Tumbuh Kembang bersama KEB

By Keke Naima - January 04, 2023

Tumbuh Kembang bersama KEB - Duh, judulnya udah kayak mau bahas parenting, ya. Ngobrolin tentang tumbuh kembang anak hahaha!

tumbuh kembang bersama keb

Rabu (16/11). Komunitas Emak-Emak Blogger (KEB) mengundang Chi dan Teh Nchie untuk ngobrol santai di IG Live. Temanya "Member Sejak Awal Kumpulan Emak Blogger". Dengan kata lain, kami berdua termasuk blogger sepuh yang pertama kali gabung di KEB 😎.


Awal Mula Bergabung di KEB


Awal mula bergabung di KEB karena diundang oleh mak Mira Sahid, Makpon (Founder) KEB. Sebelumnya kami memang udah saling mengenal. Suka blogwalking dan pernah kopdar juga.

Selain kenal dengan makpon, ketertarikan Chi ikut KEB karena rasa penasaran. Pengen tau seperti apa rasanya gabung di komunitas blogger.

Chi pernah cerita di blog ini, niat awal ngeblog memang sekadar menjadikan sebagai catatan harian anak-anak. Gak pernah kepikiran dari ngeblog bisa dapat teman hingga menghasilkan cuan. Pertama kali dapat komen aja sempat terkaget-kaget. Memang dulu sepolos itu 😂.

Paling yang gak pernah pernah berubah sejak dulu sampai sekarang adalah prinsip menulis. Gak pernah mau menulis yang terlalu curhat. Tetapada hal-hal pribadi yang harus dijaga. Berusaha menjaga perasaan orang lain. Jangan sampai menyinggung perasaan atau mempermalukan orang lain, termasuk keluarga sendiri. Jangan pula penuh sumpah serapah. Kalau lagi emosi, hindari dituangkan dalam tulisan. Mau tulisan organik atau job, prinsip itu Chi pegang erat sampai sekarang. 


Duo Chi dan Nchie


Seperti yang tadi Chi bilang. Ketika pertama kali ngeblog, gak pernah sedikit pun terpikir akan mendapatkan banyak manfaat. Chi hanya ingin menulis keseharian anak. Bosan menulis tangan di buku harian. Iseng pindah media ke blog yang ternyata keterusan sampai sekarang.

Singkat cerita, Chi pun berkenalan dengan blogger Bandung bernama Nchie Hanie. Sebetulnya kami sepantaran. Cuma udah kebiasaan aja dari awal manggilnya Teh Nchie.

Gak hanya kenal sama Teh Nchie. Pelan-pelan juga berkenalan dengan blogger-blogger lainnya. Tapi, sama Teh Nchie memang termasuk yang paling 'ngeklik'. Mungkin karena kami punya beberapa momen yang samaan.
 
Sama-sama sepantaran. Anak pertama kami pun seumuran. Jadi kami berdua seringkali melalui fase yang sama secara bersamaan. Kenal dari anak masih pada bocil. Sampai merasakan jumpalitannya memiliki anak remaja.
 
Chi mulai ngeblog Desember 2007. Teh Nchie kayaknya di tahun yang sama juga. Gabung di KEB pun barengan. Salah satu momen spesial kopdar blogger juga dari acara KEB.

Tentunya salah satunya event Srikandi Blogger. Kami berdua pernah sama-sama jadi finalis. Grogi barengan di atas panggung. Makanya jadi ngobrol melulu supaya gak grogi. Daripada nanti pingsan yekan 😂😂

Pada gelaran Srikandi Blogger ke-2, kami sama-sama jadi penerima tamu. Saking fokusnya ke tugas, kami beneran gak ke mana-mana. Fokus di bagian meja penerimaan. Akhirnya nyadar, kami berdua gak ikut foto bareng hahaha!

Walaupun akrab, kami berdua jarang saling sapa tiap hari di medsos. Tapi, kalau Chi lagi ke Bandung atau teh Nchie ke Jakarta, diusahakan kopdar. Baru deh pecah kalau udah ketemuan.

Bahkan karena kami punya banyak kesamaan di luar blogging, justru seringnya bahas yang lain. Bosan juga sehari-hari udah berkutat ma blog. Masa' masih mau ngobrolin blog juga. Makanya mending pilih topik lain. Bisa random banget dari mulai anak sampai artis favorit. 

Ketemuan sekian jam bisa gak berasa. Gak selalu kopdar di cafe atau resto. Beberapa kali juga nongkrong di kaki lima. Makan jagung bakar. Untung gak pada masuk angin, ya hahaha!
 
November lalu ketemuan di stasiun Gambir. 3 jam beneran berasa sebentar banget, ya. Dan selalu aja terjadi, gak keingetan buat foto-foto. Keasikan ngobrol. Paling foto sekali aja menjelang bubar. Setidaknya punya 1 bukti digital dan gak perlu instagramable hihihi.


