Berjualan Kaos Kaki dan Kenyamanan Berbelanja Online Pake TIKI - Berbelanja online sebetulnya bukanlah hal baru di era digital. Tetapi, di saat pandemi, di mana beraktivitas lebih terbatas, frekuensi belanja online terlihat meningkat. Agar tidak kecewa, tentu perlu mengetahui cara berbelanja online yang aman dan nyaman. 
 
aman nyaman berbelanja online pakai tiki

"Ginta, Teteh order kaos kaki nomor 3, 8, 9, 15, dan 16. Nanti dibawa kalau ke Jakarta, ya!"
"Siap, Teh!"

Salah seorang sepupu Chi bersama temannya pernah jualan kaos kaki sejak masih kuliah. Dia jualan lewat Instagram dan e-commerce. Tapi, karena dia mau ke Jakarta, Chi minta dibawain.

Saat itu, sepupu lagi sering bolak-balik ke Jakarta. Dia ikut proses seleksi di salah satu perusahaan. Kalau lanjut ke tahapan selanjutnya, menginapnya di rumah kami.


Pengalaman Berjualan Kaos Kaki Secara Online


pengalaman berjualan online
Image by FotoRieth from Pixabay


Kalau lagi ke rumah, dia bawa tas ukuran besar yang isinya kaos kaki semua. Katanya ada beberapa pesanan yang harus dikirim. Bawa juga beberapa stok untuk berjaga-jaga kalau ada pembeli yang order. Biar bisa langsung dikirim. Chi pun tanya-tanya keseruan dia berjualan kaos kaki. 
 
Katanya awalnya iseng aja. Melihat ada penjual kaos kaki di kaki yang selalu berjualan setiap car free day. Kaos kakina lucu-lucu. Harganya pun murah.

Dia dan temannya beli beberapa pasang untuk dijual kembali. Ternyata laku. Mulai beli lagi dan semakin lama semakin rutin. Jumlah pembeliannya pun bertambah banyak.

Karena mulai jadi pelanggan, sepupu dan temannya mendatangi rumah tempat penjual kaos kaki. Biar gak harus menunggu akhir pekan kalau mau nambah stok.

"Tau gak, Teh? Ternyata begitu sampai rumah penjualnya, belum diplastikin kayak gini. Kaos kakinya menggunung gitu dan campur-campur."

Sepupu bercerita keseruannya mencari kaos kaki yang menarik dari tumpukan. Belum tentu langsung ketemu pasanganya. Harus hati-hati juga jangan sampai dapat produk cacat. Setelah borong banyak kaos kaki, tentunya masih harus diplastikin per pasang.


Dimarahin Pembeli Gara-Gara Jasa pengiriman

 
"Tantangannya bukan pas cari kaos kakinya, Teh. Tapi, kalau udah diomelin sama customer gara-gara kurir."

Di awal berjualan, beberapa kali sepupu dan temannya dikomplen pembeli. Bukan karena mengirim barang yang tidak sesuai pesanan. Tetapi, karena barang yang tidak segera sampai.

"Seller udah berusaha kirim cepat. Tapi, jasa pengirimannya yang lama. Tetap aja yang dimarahin penjual. Gak semua pembeli mau tau. Pokoknya maunya beres dan dikirim cepat."

Jasa pengiriman memang mempengaruhi rasa aman dan nyaman saat belanja online. Oleh karenanya penting banget bagi penjual online untuk bekerjasama dengan jasa pengiriman yang amanah. Karena jangan sampai tingkat keperrcayaan pembeli terhadap penjual jadi menurun karena pengirimannya bermasalah.


Aman dan Nyaman Berbelanja Online #PakeTIKIAja 

 
 usaha online dan inovasi tiki di masa pandemi
Sumber: IG @emak2blogger


Seperti yang Chi tulis di awal postingan ini, frekuensi belanja online mengalami peningkatan. Di saat PPKM pun jasa pengiriman termasuk yang essensial.

Selasa (14/7) Chi menyimak webinar TIKI dan Kumpulan Emak Blogger (KEB) dengan tema "Aman dan Nyaman Berbelanja Online." Pada acara tersebut, salah seorang narasumber adalah Mak Rina Susanti, blogger dan owner @anggrek.hias.

Usaha anggrek hiasnya diawali dengan hobi sejak tahun 2017. Foto-foto koleksi anggreknya dan ternyata banyak peminat. Ketika mengikuti pameran pun responnya bagus. Mak Rina menyadari kalau market tanaman anggrek ternyata ada. Bahkan bisnisnya
ini sempat terhenti karena kewalahan.

Menurutnya, gak harus tunggu punya modal besar untuk berjualan. Mak Rina pun seperti itu. Keuntungan dari berjualan online adalah pembeli gak tau apakah seller mempunyai usaha yang besar atau kecil.

Di sini lah kepercayaan pelanggan harus dijaga. Mak Rina mengurus surat karantina untuk setiap tanaman yang akan dikirim. Dikemasnya juga dengan baik agar tanaman tidak rusak.
 
Mak Rina juga harus mencari jasa pengiriman yang bisa dipercaya. Cari yang gerainya ada di mana-mana, bahkan sampai pelosok. Karena kalau berjualan online, pelanggan bisa datang dari mana pun. Jangan sampai tanaman terlambat sampai ke pelanggan karena gerainya kejauhan dari lokasi yang dituju.

Tepat waktu memang sangat penting bagi bisnis tanaman. Begitu pun dengan kualitas pengiriman. Jangan sampai seller sudah mengemas dengan baik, tetapi sampai ke pelanggan rusak karena dikirim asal-asalan.

