Tingkatkan Ketrampilan dan Kompetensi Diri dengan Kursus Online di Arkademi

By Keke Naima - September 12, 2022

Tingkatkan Ketrampilan dan Kompetensi Diri dengan Kursus Online di Arkademi - Persaingan di dunia kerja kelihatannya semakin ketat. Zaman Chi kuliah, kayaknya targetnya mendapatkan IPK yang bagus. Gak kepikiran untuk meningkatkan skill atau magang, Asalkan IPK bagus, maka kemungkinan dapat kerja lebih terbuka lebar.

Tingkatkan Ketrampilan dan Kompetensi Diri dengan Kursus Online di Arkademi

Tapi, kalau sekarang sebagai mahasiswa hanya kuliah-pulang seperti kurang cukup. Bahkan bila kita memiliki IPK bagus dan kuliah di universitas ternama. Tetap dituntut untuk punya ketrampilan serta kemampuan untuk mengembangkan diri sebagai modal tambahan.

Chi memang belum bisa membuktikan hal tersebut karena Keke baru aja masuk dunia perkuliahan. Tetapi, udah sering diwanti-wanti untuk tidak hanya kuliah-pulang. Cari berbagai aktivitas lain yang berfaeeah tanpa mengorbankan IPK. Berat juga ya tantangan generasi zaman sekarang. InsyaAllah bisa berjalan lancar. Aamiin Allahumma aamiin.


Manfaat Meningkatkan Ketrampilan di Dunia Kerja


pengembangan karir arkademi


Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Persaingan mencaru kerja semakin meningkat. Tentu membuat perusahaan semakin ketat menyeleksi. Calon karyawan yang dianggap paling berkompeten akan semakin dilirik. Bahkan ada juga yang sampai ditawarkan pekerjaan oleh perusahaan.

Tentu saja perlu meningkatkan ketrampilan dan kompetensi diri. Semakin kita menguasai suatu bidang, rasa percaya diri bisa semakin meningkat. Semakin yakin bisa berkompetisi dalam mencari pekerjaan.


Meningkatkan Daya Saing

Daya saing akan semakin meningkat bila calon karyawan belomba-lomba meningkatkan kompetensi diri. Perusahaan akan semakin mempertimbangkan kriteria karyawan yang dibutuhkan. Semakin mendekati dengan kebutuhan tentu peluangnya akan semakin tinggi.


Mendapatkan Peluang Karir yang Lebih Baik

Meningkatkan ketrampilan dan kompetensi diri tidak hanya pada saat sedang mencari pekerjaan. Tetapi, juga ketika sudah berkarir. Tentu kita gak ingin karirnya stagnan. Ingin ada peningkatan. Oleh karena itu sangat perlu melakukan peningkatan skill.


Cara Meningkatkan Ketrampilan dan Kompetensi Diri Melalui Kursus Bersertifikat


testimoni arkademi

Ada berbagai cara untuk meningkatkan skill, diantaranya adalah:

  1. Menyimak pendapat para ahli - Belajar dengan cara menyimak dari ahlinya bisa didapat dengan cara gratis dan berbayar. Kita bisa sering berdiskusi dengan teman, atasan, guru, kerabat, atau lainnya yang sekiranya ilmunya bisa disimak. Bisa juga dengan cara berbayar yaitu mengikuti kursus online bersertifikat
  2. Mengikuti program magang - Biasanya mahasiswa banyak yang magang, nih. Dari kegiatan tersebut juga akan mendapatkan pengalaman berharga. Ilmunya pun didapat. Sehingga bisa meningkatkan ketrampilan dan kompetensi diri.
  3. Mengikuti pelatihan online - Salah satu tempat yang bisa dipilih adalah Arkademi
 
Sejak 2020 hingga saat ini, Arkademi dipercaya pemerintah sebagai lembaga pelatihan resmi penyedia pelatihan bagi penerima Kartu Prakerja dengan menyediakan lebih dari 50 pelatihan. 

