Senin, 05 November 2012

Pura-Pura Kalah

Salah satu metode belajar lagi untuk Nai adalah bermain tebak-tebakan dan Chi suka pura-pura kalah.. Contohnya seperti ini..

Bunda : "Rukun islam adaaaaa...??"
Nai : "Tunggu bunda.. Hmmmm..."
Bunda : "Duh ada berapa ya.. Nai jangan nebak yaaaa... Bunda kayaknya bisa jawab nih.."
Nai : "Limaaaaaaaa.."
Bunda : "Yaaaaa.. Kok Nai nebak duluan siiihh.. Pinter banget sih Nai, Bunda sampe kalah.."
Nai : "Yeeeeee... Ima menaaaaaaannngg.. 1-0!!" *sambil joget-joget kegirangan.. :D*
Bunda : "Oke kita main tebak-tebakan lagi yaaaa..."

Permainan terus berlanjut, dan biasanya Chi biarkan Nai untuk menang terus kecuali kalo Nai keliatan bener-bener gak bisa jawab baru deh Chi jawab sambil joget-joget kegirangan juga..

Cara "pura-pura kalah" ternyata membantu juga buat Nai. Bikin dia cepet menghapal pelajaran dan biasanya gak cuma cepet tapi juga menempel lama pelajarannya.. Selain itu yg bikin dia seneng & semangat banget karena merasa jadi pemenang :)

Cara belajar "pura-pura kalah" tentu aja harus di awali dengan belajar bersama dulu.. Cuma karena Nai ini suka keliatan banyak main-mainnya, jadi suka gak keliatan apa dia bener-bener udah bisa atau belum.. Nah untuk memastikan apakah dia udah bisa, caranya ya dengan main tebak-tebakan seperti ini..
post signature

86 komentar:

  1. anak-anak jadi gak ngeh ya kalau begitu juga lagi belajar, dipikirnya lagi main-main

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn dunia anak kan msh dunia bermain Lid :)

      Hapus
  2. enak ya kalo anak udah rada gede
    si ncit malh belum bisa diajakin tebak tebakan gitu
    ditanya anak siapa saja masih sok jawab ayah mbek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Numpang ketawa ya, "ayah Mbek" wkwkwkwkwkkk

      Hapus
    2. hahaha.. berarti Ncit anak yang pinter, tau benar siapa ayahnya..hahahaha..

      Hapus
    3. ikutan setuju sm komennya mbak Ririe & mbak Dewi.. Wkwkkw..

      Hapus
  3. hihihi jadi ga kerasa kalo lagi belajar ya..Chi..
    inspiratif..;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. pdhl sebetulnya mrk lagi belajar ya.. ^^

      Hapus
  4. kalo Nai, gak bisa jawab malah bunda yang joget-joget yal :P
    kwkwkwk

    anak-anak memang senang sekali dipuji dengan hal yang baik-baik ya bun..
    saya juga selalu begitu dgn keponakan saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan biar suasananya seru.. hehehe..

      buat sy reward & punisment itu harus seimbang.. Jadi memang wajib di puji kalo mereka berbuat baik :)

      Hapus
  5. Ternyata untuk menyemangati dan menginspirasi anak banyak caranya.
    Dan salah satunya tentu saja pura2 kalah itu.
    Pura2 kalah juga bisa meningkatkan rasa percaya diri anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, setuju.. Pak Mars juga pasti banyak cara kan supaya murid2nya bisa cpt bs matematika.. :)

      Hapus
  6. cara belajar yg bikin hepi ya mbak...:D

    BalasHapus
  7. belajar ama mak chi emang seru :D

    BalasHapus
  8. Happy jg belajar nya klo begitu yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biar mereka cpt nangkepnya :)

      Hapus
  9. mba keren ih selalu punya metode belajar yang asik buat anak2.. mudah2an akupun bisa bgitu

    BalasHapus
  10. Serunya main tebak2an kek gitu, Mbak.
    Reward positif (seperti 'kemenangan') bisa menjadi penyemangat mereka dalam belajar ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. mereka lebih semangat & merasa di hargai juga.. :)

