Selasa, 28 Juli 2009

The 17th Indonesia International Motor Show (IIMS)

Hari Sabtu kemarin, abis dari rapat orang tua murid, Chi langsung di jemput sama ayah & anak-anak. Rencananya emang hari itu mau ngajak anak-anak ke IIMS.

Sebelum ke IIMS Kak Aie ngajakin ke bumi perkemahan Cibubur dulu.. Kak Aie mau main aeromodelling dulu sebentar di sana. Sampe sana ternyata masih sepi banget.. Maunya Kak Aie tuh selain main, juga pengen liat yang pada main. Maklum deh masih pemula.. Kali aja kalo ada yang main juga kan bisa sambil belajar, biar lebih canggih mainnya.. :)


Gak jadi main aeromodelling, langsung meluncur ke IIMS. Tentang IIMS ini sebetulnya kami agak setengah hati jalannya.. Abis yang kami baca dari koran HTMnya itu Rp. 30.000,-/orang. Kalo berempat kan berarti kan Rp. 120.000,- tuh.. HTMnya sih sebenernya lebih murah Rp. 5.000,- dibanding tahun lalu. Tapi kalo di total kan tetep aja sebuah angka yang sangat lumayan. Hehehe... Apalagi kalo inget pengalaman tahun lalu (klik disini cerita pengalaman ke IIMS tahun lalu), IIMS tahun lalu itu menurut kami sih sangat garing.. Ngebosenin..

Kalo buat Keke sih yang namanya mobil sih asik-asik aja buat diliat, makanya tahun lalu dia tetep aja seneng. Tapi buat kami ngebosenin karena mobil-mobil yang di pamerin itu mobil-mobil yang biasa banget.. Maksudnya mobil-mobil yang banyak beredar di jalanan.. Tau gitu sih mending nongkrong aja di panggil jalan (sambil makan bakso. Hehehe...).

Makanya kami sempet ngebujukin Keke supaya gak usah pergi. Tapi gak berhasil.. Trus kami ngebujuk Keke supaya pergi berdua aja sama ayahnya, tapi gak mau juga.. Dia maunya paket lengkap, ada ayah, bunda sama adeknya.. Ya udah lah di turutin biarpun nurutinnya setengah hati..

Di jalan Chi sempet ketiduran, tau-tau udah di daerah Senayan. Wah.. ternyata Kak aie pikir pamerannya kayak tahun lalu di Senayan.. Padahal tahun ini diadainnya di JIexpo Kemayoran.. Di Senayan lagi ada pameran tentang Thailand. Semua yang berbau negara Thailand, mulai dari fashion, food, kebudayaan, dll. Pengen banget deh kesana, apalagi pengen icip-icip makanan Thailand yang emang enak-enak.. Tapi mana bisaaaaaaaa..... Lah bisa-bisa itu Keke ngambek lagi.. :D

Sampe Kemayoran, seperti biasa ya gak di Senayan gak di Kemayoran dapet parkir selalu jauh dari lokasi pameran.. Hehehe... Ternyata nih.. Pamerannya asik banget!! Tadinya kami pikir, kayak tahun kemaren selain ngebosenin paling gak sampe 1 jam kami ada di sana.. Tapi ternyata salah. Dari jam 1/2 2 siang sampe jam 1/2 7 malem kami ada di sana.. Berarti +/- 5 jam kami ada di sana. Itu pun kami pulang karena ada sesuatu yang bikin Keke kecewa, padahal sebetulnya masih belom puas... Sekarang Chi ceritain satu per satu ya, tapi maaf nih kalo kurang berurutan..


Liat booth-booth di sekitar pintu masuk dulu. Ada beberapa booth di sana, diantaranya booth tentang merakit robot. Keke & Nai kayaknya belom tertarik sama yang namanya robot, jadi mereka cuma lewat aja. Trus ada booth dari kepolisian, ayo siapa yang mau memperpanjang SIM bisa di sana (cuma bisa memperpanjang, bikin baru gak bisa). Yang bikin tertarik di tempat polisi ini tempat ngetes ngendarain motornya kayaknya pake game simulator gitu.. Hehehe... boleh juga tuh di coba.. :D


Ada beberapa hall di JIExpo yang dipake. Kami langsung pergi ke hall yang di seberang dulu. Waktu nyebrang kami lewat lapangan tempat konser. Ada panggung besar di sana, Chi sempet tanya ke Keke, "Kamu masih mau jadi anak band? Kalo jadi anak band nanti shownya kadang-kadang di panggung segede gitu." Keke ngangguk, kayaknya serius juga nih anak pengen jadi anak band. Hihihi...