Meningkatkan ketrampilan dan kompetensi diri salah satu cara memang bisa melalui kursus. Tetapi, seringkali terkendala dengan waktu. Apalagi sekarang aktivitas berangsur normal pasca pandemi. Dari pagi hingga malam sibuk dengan berbagai kegiatan. Kapan waktu untuk kursus?

Kursus online menjadi solusinya. Kita bisa belajar di manapun dan kapanpun. Eits! Tapi, tetap jangan asal-asalan ikut kursus. Ada baiknya mempertimbangkan 3 hal berikut, yaitu

  1. Pilih kelas sesuai minat
  2. Perhatikan rating dan ulasan kelas
  3. Pastikan kelas yang dipilih menyediakan sertifikat kursus
 
Cari informasi pelatihan online bersertifikat terlebih dahulu sebelum memutuskan. Tentu saja sertifikat adalah hal penting sebagai bukti kalau kita memiliki ketrampilan tersebut.

Arkademi memiliki lebih dari 500 kursus dan pelatihan online bersertifikat, ditawarkan dengan metode pembelajaran 100% online dan harga yang terjangkau.

Zaman sekarang mencari pekerjaan memang semakin ketat persaingannya. Tetapi,  di sisi lain pun perusahaan masih kesulitan mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi meskipun angka pengangguran di Indonesia masih tinggi, tetap ada celah antara permintaan dan penawaran kerja. Arkademi bisa menjadi solusi berupa pelatihan dan kursus online. Bisa diakses melalui website atau mobile app. Silakan download aplikasi Arkademi bila ingin daftar melalui aplikasi.

Di Arkademi ada banyak pilihan kursus. Tetap pilih kursus yang sesuai dengan keinginan dan akan memdukung karir. Baca-baca juga ketentuan serta testimoninya sebelum memutuskan untuk membayar.

Tetap semangat ya untuk angkatan kerja. InsyaAllah akan menemukan karir yang tepat. Terus upgrade skill agar bisa terus bersaing. Semangat!

  • Share:

You Might Also Like

41 comments

  1. IPK tinggi memang penting tapi bila ditunjang dengan keterampilan tentu akan lebih "afol" lagi yaa, karena sekarang yang dicari adalah yang bisa kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Memiliki ketrampilan juga penting, ya

      Delete
  2. Iya yah, dulu kayaknya aku mahasiswa kupu-kupu banget deh, kuliah pulang aja gak kepikiran buat ninggalin skill apa2 yang penting IP aman aja gitu. Malah sibuk pacaran hahaha

    Wah, lumayan nih infonya buat Kayla nanti ikutan kursus online

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkkw samaan kita. Tapi, kalau sekarang kayaknya gak bisa kupu-kupu :D

      Delete
  3. Zaman sekarang nilai kalau nggak didampingi dengan skill tuh seperti tau teorinya aja tapi nggak paham praktiknya.. menurutku ya mbak.. kadang nilai bagus cuma kebetulan aja tau jawabannya.. jadi ikut kursus online buat ngasah skill seperti di arkademi ini harus banget.. biar seimbang gitu teori sama praktiknya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, Mbak. Memang sebaiknya punya skill yang bisa menunjang di pekerjaan

      Delete
  4. Tingkat Kecerdasan saja belum cukup ya, tetapi skill juga harus di upgrade dan diperhatikan. Oke banget nih kursus online dari Arkademi, otw share ke teman-teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. zaman sekarang tantangannya beda ^_^

      Delete
    2. Bener.. semakin berkembang zaman, pastinya kita pun harus mengembangkan kemampuan diri agak siap menghadapi tuntutan zaman. Biar gak ketinggalan juga, jadi kita bisa imbangin dengan memastikan diri sudah punya skill yang dibutuhkan saat ini.

      Delete
  5. IPK hanya dibutuhkan di pemeriksaan berkas. Lah banyak buktinya pekerja lama yang IPK tinggi kalah pinter sama yang baru masuk yang melek teknologi dan banyak keterampilan.
    Begitu pentingnya skill ya kak... harus ikuti perkembangan jaman...

