Perbedaan Chopper dan Blender

By Keke Naima - November 25, 2020

Perbedaan Chopper dan Blender - Sejak pandemi, di mana Keke dan Nai masih terus di rumah, Chi jadi semakin rajin bikin camilan sore. Nah, perkara bikin camilan juga suka bikin pusing. Pengennya kan variasi.  Gak bakwan goreng melulu. Makanya kadang-kadang bikin roti, cookies, gyoza, dan lain sebagainya.

Perbedaan Chopper dan Blender
Suka dengan gyoya yang teksturnya seperti ini. Melalui 2 proses berbarengan yaitu kukus dan goreng. Crispy di bagian dasar dan lembut di atasnya.

 

Seringnya memang bikin sendiri. Memang jadi agak ribet, tetapi kan lebih irit hehehe. Selain itu lebih puas juga dari segi rasa maupun jumlahnya.

Tetapi, mau sebanyak apapun bikin camilan, ludesnya cepet banget, deh. Secepat kilat habisnya. Gak sebanding sama waktu bikinnya hahaha. Tetap senang sih karena itu artinya anak-anak suka.

Salah satu makanan yang capek bikinnya adalah gyoza dan dimsum. Paling malas menghaluskan daging ayam dan udangnya. Awal-awal bikin, Chi selalu mencincang dengan menggunakan 2 pisau. Tentu setelah dipotong kecil-kecil dulu. Hadeuuuh! Lama ajah dan bikin pegel tangan.

Kalau lagi telaten ya bakal terus dikerjakan sampai benar-benar halus. Tetapi, kalau lagi malas, jadinya masih suka ada potongan kasarnya. Meskipun rasanya enak, tetapi berasa ada yang kurang aja kalau kalau masih ada tekstur yang kasar.

Kemudian, Chi coba pakai chopper. Hasilnya jelas lebih halus. Tetapi, chopper yang Chi punya ukurannya imut-imut. Tetap jadi agak lama proses menghaluskannya karena harus masukin dagingnya sedikit-sedikit. 
 
Memang gak selama kalau dihaluskan manual menggunakan pisau. Mengurangi rasa pegal di tangan juga. Tetapi, tetap aja berasa lama kalau lagi kurang sabar.

"Emang bedanya chopper ma blender itu apa?"

Begitu reaksi K'Aie ketika Chi minta dibeliin chopper. Wah! Harus dijelasin detil dulu nih supaya permintaan memiliki chopper disetujui.


Kenali Perbedaan Chopper dan Blender


Chopper dan blender memang sama-sama berfungsi menghaluskan. Makanya terkesan gak ada bedanya. Padahal sebetulnya ada perbedaan.

Dari beberapa arikel yang Chi baca, perbedaan pertama adalah dari segi ukuran. Katanya, blender biasanya ukurannya lebih besar. Tetapi, sekarang ini Chi lihat sudah banyak chopper yang dijual lebih besar. Bisa untuk mengolah bahan makanan dalam jumlah besar sekaligus.

Mata pisau chopper lebih besar daripada blender. Makanya mampu menghaluskan berbagai bahan tanpa menggunakan air. 
 
Kalau untuk bikin bumbu halus dan sedang malas mengulek, Chi selalu menggunakan chopper. Kalau pakai blender, rasa masakannya jadi agak aneh. Mungkin karena bumbunya sudah tercampur dengan air.

Menurut Chi, chopper lebih fungsional karena bisa menghaluskan berbagai bahan makanan. Termasuk bahan yang kering. Di rumah juga lebih sering chopper yang dipakai. Tetapi, ukurannya yang imut bikin gemes banget. Karena jadi harus beberapa kali proses.


IDEALIFE - Electric Chopper Blender (IL-219s)


idealife chopper il-219s
 
Setelah permintaan membeli chopper disetuju, mulai deh pencarian produk yang cocok. Chi tertarik banget dengan Chopper 219s

Kalau baca spesifikasinya, ukurannya cukup besar yaitu 700 ml dan 1,5 liter. Daya listriknya pun hanya 100-300 watt.

Mata pisau stainless steel-nya mampu menghaluskan daging, sayuran, dan lain sebagainya dalam waktu singkat. Tinggal tekan tombol ON selama maksimal 5 detik. Cara menggunakannya memang harus ON-OFF (tekan dan lepaskan) hingga tingkat kehalusan yang diinginkan.

Kalau lihat di situs IDEALIFE kelihatannya lagi turun harga nih chopper IL-219s. Dari harga Rp750.000,00 menjadi Rp564.407,00. Lumayan lah turunnya hampir Rp200 ribu.

Chi juga udah lihat video unboxing hingga cara penggunaannya di IG @idealifeonline. Jadi semakin tertarik punya chopper IDEALIFE IL-219s ini. Multifungsi banget, deh!

Kayaknya kalau udah punya ini bakal lebih sering bikin gyoza dan dimsum. Malah Chi udah lama banget pengen bikin siomay. Tetapi, ditunda melulu karena malas menghaluskan dagingnya. Kalau udah punya chopper mah ayo aja, lah. Semakin semangat bikin camilan dan makanan lainnya.

