Peran UV-C Air Disinfection dalam Mencegah dan Mengendalikan Risiko Infeksi yang Ditularkan Melalui Udara di Rumah Sakit

By Keke Naima - October 29, 2022

Sejak dulu kami menganggap kalau rumah sakit bukanlah tempat teraman, terutama bagi anak-anak. Makanya, kami anak-anak harus benar-benar dalam kondisi prima ketika mau divaksinasi. Setiap pulang dari rumah sakit juga wajib langsung ganti pakaian dan bebersih sebelum melakukan aktivitas lain. Kami juga menghindari periksa di dokter yang harus antre lama hingga berjam-jam.

Peran UV-C Air Disinfection dalam Mencegah dan Mengendalikan Risiko Infeksi yang Ditularkan Melalui Udara di Rumah Sakit

Menurut kami, usia anak-anak paling mudah terkena batuk pilek. Kalau di rumah lagi ada yang kena flu, biasanya akan cepat menular. Virusnya kayak muter-muter aja di rumah. Nah, kalau ke rumah akan mudah ditemui anak yang sedang batuk atau pilek.
 
Kami tidak parno bakal ketularan. Tapi, lebih baik mencegah daripada mengobati. Makanya sebisa mungkin jangan berlama-lama, deh.

 

Beberapa Upaya untuk Mencegah Timbulnya Penyakit yang Ditularkan Melalui Udara


Beberapa Upaya untuk Mencegah Timbulnya Penyakit yang Ditularkan Melalui Udara

Kita datang ke rumah sakit biasanya alasannya agar sembuh atau lebih sehat. Tetapi, sebetulnya siapapun termasuk tenaga kesehatan juga bisa mendapatkan risiko infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan, yang biasa dikenal dengan Healthcare Associated Infections (HAIs)

Ada banyak komponen di lingkungan rumah sakit yang berpotensi langsung atas risiko terhadap HAIs, termasuk desain fasilitas bangsal perawatan dan ruang operasi, kualitas udara, pasokan air, makanan, dan penanganan limbah medis dan jasa cuci (laundry). Infeksi-infeksi ini paling sering disebabkan oleh bakteri, virus, dan mikroorganisme yang diperoleh dari kunjungan ke fasilitas pelayanan kesehatan, atau ketika pasien dirawat di rumah sakit, yang terjadi dalam waktu 48 jam setelah terpapar. Upaya pencegahan dan pengendalian HAIs telah dilakukan sebagai bagian dari protokol kesehatan dan standar operasional prosedur di rumah sakit sebagai penyedia layanan kesehatan yang beroperasi 24/7.

Pandemi belum benar-benar usai. Penyakit COVID-19 masih ada. Meskipun jumlah yang terpapar sudah berkurang.


Sebelum COVID-19, ada beberapa penyakit yang ditularkan melalui transmisi udara yaitu TBC, Campak, Cacar, Gondongan, Influenza, SARS, dan MERS. Bahkan Indonesia masih menjadi salah satu negara penyumbang TBC terbesar di dunia.

Beragam penyakit tersebut bisa ditularkan lewat airborne atau droplet. Perbedaannya ada pada ukurannya. Droplet berukuran lebih dari 5mikron. Biasanya droplet keluar bila seseorang batuk atau bersin. Gak lama kemudian, droplet jatuh ke permukaan. Sedangkan, airborne lebih kecil ukurannya. Kurang dari 5mikron. Ukurannya yang sangat kecil ini mampu membuat virus terus melayang di udara.



Untuk pencegahan individual, kita bisa melakukan beberapa langkah berikut yaitu:

  1. Hindari kontak erat dengan pasien yang menunjukkan gejala
  2. Isolasi mandiri
  3. Pakai masker
  4. Lakukan etiket batuk
  5. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  6. Hindari menyentuh wajah bila belum cuci tangan
  7. Vaksinasi


Tentang Produk Philips UV-C Air Disinfection


Selain upaya pencegahan individual, sangat penting untuk memperhatikan kualitas udara di dalam ruangan. Karena kualitas udara yang kita hirup memang memegang peran penting untuk mempengaruhi kesehatan manusia. Virus, bakteri, dan mikroorganisme yang tidak tampak oleh mata berada di udara. Oleh karena itu ventilasi di dalam ruangan harus baik agar sirkulasi udara mengalir, sinar matahari leluasa masuk, dan udara menjadi lebih bersih. Sayangnya saat ini banyak gedung bahkan rumah sakit yang tertutup. Oleh karena itu perlu alat untuk membantu mendisinfeksi udara. 
 