Area pertama yang kami masukin itu kalo gak salah area accesoris mobil. Di sini kami cuma lewat-lewat aja.. Tapi di area itu gak cuma booth-botth accesories mobil. Ada juga booth-booth yang jual mainan mobil-mobilan. Tumben nih di sana Keke gak ngerengek minta di beliin hotwheel atau yang sejenisnya, kayak majorette, dll. Mungkin terlalu asik ngeliat-liat kali ya... Kak Aie sendiri sempet berenti di tempat yang jual mobil-mobil remote control. Tapi ternyata gak ada yang Kak Aie mau, karena Kak Aie maunya cari mobil remote control yang pake bahan bakar.. Keke sendiri seneng banget waktu lewat booth salah satu majalah otomotif trus dapet majalah gratisan. Wiii... senengnya minta ampun deh dia.. O'ya buat para ibu-ibu jangan khawatir, di sana juga ada boothnya gramedia. Jadi yang mau cari majalah ibu-ibu, anak atau buku resep juga ada kok.. :D



Yang nyenengin lagi, ternyata di sana juga ada area untuk mobil-mobil klasik. Tahun lalu gak ada tuh mobil-mobil klasik. Boro-boro mobil klasik, mobil mewahnya aja sedikit. Tahun lalu mobil klasik punya pameran sendiri di balai kartini, HTMnya lebih gila lagi Rp. 50.000,-/orang. Dulu gak kesana karena baru aja dari IIMS kalo harus liat pameran mobil klasik lagi bener-bener jebol deh kantong.. :D


Tahun ini mobil-mobil klasik banyak di pamerin.. Keke senengnya minta ampun.. Tapi emang enak diliat ya.. bentuknya unik-unik. Cuma masukkan aja nih kali aja ada penyelenggara yang liat. Di masing-masing kaca depan mobil-mobil klasik itu kan ada kertas. Kalo menurut Chi sih itu keterangan tentang mobil itu masing-masing. Tapi keterangannya apa sama sekali gak bisa di baca karena terlalu kecil tulisannya.. Kalo saran Chi sih sebaiknya kertasnya itu jangan di tempel di kaca mobil, tapi di taro di depan mobil deket pager pembatas. Kecuali kalo mobil-mobil klasik itu gak di kasih pembatas, boleh lah di tempel di kaca kertasnya..

Di area yang sama dengan mobil klasik, ada both-both yang jualan sepeda. Iseng-iseng chi liat karena kebetulan kan lagi cari sepeda. Kalo ada yang cocok sekalian aja beli, apalagi kalo lagi pameran kan biasanya harga suka lebih murah dari harga pasaran.. Tapi ternyata harganya belasan juta!! Bahkan yang puluhan juta pun ada... Boro-boro mau nanya ini itu, gak mungkin kebeli soalnya.. Hahaha... (saking terkaget-kaget sama harganya sampe gak inget buat foto-fotoin itu sepeda.. Hehehe..).


Lagi liat-liat sana-sini, kami ngelewatin tempat buat naro kupon undian. Walopun hampir gak pernah beruntung sama yang namanya undian, tapi daripada itu tiket dianggurin gitu aja malah jadi sampah mendingan di masukin ke kotak undian aja. Sambil Chi ngisi biodata yang diminta di tiket, Kak Aie sama anak-anak iseng masuk ke the boxnya O Channel.. Lagi pada narsis mereka bertiga. Hahahaha... Ya... kali aja msuk tivi.. Wkwkwkw... Karena ikutan the box, kami pun dapet kenang-kenangan buku catatan dari the box. Yah lumayan deh.. :D


Masuk ke area truk-truk, anak-anak pengen ikut naik ke dalam truk terutama Naima. Ternyata mereka masih inget sama pengelaman tahun lalu yang naik-naik ke atas truk. Tapi karena tahun ini banyak yang di liat jadi enakan terus keliling aja liat-liat yang lain..


Mobil-mobil mewahnya juga cukup banyak tahun ini. Dari bermacam merk pula. ada Jaguar, Alpha Romeo, Ferari (biarpun mobil-mobilnya warna-warni kayak mainan anak-anak tapi harganya bukan harga mainan ya.. Hehehe..) , Hummer (ada 1 mobil Hummer yang panjang banget.. sayang gak bisa liat dalemnya. Padahal penasaran juga, mobil sepanjang itu isinya kayak gimana ya..), dll.


Liat juga mobil-mobil kayak di pimp my ride. Liat mobil balap, liat juga balapan mobil-mobil kayak waktu ke bobo fair itu.


Kalo mobil konsep kayaknya sih gak sebanyak tahun lalu. Tahun lalu juga gak sebenernya, tapi tahun ini Chi cuma liat 1 mobil. Paling gak tahun lalu itu ada beberapa deh.. atau emang Chi aja yang gak ngeliat ya..? Gak tau juga deh..


Keke juga seneng banget liat aneka mobil pemadam kebakaran. Ternyata mobil kebakaran gak cuma merah, tapi ada juga yang warna kuning & hitam..


Kaki udah mulai pegel banget. anak-anak juga keliatannya gitu.. Langkahnya udah mulai pelan-pelan, malah Nai sesekali minta gendong. Tapi begitu ngeliat lantai yang banyak kupu-kupu beterbangan mereka pun seneng lagi. asik lari-larian kesana-kemari. Yang bikin mereka heboh itu karena tiap kali kupu-kupunya mereka deketin pasti selalu terbang menjauh. Tapi kalo lagi gak di deketin, kupu-kupunya pada ngumpul. Jadi mereka penasaran, abis gak keinjek-injek juga kupu-kupunya makanya jadi heboh.. Hehehe...


Cape juga keliling-keliling terus, beli makanan plus duduk-duduk dulu di salah satu stand makanan. Beli cemilan sama minuman. Duduk sambil ngobrol, lumayan deh istirahatin kaki.. Chi sempet nyaranin ke Kak Aie kenapa gak beliin Keke ATV aja yang buat anak-anak daripada beliin mobil-mobilan yang pake remote? Chi liat di pameran ada yang jual ATV. Kak Aie sih jawabnya simpel aja.. "Emang Chi ngebolehin Keke main di luar terus?" Hehehe... Bener juga sih.. Selama ini kan Chi hanyak ngebolehin anak-anak main di luar sore sama pagi hari (kalo libur kan pagi bisa main ke luar), itupun harus di temenin, gak boleh main sendirian. Trus kalo Keke main sepeda Chi suka ketar-ketir abis Keke kalo main sepeda suka ngebut. Apalagi sejak bisa roda 2, suka ngacir deh dia. tinggal chi aja yang teriak-teriak manggil. Lah gimana nanti kalo Keke punya ATV, bisa leboh jauh lagi ngacirnya. Hehehe... Ya udah deh gak jadi ngebujuk ayah buat beli ATV.. Hehehe...

Ternyata hari itu kami lagi beruntung. Kalo liat jadwal acara nih, di IIMS itu bakal di ramein sama musik-musik dari band-band yang udah terkenal. Tapi mereka baru main malem, mulai jam 7 ke atas. Cuma karena hari itu ada syuting acara HITS - RCTI jadi siang-siang pun ada acara musik..


Yang jadi bintang tamu di acara HITS ada beberapa, diantaranya Nidji, The Virgin, J-Rock, kalo gak salah ada Five Minutes sama ada band yang lainnya juga.. Maap ya Chi gak hapal nama-nama bandnya abis dari semua bintang tamu yang ada Chi cuma sukanya sama Nidji & The Virgin.

Dapet tempat yang lumayan strategis, masih deket sama panggung. Naima di dudukin di pundak ayahnya, kalo Keke berdiri di atas panggung yang agak menjorok ke depan. Terserah deh mau di bilang norak apa enggak, tapi baru kali itu Chi nonton pertunjukkan musik dari jarak dekat pula. Ternyata asik ya... Tadinya Chi sempet khawatir kalo anak-anak bakalan nangis karena suaranya kan jedar-jeder.. Kenceng banget.. Tapi keliatannya mereka asik-asik aja tuh.. Malah abis nonton Keke kembali Chi tanya, "Masih mau jadi anak band gak? Suaranya kan berisik kayak gitu?" Tapi tetep aja tuh dia bilang mau... Hehehe...

Abis nonton Keke ngajakin ke area test drive. Ada yang seru juga ternyata disana. Liat yang nyobain Mitsubishi Evo.. Dibawainnya ngedrift.. Seru aja liatnya...

Di sana Kak Aie juga cari-cari ban mobil, karena emang ban mobil udah saatnya diganti. Ayo yang lagi cari ban mobil ke IIMS aja lumayan loh diskonnya antara 20% s/d 35%. Dari beberapa merk ban, kami akhirnya pilih Archilles. Di Archilles, kalo kita beli minimal 2 ban bisa dapet kupon untuk nyobain ngedrift. Siapa yang paling seneng waktu di tawarin ngedrift? Udah pasti Keke dong...!!!

