Rabu, 11 Juni 2014

Discover Science

Zaman Chi masih sekolah, pelajaran matematika dan IPA termasuk yang rumit. Anehnya, pas SMA tetep aja milih jurusan fisika :p

Kalau zaman Keke dan Nai sekarang itu enak. Banyak sekali buku-buku tentang fun science atau fun math. Yang bikin pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam tidak lagi terkesan menyeramkan. Gak cuma buku, tayangan tentang fun science juga ada.

Discover Science, acara yang tayang di WAKUWAKU JAPAN (First Media - channel 340, Indovision - channel 168 atau Okevision - channel 32) setiap hari Minggu, pukul 21.00-21.30 dan ada tayangan ulangnya di hari Senin pagi. Sesuai dengan namanya, acara ini berhubungan dengan science. Praktek-praktek science sederhana yang layak banget buat ditonton anak-anak.

Salah satu episode yang Chi tonton adalah tentang baling-baling kertas. Bikin baling-baling kertas itu gampang banget. Cukup pakai kertas origami, gunting, dan lem. Lihat aja di google cara membuat baling-baling kertas.

Kalau diberi tongkat, baling-baling kertas bisa muter kalau ada angin. Pertanyaannya adalah bisa gak baling-baling kertas tetap muter walaupun gak ada angin. Kalau belum nonton acara ini, Chi pasti akan jawab gak bisa. Tapi, ternyata bisa. Caranya dengan menggunakan energi panas.

Percobaan pertama, telapak tangan kita di taro dibawah batang baling-baling (telapak tangannya terbuka kayak kita berdoa gitu). Baling-baling mulai berputar. Percobaan kedua, bola lampu diletakkan di dekat baling-baling. Dan, baling-baling kembali berputar. Percobaan ketiga, sebuah apel diletakkan di dekat baling-baling. Ternyata, gak berputar. Kesimpulannya, baling-baling bergerak karena energi panas.

Percobaan selanjutnya lebih besar lagi. Membuat ratusan baling-baling yang dipasang di ram besi dan dipasang di sebuah ruangan dengan ketinggian tertentu.. Masuk 1 orang, baling-baling berputar tapi hanya yang berada tepat diatas orang tersebut.

Kemudian dimasukkan 50 orang dan diminta berdiri saling berdekatan. Tujuannya, supaya suhu tubuh supaya tetap terjaga hangatnya. Semakin banyak orang yang masuk, semakin banyak baling-baling yang berputar.

Mereka pun diminta melepaskan topi yang dipakai, baling-baling berputar semakin cepat. Karena semakin banyak tubuh tidak tertutup kain atau apapun maka suhu tubuh semakin keluar dan itu mempengaruhi perputaran baling-baling.

Ketinggian baling-baling semakin ditambah untuk mengetahui kecepatan perputaran. Sampai tinggi maksimal 3 m dari atas kepala, baling-baling yang tepat berada diatas orang-orang tersebut berputar semakin cepat. Tapi, yang dipinggirnya terlihat melambat.

Untuk membuktikannya, masing-masing diberi segenggam tepung dan diminta menepuk-nepukkan di atas kepala. Tepung terlihat mengalir lurus ke atas, baru menyebar ke pinggir. Membuktikan kalau bagian tengah adalah arena baling-baling dengan perputaran tercepat.

Percobaannya keliatan simpel banget, ya. Malah kayak main-main gitu. Tapi, sebetulnya kalau dikembangkan bisa menjadi sebuah teknologi. Misalnya, membuat kincir angin untuk pembangkit tenaga listrik.

Macem-macem deh percobaan di setiap episodenya. Setiap kali tayang ada 2 macam percobaan. Chi rasa kalau anak-anak belajar science lewat tayangan ini bakalan seneng. Dan, mungkin akan mencoba. Nah, siap-siap aja orang tua menyiapkan bahan-bahannya hehehe. Tapi, sederhana kok bahan-bahannya. Gak susah dicari. Asyik, kan. :)

berpartisipasi dalam WAKUWAKU JAPAN[8]

post signature

28 komentar:

  1. Informatif Chi tulisanmu. Tambah pengetahuan.

    BalasHapus
  2. ilmu pengetahuan baru buat anak2 ya mak chi,,,

    BalasHapus
  3. Discover science memang membuat kita dapat banyak ilmu pengetahuan, apalagi bila di nikmati bersama anak-anak kita.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. bs bikin anak2 semangat belajar juga

      Hapus
  4. ada juga acara sience di stasiun tv kita tiap sore, anak2 suka dan kadang praktekin. Pasti suka banget nonton ini :D

    BalasHapus
  5. sayang sekali aq gak pernah nonton acara itu :( thks for share mak

    BalasHapus
  6. Buku referensi sekarang bejibun, termasuk buku soal2 ujian ya Jeng
    Jaman saya masih langka banget
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah bejibun gini harusnya bikin makin semangat belajar ya, Pakde

      Hapus
  7. sebenarnya IPA memang memang menyenangkan.

    BalasHapus
  8. Menarik ya mak.
    Firstmedia ga ada sih waku waku ya..

    BalasHapus
  9. Blm pernah nonton mak, jadi penasaran

    BalasHapus
  10. Acara gini nih yang memang seharusnya ditonton anak-anak selain baca buku yah, karena bisa liat prosesnya secara langsung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kl menarik, anak2 lebih gampang menyerap

      Hapus
  11. dulu ketika masih menikmati TV berlangganan saya dan anak-anak juga seneng nonton semua jenis tayangan discovery chanel. Ada banyak pengetahuan menarik yang bisa diserap dan dinikmati

    BalasHapus
    Balasan
    1. tv berlangganan memang byk acara bagus-bagus, Pak :)

      Hapus
  12. aku cuma bisa gigit jari gak punya waku2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan digigit, nanti jarinya bocel2 hehe

      Hapus
  13. G pernah nonton.____.
    Gugling deh

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge