Puncak Peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja – Sebuah Kisah Inspiratif untuk UMKM

By Keke Naima - October 18, 2022

Akhir-akhir ini topik tentang privilege dibahas di berbagai platform media sosial. Sayangnya beberapa bahasan malah jadi bikin netizen lain merasa insecure. Bahkan sampai ada istilah ‘remahan rengginang’ atau semacamnya.

100 tahun eka tjipta widjaja

Entah berawal dari mana, karena kemudian mulai terbentuk mindset kalau gak mungkin banget punya usaha sukses tanpa privilege. Alias kalau kamu bukan keturunan orang kaya yang warisannya gak abis-abis, lupain aja deh menjadi seorang sultan.

Padahal ya kalau kita mau membaca, banyak juga tokoh-tokoh sukses yang mengawali nasibnya dari bawah alias usaha dari nol. Salah satu tokoh inspiratif yang juga akan dibahas di artikel ini adalah pak Eka Tjipta Widjaya, pendiri Sinar Mas.


Berawal dari Toko Kelontong Hingga Menjadi Konglomerasi


quote pak eka
Berbagai nasihat pak Eka yang bisa menambah semangat untuk pantang menyerah


Sosok pak Eka memulai usahanya pada tahun 1938 di Makassar. Saat itu usia beliau baru 15 tahun. Berjualan kecil-kecilan seperti permen dan biskuit. Sepeda onthel menjadi saksi bisu sekaligus teman setia pak Eka dalam menjalankan usaha.

Tentu perjalanannya gak selalu mulus. Berbagai tantangan hingga kegagalan pernah menghampiri. Tetapi, sikapnya yang selalu pantang menyerah terus bekerja keras hingga usahanya terus berkembang dan menjadi besar seperti saat ini.


Sinar Mas Terus Mendukung UMKM Naik Kelas


Jumat (7/10/2022) bertempat di Lobi Sinar Mas Land Plaza digelar acara puncak Peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja. Acara ini resmi dibuka dengan ditandai pemutaran wheel of quotes Pak Eka oleh Bapak Franky O. Widjaja dan Bapak Muktar Widjaja. Turut hadir pula jajaran Sinar Mas Board Member. 

Ketua Umum Eka Tjipta Foundation, Hong Tjhin mengatakan bahwa Peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja mulai dari menanam 100 pohon lebih, operasi 280 pasien katarak, hernia, bibir sumbing dan juga donor darah hampir 100 titik.
 
peringatan 100 tahun pak eka
 
Pada acara tersebut juga diserahkan souvenir sepeda kayu dari bapak Suherman untuk bapak Franky Widjaya. Sepeda memang menjadi simbol perjalanan pak Eka ketika mulai berbisnis.

Bapak Suherman adalah pengrajin limbah kayu CHIP di Serang, Banten, salah satu UMKM binaan APP Sinar Mas. Bahan untuk membuat kreasi, didapat dari kayu bekas peti kemas dari PT Indah Kiat Pulp & Paper (APP Sinar Mas) secara cuma-cuma. Selain itu diberikan juga pembinaan, pengembangan desain produk, hingga bantuan pemasaran.



eka tjipta fair

Sinar Mas sudah menjadi perusahaan konglomerasi dengan memiliki 7 pilar usaha. Bergerak tidak hanya di ranah domestik, tetapi global. Sinar Mas tidak melupakan masa lalunya yang memulai dari level UMKM. 

Saat ini, Sinar Mas diemban oleh generasi kedua tetap berfokus memberdayakan UMKM. Sinar Mas ingin para pelaku UMKM memiliki semangat pantang menyerah seperti pak Eka Tjipta Widjaja.
 
Berbagai upaya pembinaan dilakukan Sinar Mas agak UMKM bisa naik kelas. Pada acara tersebut juga digelar Eka Tjipta Fair 3.0. Masyarakat bisa melihat sekaligus belanja berbagai produk UMKM binaan Sinar Mas.

diorama sinar mas

Satu hal lagi yang menarik perhatian pada acara Peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja adalah diorama perjalanan pak Eka mengembangkan Sinar Mas. Bahan dioramanya terbuat dari kardus buatan PT. Indah Kiat Pulp & Paper,Tbk.dari APP Sinar Mas. Kemudian dikreasikan oleh @dusduduk. Karya yang kreatif banget! Para pengunjung pun bisa berfoto di sana.

Oiya, Sinar Mas juga kerap melakukan webinar. Menarik banget menyimak berbagai bahasan tentang ekonomi. Pastinya materinya ‘daging’ banget.

Sebagai penutup rangkaian webinar dalam memperingati 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja, Sinar Mas menyelenggarakan Forum Dialog yang diselenggarakan secara daring dengan tema “Economic Outlook 2023 - Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Inflasi Global”.

Pakar ekonomi memang memprediksikan di tahun 2023 kondisi keuangan akan mengalami masa sulit. Tetapi, memang sebaiknya tidak disikapi dengan ketakutan berlebihan. Salah satu caranya bisa dengan menyimak berbagai diskusi, termasuk webinar Sinar Mas. Selain menambah wawasan juga bisa membantu membuat perencaan untuk bisnis bila prediksi tersebut terjadi. Tetap semangat menghadapi berbagai rintangan seperti yang selalu dilakukan pak Eka, ya.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^