Kejadian pandemi COVID-19 begitu menghentak! Semua lini kena imbas, termasuk ekonomi. Cemas? Pastinya. Tetapi, terlalu larut dalam kecemasan juga gak menghasilkan solusi apapun.

berbisnis online di avana indonesia keuntungannya banyak

Buka Toko Online Lagi Gak, Ya?


Saat anak-anak masih kecil, Chi pernah buka toko online. Buka tokonya di Facebook. Alasannya karena lebih sering buka media social yang ini daripada lainnya. Belum tertarik buka toko di e-commerce juga pada saat itu.

Meskipun mulai menghasilkan, Chi akhirnya memutuskan untuk menutup toko online yang sudah dibangun. Kesibukan mengurus anak-anak menjadi alasan utama. Makanya setelah melalui berbagai pertimbangan, diputuskan untuk tutup aja.

Sekarang, mulai kepikiran lagi jualan online. Udah beberapa bulan terakhir sih jadi bahan diskusi antara Chi dan K'Aie. Topik diskusinya itu jualan apa?

Dulu, Chi jualan baju anak dan dewasa (perempuan) serta kerudung. Sekarang tuh lagi mikir mendingan mulai jualan barang yang sama kayak dulu atau bantuin mengembangkan usaha online K'Aie yang udah jalan sekian tahun.

Udah beberapa tahun terakhir ini, K'Aie menjual botol minuman merk Nalgene dan KOR. Sebelum memutuskan menjual botol minum ini, kami sudah lebih dulu menggunakannya. Udah paham bagaimana kualitasnya.

Salah satu perlengkapan sekolah anak-anak yang paling awet tuh botol minum dari 2 brand ini. Tahan banting banget! Sekalinya ganti ya karena hilang, bukan rusak hehehe. Gak cuma dibawa ke sekolah, botol-botol ini juga suka kami bawa jalan-jalan ke manapun dan juga untuk isi air minum di rumah karena memang ada beberapa ukuran.


Mengembangkan Jualan Online yang Sudah Berjalan


Sepertinya, Chi akan memutuskan membantu jualan online K'Aie aja. Alasannya karena sudah berjalan selama beberapa tahun. Daripada jualan masing-masing, mendingan saling bantu dan lebih dikembangkan lagi.

Apalagi sejak semakin gencar masyarakat yang peduli dengan lingkungan, semakin banyak pula yang mencari botol minum. Alhamdulillah. Sekarang tinggal mikirin gimana cara mengembangkannya, nih.

Sebetulnya dulu juga pernah bantuin usaha K'Aie. Itu foto yang paling atas ada tulisan @kenai_OZ adalah nama toko online di IG yang pernah Chi buat. Tetapi, ya gitu deh. Gak dikelola serius karena saat itu lebih fokus ke hal lain. Akhirnya cuma upload produk, setelah itu gak dijalanin.

Giliran sekarang, baru juga diniatin mau mengembangkan usaha, malah ada pandemi COVID-19. Duuuuh Corona ini memang bikin galau, yaaa!

"Justru mumpung saat ini penjualan lagi agak menurun, saatnya beberes dan review, Bun. Cek stok barang dan mikirin mau digimanain lagi buat ngembanginnya. Kalau lagi normal mungkin belum tentu sempat. Insya Allah, kalau nanti udah lewat masa pandemi Corona ini, kita udah bisa langsung start karena udah beres persiapannya."

Nyeeeess! Chi langsung berasa adem denger ucapan K'Aie. Bener juga, ya. Mumpung K'Aie juga saat ini lagi kerja di rumah, justru jadi punya banyak waktu bagi kami untuk berdiskusi tentang bisnis online ini.


Mengembangkan Sayap Jualan Online di AVANA


Pas banget nih Chi ketemu info tentang AVANA Indonesia. Jadi ini tuh situs yang akan membantu para pebisnis online untuk lebih maju.

Jadi gini ...

Berdasarkan pengalaman Chi jualan di FB kendalanya adalah promosi. Beneran harus sering-sering promosi. Tetapi, ya kalau bisa jangan sembarang ngetag orang lain. Salah-salah nanti malah pada kesel karena ditag sama seller online.

Kemudian, K'Aie pun membuka toko di salah satu e-commerce. Lumayan membantu untuk urusan pemasaran. Tetapi, tetap masih berasa kayak gak punya toko sendiri.

