Darah Muda

By Keke Naima - September 13, 2013

Walaupun bukan penggemar dangdut, tapi Chi cukup tau lah lagu dangdut Darah Muda - Rhoma Irama itu *bo'ong ding... Chi ketemu liriknya di google :p Dan kebetulan pas dengan apa yang mau Chi tulis. 

2 hari lalu, Chi denger salah satu radio. Topiknya tentang tabrakan maut. Penyiarnya bilang kalo dia pernah liat foto yang di upload temannya di instagram. Foto speedometer yang memperlihatkan temannya sedang mengendarai mobil dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Kemaren sore, Chi baca salah satu portal berita ternyata foto speedometer trus diupload ke instagram itu lagi jadi trend di kalangan anak muda. Jadi mereka memacu kendaraannya dengan kecepatan yang sangat tinggi di jalan tol, trus di foto speedometernya, abis itu di upload. Biasanya diupload di Instagram, dengan hashtag #speedometer kita udah bisa nemuin banyak foto seperti itu. Mereka akan merasa semakin keren kalau foto yang mereka upload itu semakin banyak yang nge-like.

Trendnya gak cuma ada di Indonesia, kok. Di berbagai negara juga terjadi trend ini dan para pelakunya anak muda. Trus gak cuma yang ngedarain mobil, pengendara motor juga katanya melakukan. Dan udah ada juga yang jadi korban, di berbagai negara. Kalau udah kayak gini, gak ada hubungannya lagi dengan punay SIM atau enggak. Karena punya SIM sekalipun bukan berarti boleh nyetir seenaknya kayak gitu.

Untuk orang tua yang gak kasih anaknya fasilitas mobil atau motor, menurut Chi gak otomatis bisa bernapas lega juga. Karena kalau Chi perhatiin, anak-anak itu suka saling meminjam. *Hasil dari pengamatan para sepupu yang mulai beranjak remaja :D Nah, kayaknya harus sering-sering diwanti-wanti juga.

Hmmm... darah muda, ya. Bener-bener, deh! Setuju sama lirik di atas. Ya, kalau dipikir-pikir waktu masih muda *berasa udah tua kalo ngomong gini :p, Chi juga pernah melakukan berbagai kekonyolan. Tapi kayaknya masih cukup waras untuk tidak melakukan kekonyolan yang berkaitan sama nyawa sendiri dan juga orang lain.

Kayaknya emang yang namanya anak muda itu harus diarahkan, supaya energinya yang lagi tinggi itu bisa tersalurkan. Yang seneng tawuran, bisa dilatih jadi atlet tinju. Yg seneng kebut-kebutan diarahkan ke sirkuit balap aja. Gimana? :) 

Oiya, sama satu lagi, mengajarkan anak untuk jangan kasi like sembarangan. Contohnya foto speedometer itu. Emang, sih, gak akan berdampak langsung ke anak kita. Tapi karena katanya semakin banyak dapet like, si pelaku semakin merasa gagah. Jadi mending kita gak usah ikut andil, deh. Walopun cuma sekedar sumbang jempol karena yang kayak gitu gak keliatan gagah juga.

A' Keke dan Nai, jangan ngelakuin yang aneh-aneh, ya, Nak. Main mobil-mobilan aja di rumah. Kalau mau ke luar pake sepeda aja. Itu pun jangan jauh-jauh dan jangan ngebut.


darah muda
Selain gak boleh ngebut, Keke-Naima kalau main sepeda juga harus pake helm. Kalau gak mau, gak boleh sepedaan :D

  • Share:

You Might Also Like

18 comments

  1. Baru tahu soal foto speedometer, ck ck ck ada2 aja, ya.
    Ngomong2 darah muda, bener jg nih, Mbak. Sy kalo minta anter ponakan (laki2, umur 19 tahun) naik motor, suka jantungan. Bawa motornya wes wes! Duh ngeri! Udah dibilangin, teuteup masih suka ngebut aja. Yah, darah muda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg masih berdarah muda, mikirnya instant ya Mak :)

      Delete
  2. iyha mbk,lagi marah beberapa hari ini foto spedometer...depan rumah udah sakit telinga rasanya,udah g nyaman lagi di komplek,,sepertinya memang berguna ya polisi tidur itu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyknya hrs banyak bikin speedometer. Tp kl di jalan tol masa' dipasang speedometer hihi

      Delete
  3. Kalau yang pinjem2 gitu malah tambah menghawatirkan ya, Teh.

    ReplyDelete
  4. Ada ada aja deh tingkah anak muda...

    Bener banget tuh, sebagai orang tua harus terus mewanti2 dan mengarahkan potensi dan minat anaknya.. sehingga dapat tersalurkan dengan baik ^^

    ReplyDelete
  5. ngeri juga melihat ulah anak muda jaman sekarang

    main sepedapun sekarang juga harus diawasi mbak. Anak kecil biasa kurang perhitungan, yg penting naik tanpa peduli ada kendaraan lain. Di daerah saya sudah ada korban meninggal, masih SD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, naik sepeda aja masih suka sy 'cerewetin' :)

      Delete
  6. bener bun, gejolak anak2 yg masih puber tu mestinya diarahkan ke hal2 baik...skr jd byk postingan ttg when i was 13... jaman aku dulu umur segitu maghrib aja udah harus di rumah, masi les, ke mol sama bapak ibu, main sama temen boleh tp harus jelas jam berapa sama siapa naik apa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kyknya umur 13 tahun sy juga tremasuk yg aman mainnya :D

      Delete
  7. wah, sy baru tau trend #Speedometer ini, Chi. Mengerikan yaaa? Duh, bener banget deh lirik lagu si abang Rhoma itu, tapi mbok ya kudu mikir keselamatan jiwa juga dunk ah. Jangan asal gagah2an spt itu yak?

    Semoga beberapa kejadian tragis akhir2 ini, membuka mata para pemuda juga para orang tua untuk lebih berhati2 dan lebih waras dalam bertindak ya, Chi.

    Nice post, as usual!

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga jd pelajaran buat kita semua, ya, Mbak :)

      Delete
  8. Iya mbak ... benar sekali apa yang dituliskan mbak Myra ini. Darah muda memang penuh gejolak dan saat ini gejolak mereka makin mengerikan dan kita harus membesarkan anak2 di zaman ini .... duh ... was2 ...

    ReplyDelete
  9. anak muda jaman sekararng memang mudah berapi-api semangatnya. pemicunya banyak. dan orang yang udah tua-tua ini yang kudu kreatif lagi kasih rambu-rambu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. org tua juga hrs byk cari tau ttg perkembangan zaman kyknya, ya

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^