      Hapus
  11. hihihi, lucu deh Nai...
    hampir sama ama Lubna ya mbak... baca doa mau bobo, mau makan, mau jalan-jalan...nah kadang saya pura-pura lupa bacaan mau makan, sambil pura-pura mengingat, eeh Lubna langsung nyeletuk "Lubna inget, maa...gini..." dan meluncurlah doa mau makan itu dgn lancar... yippie...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mereka jd semangat karena merasa bisa ya :)

      Hapus
  12. Sy dulu juga gitu mak. Skrg anak2 dah besar. Belajar sendiri2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl udah terbiasa belajar, mereka jd bisa belajar sendiri ya.. Lagian uda malu kayaknya joget2 di depan ortunya.. :D

      Hapus
  13. Belajar tanpa tekanan dan enjoy... Ide bagus...
    *pengen liat Mbak Myra joged2...*

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau joget apa mbak? Gangnam style aja ya :p

      Hapus
  14. mengajari anak memang harus kreatif ibunya...metode belajar sambil bermain

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya gak jenuh juga mbak.. kl jenuh kan bawaannya ngantuk :D

      Hapus
  15. harus banyak cara ya Mbak....
    hmmmm....

    BalasHapus
  16. anak2 nya lucu2
    salam ya buat anak2

    BalasHapus
  17. Metode belajar seperti ini jg yg sering aku lihat di tanteku..dan anak2nya alhamdulillah pinter2.

    si anak emg keliatan, apa dia udah ngerti apa belum, tp klo ditanya cepet bgt jawabnya. klo di ajak belajar, banyak bgt alasannya, lg belajar maen kesana, kesini.. hehe
    anak2 kecil itu emg ga boleh dipaksa yah, biar mereka ga tertekan dg pelajaran sekolah dan lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mel karena dunia anak kan dunia bermain.. jadi mikirnya masih main terus makanya harus banyak akal supaya tetep kayak bermain :)

      Hapus
  18. ini dia yg namanya belajar yg fun ya Chi... ntar copas ah caranya... *sambil joget2 juga*

    wkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. joget2nya yg seru ya mbak.. :D

      Hapus
  19. memang suasana belajar juga mempengaruhi perkembangan otak anak-anak, mbak.
    semoga anak-anaknya menjadi anak yang pintar. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. keliatannya sih gitu..

      aamiinn.. thx ya :)

      Hapus
  20. Jadi pingin liat Teh Chi joget2 kegirangan. . . #eh. :D
    Ikut belajar bersama bareng Nai. . . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. beraninya cuma di depan anak aja ah :D

      Hapus
  21. jadi gak berasa sedang belajar yaa
    berasanya main tebak tebakan
    pake acara nari nari kegirangan pula
    hehehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn Nai suka joget2 jadi itu bonusnya.. eheehe..

      Hapus
  22. kalo aku pura-pura kalah, adhekku girangnya nggak karuan dan malah mempermalukan aku yang notabene jauh lebih pinter, muehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihihi.. kadang sy juga suka ledek2an kok.. tp selama blm keterlaluan sy anggap aja itu becanda :D

      Hapus
  23. Ini bukan pura-pura kalah bu ...
    hanya memberikan kesempatan si Anak untuk merasa berarti dan eksis ...
    dan itu sangat penting artinya bagi si Anak

    (dan kalau sudah begitu ... rasanya tidak ada kebahagiaan yang mengalahkannya)

    Salam saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga sih ya om ya.. tujuan utamanya sy sih juga gitu.. Pengen anak2 saya menjadi percaya diri & berarti karena mereka bisa..

      Bahagianya memang luar biasa.. Thx ya om :)

      Hapus
  24. Whoaaaa...
    kreatip banget mbaaaaa...

    ntar aku contek deh buat Kayla..