    ReplyDelete
  6. Sip banget nih ada kursus dan tentunya sesuai minat kita. Kursus jelas dong lulusnya bersertifikat dan tentunya akan membantu kita saat melamar kerja karena udah menyertakan bukti kako kita menguasai suatu skill melalui kursus.

    ReplyDelete
  7. Daya saing yang meningkat memang perlu diimbangi dengan kompetensi yang mumpuni. Jadi harus dihadapi tantang tersebut dengan gali skill lebih matang

    ReplyDelete
  8. Tidak ada kata berhenti untuk belajar ya mbak
    Kita bisa terus belajar untuk meningkatkan skill yg dimiliki
    Apalagi sekarang belajar itu mudah, misalnya dengan ikutan kursus di Arkademi ini

    ReplyDelete
  9. Sebelum terjun ke dunia kerja, pastinya kita perbanyak keterampilan dulu. Supaya punya banyak bekal/modal untuk berhadapan dengan berbagai tantangan kerja. Salah satunya ya dengan bergabung di Arkademi ini

    ReplyDelete
  10. Wah baru tahu nih tentang Arkademi ini saya Mba. Keterampilan dan kompetisi diri bisa ditingkatkan lewat kursus online seperti Arkademi..

    ReplyDelete
  11. Makin ke sini untuk mencari pekerjaan persaingannya luar biasa banget. Ketika masih di bangku belajar, sudah sepantasnya giat dan tekun. Kalau perlu kursus di Arkademi.

    ReplyDelete
  12. Ada banyak banget kelas yang bisa meningkatkan skills selain ilmu akademik dari kampus ditambah lagi dengan belajar di Arkademi. Bisa menjadi nilai plus dengan sertifikat yang dimiliki.

    ReplyDelete
  13. Wah, aku baru tau nih ada kursus online bersertifikat, Arkademi ya namanya. Betul, semakin banyak persaingan lulus kuliah kemudian masuk ke dunia kerja. Bagusnya ada magang dulu ya jadi sudah ada persiapan fisik maupun mental ketika riil bekerja dalam perusahaan.

    ReplyDelete
  14. Saya setuju loh kalo IPK tinggi harus didukung dengan kemampuan di luar akademik. Anak sulung saya itu rajin ikut kursus online, jadi dia bisa kerja di luar bidang akademik yang diambilnya saat kuliah. Saya baru tahu tentang Arkademik dan pilihan kursusnya banyak juga ya sampai 500 kursus dan pelatihan online. Coba saya suruh si sulung instal aplikasinya, mana tahu ada yang cocok untuk nambak skill dia ya mba Chi

    ReplyDelete
  15. Di era globalisasi sekarang, kemampuan dan skill harus dimiliki individu. Yg rasanya dgn kuliah/belajar di kampus/sekolah belum cukup. Beruntungnya di era digital seperti sekarang banyak lembaga kursus online tapi memang harus tetap memilah yg terbaik. Selain itu karena kursus diselenggarakan secara online, maka dapat menyesuaikan jadwal

    ReplyDelete
  16. setuju banget mba, dalam dunia kerja memiliki keterampilan tertentu bisa bikin lebih percaya diri dan menjadikan diri ini kompeten untuk bersaing dengan siapapun secara sehat ya

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah ya mba, zaman now bener bener membantu anak anak dan para pencari kerja meningkatkan skill nya ya, karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan aja. asal mau aja yaa

    ReplyDelete
  18. Kompetisi makin ketaaaattt
    Pastinya butuh skill yg mumpuni.
    Ikut course gini OK bgt ya mbaaaaa

    ReplyDelete
  19. Melalui kompetensi tersertifikasi seperti ini, kita meningkatkan peluang ya mbak
    Sangat menguntungkan belajar di Arkademi ini

    ReplyDelete
  20. Zaman sekarang rasanya semua dipermudah ya mak, termasuk untuk meningkatkan kompetensi diri. Nggak bisa offline, banyak banget kursus online ya.

