Fun Blogging 1, Chi gak bisa ikut ...
Fun Blogging 2, lagi-lagi gak bisa ikut ...

(Sok) sibuk sekali Chi ini hahaha *langsung dijitak*. Ya, pokoknya waktunya gak cocok terus. Udah agak lemes aja pas Fun blogging 2, Chi gak bisa ikut lagi. *Kira-kira bakal ada lanjutannyannya gak, ya?* Begitu dibuka pendaftaran Fun Blogging 3 dan waktunya cocok, langsung daftar. Da, pas hari-H, Chi dateng kepagian ajah. Sampe kantor Qwords, tempat Fun Blogging 3 diselenggarakan aja masih dikunci hehehe.

Sedikit flashback, Chi pernah ada masa agak menyesal karena ngeblog sejak tahun 2007, tapi monetize blog baru Chi rasakan sekitar 2-3 belakangan. Gak lama setelah tau kalau blog itu ada komunitasnya. Padahal blogger yang mulainya sama dengan Chi ada yang udah menghasilkan pundi-pundi tabungan dari blog. Walaupun banyak juga, sih yang nonaktif dari dunia blog.

Tapi setelah dipikir-pikir lagi, rasanya Chi jadi bersyukur. Sebelum mengenal komunitas, Chi hanya tau kalau blog itu cuma menulis dan blogwalking. Gak diribetin sama yang namanya EYD, SEO, atau segala brief dari job review. Paling sesekali aja diribetin sama template blog. Ibarat rumah, Chi pengen punya rumah yang cantik. Dan, begitu 'klik' sama templatenya, bertahun-tahun gak pernah ganti lagi. *Chi memang tipe setia, sih. Ihiiiyyy :p* Jadi yang Chi lakukan memang benar-benar cuma rutin mengisi konten di blog pribadi tanpa embel-embel job review. Bahkan ikutan segala giveaway dan lomba pun enggak.


"Pekerjaan yang paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar" - Ridwan Kamil -

Setuju dengan quote di atas? Kalau Chi setuju banget. Tapi, buat Chi untuk tau apakah ngeblog sudah menjadi hobi atau bukan setelah melalui proses panjang.  Terus berusaha konsisten dengan niat awal untuk selalu merekam jejak Keke dan Nai. Hingga akhirnya Chi sadar kalau yang Chi lakukan gak cuma merekam jejak tapi juga sudah menjadi passion. Ketika kemudian passion kita mendapatkan bayaran, benar kata kang Emil kalau rasanya menyenangkan.

Dipikir lagi, mungkin itulah hikmah selama beberapa tahun di awal Chi gak tau tentang hal lain di blog selain menulis. Membiasakan diri untuk konsisten dulu. Jadi, ada atau gak ada job sekalipun, tetap membuat tulisan. Beruasaha untuk gak buat tulisan asal-asalan tentunya.

Ketika ikut Fun Blogging, Chi sebetulnya sudah beberapa kali merasakan mendapatkan job review. Tapi, dari Fun Blogging, Chi tau bagaimana menjadi blogger yang profesional. Ada Haya Aliya Zaki yang menjelaskan tentang cara menulis yang baik (EYD dan sebagainya). Shinta Ries tentang teknik ngeblog (template, SEO dasar, dan lain-lain). Mbak Ani Berta tentang monetize blog.

Gak usah ribet duluan. Yang para cikgu jelaskan gak akan bikin kita sakit kepala, kok. Malah menyenangkan. Dari namanya aja kan udah jelas, Fun Blogging. Berarti ngeblog itu harus fun. Tapi bukan sembarang fun. Harus yang tau etika dan terus berusaha untuk memperbaiki kualitas tulisan tanpa menghilangkan ciri khas masing-masing. Udah gitu yang pernah ikut Fun Blogging akan dimasukkan ke grup khusus. Dimana di sana kita akan terus belajar bersama. Gak cuma terus belajar, sih. Tapi juga beberapa kali dapat tawaran job review di sana *bagian job review memang yang paling asik hahaha*

Semoga Fun Blogging terus maju, ya. Dan, juga semakin kuat. Karena semakin banyak kepala, mungkin akan semakin banyak pro-kontra. Insya Allah, kalau bisa dijalani sih bakal kuatl. Apalagi trio cikgu kan ahlinya di bidang masing-masing.

Fun Blogging udah mau angkatan ke-7, nih. Rencananya di Surabaya. Yeaaayy!! 'Met gabung, ya untuk teman-teman dari Surabaya. Selamat ulang tahun yang pertama untuk Fun Blogging :)