    Kayla..personil nya Suju ada berapa orang?
    Siapa nama anggota termuda nya?...hihihi...
    *gak penting*

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalo Kayla jawabnya gini gimana? "kasi tau gak yaaaaaa...? :D

      Hapus
  25. metode pembelajaran untuk anak2 memang harus dibuat seunik mungkin, agar tidak bosan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn kl uda bosan biasanya ngantuk menyerang.. :D

      Hapus
  26. Nai ....senangnya belajar bersama mama Chi. Dari rasa senang membangun kepercayaan diri. Selamat belajar mengajar Jeng. salam

    BalasHapus
  27. Siip... ada banyak cara yg kreatif ya Chi... jempol buat mama kretif ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih buat jempolnya.. jadi malu saiah :D

      Hapus
  28. Triknya oke banget Mbak, dgn begitu Nai jd semanagat belajarnay karena bisa nyebtin jawaban benar lbh cepat dari Mamanya ya...

    #di memo ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. dia jadi merasa percaya diri mbak.. :)

      Hapus
  29. Untuk membantu anak belajar, orang tua juga mesti ikut kreatif dan inovatif ya Mbak Myr..Pelajaran dng tebak2an selain menarik, yah setuju, pasti melekat lebih lama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn konsepnya menyenangkan, jadinya lebih melekat lama ya mbak :)

      Hapus
  30. Tips yg bagus nih, klo belajar itu memang harus menyenangkan yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup kita aja yg uda gede suka bosen kl pelajaran bikin bosen ya :)

      Hapus
  31. betul ... belajar seperti ini akan lebih cepet masuk dan dipahami oleh setiap anak karena kondisi mereka menyukai situasi tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup karena mereka masih berpikirnya bermain..

      Hapus
  32. hehehe sepertinya bagus buat melatih sikap PD juga mbak

    BalasHapus
  33. untung emaknya mau ngalah ya...hehehehe

    BalasHapus
  34. **ngekek**
    :D

    simple ngga bertele2...

    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk anak2 emang jgn di bikin bertele2 :D

      Hapus
  35. **ngekek**
    :D

    Pembelajaran simple ngga bertele2...

    :D

    BalasHapus
  36. Karna nai udah ngejawab dg benar, maka nai dapet 50.000 rp karna nai ada di acara ups salah! Bhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha.. kirain di acara "gak nyangka deeehh.."

      Hapus
  37. untuk anak2 remaja spt anak2 saya,kadang2 masih saya terapkan loh...hanya saja sudah gak pake loncat2 kegirangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah malu kali ya kalo udah gede masih loncat2.. :D

      Hapus
  38. Nanti kalo Vales udah sekolah, aku bisa konsultasi ke dirimu aja yah Jeng, soal kayak beginian.. :)

    BalasHapus
  39. Wah, penting ini. Bisa dicontek. :D Kalo aku selama ini, apa istilahnya itu, "jembatan keledai" atau apalah gitu. Suka ngajarin dengan cara nyari apa yg "deket" ama mereka. Ih, jadi orangtua itu tnyata harus kreatif yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan2 cerita dong mbak ttg metode "jembatan kedelai" siapa tau sy juga bs ikutan nyontek.. bener mbak, harus serng2 puter otak bikin sesuau yg kreatif :)

      Hapus
  40. pura-pura kalah tu sama dengan berbohong gak bunda?
    oy ada sesuatu untuk bunda mohon di cek ya bun.
    hehehe
    maaf kalo telat
    ngceknya disini bunda http://ricoademandana.blogspot.com/2012/10/award-pertama-dari-rian-hendra-noterian.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl hy melihat secara hitam-putih saja, apa yg sy lakukan memang berbohong.. Tp kan sesuatu itu gak bs cuma di lihat hitam-putih, masih byk warna lain.. bahkan berbohong pun ada yg namanya bohong putih.. Jd kita lihat manfaatnya aja.. selamat itu gak merugikan si anak malah mampu meningkatkan rasa percaya diri anak, saya rasa gak ada salahnya :)

      thx ya utk PR & awardnya, nanti sy kerjain :)

      Hapus
  41. Cakep banget cara belajarnya, gak memaksakan ke anak ya... * jd terinspirasi*

    BalasHapus
  42. sekali lagi cara belajar yang keren Mba. bisa dipake buat Aaqil nanti... :D

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge