Selamat ulang tahun ke-7, Bloggercrony Community!
 
Tahun ini Komunitas Bloggercrony Indonesia kembali menggelar acara BloggerDay. Acara tahunan yang diadakan dalam rangka ulang tahun komunitas blog ini.

Baidewei, teman-teman sudah bergabung di Bloggercrony Community?
 
bloggerday bloggercrony community

Bloggercrony Comunity adalah komunitas blog multiplatform yang berbasis di Jakarta. Anggotanya tersebar di lebih dari 25 kota di Indonesia.
 
Jadi kalau teman-teman punya blog dengan platform Blogspot, Wordpress, Kompasiana, atau apapun, boleh banget bergabung di Facebook group "Bloggercrony Community". Bisa menambah teman, ketrampilan, hingga networking. Follow juga akun IG @bloggercrony untuk lihat berbagai aktivitasnya.


Kesan Pertama Bergabung di Komunitas Bloggercrony Indonesia


Ceritain sedikit dulu tentang komunitas ini, ya. Sebelum menceritakan keseruan mengikuti BloggerDay 2002. 
 
Ketika pertama kali bergabung, Chi menangkap kesan kalau ini komunitas blogger yang serius. Jadi, gak sekadar mendapatkan teman baru dan share link blogpost di grup FB. Apalagi tagline Bloggercrony Community adalah blogging, networking, empowering. Dibuktikan dengan beberapa programnya yang berjalan konsisten hingga saat ini, yaitu:


#BloggerHangout

Workshop gratis yang rutin diadakan setiap bulan, khusus untuk para anggota Bloggercrony. Tujuannya supaya potensi diri tergali dan kualitas konten para blogger meningkat. 


#BloggerCare

Kepedulian dari blogger untuk blogger ada pada program ini, misalnya penggalangan bencana. Selain itu, blogger yang punya kepedulian terhadap berbagai isi sosial dan secara sukarela menyampaikan pesan tersebut kepada publik.


#BloggerPreneur

Beberapa blogger ada yang menjadi pelaku UMKM. Dengan semangat networking dan empowering akan difasilitasi oleh Bloggercrony Community agar usahanya bisa berkembang. Dengan cara dipromosikan melalui komunitas.


#BloggerView

Buat yang tertarik mencari cuan dari blognya, Bloggercrony Community memberikan kesempatan di #BloggerView dengan kerjasama profesional bersama berbagai pihak. Tentunya para blogger juga harus terus mau menggali potensi. Supaya konten yang dibuat semakin baik.


Most Wanted Blogger Award BloggerDay 2020

 
most wanted blog award bloggerday

Bloggercrony Community lahir pada tanggal 24 Februari 2015. Seperti yang Chi tulis di awal, setiap tahunnya digelar BloggerDay untuk memperingati hari lahir.

Terkejut banget ketika Chi dikabarkan mendapat Most Wanted  Blogger Award di BloggerDay 2020. Sempat juga ada perasaan bingung, campur aduk pokoknya! 
 
Chi gak pernah ikutan BloggerDay sejak awal digelar. Kok, bisa dapat penghargaan? Itu yang bikin Chi kaget dan bingung.

Seingat Chi,  mbak Wardah Fajri, Founder Bloggercrony Comunity, bilang kalau yang dapat award ini adalah blogger yang konsisten membuat berbagai tulisan organik di blognya. Jadi gak hanya menulis kalau ada kerjasama aja gitu, lho.
 
Blog Chi yang mendapatkan award bukan yang ini, tetapi untuk www.jalanjalankenai.com. Blog yang isinya khusus tentang perjalanan keluarga kami. Yuk, mampir-mampir ke blog Jalan-Jalan KeNai!

Alhamdulillah senang banget kalau tulisan organik pun dihargai. Sampai dapat award pula. Bangga dan bersyukur pastinya. Apalagi saat itu masih awal pandemi. Lagi sedih banget dan menangis terus. Dikabarin dapat award jadi berasa dapat kabar gembira yang spesial.

