Bunga Papan Sebagai Ungkapan Kasih Sayang dan Rasa Peduli

"Teh, lihat deh bunga papan yang dikirim Femi. Waktu itu yang datang ngelayat mikirnya apa, ya? Hahaha."

Chi pun bergegas keluar untuk melihat papan bunga yang dimaksud. Bunga papan yang dikirim oleh adik ipar. Di papan bunga itu tidak hanya tertulis ucapan turut berbelansungkawa. Tetapi, ada juga nama perusahaan yang mengirim. Nama salah satu brand kecantikan ternama di Indonesia, tempat adik Chi bekerja.

Bunga Papan Sebagai Ungkapan Kasih Sayang dan Rasa Peduli

Bunga Papan Sebagai Ungkapan Kasih Sayang dan Rasa Peduli


Chi pun ikut tertawa. Dari beberapa papan bunga yang dikirim, memang yang dari brand kosmetik ini yang terkesan 'feminin'. Ngikik membayangkan ada tamu yang bingung, ada hubungan apa almarhum papah dengan brand ini.

Kami tertawa bukan berarti tidak berterima kasih, kok. Justru kami sangat berterima kasih dengan semua perhatian yang sudah diberikan oleh keluarga, sahabat, teman, dan juga tetangga. Kami ngikik untuk saling menghibur diri saja pasca ditinggal papah secara mendadak. Itupun kami nyadarnya setelah beberapa hari. Setelah mamah minta seluruh bunga papan mulai dibersihkan. Bunga yang masih segar dikumpulkan untuk dipajang di rumah.


Asal-Muasal Bunga Papan di Indonesia


Papan bunga adalah pajangan khas Indonesia untuk memberikan ucapan selamat untuk perkawinan, kelahiran dan perayaan lainnya serta dukacita untuk pemakaman. Pesan-pesan yang disertakan ditulis dengan huruf-huruf yang terbuat dari beberapa bunga plastik. Panel-panel yang dirancang penuh warna ditempatkan di depan rumah kediaman yang merayakan, namun sering kali juga dipajang secara berkelompok di jalanan padat. -Sumber: Wikipedia-

Bisa dikatakan memberi bunga adalah sebagai bentuk ungkapan yang spesial. Misalnya untuk menyatakan cinta, hadiah ulang tahun, selamat atas kelulusan atau wisuda, hingga kematian. Memang bentuknya bisa macam-macam, tidak selalu bunga papan. Tetapi, apapun itu tetap saja bunga adalah ungkapan yang spesial.

Memberi bunga sebagai ungkapan kasih sayang atau kepedulian tidak hanya dilakukan orang ke orang. Tetapi, bisa juga dilakukan oleh sekelompok orang untuk seseorang hingga dari instansi ke seseorang atau instansi lain. Contohnya saat papah Chi wafat. Kebanyakan yang kirim papan bunga adalah mengatasnamakan perusahaan. Kami sangat berterima kasih untuk perhatiannya.

Dari beberapa artikel yang Chi baca, seni merangkai bunga sudah ada sejak tahun 2500 sebelum Masehi di Mesir. Hal ini berdasarkan artefak yang ditemukan oleh arkeolog. Karangan bunga dianggap sebagai simbol relijius dan kesucian.

Seni merangkai bunga terus mengalami perkembangan zaman. Bentuknya pun bermacam-macam. Tidak hanya berupa bunga papan. Selain sebagai ungkapan kasih sayang, karangan bungan juga menjadi simbol sesuatu hal.

Di Indonesia, bunga papan sudah ada sejak tahun 1970an. Dulu, papan bunga lebih dikenal dengan nama Steekwerk yang berasal dari Bahasa Belanda. Steek (menyulam) dan weerk (pekerjaan). Jadi bisa diartikan steekwerk adalah kegiatan seni merangkai bunga dalam suatu media.

Tetapi, di Indonesia hingga tahun 1980an yang dimaksud steekwerk adalah bunga papan. Meskipun pada awalnya medianya agak berbeda. Kalau dulu dibuat dari gulungan tanaman rambat yang dipadatkan dan dirapatkan di atas bambu berukuran besar hingga menjadi sebuah papan. Untuk menutupi gulungan tanaman tersebut dirangkai bunga untuk membentuk rangkaian ucapan.

Bunga papan di Indonesia terus mengalami perkembangan. Tadinya medianya hanya tanaman rambat dan bunganya pun itu-itu aja. Sekarang styrofoam dijadikan sebagai papan. Bunga yang digunakan pun lebih beragam sehingga semakin menarik untuk dilihat.

Ucapan pada bunga papan juga semakin beragam. Kalau dulu, paling ucapannya hanya "Selamat Berbahagia" atau "Semoga Sukses". Kalau sekarang, lebih beragam lagi. Pesan papan bunga bisa bertuliskan "Turut Berduka Cita", "Happy Wedding", bahkan suka ada aja yang pakai kalimat lucu-lucu.


Membeli Bunga Papan di bungapapanku.id



Teman-teman pernah gak kebingungan saat harus membeli papan bunga. Gak tau di mana yang jual papan bunga. Kalaupun tau, lokasinya ternyata jauh. Padahal maunya dikirim secepatnya.

Kalau seperti itu, coba beli online aja, deh. Teman-teman bisa buka situs bungapapanku.id. Di sini tuh tempatnya jual bunga papan dengan kualitas terbaik dan bisa dikirim ke seluruh kota besar di Indonesia.

Cara memesannya pun mudah banget. Tinggal buka situs bungapapanku.id atau lewat aplikasi (Google PlayStore) BungaPapanku. Hanya butuh waktu 1-2 menit saya untuk order. Pembayarannya bisa melalui transfer ke rekening BCA, OVO, Gopay, atau DANA.

Rangakaian bunga dan ucapannya bisa sesuai order. Pastinya dirangkai oleh para profesional terbaik agar customer pun merasa puas.

Sekarang udah gak bingung lagi kan kalau harus mencari bunga papan? Follow juga IG @bungapapanku.id untuk mendapatkan diskonnya, ya.

1 comments

  1. Bunga adalah sala satu sarana untuk mengungkapkan perasaan, cie flash back hehemmm.. Namun bukan hnya kebahagiaan saja yg membutuhlan bunga. Benar gak bu? 😁

    Btw, ibu ini dr 2007 ngeblog ya, salut.

    Jngan lupa kunjungnnya ya bu.. Salam blogger indonesia, waspada corona heheheh..

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^