    ReplyDelete
  21. Persaingan dunia kerja semakin ketat. Perlu diimbangi dengan skills yang optimal. Kursus keterampilan dan peningkatan skill seperti ini memang sangat bermanfaat. Membantu memudahkan memenangkan persaingan dan makin profesional.

    ReplyDelete
  22. Anak kuliah zaman sekarang musti banyak kompetensi ya kak biar gampang dapat kerjanya, untung aja bisa ambil kursus online nih untuk menambah skill

    ReplyDelete
  23. Wah banyaak, ada 500 kursus dan pelatihan online di Arkademi, bisa nih menjadi solusi mengikuti pelatihan dan kursus, apalagi bisa diakses melalui website atau mobile app dengan mudah!

    ReplyDelete
  24. dengan adanya platform untuk meningkatkan skill seperti Arkademi ini kita jadi gak perlu repot ya kalau mau upgrade skill

    ReplyDelete
  25. Saat ini ang terpenting adalah memberikan anak-anak dukungan untuk tetap semangat dalam menuntut ilmu dan di sela waktu luang, bisa diisi dengan aktivitas menyenangkan untuk menambah skills melalui aplikasi Arkademi.

    ReplyDelete
  26. Bener banget mbak, jaman sekarang IPK tinggi aja nggak menjamin punya masa depan cerah dan gampang dapat pekerjaan kalau ketrampilan sosialnya nggak bagus.

    ReplyDelete
  27. Program yang keren. Beruntung banget ya anak-anak muda sekarang mah. Untuk bisa nambah skill, skill apa pun yang diinginkan, bisa dilakukan secara online. Jadinya saat terjun ke dunia kerja tinggal mempraktikkan. Dulu mah kita ya kudu dijugjug langsung ke tempatnya. Ya jadi ada tambahan ongkos. Mana susah nyocokin waktu. Semoga banyak yang mendapatkan manfaat dari program begini.

    ReplyDelete
  28. Beberapa keahlian dan skill dasar memang tidak diajarkan di bangku kuliah. Kursus-kursus seperti ini penting untuk membuka wawasan sekaligus mengasah skill. Di Arkademia pilihan topik kursus cukup lengkap dan biayanya terjangkau. Bisa nih direkomendasikan ke keponakan yang baru diwisuda... TFS ya kak...

    ReplyDelete
  29. Anak-anak muda sekarang asyik banget ya. Bisa nambak skill secara online. Jadinya gak perlu bingung cari waktu, bisa dicari yang lowong. Aku kepengen bisa masukin anak-anakku yang gede untuk ikut kursus-kursus online begini. Tapi huhu, kenapa mereka masih ragu2 ya. Ih kalo aku kepengen deh. Biar bisa punya skill macem-macem, atau memperdalam yang memang passion aku.

    ReplyDelete
  30. Iya, jaman sekarang ngak bisa cuma mengandalkan tijazah dan transkrip nilai, karena persaingan menuju dunia kerja makin ketat. Jadi mesti membekali diri dengan berbagai ketrampilan, yang dibukstikan dengan adanya sertifikat

    ReplyDelete
  31. Sekarang jadi lebih mudah ya, mau meningkatkan skill bisa via online, jadi para emak kayak aku bisa tetap upgrade. Meski aku gak terjun di dunia kerja kantoran, tetap butuh

    ReplyDelete
  32. Nilai akademis yang tinggi belum cukup untuk bekal mencari kerja ya. Harus ditambah keterampilan lainnya. Untungnya sekarang banyak kursus yang ditawarkan secara daring seperti kursus di arkademia ini. Jadi bisa belajar kapan saja dan di mana saja.

    ReplyDelete
  33. Saat ini tuh emang penting banget terus meningkatkan skill dan kompetensi ya mak. Alhamdulillah ya sekarang belajar bisa dimana aja dan kapan aja. Salah satunya bisa via Arkademi ini yaaaa.. jadi penasaran pengen ngepoin Arkademi niiih

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^