Terpikirlah untuk bikin toko online. Bahasan diskusi berikutnya adalah siapa yang akan mengurus web storenya? Kan, harus dioptimasi juga. Sedangkan kami masih punya kesibukan yang lain.


Langsung Dapat 3 Jenis Toko Online di AVANA

alasan memilih jualan online di avana

AVANA adalah Social Commerce platform yang mempermudah para pengusaha, pelaku UKM, dan UMKM untuk berjualan online. Dengan memodernisasikan media sosial seperti Facebook, Messenger, dan Instagram, pelanggan bisa melakukan transaksi pembelian sampai pembayaran di media sosial. Pelanggan kini tidak perlu meninggalkan laman media sosial penjual ketika melakukan proses pemesanan dan pembayaran. Mereka bisa melakukan semua proses ini langsung di media sosial penjual. Ada tiga toko online utama AVANA yang bisa pengguna dapatkan yaitu Webstore, Facebook store, dan Messenger store.

Setelah mencari tau, sepertinya AVANA ini social commerce Indonesia yang Chi butuhkan, deh. Hanya dengan memiliki satu akun, kita sudah bisa mendapatkan 3 toko online sekaligus. Pas banget kan dengan  yang Chi inginkan selama ini?

cara membuta toko online di avana

Untuk memulainya pun gak sulit. Tinggal ikuti 3 langkah ini, yaitu

  1. Daftar akun di avana.id
  2. Buka toko
  3. Mulai penjualan

Senangnya lagi, ketiga toko ini saling berintegrasi. Teman-teman hanya cukup buka 1 dashboard aja untuk update produk. Begitupun dengan stok barang. Misalnya nih kalau ada yang beli produknya lewat webstore, otomatis jumla produk di 2 toko lainnya juga ikut berkurang. Jadinya sebagai pemilik toko gak ribet bolak-balik update di 3 toko yang berbeda.


KeNai Store Sudah Ada di AVANA

keuntungan jualan di avana indonesia
avana indonesia, social commerce

Penasaran, Chi pun coba buka toko di AVANA. Coba buka yang gratis aja dulu karena masih penasaran semudah apa sih mengoperasikannya.

Ternyata beneran gak sulit, kok. Sama aja kayak ngeblog biasa. Setelah daftar kemudian mulai deh masukkan beberapa produk yang akan dijual. Lengkapi dengan deskripsi produknya juga, ya.


cara berjualan di avana
avana indonesia

Seperti inilah tampilan Webstore "KeNai Store". Masih sederhana banget karena memang masih baru. Nanti pelan-pelan diberesin. Tapi, Chi gak perlu risau untuk urusan optimasi webstore-nya. Sudah ada tim AVANA yang akan membantu. Gak perlu khawator juga dengan bandwith karena unlimited.

Selain webstore, toko online yang Chi buat ini juga otomatis ada di Facebook Store. Otomatis juga berjualan di Instagram. Semua folower kita di medsos pun jadi berpotensi untuk menjadi pelanggan. Untuk pemasarannya juga bisa dijalankan dengan mudah.

Toko ketiga yang Chi dapatkan adalah Messenger Store. Kalau ini konsepnya chatting. Tetapi, yang membedakan dengan aplikasi messenger lain adalah di toko ini kita bisa kirim katalog online. Pelanggan bisa langsung membeli atau melihat detil produk hanya dengan klik produk tersebut.

Tim AVANA Indonesia juga akan siap setiap saat. Termasuk untuk menjawab semua pertanyaan yang masuk dari semua toko. Jadi meringankan kerja dan menghemat waktu pemilik toko banget kan, ya.


Lomba Blog AVANA Indonesia



Masih penasaran berbisnis online di AVANA Indonesia? Kalau kata Chi, mendingan coba aja langsung praktek dengan membuka toko online di sana. Pilih yang gratis aja dulu.

Nah, buat teman-teman blogger, pengalaman membuka toko online di AVANA bisa diceritain nih di blog. Nanti artikelnya dilombakan. Siapa tau menang. Hadiahnya lumayan banget, lho. Info lengkap tentang lomba ini silakan ke link yang ada di poster itu atau ke IG @avana.id

Chi masih optimis bisnis online pangsa pasarnya semakin besar di tahun 2020 dan ke depannya. Ya, mungkin saat ini melambat sejenak. Tetapi, manfaatkan dengan mulai membuat rencana berbisnis online. Yuk!