Blogger yang Bertumbuhkembang bersama KEB



bergabung di kumpulan emak blogger

Chi tuh sebetulnya selalu grogi kalau harus ngobrol di depan umum. Makanya lega banget, ketika tau IG Live malam itu ada teh Nchie juga. Jadi yakin bisa tektokan ngobrolnya. Meskipun Chi sempat agak telat masuknya. *maap yaaa, internet mendadak gak bersahabat hihihi.

KEB menjadi komunitas blogger pertama yang Chi ikuti. Seperti yang diceritain di awal, alasan pertama karena penasaran. Ternyata, lama-lama merasakan banyak manfaatnya.

Ibarat seorang anak, ketrampilan ngeblog Chi pun bertumbuhkembang. Kalau baca tulisan-tulisan awal ngeblog, terasa banget seadanya. Maksudnya, gak kepikiran tentang EYD apalagi SEO. Nulis ya nulis aja. 

Sampai saat ini pun Chi gak terlalu pakem sama teori menulis. Mungkin karena basicnya bukan penulis, ya. Jadi tetap aja menulis seperti  halnya ngobrol. Hanya berusaha lebih rapi. Setidaknya berusaha jangan kebanyakan typo, 1 paragraf terlalu banyak kalimat, atau lainnya.

Dunia blogging terus berkembang. Semakin banyak ilmu dan peluang dari blog. Tetapi, Chi pribadi merasa bersyukur gabung di KEB saat ngeblog belum seberkembang sekarang. Mayoritas yang Chi kenal juga sama-sama dari blogger curhatan. Jadi merasa bertumbuhkembang bersama.
 
Ada positif dan negatifnya juga ketika baru sekarang menjadi blogger. Chi perhatiin beberapa blogger baru malah jadi seperti bingung. Apalagi kalau melihat blogger-blogger lain pada dapat job atau menang berbagai lomba.

Padahal ya semua itu proses. Bisa pendek, bisa juga panjang. Jalanin aja satu per satu. Awalnya mungkin segala dicoba. Tetapi, pelan-pelan sebaiknya mencapai titik tertentu. Mau jadi blogger yang full organik atau monetize? Mau jadi blogger dengan niche tertentu atau campur-campur? Masing-masing akan ada jalannya.

Chi pribadi gak masalah seorang blogger memilih full organik. Gak ambil job sama sekali. Gak masalah juga isi blognya 100% etalase. Kembali ke pilihan masing-masing. Tetapi, mungkin orang lain punya pendapat yang berbeda.
 
Pastinya, menurut Chi hal penting sebagai blogger adalah bisa bertanggungjawab dengan tulisannya. Bahkan untuk tulisan organik yang receh sekalipun.

Zaman sekarang, mau viral di dunia digital kelihatannya mudah. Katanya, tinggal bikin aja konten kontroversial. Tapi, seberapa lama sih konten-konten seperti itu bertahan? Apa kita nyaman melakukannya? 
 
Kalau Chi jelas gak mau. Gak perlu juga menulis topik yang berat yang gak dikuasai. Tulisan receh pun gak apa-apa. Asalkan jangan yang kontroversial.


Harapan untuk Ulang Tahun KEB yang ke-11


InsyaAllah, KEB mau ulang tahun ke-11 di tanggal 19 Januari. Barakallah.

Tentu berharap KEB akan terus sukses. Aamiin. Secara khusus, Chi berharap KEB bisa tetap menjadi 'rumah' bagi para blogger perempuan Indonesia. Kepanjangan KEB memang Kumpulan Emak Blogger. Tetapi, yang bisa bergabung kan tidak hanya yang udah jadi emak. Yang masih lajang juga bisa ikutan, asalkan perempuan.
 
Saat ini memang semakin banyak peluang mendapatkan penghasilan dari dunia digital, termasuk blog. Tetapi, Chi rasa tetap ada blogger yang hanya ingin menulis organik. Apalagi perempuan senang bercerita. Sangat mungkin blog dijadikan wadah untuk menceritakan keseharian, keluarga, hobi, pekerjaan, atau apapun tanpa ada keinginan untuk monetize.

Itulah alasan Chi berharap KEB bisa menjadi rumah bagi semua perempuan yang ingin menjadi blogger. Mau pure organic silakan, mau monetize pun welcome.Jadi di KEB gak hanya tentang berbagi ilmu. Tetapi, keakraban sesama emak bisa terjalin. Selain ada program Arisan Ilmu. Sesekali bisa nih ngobrol santai di IG Live.

Gak terasa juga ya udah lebih dari 1 dekade bergabung di KEB. Kangen kopdar bareng lagi. Terus menantikan keseruan-keseruannya. Selamat ulang tahun, KEB!