Selasa (25/10) di The Terrace, Jakarta, Signify Indonesia mengadakan forum diskusi dengan tema “UV-C Air Disinfection: Mencegah dan Menekan Risiko Healthcare Associated Infections (HAIs) melalui Transmisi Udara di Lingkungan Fasilitas Kesehatan”. Pada forum tersebut juga menghadirkan beberapa narasumber yaitu:

  1. Wibawa Jati Kusuma, Chief Commercial Operation Signify Indonesia
  2. dr. Cahyarini, Sp.MK (K), Perwakilan PERDALIN Pusat/Indonesian Society
    of Infection Control (INASIC)
  3. dr. Jaka Pradipta, Sp.P, Dokter Spesialis Paru
  4. Meisya Siregar, Public Figure
 
Signify telah menjadi yang terdepan dalam teknologi UV selama lebih dari 40 tahun7 dan memiliki rekam jejak yang terbukti dalam mengembangkan solusi desinfeksi UV-C yang inovatif. Pencahayaan UV-C Signify dirancang dengan tepat, diproduksi menggunakan proses industri yang terkontrol, dan harus dipasang dan dioperasikan sesuai dengan instruksi keselamatan masing-masing produk untuk memastikan penggunaan yang aman dan efektif. Seluruh produk Philips UV-C juga sudah mendapatkan sertifikasi bebas ozon dan bebas kebocoran sinar UV-C, serta mengikuti standar keselamatan IEC 60335.
 

Philips UV-C Disinfection Upper Air

Seri ini terdiri dari 2 produk yaitu 
 
  1. Philips UV-C Disinfection Upper Air Ceilling - alat ini dipasang di plafon
  2. Philips UV-C Disinfection Upper Air Wall Mounted - alat ini dipasang di dinding
     
Luminer dipasang pada ketinggian minimal 2,3 meter, dikombinasikan dengan pelindung dan optik, memastikan orang dapat terus bekerja di bagian bawah ruangan sementara perangkat mendesinfeksi udara di ruangan.

 

Philips UV-C Air Cleaner

Mendisinfeksi udara dalam beberapa menit. Aman digunakan di sekitar manusia. Mode sunyi untuk suasana lebih tenang.


Philips UV-C Air Unit

Disinfeksi udara dengan desain portable di lantai. Dapat mendisinfeksi hingga 90% mikroorganisme dalam ruangan seluas 80m2 hanya dalam waktu 2 jam dengan cakupan sirkulasi 28m3.

Philips UV-C Air Cleaner


Topik utama pada forum diskusi tersebut memang tentang mencegah dan mengendalikan Healthcare Associated Infections (HAIs) di fasilitas pelayanan kesehatan menggunakan teknologi UV-C. Tetapi, semua produk Signify ini juga bisa digunakan di rumah, lho.

Meisya Siregar, Public Figure, yang menjadi salah satu narasumber di forum tersebut juga menggunakannya. Bahkan untuk yang air cleaner juga suka dibawa ke mana-mana. Aman juga kok melakukan aktivitas saat Philips UV-C digunakan. Karena produknya memang sudah dirancang sesuai dengan standar keamanan.

Cukup lega karena situasi pandemi mulai terkendali. Tetapi, ambil juga pelajaran berharga dari kejadian tersebut. Terutama tetap menjaga kesehatan. Masih ada berbagai penyakit yang bisa ditularkan melalui udara. Jadi ada baiknya tetap melakukan berbagai upaya pencegahan. Jangan sampai lengah.

Chi juga pake lampu Philips UV-C Disinfektan. Tapi, tipe yang sebelumnya. Kepake banget di saat pandemi. Sampai suka dipinjem sama tetangga. Bahkan ada yang akhirnya ikut beli juga.

Menarik nih Philips UV-C Air Disinfection yang baru ini Karena lampunya dilindungi, sehingga kita bisa tetap bebas beraktivitas pada saat lampu bekerja. Cara kerjanya menyerap udara yang penuh mikroorganisme kemudian dikeluarkan lagi menjadi udara yang bersih.

  • Share:

You Might Also Like

16 comments

  1. Produk-produk kayak Philips UV-C Air Disinfection ini dibutuhkan banget ya, khususnya di masa-masa kayak sekarang ini.
    Bisa bantu membersihkan udara, sehingga anak-anak jadi lebih aman dari berbagai virus atau kuman yang ada di udara

    ReplyDelete
  2. kalo buat rumah sakit, teknologinya kudu lebih lengkap dan mutakhir yaa kak, soalnya di sana tempatnya virus2 dan bakteri pada ngumpul. minimal kalau udah pakai teknologi dari philips ini, bisa mengurangi potensi penularan penyakit

    ReplyDelete
  3. Phillips UV-C Air disinfection ini bisa jadi alternatif penghilang kuman-kuman di udara juga ya. Apalagi anak-anak yang biasanya debu sedikit batuk bisa sedikit melindungi anak-anak dari udara kotor.

