Memilih Dokter Jantung di Penang - Keke Naima

Selasa, 15 Oktober 2019

Memilih Dokter Jantung di Penang

Beberapa hari lalu, keluarga kami baru selesai menggelar acara pengajian untuk acara pernikahan adik Chi yang paling kecil. Usai pengajian, kami mengobrol dengan sanak sodara yang hadir. Chi kaget saat mengetahui kabar kalau salah seorang sepupu yang hadir ternyata sudah pasang ring di jantungnya. Lho, kok bisa? Selama ini juga gak ada kabar apapun.

berobat ke penang. dokter jantung di penang

Memilih Dokter Jantung di Penang 

sumber foto: Smarter Health

Kemudian mengalirlah cerita kalau ketahuannya tidak sengaja. Sepupu Chi ini rutin melakukan medical check up. Nah, dari situ deh ketahuan kalau ada sakit jantung dan harus segera pasang ring. Padahal katanya saat itu sedang merasa sehat aja kondisinya.

Speechless dan campur aduk rasanya. Entah Chi harus merasa sedih atau bersyukur. Stroke dan penyakit jantung iskemik (penyempitan pembuluh darah arteri jantung) adalah dua penyakit paling mematikan di Indonesia. Setahu Chi, penyakit jantung juga termasuk silent killer yang paling mengerikan.

Mendadak pengen menangis karena langsung teringat (alm) papah yang belum lama ini wafat secara mendadak. Padahal kondisinya sedang sehat-sehatnya. Di surat kematian dokter menulis penyebabnya karena serangan jantung.

Itulah kenapa Chi jadi bingung antara harus sedih atau bersyukur ketika mengetahui sepupu juga sakit jantung. Sedih lah kalau ada anggota keluarga yang sakit. Tetapi, setidaknya sudah diketahui lebih dahulu. Mungkin di situ harus bersyukur.

Apa yang terjadi sama papah, membuat Chi semakin peduli dengan berbagai informasi tentang sakit jantung. Chi coba cari juga informasi rumah sakit dan dokter di Malaysia. Itu karena papah pernah dirawat di sana. Bukan karena sakit jantung, tetapi batu ginjal. Udah agak lama kejadiannya.

Chi pernah baca kalau di Penang ada beberapa rumah sakit dan dokter jantung yang bagus. Banyak pasien asal Indonesia yang berobat ke sana. Yuk, kita cari tau!

Alasan Berobat ke Penang


Tentunya harus mencari tahu terlebih dahulu kenapa Penang ini menjadi salah satu pilihan pasien, termasuk asal Indonesia untuk berobat.


  1. Dokter spesialisnya lulusan luar negeri (Royal College Inggris, National University Singapore)
  2. Fasilitas medis rumah Sakit di Penang lengkap dan berteknologi canggih
  3. Biaya sepadan dengan kualitas
  4. Kemudahan komunikasi. Sebab, dokter di penang biasanya bisa berbahasa Melayu/Indonesia
  5. Terdapat rute penerbangan dari Indonesia ke Penang
  6. Lingkungan rumah sakit mirip Indonesia, dalam konteks makanan, cuaca, dan bahasa
  7. Sekaligus jalan-jalan ke berbagai tempat wisata di Penang (mall, spa, dll)

Mencari Rumah Sakit dan Dokter Jantung di Penang


Bukan perkara mudah mencari rumah sakit dan dokter jantung terbaik. Apalagi di negara orang dan kita belum pernah ke sana. 

Di sini, Smarter Health bisa memberikan rekomendasi dokter spesialis berdasarkan kondisi medis pasien, tanpa biaya alias gratis.

Smarter Health hanya bekerjasama dengan rumah sakit terakreditasi Joint Commission International di Penang, seperti Island, Gleneagles, dan Pantai. 

