Thursday, July 18, 2019

Resep Tumis Ikan Asin Jambal Bumbu Kecap

Nasi hangat, ikan asin goreng, dan sambal. Duh! Bubar deh yang namanya diet. Bahkan baru menggoreng ikan asin aja udah bikin perut berbunyi hehehe. Kali ini, Chi mau share resep ikan asin jambal bumbu kecap. Ini sebetulnya lagi malas bikin sambel, tapi tetap pengen ada yang pedas.

resep tumis ikan asin jambal bumbu kecap

Resep Tumis Ikan Asin Jambal Bumbu Kecap


Bahan-Bahan:

  • 300 gr ikan asin jambal
  • 5 butir bawang merah, iris-iris
  • 3 siung bawang putih, iris-iris
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang sereh
  • 1 ruas lengkuas
  • 8 buah tomat hijau, masing-masing belah 4
  • Kecap manis
  • cabai rawit merah sesuai selera
  • 2 buah jeruk sambal
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Air

Cara Membuat:

  1. Rendam ikan asin jambal dalam air garam selama 10-15 menit
  2. Setelah direndam, ikan diiris. Tetapi, jangan terlalu tipis
  3. Goreng ikan asin yang sudah diiris hingga berwarna agak kecoklatan 
  4. Panaskan minyak untuk menumis. Pakai minyak bekas menggoreng ikan asin aja
  5. Masukkan bawang merah, bawang putih, daun salam, sereh, dan lengkuas. Aduk hingga harus
  6. Masukkan ikan asin yangnsudah digoreng
  7. Tambahkan kecap manis sesuai selera
  8. Beri sedikit air
  9. Masukkan tomat hijau dan cabe rawit merah
  10. Aduk sebentar hingga air sedikit menyusut. Matikan api. Siram dengan air jeruk sambal dan sajikan.

Tips:

  1. Aneh gak merendam ikan asin ke air garam malah bisa mengurangi asin? Kedengarannya begitu, ya. Tetapi, memang bener. Garam dengan konsentrasi tinggi (ikan asin) akan mengalir ke yang lebih rendah (air garam). Googling aja untuk lebih tau penjelasannya. Patokannya, setiap 1 kg ikan asin direndam di 2 lt air + 1 sdm garam.


resep tumis ikan asin jambal bumbu kecap

Hmmm ... tumis ikan asin jambal udah siap. Dan udah langsung makan siang kalau gini, deh! Chi masih tambahin telor ceplok. Udah lama juga gak makan telor ceplok hehehe.
Keke Naima
Keke Naima

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

32 comments:

  1. Ya ampun, Maaakkk
    Ini sih sukses bikin nasi sebakul tandas!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Bikin ngiler nih resepnya bund. auto di bookmark yah bund resepnya jadi kena racun deh pengen buat wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Duh enaknya iniii makan dengan nasi putih doang + kerupuk, sedaaap.
    Aku baru tau kalo ikan asin direndam air garam bisa mengurangi asinnya, kirain malah tambah asin :D

    ReplyDelete
  4. Andaaiii aku doyan ikan asin jambal ya huhuuu... penampilannya sungguh menggugah selera, sayangnya aku ga kuat sama amisnya. Mau nyontek resepnya tapi diganti tempe ama tahu atau ayam bisa juga kalik ya?

    ReplyDelete
  5. Mantap resepnya. Karena banyak bahan yg kurang (maklum di kampung) jadi bahan banyak yg saya kurangi nih.
    Yuk mari makan hehehe...
    Ikan asin kalau di kampung jadi lauk pauk yang dijumpai hampir setiap hari lho.

    ReplyDelete
  6. Udah lama nggak makan ikan jambal gini. Susah banget nyarinya deket rumahku

    ReplyDelete
  7. Ya ampuuun, untung udah makan malam tadi, jadi nggak perut nggak keruyukan saat mata melihat foto di sini. Aku contek ya mbak, suka dengan masakan ikan asin jambal. Itu jeruknya diikutkan ke dalam wajan ya, bukan cuma air perasannya aja?

    ReplyDelete
  8. aku baca ini di minggu pagi, langsung kebayang mau masak ini buat makan siang nanti hihi, makasi yaaa

    ReplyDelete
  9. Ya Allah kak Myraaaaa baca ini buat aku laperrr jadinya. Aku suka nih ikan asin jambal dan biasa di goreng aja kalo ga cabe bawang. Kalau udah makan ini suka nambah nasinya hahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ugh! Itu udah menggugah selera banget hehehe

      Delete
  10. This food is especially delicious. I love salt that fish as well although I know I cannot eat too much of them. This is one lovely recipe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan asin selalu bikin semangat menikmati ya, Mbak

      Delete
  11. Mak Chi ini nih menu makan siang yang ejqiyuqiyu alias haqiqi hahahaha. Nikmat tiada tara. Aku tuh suka banget menu kayak gini.

    ReplyDelete
  12. Hmm yummy nih, apalagi di makan siang-siang gini
    Saya juga agak heran waktu pertama kali tahu kalau untuk mengurangi asinnya ikan asin itu direndam di air garam. Tapi waktu dipraktekin, eh bener juga :)

    ReplyDelete
  13. Wah baru tau nih soal air garam ternyata bs dgn rajin mencucinya.

    ReplyDelete
  14. aku selalu suka baca-baca resep yang emang benerin dibikinnya tuh sama yang nulis gini ahahahah pernah dapat resep tapi contekan google juga. kan kalo pas dibuat ya biasanya ada beda rasa haha

    ReplyDelete
  15. Aduh mba aku ngiler dengan masaanmu
    Besok-besok praktekin resepnya ah, soalnya ini barusan kelar masak aku hehehhe
    Ikan asin itu makanan kesukaanku banget, tapi pagi juga goreng tapi goreng biasa aja sih

    ReplyDelete
  16. Ikan jambal memang sedap banget. Makan secuil aja udah bikin bahagia. Langsung jadi pengen ngambil nasi.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^