Oleh-Oleh Khas Jakarta

By Keke Naima - January 14, 2022

Sebelum ceritain tentang oleh-oleh khas Jakarta di postingan ini, Chi mau sedikit curhat dulu.  Chi benar-benar menikmati musim hujan kali ini ini karena udah ganti provider!

Oleh-Oleh Khas Jakarta

Lho, apa hubungan provider dengan hujan?

Beberapa tahun terakhir ini setiap kali hujan pasti internet mati. Terkadang hujannya cuma rintik-rintik dan sebentar, tapi mati internetnya bisa berjam-jam. Bahkan bisa sampai besoknya.

Udah gak kehitung lagi seberapa kali komplen. Saking udah sering banget. Tapi, mau ganti juga males-malesan karena udah langganan lebih dari 10 tahun. Khawatir gak bisa move on hihihi.

Sampe akhirnya memberanikan diri 'putus hubungan'. Legaaaa ... Pas masuk musim hujan gini, sempat ketar-ketir juga. Eh, ternyata internet tetap lancar. Alhamdulillah.

Kalau hanya sesekali bermasalahnya sih masih nyantai. Tapi, kalau udah jadi sesuatu yang rutin kan mancing emosi juga. Apalagi saat ini kebutuhan internet sedang tinggi. Gak sekadar untuk hiburan. Dipakai juga buat bekerja dan PJJ. Errrggghh!!

Pastinya jadi merusak mood banget. Padahal musim hujan itu nikmat, lho. Tapi, gara-gara provider malah jadi uring-uringan melulu setiap kali hujan turun.
 
Cuacanya enak banget saat musim hujan. Gak merasa kegerahan seharian. Belum lagi mencium aroma tanah basah, kruntelan, dan nonton tv. Nikmaaaaat!

Biasanya langsung kepengen mie instan kuah yang pedes saat hujan, kan? Lalu bagaimana dengan minumannya? Lebih suka menikmati secangkir kopi atau coklat panas? Gimana kalau bir pletok?

Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang terdiri dari banyak rempah-rempah. Meskipun namanya bir, tetapi tidak ada kandungan alkohol sama sekali.
 
Konon bir pletok tercipta ketika zaman penjajahan Belanda. Masyarakat Betawi pada saat itu melihat orang-orang Belanda sering meminum wine sebagai penghangat badan pada saat perayaan. 
 
Karena minuman beralkohol dilarang dalam Islam, maka masyarakat Betawi pun membuat minuman yang terinspirasi dari wine. Sama-sama bisa menghangatkan badan. Tetapi, terbuat dari rempah-rempah dan gak mengandung alkohol.

8 ikon budaya betawi
Di pernikahan sepupu tahun 2018. Sebetulnya menggunakan adat Sunda. Tetapi, karena kain bawahannya bebas, Chi pakai kain batik Betawi


Bir Pletok juga termasuk 1 dari 8 Ikon Budaya Betawi yang perlu dijaga. Hal ini tertuang dalam Peraturan Daerah No. 4 / 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi, Peraturan Gubernur 229/2016 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi, dan Peraturan Gubernur No 11/2017 tentang Ikon Budaya Betawi. 8 ikon tersebut antara lain:

  1. Ondel-Ondel
  2. Kembang Kelapa
  3. Gigi Balang
  4. Batik Betawi
  5. Baju Sadriah (Sedarie)
  6. Kebaya Kerancang
  7. Kerak Telor
  8. Bir Pletok
 
bir pletok minuman khas betawi
Inilah rempah-rempah yang ada di bir pletok


Chi pernah melihat demo membuat bir pletok ketika jalan-jalan ke Setu Babakan. Kelihatannya mudah bikinnya. Tapi, kayaknya mendingan beli jadi aja, deh. Lihat rempah-rempah yang dipakai jumlahnya lumayan banyak. Bisa sampai belasan! Makanya mendingan beli jadi aja. Praktis tinggal diminum dalam keadaan panas atau dingin. 