Mitra rumah sakit ini juga bisa menangani operasi jantung (kardiovaskular) yang rumit Beberapa dokter spesialis jantung di Penang yang populer di antara pasien Indonesia:

  1. Island Hospital
    • dr. Chong Chu Ling
    • dr. Donald Ang Swee Cheng
    • dr. Yeoh Joon Kuan
  2. Gleneagles Hospital
    • dr. Rajesh P. Shah
    • dr. Lee Ling Ching
    • dr. Simon Lo
  3. Pantai Hospital
    • dr. Lim Guan Choon
    • dr. Liew Chee Tat
    • dr. Awangku Bakhrunnuddin

Gleneagles Hospital Penang

Salah satu dari sedikit rumah sakit di Malaysia, yang bisa melakukan rekonstruksi bedah endovaskular. Rumah Sakit Gleneagles Penang punya laboratorium kateter untuk melakukan bedah angioplasty dan stenting (pemasangan ring) di tubuh pasien; misalnya jantung, otak, pembuluh darah arteri, paru-paru, ginjal, dan lain-lain. Laboratorium Gleneagles Penang ini pun bisa melakukan cangkok stent (ring) endovaskular untuk mengatasi aneurysms (pembengkakan pembuluh darah) pada aorta.

Pantai Hospital Penang

Pantai Hospital Penang memiliki fasilitas lengkap untuk bedah kardiovaskular, termasuk alat diagnosis invasive ataupun non-invasive. Dengan tim bedah jantung berpengalaman, Pantai Hospital Penang melayani tindakan/perawatan medis seperti:

  1. Telemetri Jantung, untuk memantau seluruh ritme jantung pasien.
  2. Laboratorium Invasive Cardiac, yang siap 24 jam untuk melakukan prosedur serangan jantung, angioplasty koroner dan semua yang terkait penyakit jantung. 
  3. Unit Perawatan Jantung Koroner, untuk memberi perawatan intensif pada pasien penyakit jantung dengan beragam kondisi medis.

Island Hospital Penang

Pusat jantung di Island Hospital Penang melayani pasien dengan masalah jantung, mulai dari pencegahannya, diagnosis, pengobatan hingga pemulihannya setelah operasi. Semua unit sistem terintegrasi dalam satu gedung.

Segala jenis pasien; dewasa atau anak-anak; rawat jalan atau rawat inap, dilayani di Pusat Jantung Island Hospital Penang. Terutama pasien dengan keluhan cacat jantung bawaan, gangguan pada ritme jantung, gagal jantung dan keluhan jantung lainnya. Perpaduan dokter spesialis jantung berpengalaman dan teknologi medis canggih di Island Hospital Penang, memungkinkan berbagai teknik operasi untuk dilakukan, termasuk teknik bedah minim luka (minimally invasive techniques).

Biaya Berobat di Penang


Tentunya juga ingin tau berapa biaya yang diperlukan. Nah estimasi biaya ini bisa berbeda-beda. Bila ada komplikasi, dokter juga akan meminta untuk dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu supaya mendapatkan hasil diagnosa yang tepat. 

Teman-teman bisa mengetahui estimasi biaya berobat di Penang secara gratis melalui Smarter Health.

Berbagai tindakan operasi jantung yang bisa dilakukan di Penang:

  1. Operasi bypass jantung (Coronary Artery Bypass Surgery)
  2. Operasi katup jantung (bedah aorta)
  3. Operasi cacat jantung bawaan (Atrial Septal Defect)
  4. Tetralogy of Fallot (TOF)
  5. Transposition of the Great Arteries (TGA)
  6. Ventricular Septal Defect (VSD), dan bedah jantung lainnya 

Diagnosis atau pemeriksaan medis pada pasien penyakit jantung, yang bisa dilakukan di Penang:

  1. Angiografi, tes sinar-x pada aliran darah di arteri atau vena.
  2. Kateterisasi, pemasangan tabung tipis berlubang di pembuluh darah utama.
  3. Percutaneous Coronary Interventions (PCI), pemasangan balon atau stent (ring) untuk membuka pembuluh darah yang menyempit karena penumpukan plak. Termasuk, balloon angioplasty, stenting koroner, Intravascular Ultrasound (IVUS), dll.
  4. Pemasangan alat pacu jantung sementara atau permanen.
  5. Left Atrial Appendage Closure, untuk mengurangi pembekuan darah.
  6. Percutaneous Transluminal Septal Myocardial Ablation (PTSMA), untuk mengurangi gradien tekanan pada jantung dengan kondisi kardiomiopati obstruktif. Pemasangan Intra Cardiac Defibrillator (ICD), untuk memperbaiki detak jantung 

Gak ada yang ingin sakit. Chi yakin itu. Tetapi, mengetahui informasi seperti ini juga penting. Karena bila sampai terjadi sakit, tentunya ingin berobat di tempat yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^