5 Aktivitas Bersama Anak Saat Mati Lampu di Malam Hari

Di rumah lagi mati lampu. Gampaaannngg... Tinggal ke toko, beli lampu baru trus sampe rumah ganti lampu yang mati, deh hehehe. Canda, ding. Mati lampu yang Chi maksud tentunya mati listrik dari PLN. Kalau padamnya di siang hari kayaknya gak terlalu bermasalah, ya. Tapi kalau malam hari itu lebih ribet.

Lebih ribet karena masih ada anak-anak. Kalau udah gede mati lampu di malam hari sih gampang, lah. Tinggal tidur aja. Siapa tau pas kita tidur listriknya nyala. Nah, kalau anak kecil kan gak bisa begitu.

Mati listril di malam hari itu bikin gerah. Tapi sekarang mereka udah bisa nahan kalau kegerahan. Paling tidur di ruang keluarga yang tanpa AC pun adem. Cuma ya itu gak tahan sama nyamuknya. Gak tau ya kayaknya kalau lagi mati listrik nyamuk tuh langsung nyerbu walopun ruangan udah disemprot. Kayaknya nyamuk seneng suasana gelap.

Untuk meminimalkan kerewelan Keke dan Nai saat listrik padam, Chi punya 5 aktivitas yang bisa dilakukan:

1. Keluar Rumah Main Senter

Untungnya rumah ada didalam komplek dan bukan di jalan utama jadinya cenderung sepi. Kalau listrik lagi padam, keluar rumah bawa senter. Aktivitas yang dilakukan bisa main ke taman trus senter disorot ke rumput. Siapa tau nemuin kodok. Atau main lari-larian sambil masing-masing pegang senter.

2. Bermain Bayangan Tangan

Bermain bayangan tangan juga bisa bikin anak seneng kalau lagi mati lampu. Kayaknya udah banyak tau cara bermain bayangan tangan, ya. Nanti anak-anak diminta menebak bentuk apa yang dibikin. Atau sesekali mereka yang minta kita untuk nebak. Biarkan aja mereka berimajinasi. Itu bakal seru buat mereka. :)

3. Nongkrong di Mini Market

Ngacir ke minimarket buat makan camilan, minum kopi sambil ngeliatin mobil di pom bensin dan juga ngobrol-ngobrol menunggu listrik nyala kembali. Teman-teman pernah melakukan ini ketika lagi listrik padam?

Karena mati lampu lumayan lama dan lagi males beraktivitas di rumah, Chi mengajak anak-anak keluar. Gak jauh, kok. Cuma di sekitaran rumah. Kebetulan pom bensin dekat rumah gak ikutan padam listrik. Dan di sana ada minimarket dimana kita bisa duduk-duduk buat sekedar makan camilan dan minum.

Ya udah, Chi dan anak-anak beli beberapa camilan, yaitu roti sama keripik. Trus minumnya kopi sama air mineral. Baru balik setelah nelpon ke rumah yang katanya listrik udah nyala. Lumayaaann ngademnya walopun gak gratis :p Eh, efeknya anak-anak malah sekarang kesenengan kalau mati lampu. Eyaampuuuunnnn... hihihi...

4. Lomba Makan Kerupuk

Tau dong lomba makan kerupuk? Yang sering diadakan di saat agustusan? Nah, kami pernah melakukannya saat mati lampu di malam hari. Seru banget karena kalau mati lampu malam kan gelap. Jadi bener-bener mengira-ngira kerupuknya hihihi [Postingannya bisa dibaca di "Lomba Makan Kerupuk"]

5.  Main Gadget Sampe Listrik Nyala

Selama powerbank penuh dan kuota internet di handphone masih kenceng, mending main gadget ajah hehehe.. Enggak, ding. Cara yang kelima sebaiknya jangan dilakukan, ya. Apalagi kalau berlama-lama. Bisa bikin rusak mata. Jadi sebaiknya ketika mati listrik di malam hari, cari aja kegiatan yang bikin anak gak rewel.

Kalau udah beraktivitas trus anak-anak ngantuk tapi rewel karena kepanasan dan banyak nyamuk, kayaknya udah jadi resiko orang tua untuk begadang. Ngipasin mereka hahaha. Makanya kalau lagi mati listri malam hari, Chi suka minta K'Aie pulang lebih cepat. Jaga-jaga kalau padamnya lama, jadi ada yang nemenin nyenengin anak. :D

Teman-teman punya aktivitas juga bersama anak saat lagi mati lampu, gak? Berbagi cerita yuk di sini :)

post signature

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^