Belajar Sepeda Roda Dua

By Keke Naima - November 12, 2014

Lagi buka-buka foto lama, ketemu kumpulan foto Keke waktu lagi belajar belajar sepeda roda dua. Foto tahun 2009, berarti kira-kira Keke usia 5 tahun. Keke belajar pakai sepeda roda dua dari roda empat cukup sehari aja langsung lancar, lho.


Cara Cepat Belajar Sepeda Roda Dua


Sepedanya udah kekecilan

belajar sepeda dua

K'aie udah pernah nawarin dia sepeda baru. Keke gak mau. Namanya anak-anak, kalau udah punya barang kesayangan memang susah disingkirkan barangnya. Padahal sepeda lamanya itu udah agak kekecilan. Dan udah menuntut segera di 'lem biru', sampe beberapa kali dibenerin. Keke tetep gak mau. Tapi, mungkin ini juga yang bikin dia pede mencopot ban kecil sepedanya. Dari roda empat ke roda dua. Karena kalau sampe oleng pas lagi main sepeda roda dua kan kainya dengan mudah menyentuh tanah hehe.


Belajar di lapangan rumput


Kompleks tetangga punya beberapa lapangan rumput. Jadi, kami sekeluarga 'nenangga' dulu ke komplek sebelah untuk menikmati lapangan rumputnya. Kenapa sengaja cari lapangan rumput, biar Keke gak trauma kalau sampe jatuh beberapa kali karena jatuh pas lagi belajar sepeda roda dua. Jatuh di lapangan rumput kan gak sesakit dibandingkan jatuh dilapangan aspal.

Latihannya juga dari pagi. Anggap aja sekalian olahraga pagi. Dan, gak perlu sampe seharian juga kami latihan. Setelah Keke makin pede ngegowesnya, cobain ke jalan langsung bisa deh.

Jadi, buat orang tua yang pengen ngajarin anaknya gowes sepeda roda dua, coba cari lapangan rumput ajah. Anak lebih nyaman latihannya karena gak perlu takut sakit saat jatuh. Kalau udah nyaman, rasa pede bakal dateng. Anak pun jadi cepet bisa. Orang tua juga gak perlu pegel punggung karena sering-sering pegangin sepeda anak, takut anak jatuh trus luka dan nangis. Win-win solution, kan? Hehe


Pengalaman Memilih Sepeda untuk Anak


Itu aja sih tips belajar sepeda roda dua. Sekarang Chi mau cerita sedikit tentang sepeda yang pernah Keke dan Nai miliki ketika balita.


Gak mau punya sepeda roda tiga

Dari dulu, kami gak pernah tertarik beli sepeda roda tiga. Kayaknya gak bakal panjang makenya.  Kan, harus pengiritan hehe. Kalau sepeda roda empat kan bisa dicopot 2 ban kecilnya jadi sepeda roda dua. Trus, kalau sepeda roda empat atau dua, biasanya gak perlu terus-terusan dorong. Karena anak-anak udah bisa gowes sendiri. Kalau masih harus didorong-dorong, mending pake stroller aja. Chi males bungkuk buat dorong sepeda. Pegel punggung :p


Perhatikan ban sepeda

Sebetulnya, penting gak penting, sih. Karena rata-rata sepeda anak yang dijual disini cocok dipakai sama anak-anak di lingkungan apapun. Tapi, beberapa waktu lalu pas lagi jalan-jalan di salah satu mall, Chi lihat sepeda merk Radio Flyer persis kayak punya Keke waktu kecil. Gak taunya setelah dicoba sepeda itu gak cocok dipakai di lingkungan kompleks kami yang jalanannya pakai paving blocks. Cuma cocok dipakai di jalan utama yang beraspal mulus.


Waktu itu adik Chi tanya mau dikirimin apa buat Keke. Chi minta sepeda yang gambar sepedanya dikirim lewat email. Seperti foto di atas, sepedanya bagus. Bentuknya klasik, warnanya juga lucu (merah-putih). Bisa digowes mundur juga. Sayangnya begitu dicobain digowes Keke gak suka.

Sepedanya itu baru enak banget kalau ketemu di jalan aspal yang mulus. Begitu ketemu jalan yang bertekstur apalagi kasar, kayak ngunci gitu bannya. Keke bener-bener harus pake tenaga yang besar banget buat ngegowes. Lama-lama dia jadi males makenya. Beraaattt.