Sebelum ke tempat nge-driftnya Archilles kami liat-liat boothnya Wymcycle dulu. Apalagi kalo bukan cari-cari sepeda. Tapi sepeda yang kami cari gak ada. Chi cari kan sepeda city bike, yang ada boncengannya itu loh karena emang di pakenya kan buat jemput anak-anak. Tapi di sana gak ada city bike. Ya udah liat-liat aja deh, sambil nyobail salah satu sepeda disana.. Kalo di sini sih berani deh nanya-nanya, sempet nyobain juga abis harganya masih masuk akal lah.. Hihihi...


Sambil liat-liat sepeda, Kami liat juga Wymcycle BMX Jam. Liat 2 orang yang main sepeda jumpalitan.. Wiiiiiii......Keke bener-bener terkesima tuh liatnya...


Puas liatinnya yang nge-jam, pergi deh ke tempat nge-driftnya Archilles. Tapi ternyata oh ternyata... anak kecil gak boleh ikutan nge-drift.. Ya emang masuk akal sih sebenernya karena kalo kami liat orang lain sebelum kami, ngedriftnya itu beneran ngedrift. Ngeri aja kalo bawa anak kecil, bisa kepentok-pentok nanti kepalanya...

Keke jelas kecewa banget.. Wajahnya yang tadi riang banget langsung di ganti jadi lemes, nunduk & minta pulang... Sayang banget sih sebenernya karena beberapa menit lagi bakalan ada Arcilles drift show. Chi ngebayanginnya serunya tuh kayak waktu kami nonton Police Academy. Apalagi salah satu sponsornya Police academi kan Archilles juga, kayaknya serunya bakal sama. Lagian waktu Chi liat persiapannya kemaren aja kayaknya emang bakalan seru tuh.. Lagipula kalo beneran seru kan bisa jadi alasan buat kami untuk gak ngajakin Keke ke nonton Police Academy lagi (masih punya 1 utang janji nih ke Keke, dia minta nonton Police academy.. :D).

Tapi sayang dia minta pulang.. Udah coba di tahan-tahanin sampe acaranya mulai. Tapi tetep aja tuh dia minta pulang... Ya udah deh kami akhirnya pulang..

Ternyata Keke beneran sedih banget.. Kecewanya dalem banget.. Ciri khasnya Keke kalo kecewanya dalem, dia gak marah-marah atau nangis meraung-raung. Tapi nangisnya justru di tahan. Kalo di rumah biasanya dia masuk kamar, nimbunin kepalanya ke dalam bantal trus nangis sesenggukan. Karena ini di mobil, dia nangisnya di bawah kursi trus nangis sesenggukan..

Biasanya kalo kayak gitu, suka kami diemin dulu. Karena percuma di deketin dia pasti bakalan marah besar. Paling sesekali kepalanya di elus-elus. Nanti kalo udah puas nangisnya biasanya juga akan reda sendiri.. Kalo enggak baru deh agak dipaksa untuk di peluk (karena biasanya agak berontak), tapi berontaknya gak lama. Abis itu biasanya dia suka bales peluk sambil pecah deh tuh nangisnya trus biasanya dia tidur. Udah puas kali dia nangisnya.. Kemaren juga kayak gitu, setelah puas nangisnya dia pun tidur..

Bangun-bangun udah sampe rumah. Wajahnya masih agak murung.. Tapi biasanya sih udah mulai bisa di ajak bicara.. Alhamdulillah Keke akhirnya mau ngerti, gak sedih lagi..

Kesimpulannya IIMS yang tahun ini beneran seru... Gak rugi sama sekali deh.. Puas.. puas.. puas... Cuma satu yang Chi nyeselin, kenapa gak bawa kamera DSLR!!! Ini malah bawa kamera digital yang pocket.. Padahal kalo bawa kan lebih bakalan mantep banget tuh hasil fotonya. Bukannya lupa sih, cuma Chi lagi-lagi inget pengalaman tahun lalu, udah berat-berat bawa kamera DSLR ternyata pamerannya cuma gitu aja..

Ya udah deh pengalaman nih.. Moga-moga tahun depan di Kemayoran lagi di bikinnya.. Kalo di Kemayoran lagi, Insya Allah kami akan dateng lagi deh... :)

Ada tambahan nih.. IIMS ini sampe tanggal 2 Agustus, jd masih ada kesempatan yg belom kesana.. ayo cepetan. Kalo kata Chi sih seru.. :)

post signature

23 komentar:

  1. Wah, keke jelas banget kecewanya ya ... gapapa nak, tahun depan moga ga ada lagi aturan anak2 dilarang ikut ngedrift (bener ngga nulisnya ya, hihi) ... jadi biar keke full tersalurkan hobi otomotifnya. Btw, sampai kapan ya mba Myr pamerannya ?