  • Share:

You Might Also Like

24 comments

  1. KEB termasuk komunitas blogger online awal2 yang aku ikutin, dan masih jd member setia sampai sekarang. beneran gak berasa ya, dulu mulai 2011 dan eh tau2 udah 2022 aja sekarang. Sukses terus buat KEB ya dan membernya juga makin banyak serta mendapatkan manfaatnya :)

    ReplyDelete
  2. MashaAllah~
    Barakallahu fii umriik KEB yang ke 11.

    Semoga Allah jadikan KEB rumah terbaik bagi para mom blogger dan menjadi support system yang no judgement atau menjatuhkan. Senang sekali bisa mengenal kak Chie, teh Nchie.. Mohon maaf kalau selama ini aku komennya kurang berkenan.

    Tapi yang pasti, KEB membuatku bertumbuh.
    Adminnya luar biasa.. Anggotanya juga sangat kompak. Sehingga biasanya aku introvert kalo uda di wag KEB, mendadak gak sungkan ngobrol. Hehhe..

    Terima kasih banyak ilmunya, Kak Chie.
    Aku gak terlalu berpolemik dengan blog monetasi dan engga, karena aku punya 1 blog yang belum di monetasi juga, hahaha.. Rasanya sayang banget kalo mo nulis yang gak sesuai niche.

    Dan Aku selalu suka tulisan kak Chie yang story telling. Ibaratnya kalau main ke rumah kak Chie tuh disambut hangat, dikasih jamuan cookies dan teh hangat. Bener-bener tulisan yang dibutuhkan para parent menuju pertumbuhan anak sesuai milestonenya.

    ReplyDelete
  3. KEB itu komunitas blogger pertama saya , saya pertama kenal dulu sama teh Nchie dan teh Efi di KEB, memang menyenangkan ya bertemu dengan sahabat online itu.

    ReplyDelete
  4. Suka sekali baca tulisan bersahaja ini. Padahal yang nulis sudah sangat kaya pengalamannya. Ini tak lain karena Mbak Myra adalah pribadi yang berhasil bertumbuh dan berkembang dengan baik. Baik secara individu maupun dalam lingkungan komunitas.

    Blogger makin banyak ya mbak, makin beragam gaya. Tetapi yang punya prinsip, keliatan tegap di tempat ia berdiri, dewasa dan bijaksana.

    Selamat jelang 11 tahun KEB 😍💕

    ReplyDelete
  5. Uhuuyy seru banet, salim bloger senior :D
    kebayang dulu pas gabung anak2 masih kecil sekrang tumbuh jadi remaja hingga pada kuliah semua ya mbak :D
    Komunitas awal blogku setelah TLD juga KEB. Aku lupa tuh dulu ikutan krn apa, kyknya krn kenal di FB haha. Trus sempat ikutan GA teh Nchie juga pas aman dulu itu.
    Kangen banget deh GA2 bloger2. Walau mungkin hadiahnya sederhana namun bisa saling menjalin persahabatan antar bloger :D

    ReplyDelete
  6. Aku kelewat IG Live..tapi asli kagu dan salut banget sama kalian berdua Mak Chie & Nchie...Senior, salim dulu ah!
    Blogger-blogger yang low profile, pantas buat diteladani...
    Setuju mau diapain blognya, dijadikan ladang cuan habis-habisan atau hanya full tjurhatan monggo aja, yang penting happy pemiliknya.
    Btw, KEB komunitas blogger pertama yang aku ikuti. Tapi kalau Mba Myra dari 2007 ngeblog ,aku 2017 :D

    ReplyDelete
  7. Aku pertama gabung jadi member komunitas di KEB juga. Merasa tumbuh dan berkembang juga karena ikut Arisan Ilmu dan dulu suka gabung di FB yang sharing sesuatu yang bergizi gitu. Dan aku nyesel waktu #KEBNgobrol sesi Teh Nchie dan Mba Chie, kok aku kelupaan gak ikut gabung.

    ReplyDelete
  8. Wah saya kemarin nggak ngikutin IG Livenya, padahal seru kali ya dengerin cerita para blogger senior.
    Saya gabung KEB sejak blog belum TLD, awalnya buat mendokumentasikan tumbuh kembang anak, kadang buat curhat juga. Sekarang kalau membaca lagi tulisan awal-awal ngeblog tuh suka senyum-senyum sendiri.

    Yup sepakat juga, orang bikin blog dan nulis di blog kan suka-suka dia, yang penting bahagia.

    ReplyDelete
  9. Aku termasuk member muda di KEB. Walaupun sudah cukup lama punya blog, tapi belum lama aktif di blog. Senang bisa gabung di KEB, komunitas yang positif banget. Ada banyak relasi, ilmu dan pengalaman yang aku dapatkan selama gabung di KEB.