Meskipun Komunitas Bloggercrony Indonesia lahir di akhir Februari, tetapi BloggerDay seringkali diadakan di bulan Maret. Padahal bulan Maret selalu jadi bulan keluarga untuk Chi. Makanya sulit untuk ikutan.

Keke ulang tahun di bulan ini. Sebagai cucu pertama, kakek dan neneknya selalu meminta kami berkumpul untuk makan bersama. Waktunya gak selalu tepat di hari ulang tahun. Tetapi, yang pasti bulan Maret. Terserah kakek dan neneknya aja kalau untuk waktu. Makanya Chi selalu jaga-jaga, gak bikin acara di akhir pelan. Gak enak kalau sampai bentrok.

Selain itu, beberapa tahun terakhir ini bulan Maret juga anak-anak disibukkan dengan ujian sekolah. Chi selalu lebih fokus ke pendidikan kalau anak-anak sedang ujian. Pengen lebih kasih semangat. Jaga-jaga siapa tau ada kebutuhan tambahan. 


Akhirnya Ikut BloggerDay 2022


BloggerDay tahun ini diadakan di bulan Februari. Pas banget Keke juga baru selesai UAS. Iya, Keke udah UAS karena sekarang kelas 12. InsyaAllah lulus SMA tahun ini. Aamiin. Agak santai sedikit sebelum lanjut Ujian Sekolah Minggu depan. Makanya tahun ini bisa ikut daftar BloggerDay.

Selebrasi BloggerDay 2022 diadakan secara virtual karena masih dalam kondisi pandemi. Ya, udah gak apa-apa. Tetap pengen ikut acaranya karena penasaran dengan cerita kemeriahannya setiap tahun.

Eh, gak taunya Nai mendadak demam tinggi di hari BloggerDay2022, dong! Perasaan sehari sebelumnya masih biasa aja. Untungnya acara digelar virtual, jadi Chi bisa menyimak seharian sambil menemani Nai. Tapi, maaf ya ke semua panitia acaranya, Chi jadi gak bisa sering on cam karena sambil ngurusin yang sakit.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Blogger hingga Founder Bloggercrony Community. Ada bagi-bagi hadiah juga sejak awal hingga akhir acara. Pokoknya di acara BloggerDay 2022 ini gak ada yang gak dapat hadiah.

Ada 3 acara inti yang paling Chi tunggu. 3 webinar dengan tema yang menarik, yaitu


"Dunia Digital: Metaverse dan Kejahatan Berbahasa"

dunia digital metaverse dan kejahatan berbahasa

Awalnya Chi agak bingung dengan Metaverse. Kayaknya lumayan rumit untuk dicerna hehehe. Di acara BoggerDay 2022 ini jadi cukup paham tentang Metaverse.
 
Mas Tuhu Nugraha, Digital Business & Consutant Trainer, menjelaskan tentang Metaverse ini dengan cara yang mudah dipahami. Dari yang Chi tangkap, dunia digital memang semakin canggih. Akan terasa semakin real denga  adanya Metaverse.
 
Misalnya, di saat pandemi ini kita semua bisa tetap terkoneksi dengan adanya Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya. Nah, nanti akan semakin terasa nyata. Karena kita seperti beneran bertemu di dalam dunia digital.
 
Salah satu poin penting yang Chi dapat adalah sangat penting meningkatkan literasi digital. Menurut mas Anwari Natari, Editor dan Dosen Bahasa Indonesia, dari sejak zaman SMS pun kejahatan berbahasa juga sudah ada. Metaverse hanya akan membuat kejahatan semakin berdampak besar bila tidak berhati-hati.
 
Jati ingat beberapa tahun lalu ketika Chi mencoba mengingatkan seseorang supaya jangan pakai huruf besar semua ketika berkomentar. Kesannya kayak orang lagi emosi. Chi coba mengingatkan baik-baik, tetapi dia malah bilang, "EH, INI TUH UDAH ZAMANNYA KEBEBASAN BERPENDAPAT! JADI SUKA-SUKA GUE MAU PAKAI HURUF BESAR SEMUA ATAU ENGGAK!"