Keke baru mau pake sepeda itu kalau lagi main di jalan utama. Kata dia, asik banget main sepeda di jalan utama kalau pake sepeda Radio Flyer. Apalagi sepedanya bisa digowes maju mundur. Tapi, Chi yang males nganterin ke jalan utama. Ngapain juga jauh-jauh main sepeda hehe. Akhirnya, sepeda yang jauh-jauh dateng dari US cuma sebentar banget dipakenya karena Keke gak nyaman ngegowesnya. Selebihnya berdiri manis di dalam rumah.

Kayaknya sih pengaruh bannya. Kalau diperhatiin, bannya itu keras banget (gak lentur). Makanya, cocoknya cuma dijalan aspal mulus aja. Chi gak kepikiran ke sana pas pesen sama adek. Chi pikir semua sepeda pasti sama bannya. Tinggal ukuran diameter bannya aja.

Kayaknya di kita, ban sepeda model begini masih jarang. Tapi, gak ada salahnya untuk tau karena Chi lihat produknya udah ada di Indonesia. Jangan sampe salah beli karena tergiur bentuknya yang lucu tapi jadinya malah gak kepake :)

Oiya, kalau Nai belajar sepeda roda duanya gak di lapangan rumput. Di depan rumah aja. Pas Nai belajar, Keke kan udah bisa. Jadi, ada yang nemenin dia belajar. Sekaligus bantuin pegang sepeda Nai. Lumaya, Chi dan K'Aie gak perlu banyak bungkuk lagi :D

*Sumber foto sepeda Radio Flyer: http://www.diapers.com/p/radio-flyer-classic-red-12-inch-cruiser-107782

  • Share:

You Might Also Like

22 comments

  1. ahhh,,keke masih kecil...imut2 mak,,,,

    ReplyDelete
  2. Oh begitu ya Chi.. kenapa gak ganti ban aja kalau memang gak nyaman? kan sayang sepeda bagus tapi jarang dipake :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah keburu punya sepeda yang lain lagi, Mak. Jadi, udah gak kepikiran ganti ban :)

      Delete
  3. Kalo aku, perlu perlu bangt sepeda roda 3. Soalnya kemana2, ke tkng Sayur, ke dpn komplek, ke rmh tetangga, ke warung, dsk..pasti bawa bocah kecil. Stroller dah ga muat. Kalo digendong, pegel :D
    Bener jg mak. Aa n Kk belajar sepeda roda dua pakai sepeda kecil (telat beliin). Sdngkan Dd skr lg belajar roda dua blm bisa krna kakinya blm napak banget. Blm bs dilepas dr roda bantuannya. Jd roda dua setengah. Roda ketiga diangkat separo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi syaa juga pernah praktekin roda yang setengah gitu :D

      Delete
  4. anak saya yg beasr baru bisa roda dua pas SD kls satu..alhamdulillah. termasuk telat karena teman sekompleknya TK udah bisa:)

    ReplyDelete
  5. jav jg ga saya kasih sepeda roda 3, lgsg roda 4 aja, biar ntar tinggal copot roda kecilnya *hemat* hihihi...

    ReplyDelete
  6. jadi lebih berani ya belajarnya di rumput.

    ReplyDelete
  7. kalau pascal belajar di dalam rumah, jangan bayangkan rumahku luas ya hehehe

    ReplyDelete
  8. hmm..iya ya belajar di tanah berumput supaya kalo jatoh2 ga terlalu sakit..
    Radit soalnya juga bentar lagi mau belajar yang roda 2 ;))

    ReplyDelete
  9. Terakhir bersepeda pas SMA, kira-kira masih bisa gak ya.. hehehe,
    iiya ya mbak, kadang kita beli sesuatu tergiur lucunya hihi

    ReplyDelete
  10. Rumi masih belajar baca, dan sepedanya masih roda empat :) Asyik juga masih ada rumput luas gitu Mbak, bayar ga ke tetangga? Hehehe...

    ReplyDelete
  11. wah bisa digowes mundur??jadi inget maju mundur maju mundur cantikkkk hahaha....#salahfokus
    kl q dulu belajarnya g sepeda kecil,sepeda onta itu mak,sepeda jadul punya orang dewasa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepeda onta itu sama gak dengan sepeda onthel? :)

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^