangan ahli juga ada perbedaan pendapat tentang boleh atau enggak tidur siang. Tapi, semua berpendapat yang peting jumlah jam tidurnya cukup

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge