Bye-Bye Bento!

By Keke Naima - January 19, 2015

Sepertinya, Chi sudah harus memantapkan diri untuk mengatakan, "Bye-Bye Bento!" untuk bekal sekolah Keke dan Nai. Bento, berasal dari istilah bahasa Jepang untuk bekal makanan. Isi dalam 1 tempat bekal makanan bento itu lengkap, yaitu nasi, lauk-pauk, dan sayur.

Tapi, Chi juga sering lihat bento yang berisi roti dan buah-buah atau camilan lainnya. Bedanya bento dengan bekal makanan biasa, kalau bento ada unsur artnya. Bento gak cuma sekedar diisi berbagai makanan begitu saja. Tapi, juga ditata bahkan dihias supaya terlihat menarik bagi yang makan.

Umumnya, seorang ibu menyiapkan bento untuk anaknya supaya mau makan.Chi pun begitu. Tapi, bukan karena Nai susah makan. Cuma agak lama kalau gak diawasin. Suka banyak mainnya kalau udah makan sama temen-temennya. Akhirnya, bekal makannya jarang habis. Kalau Keke sih gak usah dibento juga (dulu) selalu habis. Karena Nai suka susah menghabiskan makannya, mulailah Chi terpikir untuk membuat Bento. Alhamdulillah, berhasil. Nai mulai mau menghabiskan makanannya.

Chi masih inget, waktu pertama kali bikin bento itu gak jelas banget bentuknya. Maksud hati mau bikin kepala Doraemon. Tapi, bentuknya jadi gak jelas begitu. Orang yang lihat juga kayaknya gak bakal mengira kalau itu Doraemon hehehe. Bahkan bentuk kepalanya juga gak bulat. Gak jelas bentuknya apa. Udah gitu bikinnya lama banget :D

Waktu itu, Chi memang belum mengerti cara bikin bento. Bahkan, Chi belum tau kalau ada yang namanya cetakan bento yang bisa mempermudah bikin bento. Bener-bener waktu itu gak pake alat bantu sama sekali. Nasi dikepal-kepal pake tangan, nori dibentuk pake gunting yang gede hihihi.

Setelah tau, sedikit demi sedikit mulai ngumpulin peralatannya termasuk cetakan bento. Lama-lama terkumpul lumayan banyak. Memang sih, apa yang Chi bikin masih belum sebagus mereka yang sering bikin bento. Tapi yang penting anak-anak senang dan lahap.



Beberapa waktu lalu, Chi sempat berhenti bikin bento. Keke protes karena setiap kali bikin bento, sering dimintain sama teman-temannya. Awalnya, dia gak keberatan berbagi dengan temannya. Tapi, lama-lama Keke keberatan. Dia minta Chi jangan bikinin bento lagi buat dia. Setelah brenti, lama-lama Keke kepengen lagi dibawain Bento. Jadilah, Chi mulai ngebento lagi.

Ketika Nai mulai gak habis bawa bekalnya, Chi mulai berhenti ngebento. Beberapa kali Chi tegur, tetep aja Nai cuma janji. Kenyataannya, bekalnya gak pernah habis. Dia lagi asik main sama teman-temannya. Makanya, suka terburu-buru kepengen main.

Nai sempet protes ketika Chi mulai berhenti bikinin dia bento. Chi bilang ke dia, kalau ngebento itu artinya Chi harus bangun lebih pagi untuk meghias. Kalau trus gak dihabisin, rasanya kecewa. Nai harus belajar untuk menghargai usaha orang lain.

Membuat bento itu membutuhkan lebih banyak waktu ketimbang menyiapkan bekal biasa. Karena harus membentuk nasi, mencetak nori, dan lain sebagainya hingga semuanya tertata dalam 1 kemasan. Dan, Chi harus menyiapkan 2 kemasan setiap harinya. Belum lagi harus mikir dulu, kira-kira mau dibikin apa bentonya. Jadi, kalau Chi minta Nai untuk menghargai usaha bundanya, bukan berarti Chi gak ikhlas. Tapi, anak memang harus belajar menghargai usaha orang lain kalau dia ingin dihargai.

Gak berhasil juga bikin Nai menghabiskan bekalnya, Chi pun bilang akan mengurangi uang jajannya. Keke dan Nai cuma dikasih uang jajan seminggu sekali aja, masing-masing sebesar Rp10.000,00. Setiap kali bekalnya gak habis, Chi akan mengurangi jatah uang jajan sebesar Rp1.000,00.