Kalau lagi kurang enak badan, minum bir pletok juga enak banget. Gak hanya menghangatkan badan. Rempah-rempah di dalamnya memang berkhasiat untuk menyehatkan badan

Bir Pletok juga cocok nih buat dijadiin oleh-oleh. Biasanya UMKM yang jual minuman khas Jakarta ini. Ada yang kemasan botol. Ini praktis tinggal tuang. Tetapi, ada juga yang kemasan sachet dan tinggal dikasih air panas.


pusat oleh-oleh jakarta

Salah satu pusat oleh-oleh Jakarta ada di Khas Jakarta. Di sini gak hanya menjual makanan dan minuman. Ada juga pakaian dan souvenir. Ada 2 toko offlinenya. Tetapi, bisa juga beli secara online melalui website atau e-commerce official store Khas Jakarta.

Seneng juga kalau UMKM sudah banyak yang melek dunia digital kayak begini. Bisa beli oleh-oleh dari daerah manapun tanpa harus datang ke kotanya. Caranya dengan belanja online. Chi pun belinya lewat e-commerce. Pengirimannya pakai JNE biar cepat dan udah terpercaya.

Produk UMKM memang gak hanya oleh-oleh khas daerah. Nah, kalau teman-teman suka belanja produk UMKM apa, nih?

Bagi-bagi yuk ceritanya dengan mengikuti JNE Content Competition 2021. Mengusung tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia”, kompetisi ini terbuka untuk umum, jurnalis, dan juga karyawan JNE yang terbagi dalam writing competition, photo competition, video competition, dan design competition.

Periodenya diperpanjang sampai 31 Januari 2021, nih. Ada hadiah hingga ratusan juta yang sudah menanti. Cuzz deh ikutan mumpung masih ada waktu.

jne content competition

  • Share:

You Might Also Like

72 comments

  1. bir pletok apa hanya di jual di jakarta aja ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Bekasi ada yang jual. Tapi, gak tau kalau di daerah lainnya. Lagipula sekarang bisa beli secara online

      Delete
  2. Bir Pletok ada yang kemasa sachet juga ya ... wah, boleh nih kapan2 dicobain. Suruh beli sama adik saya yg sedang di Jakarta :D

    ReplyDelete
  3. Sudah saya kasih link Mbak Chi ke ipar, minta dia cicipin dulu Bir Pletok sachet. Nah nanti kapan2 kalo adik saya mau ke Makassar, saya mau minta dibawain 😁🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiik! Gantian tuh nanti bawain oleh-oleh dari Makassar hehehe

      Delete
  4. Ada ya ternyata spesifik oleh-oleh khas Jakarta. Bir pletok, saya pernah nyoba, tapi belum cobain brand yang ini. Keren banget kalo didukung penuh oleh JNE. Bisa maju terus UMKM kita di berbagai daerah, bukan cuma Jakarta saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya oleh-oleh khas Jakarta ada banyak. Iya semoga UMKM semakin maju, ya

      Delete
  5. oalaaaah baru tahu kalau bir pletok itu produk asli betawi. berarti memang sudah memasyarakat yaaa. ada disebut-sebut setu babakan...ada teman kebetulan tinggal di sana. ntar mau mampir juga aaah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas banget tuh ke Setu Babakan kalau mau lebih mengenal budaya Betawi

      Delete
  6. Aku masih penasaran sama bir pletok. Kalau ikutan, kita bercerita sebagai umkm atau pembeli yg pakai jasa jne?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa keduanya. Info lebih jelas bisa lihat di link pendaftarannya ya, Mbak

      Delete
  7. duh bolak balik ke jakarta tapi saya belum pernah nyicipin bir pletok

    pernah mau bikin, udah nyatet resepnya tapi lupa

    sekarang mah gampang, tinggal beli aja ya?

    ReplyDelete
  8. Ternyata hanya namanya saja "bir" , padahal gak mengandung alkohol. Saya kalau ke jakarta selalu beli kerak telor... Enak, gurih dan murah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah baru sekali cobain kerak telor hehehe

      Delete
  9. Aku pernah baca curhatan teteh di facebook juga soal internet ini. Udah lama banget juga ya teteh langganannya. Untung sekarang udah nemu yang pas ya teh. Nah ngomongin soal bir pletok, aduh aku belum pernah nyoba teh. Kalau rempah rempahnya sebanyak itu, emang mending beli aja ya teh praktis *soalnya aku mah ga suka ribet ribet hihihi 😂

    ReplyDelete
  10. Belum pernah coba bir pletok dan pas baca artikel ini auto ngiler pengen banget aduduh... Beli secara onlinenya melalui website atau e-commerce official store Khas Jakarta.

    ReplyDelete
  11. Menemukan bir pletok gak sulit karena dari UMKM juga udah banyak yang menawarkan. Apalagi dengan harga dan ukuran yang bervariasi ya

    ReplyDelete
  12. Dengan jasa kirim jne, umkm kita bisa melebarkan sayap dan memasarkan produknya lebih luas ke seluruh Indonesia ya. Sukses terus untuk jne dan umkm kita.

    ReplyDelete
  13. Tadinya saya pikir bir pletok itu wedang jahe loh Mbak, ternyata aneka rempah ya? Sampai lada hitam pun ada. Tapi rasanya bagaimana Mbak, apakah bisa dinikmati seperti minum wedang jahe gitu? Enak dan hangat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya mirip-mirip. Menghangatkan badan juga, Mbak

      Delete
  14. kepo banget aku dengan Bir Pletok jadi pengen beli kalau nanti ke Jakarta biar makin sehat dengan Bir Pletok

    ReplyDelete
  15. Wah, lombanya diperpanjang hingga 31 Januari? Aku belum ikutan hehehe... Soal bir pletok, aku doyaaan banget. Dari rumahku ke Setu Babakan ga jauh amat sih. Kadang suka jalan pagi sama suami trus jajan. UMKM harus didukung dengan pengiriman produk yg terbaik seperti JNE ini tentu 😊

    ReplyDelete
  16. Aku suka banget loh menikmati bir pletok, hangat dan penuh aroma. Ternyata yaa bahannya segitu banyaknyaaa... pantesan rasanya nikmat banget. Mending beli aja deh daripada bikin sendiri yaa.. Apalagi kalau ada umkm yang jualan ini, kita larisin dong untuk mendukung perkembangan umkm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya. Saya mending beli yang jadi aja daripada bikin sendiri hehehe

      Delete
  17. aku pikir dulu tuh bir pletok semacam minuman beralkohol mba, maklum ya, saat itu masih bocah. ternyata minuman herbal yang berkhasiat menjaga daya tahan tubuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. idenya memang dari minuman keras. Makanya dinamakan bir hehehe

      Delete
  18. Wahhh untuk bisa meramu bir pletok ini ternyata banyak banget ya kombinasi remah-rempah yang digunakan, kalau keliru atau kelebihan juga rasanya bakal jadi beda banget.. heheh mending beli dan soal pembuatan biar ahlinya saja hh

    ReplyDelete
  19. Bir pletok nih khas Betawi banget ya Mak.
    Aku bolak-balik pengin ke Setu Babakan demi bisa meresapi budaya Betawi tuh yg cem gimana, tapi sampe sekarang blm kesampean ihh.
    Ya udin, ikutan kontes JNE aja skuy!

    ReplyDelete
  20. Penasaran dengan bir pletok padahal sudah tinggal lama di mepet jakarta timur dg bekasi barat.

    Jadi pengen googling cobain

    ReplyDelete
  21. Cuaca hujan gini auto langsung pengen Cobain bir pletoknya nih, Sayang adanya hanya di Jakarta ya kak. Coba Cari di marketplace ah

    ReplyDelete
  22. Cuaca hujan begini kayaknya hangat ya kalau minum bit pletok. Sayangnya hanya tersedia di Jakarta ya kak?

    Hunting di marketplace ah siapa tahu dijual paket mentahnya daripada nahan kelamaan pengen

    ReplyDelete
  23. Wih provider lama kok gitu ya mbak, pelanggan setia selama 10 tahun, tapi nggak di hargai dengan pelayanan yang bagus.

    Musim hujan tuh kalau saya sukanya mie instan kuah pedas, minumnya kopi susu. Bir pletok? saya belum pernah nyoba gimana rasanya.

    ReplyDelete
  24. Liat deretan rempah bahan bir pletok, aku setuju kalau mau minum mending beli jadi aja haha lagipula sekalian bantu UMKM ya mbak, biar jualan mereka laris, dan kalau laris pada akhirnya pelaku usaha itu bisa sejahtera, bisnisnya maju. Abis baca tulisan ini aku langsung cek e-commerce mau beli bir pletok :D

    ReplyDelete
  25. Dulu pas masih kerja di Jakarta belum sempet nyicipin bir pletok, oey. Penasaran gimana rasanya karena ini minuman dari rempah-rempah dan non alkohol meskipun namanya bir.

    Waah, keren nih, masuk dalam Ikon Budaya Betawi, bareng ama kerak telor.

    ReplyDelete
  26. Banyak banget ya komposisi bahan bahan yang ada di bir pletok ini ya mba. Beneran khas sekali oleh oleh Jakarta ini karena banyak juga yang suka. Aku beberapa kali konsumsi. Apalagi ada tetangga yang jual bir pletok mba

    ReplyDelete
  27. Wah baru tau nih asal mula nama bir pletok. Ternyata karena bisa menghangatkan badan seperti wine, ya. Kalau melihat bahan-bahannya memang bisa banget menghangatkan badan. Penasaran deh rasanya, bahannya sebanyak itu gitu lhoo :)

    ReplyDelete
  28. Wah enak ya hujan-hujan gini minum yang hangat seperti bir pletok, semoga ada yang jual sachetannya di sini eeh kalau gak ya pesan aja di marketplace dan kurirnya JNE dong.

    ReplyDelete
  29. Nahini..kadang bingung kalo pas ke Jakarta mau beliin oleh-oleh apa..hehe..Bir pletok ini bisa jadi solusinya nih.. Apalagi aku belum pernah cobain juga bir pletok..Wajib jadi oleh-oleh khas Jakarta nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bingung lagi ya cari oleh-oleh khas Jakarta

      Delete
  30. Perlu selamat gak nih karena akhirnya putus hubungan sama si itu? Hehehe. Hujan-hujanan asal internet lancar mah bikin hepi

    Btw, aku tahu bir pletok ini minuman rempah, tapi emang belum nyoba. Lihat bahannya sebanyak itu, betul mending beli aja deh. Jadi tinggal minum

    ReplyDelete
  31. bir letok bikin anget diminum anget anget pas ujan nikmat banget. insyaallah ikutan lomba jne doakan yaaaa semoga menanggggg akuuu

    ReplyDelete
  32. Aku bingung lho kalau disuruh Bawa oleh-oleh khas Jakarta. Yang ada makanan di mol hahaha. Kenapa gak bawakan bir pletok aja ya.

    Mbak Myra, toko offline Khas Jakarta ada di mana? Pernah lihat toko oleh-oleh di Monas tapi sekarang kan masih tutup

    ReplyDelete
  33. Ya Allah...aku jadi kangen sama bir pletok.
    Pas kapan lalu ada saudara ke Bandung, aku beliin bir pletok, kak Chie..
    Senang sekali melihat anek oleh-oleh khas Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pas tuh diminum saat di Bandung yang udaranya dingin

      Delete
  34. rempah2 di dalam kandungan bir pletok ini bisa menghangatkan tubuh yaa.. aku kira asalnya dari bogor, eh tau nya khas jakarta ya xD aku pertama kali menemukan bir pletok waktu kuliner di bogor, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya biasanya di sekitaran Jakarta juga ada yang jual

      Delete
  35. oleh - oleh khas Jakarta yang aku kangenin niih mba. Aku paling suka kerak telor dan bir pletok nih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi kalau balik ke Indonesia jangan lupa beli bir pletok ya, Mbak

      Delete
  36. Aku baru denger bir pletok ini, dan penasaran pengen nyobain. Beli online ah, biar enggak penasaran.

    ReplyDelete
  37. woaaa...bir pletok... ibarat wedang gitu kali ya kalo di jawa. saya pengen banget bs ke jakarta, sekeluarga. tp biayanya lumayan jg. mending saya beli bir pletok dulu deh via marketplace dan pilih dikirim pakai JNE, pengen rasain oleh2 JKT

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^