cara mudah merawat sepatu saat musim hujan

Nai: “Bunda, boleh mandi hujan?”
Bunda: “Boleeehh. Asal abis itu makan yang banyak biar gak masuk angin.”
Nai: “Siaapp!”
Keke: “Mandi hujannya boleh pake sepatu, Bun? Kan, lagi libur sekolah.”
Bunda: “Boleeehh.”
Keke: “Yeaay!”

Mandi hujan sudah lama dinanti sama Keke dan Nai. Cuma memang Chi tahan-tahan karena mereka masih UAS. Tapi, Jum’at lalu (19/12) mereka sudah terima rapor. Kondisi badan mereka juga lagi sehat. Gak ada alasan lagi buat Chi untuk melarang mereka mandi hujan.

Chi sebetulnya seneng banget sama musim hujan. Tapi, suka was-was kalau hujan turun saat Keke dan Nai masih di sekolah. Seringkali sepatunya basah kuyup. Chi udah sering-sering bilang kalau hujan lagi turun pas di sekolah jangan suka main basah-basahan. Mereka memang gak mandi hujan di sekolah, tapi main genangan air setelah hujan reda. Ampun, deh! Hehehe.

Sekitar 2 tahun lalu, Chi pernah ambil solusi beliin sepatu baru. Maksudnya kalau sepatu yang satunya lagi basah, mereka bisa pake sepatu lainnya. Ternyata, kurang berhasil. Keke dan Nai itu kan kalau udah suka sama 1 sepatu, bakal itu terus yang dipake. Saat sepatu kesayangannya basah, mereka akan nurut untuk sementara pakai sepatu yang lain. Tapi, begitu sepatu kesayangannya kering, langsung deh pengen pake sepatu kesayangan. Akhirnya, sepatu yang satunya bener-bener sering jadi cadangan. Tau-tau udah sempit ajah, padahal masih bagus banget kondisinya.


tips merawat sepatu saat musim hujan

Chi udah nemuin cara jitu supaya sepatu lekas kering. Caranya: 

  1. Sepatu yang basah direndam sebentar, kalau perlu disikat untuk menghilangkan lumpur
  2. Bentuk bola-bola dari kertas koran
  3. Masukkan bola-bola koran ke dalam sepatu. Harus sampai padat, ya
  4. Bungkus sepatu
  5. Jemur. Didalam rumah juga boleh
  6. Sesekali harus dilihat. Kalau korannya sudah basah semua harus diganti yang baru dan ulangi cara yang sama.
  7. Biasanya dalam waktu semalam, sepatu sudah kering dan siap dipakai

Kenapa gak ditaro di belakang kulkas aja kayak zaman dulu? Masalahnya kulkas zaman sekarang bagian belakangnya gak bisa buat naro sepatu.

Cara diatas memang jitu untuk merawat sepatu saat musim hujan. Tapi, tetep aja Chi khawatir. Kalau keseringan basah, khawatir lem sepatu mereka cepat habis. Trus, sepatunya gak bisa dipakai lagi. Mungkin itulah kenapa kalau cara zaman dulu itu sepatu suka dikasih kantong kresek supaya gak basah. Pengen nawarin cara itu ke Keke dan Nai kayaknya belum tentu mereka mau. Udah gitu bakalan banyak buang tas kresek. Gak go green banget, ah.

Kalau pake cover hujan sepatu ayaknya ide bagus, nih. Semacam jas hujan tapi buat sepatu. Keke dan Nai keliatannya bakalan mau pake. Gak ribet juga pakenya. Udah gitu warnanya banyak yang cakep. Salah satu solusi jitu supaya gak nyuci sepatu anak-anak terus pas musim hujan, nih.