    BalasHapus
  2. wah liputannya benar2 lengkap...salut sama chie yang kalo posting bener2 detail...

    tapi sayang ya lagi menikmati pameran keke malah kecewa gara2 gak boleh nge-drift....mdh2an tahun depan keke udah boleh ngedrift yaaa...

    BalasHapus
  3. mahal juga tiketnya yah! tapi kalo puas gapapa. unik2 juga mobil2nya... pas baca judul .. kirain khusus motor doang...

    BalasHapus
  4. Infonya lengkap banget yaa....
    Hebat meski sudah pegel-pegel masih sempat bikin laporan pandangan mat...

    BalasHapus
  5. Wew...
    asyik banget tuh jalan2nya. kapan2 ajakin aku juga dong ke, nai...hehe

    mobilnya keren2 eiu. bikin ngiler aja. hehe

    BalasHapus
  6. tarik nafas dulu baca tulisan puanjaanng ini... *hufffh*

    nah lega...hihihi... ibu ini selalu bnyk acara yaa...hihihihi btw mobil2 di IIMS nya lucu2 yaaa. jadi pingin kesana wiken, tp masih ada gak yaaa?

    BalasHapus
  7. wah postingannya panjang bener. Cerita & potonya juga komplit dewh..
    pastinya keke & Nai seneng abis ya?

    BalasHapus
  8. wah kalau uang banyak pasti pengin tuh ya beli 2 atau 3, lumayan untuk koleksi, ceileee.
    Lihat pameran sambil momong anak kan bagus tuh nduk.

    Salam dari pakde di Surabaya.

    BalasHapus
  9. Wah IIMS nya seruu ternyata ya...kirain biasa aja...nanti deh ngajak Daffa wiken ini kalo ada waktu...

    BalasHapus
  10. seru banget tuh kayaknya ya..
    aduh ngeliat tuh mobil2 keren langsung ngiler aja... hihihi mana mungkin soalnya ...

    BalasHapus
  11. lhooo...ayahnya ke2nai seneng aeromodelling jg?? suka main dimana bun??

    BalasHapus
  12. Walau krisis, pameran mobil masih penuh juga ya... apalagi mobil mewah.
    Lengkap chi reportasinya.

    BalasHapus
  13. waaaa seneng deh bund baca reportase nya, lengkap banget jadi berasa ada di pameran juga :)
    Tapi jadi jauh banget deh di kemayoran dari temmpatku. Lebih enak waktu di senayan lokasinya tengah2 hehehe...

    BalasHapus
  14. hi mom...kunjungan balik nih...thanks dah mampir...blognya keren, ceritanya seru.

    BalasHapus
  15. Ehhh...ternyata booth gramedianya juga ya... wah tambah seru aja keliatannya. Aku kira cuma ada yang berbau-bau otomotif aja.

    BalasHapus
  16. Hallo....Tante Chie.....Dah lama banget nih ngak mampir.....Wah ...baca postingannya ampe turun naik seperti dalam mobil...Asyik bgt acara jalan2nya...Ceritanya juga habis tuntas terkupas ..he...he...Mobilnya cakep2 ya...Sampe ngiler juga mau salah satunya.......

    BalasHapus
  17. Waduh kok bisa ga tau ya ada acara kayak begini, padahal Vian pasti seneng tuh hiks...

    BalasHapus
  18. seru kayaknya ya, terakhir aku ke IIMS udah lamaaa banget sebelum merit kali ya...hehehe...kasian keke kecewa ya, tapi emang ngedrift tuh ngapain sih mba? hehehe maklum gak gaul.

    BalasHapus
  19. wah serunya....kalau di Solo ada kayak gitu pasti royan juga terkesima dan ga mau cepet-cepet diajak pulang deh :)

    BalasHapus
  20. Waaah..laporan pandangan matanya oke banget Bun. Asyik bacanya. Rasanya puas ya, meskipun capek tapi anak2 happy ya :-)

    BalasHapus
  21. itu boil dijual ya mam...wow!!

    BalasHapus
  22. Lengkap reportasenya :D
    Bagi kuenya donk Nai!! hehehe

    BalasHapus
  23. wah, mama chie lama2 bisa jadi reporter neh.. lengkap, jelas dan panjang, hehhee..

    ga usah ksana baca laporannya mama chie serasa udah ksana, jadi ga perlu ksana lagi deh..

    Moga2 ada tiap tahun ya.. jadi Ke klo umurnya udah pas bisa ikut menikmati.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge