Resep Beef Burger

By Keke Naima - March 22, 2024

Resep Beef Burger - Cung! Siapa yang suka beef burger? Kami sekeluarga termasuk yang suka makanan satu ini. Tetapi, kadang-kadang ada rasa gak puas saat menikmatinya. Chi akan ceritakan alasannya sekaligus berbagi resep beef burger ala Dapur KeNai di postingan ini.

Resep Beef Burger


2 Alasan Tidak Puas Menikmati Beef Burger


Beef burger udah jadi jajanan favorit sejak Chi masih SD. Burger ala abang gerobakan di kaki lima yang daging burgernya tipis dan isiannya ala kadarnya, tetap berasa nikmat. Sampai sekarang pun Chi masih suka burger ala-ala seperti ini.

Buat Chi, burger kaki lima maupun resto punya kenikmatan masing-masing. Tetapi, Chi juga punya alasan kenapa kadang-kadang kurang bisa menikmati beef burger, yaitu


Makan Selalu Berantakan

Gak tau kenapa, Chi kalau makan beef burger pasti berantakan. Makanya suka malas pesan menu ini kalau lagi di resto. Mendingan dibungkus dna makannya di rumah. Kalau udah di rumah kan gak perlu makan cantik ala instagramable hahaha!


Gak Puas Sama Daging dan Isian Lainnya

Meskipun burger ala abang gerobakan tetap nikmat, tetapi ada kalanya Chi juga pengen burger berukuran besar. Kendalanya suka mager kalau makan di luar. Mau bikin sendiri, daging burger yang ada di pasaran ukurannya suka kurang besar. Makanya Chi selalu double dagingnya untuk satu roti. Tentu aja supaya dagingnya jadi tebal.

Masih belum puas juga sama dagingnya, Chi pun mulai bikin daging burger sendiri. Sebetulnya Nai duluan ding yang suka bikin sendiri. Rasa daging burger buatan dia enak, lho. Chi minta diajarin cara bikinnya. Eh, malah dijawab, "Bunda belajar sendiri aja di YouTube." Eyaampuuunn! 😂

Chi pun mulai cari-cari resep di YouTube. Cari yang paling mudah dulu. Tapi, kayaknya semuanya mudah, deh. *Gaya bangeeeuuut! 😎* Beneran lho bikinnya paling 30 menitan aja. Udah bisa dapat setangkap burger yang enak. Tentu rotinya beli jadi, ya. Hingga saat ini Chi belum pernah belajar bikin roti sendiri.

[Resep: Beef Bulgogi]


Resep Beef Burger ala Dapur KeNai


resep beef burger ala dapur kenai


Bahan-Bahan:

  • 4 buah roti burger / hamburger bun
  • 500 gr daging sapi cincang
  • 1 buah bawang bombay, diiris-iris
  • 2 siung bawang putih, geprek kemudian dicincang halus
  • 200 gr jamur champignon, diiris-iris
  • Iceberg lettuce, cuci bersih lalu tiriskan
  • 4 lembar keju cheddar
  • Mayonnaise
  • Barbeque sauce
  • Air
  • Tepung terigu
  • 2 bungkus Masako Kaldu Sapi
  • Mentega


Cara Membuat:

  1. Campur daging cincang dengan 1,5 bungkus Masako, kemudian diaduk rata menggunakan tangan
  2. Bagi daging menjadi 4 bagian. Masing-masing dibulatkan, kemudian dipipihkan
  3. Panaskan mentega hingga meleleh
  4. Masukkan bawang bombay,  bawang putih, dan jamur. Aduk hingga seluruh bahan terlihat lemas
  5. Tambahkan saus barbeque secukupnya. Aduk rata kembali
  6. Tambahkan sedikit air dan setengah bungkus Masako. Setelah mendidih beri sedikit terigu
  7. Aduk terus hingga kuah mengental kemudian matikan api dan biarkan dingin
  8. Panaskan wajan datar dan beri sedikit mentega
  9. Setelah mentega meleleh, masukkan daging. Gunakan api kecil
  10. Setelah sisi bagian bawah terlihat matang, balik daging. Kemudian bagian atasnya diberi keju cheddar lembaran
  11. Masak hingga seluruh bagian daging matang dan keju meleleh
  12. Kembali lelehkan mentega di wajan yang datar. Masukkan hamburger bun. Panaskan sebentar saja hingga roti hangat dan bagian pinggir ada sedikit gosong


    memasak daging burger
    resep daging burger
    cara membuat beef burger sendiri
    Daging matang hingga ke dalam


    Menyusun Burger:

    1. Oles bagian bawah dengan mayonnaise hingga rata
    2. Tata selada di atas mayonnaise
    3. Beri daging burger di atas selada
    4. Kemudian siram dengan jamur barbeque


    Tips:

    1. Chi menggunakan daging cincang yang ada lemaknya biar rasanya lebih nikmat. Tetapi, bila teman-teman lebih memilih daging yang tanpa lemak juga bisa
    2. Daging burger yang Chi buat ini paling sederhana karena hanya diberi tambahan Masako. Tadinya mau Chi kasih bawang bombay seperti yang biasa Nai buat. Bahkan mau Chi kasih juga saus barbeque supaya dagingnya punya citarasa yang unik. Tetapi, Nai menyarankan mendingan dagingnya gak usah dikasih saus barbeque karena udah ada di jamur. Baique!
    3. Jangan sering membolak-balik daging saat dimasak. Nanti daging burger malah hancur. Biarkan masak di satu sisi, kemudian dibalik, Jadi cukup sekali balikan saja.
    4. Bila daging cincang disimpan di kulkas, biarkan dulu hingga dinginnya hilang di suhu ruang. Memasak daging dalam keadaan dingin membuat daging burger bagian luar cepat matang, tetapi dalamnya masih mentah.
    5. Chi tidak memberikan saos tomat atau irisan tomat seperti yang umumnya ditemukan di beberapa burger. Saus barbeque sudah ada rasa asam, makanya Chi rasa gak perlu dikasih tomat lagi
    6. Sebetulnya untuk isian burger itu bebas aja. Bisa ditambahkan telor ceplok, irisan tomat, saos sambal, dan lain sebagainya. Ikuti saja kreativitas dan selera masing-masing. Tetapi, usahakan isiannya komplit alias jangan daging aja. Kalau bisa ada sayurnya juga.


    Masako Membuat Memasak Menjadi Lebih Praktis


    Masako Membuat Memasak Menjadi Lebih Praktis

    Kalau dilihat lagi resepnya, Chi gak tambahkan gula dan garam sama sekali, lho. Biasanya Chi selalu pakai 2 bahan itu untuk penyedap. Tetapi, dalam sebungkus Masako ini udah komplit. Kalau Chi tambahkan gula dan garam lagi kayaknya jadi terlalu berlebihan rasanya.

    Komposisi sebungkus Masako kaldu sapi adalah sebagai berikut garam, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium 5 ribonukleotida), gula, ekstrak daging sapi (2.05%), perisa sintetik (daging sapi, daging sapi panggang, kokumi, thymi, pala), lada, bawang putih, ketumbar, pewarna karamel kelas IV, protein kedelai terhidrolisa, pengental gom xanthan, bawang merah.

    Nah cukup komplit kan komposisinya? Tadinya Chi pengen menambahkan lada lagi ke adonan daging, tetapi gak jadi karena udah berasa ladanya dari Masako.

    Baidewei, sudah mengenal Masako, bumbu penyedap masak ini, kan? Chi rasa banyak yang sudah mengenalnya. Apalagi Masako bisa dengan mudah didapatkan di mana-mana. Termasuk yang formula baru ini. Di pasar tradisional hingga minimarket juga udah tersedia. Kalau Chi belinya di toko grosiran dekat rumah jadi harganya lebih murah lagi. Cukup Rp5.000,00 udah dapat serenceng (12 bungkus).


    masako kaldu sapi

    Bumbu kaldu Masako berbentuk butiran. Chi suka dengan butirannya yang tidak halus ini karena jadinya gak lengket di tangan. Setiap butirannya mengandung semua bahan baku. Dibuat bubuk supaya lebih awet mudah larut ke dalam masakan. Kemasannya yang dari plastik berlaminasi alumunium foil juga melindungi kaldu dari udara dan sinar matahari langsung.

    Bumbu masak Masako terbuat dari daging dan berbagai bumbu pilihan yang berkualitas dna diproduksi di pabrik sendiri. Rempah-rempahnya diseleksi langsung oleh bagian produksi. Kalau untuk daging sapi menggunakan sapi lokal dan Australia (sapi brahman). Bagian paha depan yang dijadikan kaldu karena dagingnya banyak. Tetapi, pilih yang gak banyak lemak supaya kaldunya tidak terlalu berminyak. Dibandingkan formula sebelumnya, ekstrak daging pada Masako kali ini lebih banyak sehingga terasa lebih lezat.


    resep menggunakan masako

    Baik kaldu sapi maupun ayam semuanya sudah memiliki logo halal MUI. Dan yang Chi suka lagi ada resep di setiap kemasan Masako. Ya, kadang-kadang suka bingung mau masak apa. Jadi tinggal lihat resepnya aja buat disontek atau dijadikan inspirasi masakan.

    Ada tulisan 'Ayo Makan Sayur' di kemasan bagian belakang. Masako memang ingin berkontribusi dengan mengajak para ibu lebih sering memasak sayur di rumah. Lebih memperhatikan lagi pola gizi seimbang dan mengurangi pemakaian garam.

    Jadi, sudah masak apa hari ini?

    • Share:

    You Might Also Like

    43 comments

    1. Hmmm enak banget nih. Di keluargaku yang suka makan burger tuh anakku yang cowok. Bikin daging burger sendiri lebih enak ya, bisa bikin daging burger yang gedean, dan ditambah macem2 isian burger yang lebih variasi. Puas makannya :)

      ReplyDelete
    2. Hehehehe, sama mbaa..
      Saya lebih suka makan burger di rumah.
      Soalnya gak bisa ngunyah dengan kalem, mulut kudu dibuka lebar2, bisa2 belepotan dan lipstik abis hahaha.

      selain itu dagingnya kurang mantap deh.

      Pas banget mba Myra share resepnya.
      mau nyobain ah, pakai Masako biar makin mantap 😊

      ReplyDelete
    3. Maaf mba ijin yaa kemungkinan besar saya akan contek resepnya itu, kya deru bikin usaha hihihihu

      ReplyDelete
    4. Resepnya praktis amat, Chi, padahal kelihatannya mevvvaaah...
      Apa ga kepikiran buka cafe aja sekalian, jualan burger plus kopi tarik hehehe... oya, jadi total untuk 4 burger begini jadi berapa harganya?

      ReplyDelete
    5. aduh mba, liat lelehan kejunya bikin ngiler nih..noted ah resepnya

      ReplyDelete
    6. Kalo burger dengan isian yang banyak gini, makannya enak pakai pisau garpu hehe.
      Kesukaan anakku nih, burger dan kentang goreng.

      ReplyDelete
    7. Aku paling doyan burger mba Chi, cuman belum pernah nih cobain bikin burger sendiri di rumah lebih nampol emang kalau bikin dagingnya bisa buanyaaakk ya mba :) cus praktekin

      ReplyDelete
    8. kalua burger memang pasti kesenangannya anak-anak yaa mba..jadi pada hobi deeeh makannya

      ReplyDelete
    9. Aku belum pernah nyoba beef burger sendiri. Khawatir daginya ga mateng. Ada padahal kalo bikin sendiri kan hemat ya hahahahaha

      ReplyDelete
    10. Wow ini mah beef burgernya ala resto fast food deh. Aku pernah nyoba sekali bikin beef burger sendiri tapi anak-anak sukanya yang beli. Dulu ga pake Masako kali ya hehehe

      ReplyDelete
    11. Anak-anakku juga suka beef burger Mbak..Dan untuk isian daging aku juga pakai daging giling.
      Puas kalau bikin sendiri ya..apalagi pakai Masako jadi pas sedapnya

      ReplyDelete
    12. tebeeeel banget daging beef burgernya. Paling enak bikin sendiri, puas ya dengan porsinya!

      ReplyDelete
    13. Aku banget nih suka beef burger hehe, emang sih kadang berantakan gitu ga nyatu tapi gimana ya namanya suka ya makan aja haha. Btw akh belum pernah nih bikin sendiri beef burger.

      ReplyDelete
    14. Walah, ngiler banget deh lihatnya. Endeus pisan beef burgernya. Mana ditambah jamur pula. Bikin jangan ya? Kalo bikin, buat aku aja ah. Anak-anak mah jangan dibagi. Terlalu enak. :)))

      ReplyDelete
    15. Sama, Mbak.. kalau saya makan burger di resto juga blepotan kemana-mana. Secara itu burger gede banget terus mulut saya gak bisa mangap lebar-lebar. Hahahaha...

      Kalau bikin sendiri ukuran juga bisa disesuaikan ya. Terus rasa dijamin lebih enak dan dagingnya juga lebih banyak.

      ReplyDelete
    16. Wah kalau bikin burger sendiri lebih puas ya makannya..ukurannya lebih besar juga hihi

      ReplyDelete
    17. Saya pun begitu, Mbak Chi.
      Kadang buat sendiri, karen beli rasanya kurang. Baik kurang pas rasanya ataupun banyaknya hahaha.
      Terima kasih resepnya, Mbak.

      ReplyDelete
    18. Ya Allah, gara-gara liat masakan ini aku jadi laper baper jih. Kapan-kapan pengen buat kayak gini ah. Soalnya dari dulu madaknya itu itu aja.

      ReplyDelete
    19. Oowh...kece sekali burgernya kak Chie.
      Mau juga masak burger ala kak Chie.
      Dijamin larriisss di rumah.

      Secara anak-anakku suka cheese.

      ReplyDelete
    20. pagi" liat ginian jadi lapeerrrr

      ReplyDelete
    21. Bisa dicontek nih resepnya ntar kalau anak wedok pulang dari pondok. Dia pasti seneng banget dibuatin ini. Dasarnya memang suka burger sih dia. Eh, dasarnya suka makan ;)

      ReplyDelete
    22. makanan kalo bikin sendiri lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya ya... itu daging cincang bisa diganti daging ayam juga ye kak

      ReplyDelete
    23. Glek. Lihat beef burger bikinan Mbak Myra sungguh bikin laper. Pastinya juga lebih enak ya dariPastinya . Karena komposisi bumbu sesuai dengan lidah begitu pula daging yang digunakan, yang bermutu dan segar. dulu waktu anak-anak masih kecil saya juga rajin bikin burger sendiri. tapi setelah mereka besar dan bisa jajan burger sendiri di luar jadi ogah makan bikinan mamanya. Ya gitu deh sayanya jadi ikut males juga bikin

      ReplyDelete
    24. Lihat beef burgernya menggugah selera banget Mba, kelihatan mantep dagingnya tebel, apalagi bikinnya pakai masako pasti lezatt :D jadi pengen coba bikin juga.

      ReplyDelete
    25. Liat gambar beef burger langsung kenyang :))

      ReplyDelete
    26. Wooowwwww... bikin ngiler banget ini mbak Myra, apalagi ada lelehan kejunya gitu bikin perut happy pastinya ya. Nyontek ah resepnya untuk bikin cemilan anakku dirumah juga.