    ReplyDelete
  10. Mak Chiii...teh Nchiii sesama Blogger Sepuh nih kita. Berdua mah masih aktif banget yaa berkegiatan offline yaa.
    Aku dah jarang nih ngumpul2...pada sehat2 semua yaa. Duuh kangen ngumpul sm emak2 KEB euyy

    ReplyDelete
  11. LEGEND!
    Menjura nih sama kalian berdua, duo blogger cakep kinyis kinyis - yang selalu humble dan masih eksis di blog!

    ReplyDelete
  12. menyenangkan ya bisa bergabung bersama komunitas yang memberikan dukungan luarbiasa dan bisa berkembang bersama

    ReplyDelete
  13. Newbie jadi blogger dan join KEB baruu mau 1.5 th tapi bener bener luarr biasaa.

    Banyak pelajaran dr join di KEB ternyata KEB sdh nau 11 tahun semoga makin berjaya, dan bermanfaat bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  14. Komunitas itu sangat penting bagi seorang blogger ya mbak
    Komunitas tempat blogger belajar sekaligus tumbuh berkembang bersama

    ReplyDelete
  15. Masya Allah... keren ini mak Chi, duo Chi dan Nchie yang kadang aku pun dulu suka jadi Nchie yang tertukar sama beberapa blogger. Heheheeee... Juara deh memang ini mak Chi dan mak Nchie, menjadi semangat juga untuk blogger yang lainnya ya mak. Terima kasih sudah berbagi cerita dan bersama-sama dengan KEB.

    ReplyDelete
  16. Kangen juga bisa kopdaran dengan member KEB yg lain. Sama Chi cuma pas Srikandi Blogger 2 yaa... masih teringat2 dirimu dan Teh Nchie yang jadi penerima tamu, terus terheran2 liat diriku, yang ternyata tidak semungil penampakan di foto hahaha...

    Iya, mau nulis apapun di blog, mau organik atau berbayar, mbokya biarin lah yaa.. gapapa kok, terserah yang punya blog aja. Sebaiknya tidak mudah menghakimi bloger lain yang punya tujuan masing-masing.

    ReplyDelete
  17. Duo Blogger Legend, nih. Emang beda aura kalau sudah menjadikan blog sebagian bagian dari keseharian. Nulisnya kayak ngalir aja dan gak ada tekanan. Nulis santai, semau gue, tapi tetep beretika. Salut untuk Mbah Chi dan Mak Nchie. Semoga tetap bersinar sebagai panutan blogger pemula seperti saya.

    ReplyDelete
  18. Iya dulu blog itu udah ada tahun 2007 ya, Mba. Dr yg multiple dll. Saya tau pas raditya dika booming. Tapi akhirnya mulai tertarik coba th 2009.

    Keren lah jadi member keb pertama. Berarti dr tahun 2011 ya. Prinsip nulisnya sama kita mba. Karena catatan digital itu awet selamanya.

    ReplyDelete
  19. Sungkem dulu sama duo Blogger panutan, Blogger idola dari tahun 2009...KEB memberi banyak peluang dan kesempatan berkembang salah satunya ya..nggak nyangka udah mau 11 tahun. Sukses selalu KEB

    ReplyDelete
  20. Setuju banget sama Mbak Myra, blog itu mau diisi sama tulisan organik semua, mau kayak etalase toko, mau campur-campur, monggo saja.
    KEB juga jadi komunitas bloger pertamaku, November 2012 aku join. Dan memang KEB nyaman banget buat para perempuan bloger.
    Btw, sungkem sama mak Chi dan mak Nchie 😊🙏

    ReplyDelete
  21. Menyenangkan sekali kenal dengan duo blogger yang kece ini, aku gabung di KEB juga akhirnya membuka semangat untuk mengembangkan blogger di Lampung

    ReplyDelete
  22. Wah ngeblognya udah lama ya teh tahun 2007, aku baru ngeblog 11 tahun kemudian hehe ..luar biasa pengalamannya pasti udah kayak gerbong kereta ya berderet-deret. Seru ya bisa kenal banyak blogger apalagi jadi bagian yg pertama saat KEB lahir. Sukses dan sehat selalu yaa...

    ReplyDelete
  23. Bisa gabung ke KEB karena pas ikut workshopnya Mba Mira, happy banget banyak ilmu, pertemanan, juga dapat cuan pas ada job gitu Allhamdulillah

    ReplyDelete
  24. aku sendiri seneng bisa jadi bagian dari KEB, lupa kapan persisnya joint di KEB, dulu kayaknya ga kepikiran buat gabung komunitas blogger karena kurangnya informasiku.
    Sekarang seneng gabung di komunitas jadi punya banyak relasi juga, meskipun sekedar komenan di blog, tapi udahberasa kenal lama

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^