  • Share:

You Might Also Like

32 comments

  1. wah iya mbak, klo ada choper urusan giling daging dan sayuran jadi lebih gampang ya
    pasti bikin dimsumnya lebih rajin nih

    ReplyDelete
  2. Aku juga denger di grup banyak yang turun loh harganya

    sedang incer incer yang buat bikin roti itu (bread maker) katanya turun jadi tinggal 900an ahaaay.. nah chopper kayaknya juga bakalan beli, nih kalo terjangkau gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chopper bisa juga buat bikin roti. Buat ngebantuin ngulen, Mbak

      Delete
  3. Ku belum punya chopper. Chopper IdeaLife ini bagus juga ya. Dan harganya masih terjangkau banget ini sih. Beli aah

    ReplyDelete
  4. Waaa diskonnya mayaan jd pengen intip2 juga ahh IDEALIFE. Masakannya makchi bikin ngiler semuaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga jadi semakin rajin masak kalau udha punya chopper :)

      Delete
  5. Dengan chopper ini apakah bisa digunakan untuk mengiris bawang, Mbak Myr? Aku tuh paling suka kalau lihat peralatan rumah tangga yang bisa bikin kerjaan dapur jadi simple. Apa lagi iris bawang kan pr banget, pakai air mata soalnya. Sementara hobi makan bawang goreng belum bisa diatasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengiris bawang untuk bawang goreng setahu saya gak bisa, Mbak

      Delete
  6. Penasaran mbak gyoza rasanya kayak apa..Alhamdulillah punya Chopper jadi praktis banget ya nggak usah keluarin tenaga menggiling dan mencacah..jadi lebih rajin masak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gyoza mirip dimsum. Tetapi, bagian bawahnya crispy

      Delete
  7. Bener nih, akhir2 ini aku nyadar kalo lebih kepake chopper drpd blender dan chopperku memang sangat kecil, capek kalo bikin bumbu agak banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah kenapa saya pengen banget punya chopper berukuran besar. Chopper di rumah ukurannya mungil

      Delete
  8. Naksir banget ih chopper Idealife ini, bisa halusin bumbu juga daging. Chopper pnyaku cm bisa halusin bumbu hiks. Nah, dari yang sering aku liat videonya, chopper Idealife ini bisa set bumbu nggak terlalu halus juga. Pokoknya masuk wishlist dah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ukuran besar begini memang lebih enak. Daging pun bisa pakai chopper

      Delete
  9. Duh, aku salfok dengan Chopper-nya. Huhu belom acc nih proposal untuk beli. Ngelihat yg pengennya masih males-malesan masak sih. Kabita iiih. Cantik pula tampilannya

    ReplyDelete
  10. Oalah..ini dua alat yang berbeda rupanya. Seringnya ya disebut blender aja, jarang banget ibu di rumah nyari: mana yaa chopper? mau giling bumbu nih.

    hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena fungsinya sama menghaluskan meskipun ada perbedaan :D

      Delete
  11. Chopper biasanya simple gak pake listrik yaa..
    Jadi tingkat kehalusannya bisa diatur.
    Setiap produk Idealife always bikin aku ngileerr...pengen punya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chopper ada yang manual, ada juga yang pakai listrik. Chopper yang saya punya pakai listrik

      Delete
  12. asyik bangeeet nih mba.. aku punya 2-2nya, chopper and blender yang mumpuni untuk masak sehari - hari

    ReplyDelete
  13. aku pikir sama aja mbaaa hahaha aku baru tahu. cuma chopper emang yang buat bumbu2 atau daginga yang ga halus banget kayak blender kali ya
    lagi promo pengen banget ini ngilerr choppernyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chopper juga bisa halus banget, Cha. Tetapi, karena beda di pisau, chopper gak perlu pakai bantuan air. Beda ma blender yang harus ada air atau minyak supaya bisa bekerja

      Delete
  14. Kirain ngalusin bumbu gitu pake blender juga bisa, ternyata beda ya peralatannya. Ada chopper yang khusus digunakan untuk menghaluskan bahkan dalam kondisi kering sekalipun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru chopper memang bisa dipakai menghaluskan dalam keadaan kering. Kalau blender kan harus dikasih air atau minyak dulu

      Delete
  15. Praktis kalau ya kalau ada chopper. Mau bikin bakso, somay, pempek, semua mudah. Yang penting listriknya juga hemat..

    ReplyDelete
  16. Beneran deh bikin camilan itu capeknya belum hilang tapi makannya sudah habis duluan. Saya butuh banget nih chopper buat menghaluskan bahan makanan terutama daging. PR banget ya kaaan kalau harus cincang manual. Huhu. Harus ngajuin proposal ini mah ke suami, biar bisa punya. Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya udah mager banget deh kalau harus cincang manual. Pegel banget! :D

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^