    ReplyDelete
  4. udara itu cepat banget menghantarkan virus dan bakteri makanya harus banget sih menggunaka Philips UV-C Disinfektan

    ReplyDelete
  5. Sejak dulu sebenarnya kita diingatkan bahwa penyakit apapun bisa ditularkan lewat airborne atau droplet, hanya pada saat pandemi ini yang amazing ya. Airborne lebih kecil ukurannya, sehingga mengatasi penyebaran akibat ukurannya yang sangat kecil ini yang mampu membuat virus terus melayang di udara, dibutuhkan UV C Air

    ReplyDelete
  6. Memang sih, kalau harus antre lama di fasilitas kesehatan itu, bukannya bikin hati tenang malah deg-degannya dobel sebab HAIs tuh cukup mengkhawatirkan. Habis baca jadi penasaran pengen cari tahu lebih lanjut tentang produk Philips UV C Air Disinfectan gini. Coba kuceki-celi range harganya. Perlu, apalagi pandemi masih berjalan.

    ReplyDelete
  7. mbak, aku masih belum paham bedanya yang air cleaner dan air unit
    apa jangkauan ruangan yang di-disinfeksi dan bentuknya?
    kalau yang bisa dipakai di mobil apa ada?

    ReplyDelete
  8. teknologi sudah canggih ya, dengan adanya air disinfection seperti produk Philips ini, udara di sekitar lingkungan kita bisa terjaga kesehatannya. Apalagi kalo di rumah sakit, pasti bermanfaat banget ini secara banyak virus yang ga kasat mata.

    ReplyDelete
  9. Menjaga kebersihan dan kesehatan dimulai dari diri sendiri dan tentunya di lingkungan sekitar juga termasuk peralatan elektronik yang kita pakai di rumah
    Keren nih inovasinya Philips. Produk-produknya higienis

    ReplyDelete
  10. Aku dulu suka baca yang namanya infeksi nosokomial, jadi pulang dari RS malah dapat "oleh-oleh" penyakit lain yang kadang kumannya lebih ganas. Coba search, ternyata HAIs ini bisa dibilang istilah lainnya. Padahal RS juga pasti udah usaha maksimal biar fasilitasnya aman dan nyaman. Dengan adanya Philips Air Disinfection yang baru ini, perlindungan buat pasien juga keluarga yang menemani dan nakesnya juga jadi lebih optimal, ya.

    ReplyDelete
  11. Si covid yang masih ada, virus dan kuman penyebab bapil memang sebaiknya kita jangan lengah ya. Penggunaan masker jangan sampai lupa, karena ini sebagai pencegahan garda terdepan.

    ReplyDelete
  12. Kalau rumah sakit sudah memiliki alat UV-C Air Disinfection kita sebagai pengunjung merasa aman pastinya

    ReplyDelete
  13. mba sama nih pemikirannya denganku juga, menghindari sekali ke rs, kalau sakit masih nyari klinik aja yang gak terlalu banyak orang dan ketemu orang.
    jadi penasaran juga sama uv-c air disinfection philips ini bisa lihat produknya langsung dimana yah mba ?

    ReplyDelete
  14. Inovasi yang menarik sekali ini dari Philips, ga hanya terang dan hemat energi ternyata terobosan dari Philips sangat bermanfaat dalam mewujudkan kesehatan. Philips UV-C Air Disinfection bisa jadi solusi juga nih

    ReplyDelete
  15. Penting banget memang punya air disinfection di rumah di jaman sekarang ya, karena semakin banyak penyakit yang ditularkan lewat udara. Untungnya ada Philip UV-C Air Disinfection sehingga kita bisa bebas beraktifitas di dalam rumah dengan udara yang lebih bersih.

    ReplyDelete
  16. Sejak pandemi memang kita diajarkan banyak hal ya, kak Chi.
    Dan pertama kali kami mencoba beli Air Cleaner, rasanya tidak cukup tentunya kalau untuk serumah. Jadi sekarang memahami bahwa udara itu gak bersih dan memang media untuk virus mencari inang baru. Penting membersihkan udara menggunakan Philips UV-C Disinfection.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^