Reputasi seller memang mempengaruhi tingkat kepercayaan pembeli. Apalagi di e-commerce bisa terbaca jelas review para pembeli. Makanya para seller juga harus berhati. Jangan sampai reputasinya jadi rusak karena kepercayaan yang menurun. 
 
Mak Rina Susanti merekomendasikan TIKI karena sudah berpengalaman di jasa layan antar paket sejak tahun 70-an. Jangkauannya luas karena memiliki 3700 gerai di 65 kota di Indonesia.

 

Pilihan Layanan TIKI PUTAR dan JEMPOL 


aolikasi tiki

Qadarullah, bulan Juli lalu sebagian besar keluarga besar Chi yang tinggal di Bandung, positif covid-19. Tentu kami semua sedih. Tetapi, sedih saja tidak akan menyelesaikan masalah. Dengan cepat kami melakukan berbagai tindakan. 
 
Di saat isoman, jasa pengiriman memang sangat membantu. Karena mereka, kan, gak mungkin keluar rumah selama 2 minggu. Dunia digital memang memberi keuntungan. Kami yang tinggal berlainan kota bahkan negara pun bisa tetap ikut memberikan bantuan dalam waktu cepat.

Ada cerita ketika salah seorang tante pulang ke Tangerang Ternyata oxymeter kebawa sama tante. Padahal keluarga di Bandung masih membutuhkan meskipun semuanya sudah dinyatakan sembuh.

Kami coba mencari di berbagai toko online dan offline, tetapi gak dapat. Mungkin karena saat itu sedang tsunami Covid-19. Susah sekali mencari alat ini. Akhirnya tante di Tangerang mengirim oxymeter yang kebawa menggunakan produk ONS (One Night Service) TIKI. Kirim hari ini, besok sampai. Alhamdulillah, oxymeter sampai tepat waktu dalam kondisi yang aman.

Beberapa produk TIKI tentu sudah familiar. Di acara webinar tersebut, Bapak Rudi Cahyadi, Marketing Communication Manager PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) mengenalkan layanan PUTAR dan JEMPOL.


TIKI PUTAR (Jemput Antar)

tiki putar
Terkadang kita perlu kirim-kirim barang dan sampai dalam waktu cepat, misalnya harus mengirim dokumentasi penting atau order makanan. Karena gak bisa keluar rumah, tentu butuh jasa pengiriman yang bisa membantu kebutuhan ini.

Perbedaan dengan produk SDS (Same Day Service) TIKI adalah PUTAR bisa lebih cepat. Waktu penyampaian kiriman 3 jam diterima sejak paket dijemput oleh kurir. Kita bisa menggunakan jasa ini melalui aplikasi atau WA ke 08981500125.


TIKI JEMPOL (Jemput Online)

tiki jempol
 Suka mager gak kalau harus kirim paket?

Chi termasuk suka mager. Apalagi kalau di luar lagi panas cuacanya. Males aja gitu. Padahal ada barang yang harus dikirim.

Kabar gembira buat yang suka mager kirim barang ke ekpedisi. TIKI punya layanan JEMPOL alias Jemput Online. Tinggal melakukan order melalui aplikasi, nanti kurir yang akan menjemput sesuai dengan alamat pemesanan.

Gak ada minimum jumlah paket maupun berat. 1 paket pun tetap dilayani. Gak pula ada tambahan biaya jasa, hanya ongkos kirim seperti halnya kita bawa langsung paket ke gerai TIKI. Pembayarannya bisa tunai atau transfer. 
 
Layanan JEMPOL ini semakin berasa di saat pandemi. Daripada antre di gerai, mendingan menunggu kurir yang datang ke tempat untuk mengambil paket.


SERLOK TIKI Memberi Keuntungan Bagi UMKM


tiki serlok

Seperti yang diceritakan oleh sepupu Chi dan mak Rina Susanti, pemilihan jasa pengiriman memang bisa mempengaruhi penjualan. Karena kaitannya dengan kepercayaan pelanggan. Di mana pelanggan harus merasa aman dan nyaman saat berbelanja online.

Di saat pandemi, banyak UMKM yang mengalihkan usahanya menjadi online. Mayoritas pengiriman menggunakan jasa pengiriman memang datang dari pelaku UMKM. Oleh karena itu, TIKI meluncurkan layanan SERLOK (Seller Online Booking) untuk memudahkan dan memberi keuntungan bagi para pedagang.


Ketentuan SERLOK

  1. Mempunyai Toko Online minimal online shop di Facebook dan Instagram. (Toko online diluar marketplace / ecommerce)
  2. Jumlah pengiriman tidak batasan jumlah hariannya.
  3. Satu account diwajibkan hanya dengan satu identititas yang berlaku.
  4. Isi form yang disediakan di platform TIKI, lalu submit.


Fasilitas SERLOK

  1. Mendapatkan bonus harian sebesar 18% (Delapan Belas Persen)
  2. Free Pick Up Harian.
  3. Pembayaran bisa H+2 dengan terdaftar dengan virtual account.
  4. Integrasi API (S&K Berlaku) untuk online webstore.
 
Mengingat saat ini sedang pandemi, TIKI juga melakukan beberapa langkah preventif untuk mencegah penularan Covid-19. TIKI melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara reguler baik di gerai maupun gudang penyimpanan. Disediakan juga hand sanitizer yang bisa digunakan oleh siapa pun, termasuk pelanggan yang datang ke gerai. Kurir TIKI juga dipastikan kesehatannya. Protokol kesehatan wajib dijalani oleh seluruh staf dan kurir.

So, berbelanja online memang sebaiknya #PakeTIKIAja karena aman dan nyaman.