Duh! Malah diomelin dan pakai capslock pula hehehe. Tapi, Chi pun jadi semakin yakin kalau masih ada aja netizen yang belum paham etika di dunia digital. Dikiranya bisa sebebasnya berkomentar dengan dalih kebebasan berpendapat. Apalagi di internet, kan, gak bertatap muka langsung. Jadi mungkin merasa jadi bisa bebas. Kebebasan yang akhirnya malah kebablasan.


Mungkin, generasi Chi bukan termasuk yang akan merasakan Metaverse. Tetapi, sebagai orangtua tetap berkewajiban memberikan pendidikan literasi ke digital kepada anak-anak. Sehingga apapun kecanggihan dunia digital, mereka bisa memanfaatkannya dengan bertanggungjawab.
 

Blogging: Organik vs Monetasi"

blogging organik vs monetasi
 
Sesi kedua membahas tentang "Blogging: Organik vs Monetasi". Sepertinya ini termasuk bahasan yang gak ada matinya di dunia blog, ya. Siapa sih yang gak pengen punya cuan?
 
Joe Candra P., Blogger & CEO of Seven Creative Media, menceritakan pengalamannya memenangkan berbagai lomba blog. Setiap tulisan yang dibuat selalu dipersiapkan dengan matang. Ada risetnya juga. Sehingga wajar bila menghasilkan prestasi di berbagai perlombaan.

Tetapi, menulis organik juga gak boleh asal-asalan, lho. Kita bisa belajar dari mas Matahari Timoer, Blogger & Content Creator. Tulisannya banyak mengangkat tentang kehidupan sosial di masyarakat, termasuk politik.

Setiap tulisan akan menemukan pembacanya
 
Mas Matahari Timoer sering menulis organik. Tetapi, seperti quote di atas, tulisan organik pun tetap akan ada yang baca. Bahkan beberapa tulisannya bisa memikat penerbit besar di Indonesia untuk dijadikan buku.

Intinya, sih, mau itu organik atau monetasi, kualitas konten harus dijaga. Bisa nyambung juga dengan tema sesi 1. Kalau gak hati-hati, bisa menjadi kejahatan berbahasa, misalnya bikin konten berisi ujaran kebencian atau hal-hal yang gak beretika lainnya. Jangan sampai mengalami, ya. Ngonten yang positif aja, deh.


"Bisa, Yuk! Gali Potensi Jadi Pribadi Terbaikmu"

gali potensi jadi pribadi terbaikmu

Lebih memilih bakat atau minat?

Mbak Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I., S.Psi., M.A, Praktisi Psikologi Pendidikan, Founder @alfalah,ed & @sayang_anakid,  membuka sesi ketiga dengan pertanyaan tentang minat dan bakat. Pilih mana, nih?
 
Mayoritas memilih minat. Alasannya kalau bakat bisa diasah. Tetapi, bila tidak ada minat, maka gak akan jalan.
 
Ya, memang bisa juga seperti itu. Karena apapun butuh minat supaya bisa semangat. Jadi blogger pun harus terus berusaha menggali potensi supaya semakin semangat. Konten yang dibuat juga semakin berkualitas.
 
souvenir kantor cera production

Materi webinar berkualitas, bertaburan hadiah, hiburan lagu, dan dapat goodie bag juga, dong. 100 blogger yang diundang ke acara BloggerDay 2022 dikirimkan souvenir berupa masker, pin, dan stiker.

Pin dan stiker disponsori oleh Cera Production. Kalau teman-teman sedang mencari seminar kit kantor, ke Cera Production aja. Pengalamannya pun udah banyak. Souvenir yang dikirimkan untuk para peserta kualitasnya bagus, lho.

Cera Production adalah perusahaan yang memproduksi souvenir kantor dalam jumlah besar, premium gift set, seragam kerja, dan lainnya.  Sudah berpengalaman melayani lebih dari 350 kantor swasta dan instansi dalam memproduksi berbagai kebutuhan promosi, event, atau acara lainnya. Saat ini Cera Production ada di 13 kota di Indonesia.
 
Terima kasih banyak untuk kemeriahan acara #7thBloggecrony. Setelahnya jadi semakin semangat untuk #ScaleUpYourSkill, nih! Sukses selalu untuk Bloggercrony Community.