      ReplyDelete
    27. Di save langsung resep nya. Cheese Beef burger kesukaan anak-anak dan suami aku mba. Kalau buat sendiri lebih hemat nih daripada beli ahaha..maklum yess emak-emak pasti mau nya penghematan. Kalau buat sendiri selain hemat juga kualitas halal nya dijamin ya mba...apalagi pakai bumbu penyedap rasa nya masako yang tidak perlu diragukan lagi rasa dan kehalalan nya

      ReplyDelete
    28. Duuuh anak milenial belajarnya ga jauh2 ya di YT, hihi, Nai cepet gede bangeet. Mau niru resepnya ya, enak banget sepertinya dan aku penasaran karena belum pernah bikin burger

      ReplyDelete
    29. Setuju sama dua alasan di atas mba hehe kalo bkin sendiri kan bebas Mau diisi apapun 😂 ah mama Kenai emang beneran kreatif dalam dunia masak memasak nich

      ReplyDelete
    30. Kapan-kapan aku tiru resepnya nih, karena anak-anakku suka banget beef burger tapi ga mau kalo beefnya instan yang tipis-tipis itu.

      ReplyDelete
    31. Pagi pagi belum sarapan liat ini, aduh laper banget mbak akuu.. izin contek ya resepnya. Hihi.

      ReplyDelete
    32. Burger Mbak Myra udah persisi yang di AFC. Duh, akutuh suka ngiler lho, Mbak , kalau nonton AFC yang pas meet and grilled gitu. Berasa pengin bikin sendiri daging burgernya yang tebel dan juicy itu. Hm.. yummy banget. Bakalan puas gitu.

      Btw aku setuju kalau makan burger enakan di rumah. ATau enggak, emang udah rencana nggak makan cantik ala selebgram. Karena buatku kenikmatan makan burger itu yang berantakan di mulut dan tangan. Persis kayak nikmatnya makan ramen dan ada suara "slurppp!!"-nya.

      ReplyDelete
    33. Aku doyan banget mbak...dan dagingnya harus banyak. Btw itu resepnya makasih, bisa dicoba nih kapan2 kalau lagi nggak males bikin...

      ReplyDelete
    34. Yang bikin enak tuh jamur barbequenya yaaa Chi.. favorit aku di NYC tuh Shake Shack, dan hobi bangeet dengan ‘sroom burgernya yang dibuat dari jamur portobello dan swiss cheese. Ya ampuun enaaak ;)

      ReplyDelete
    35. Saya belum pernah bikin nih. Boleh juga dicoba. Makasih mak resepnya.

      ReplyDelete
    36. Cuuuuuuuuuung! Aku sukak beneran deh gak bohong wkww.
      enak banget beef burger tuh hehe

      ReplyDelete
    37. Makyussss anakku juga pada suka sama burger, tapi sayangnya belum pernah bikin semdiri, kapan kapan mau aku coba praktekin resepnya mba myra ah.

      ReplyDelete
    38. Saya banget tuh, isian burger pake telor ceplok.. Hehehe..
      Saya blm pernah bikin daging burger sendiri..... Sepertinya gampang juga ya, jd pingin nyoba..

      ReplyDelete
    39. Resepnya layak dicoba nih. Dari dulu paling tidak suka kalau beef dari burgernya ga enak.

      ReplyDelete
    40. Sama kaya saya kalau makan burger suka berantakan
      Hahahah
      Eh..liat reSep dan cara buatnya nampaknya tak terlalu sulit ya
      Boleh nih dicoba kapan2

      ReplyDelete
    41. Kalau bebikinan burger begini dah ada yang nungguin aja..enggak pake lama habis dah...puas memang bikin sendiri. Terjamin bahan dan kebersihan.

      ReplyDelete
    42. Jarang makan ginian, sekalinya liat ini jadi pengen banget. Mesti bisa bikin sendiri. Untung ada resepnya ternyata tidak terlalu sulit, terimakasih Mbak

      ReplyDelete
    43. bacanya sampe ngiler :D mau coba ah

      ReplyDelete

    Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

    Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^