Nai gak mau uang jajannya dikurangi. Nai janji akan menghabiskan bekalnya. Sampe saat ini, cara tersebut berhasil! Sejak itu, Chi juga mulai berhenti bikin Bento. Iyalah, tujuan awal Chi bikin  bento kan supaya anak-anak mau menghabiskan bekalnya. Kalau cara itu udah gagal, berarti harus cari cara yang lain hehe.

Gak langsung drastis berhenti, sih. Sesekali Chi masih suka bikinin bento sampe akhirnya berhenti total. Chi lupa sejak kapan, udah ada beberapa bulan kayaknya. Anak-anak terutama Nai, terkadang masih suka minta dibikinin. Tapi, Chi pikir berhenti dulu aja, lah. Yang penting tetap bawa bekal dan makannya habis.  Eh, lama-lama keasyikan. Karena bikin dan gak bikin, selisihnya bisa 30 menitan. 30 menit kan lumayan tuh buat nambah-nambah waktu tidur wkwkwk.

Sebetulnya, Chi suka kangen juga ngebento. Apalagi kalau melihat koleksi perbentoan yang udah lumayan banyak. Gregetan rasanya pengen ngebento lagi. Nah, untungnya beli aneka cetakan bento itu gak ada ruginya walopun sekarang udah berhenti. Kayak berbagai puncher, bisa beralih fungsi untuk craft. Beberapa peralatan lain juga begitu. Kalau enggak, simpen aja. Kali aja suatu saat Keke atau Nai pengen belajar bento. Setidaknya, mereka udah punya beberapa peralatannya. Gak perlu nyicil dari nol lagi kayak bundanya hehe.

Buat Chi yang penting Keke dan Nai  mau menghabiskan bekal sekolahnya. Jadi, gak bikin bento pun gak apa-apa. Sesekali memang harus cari akal. Karena satu cara yang udah pernah berhasil, belum tentu selamanya berhasil. Tergantung situasi dan kondisi juga.

Dan yang pasti, ada atau gak ada bento, bawa bekal ke sekolah itu harus. Jajan terus bukan pengiritan namanya. Jadi, semangat terus bikin bekal. Semoga Keke dan Nai pun tetap semangat menyantap bekalnya :)

  • Share:

You Might Also Like

59 comments

  1. Seneng ya Mba kalo bekal yg kita buat habis.
    Suamiku kalo bekalnya masih sisa kdg kuprotes.
    Katanya sih kebanyakan porsinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seneng banget kalau sampe habis. KAlau gitu kurangi nasinya, Mbak :D

      Delete
  2. bikin bento itu memang akan lebih lama waktunya ya mak....
    Saya blm pernah nyobain ngebento :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karena butuh waktu untuk dicetak dan dihias

      Delete
  3. AKu udah lama gak bikin bento, pascalnya juga gak mau karena mal. Jadi Alvin pun aku gak bawain .Cuma bawa bekal biasa aja nasi dan lauk tanpa hiasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo laki-laki memang kadang suka malu dibawain bento

      Delete
  4. Ya Allah salut deh ama mak chi, bangun pagi demi menghias makanan keke dan nai...dan menghiasnya pun bikin aku belajar juga utk bisa seperti itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. daripada mereka jajan, Mak. Selain menu di kantin itu2 aja. Pengeluaran bisa jadi lebih besar :)

      Delete
  5. Kerennya bisa bikin bento, saya gak sempet nyiapinnya T_T padahal bisa bikin anak2 nafsu makan yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya harus disempat2in, Mak. Daripada jajan. Gak pengiritan jadinya hehehe

      Delete
  6. Aku malah lagi giat2 nya cari tau info ttg ngebento..tp blom praktek2 hihihihi

    ReplyDelete
  7. tenyata itu ya artinya bento. makanya bento yg makanan cepat saji itu, menunya bervariasi ya ada nasi, sayur dan lauknya :-)

    ReplyDelete
  8. aku juga pengen buat bento, Mak. Tapi Arya belom sekolah. Ditunda dulu beberapa bulan lagi deh sampai dia sekolah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belajar ngebentonya dulu dari sekarang, Mak. Biar pas saatnya udah lancar :)

      Delete
  9. bikin bento harus ada semangat bangun lebih pagi ya mbak...hehe

    ReplyDelete
  10. Nyerah mak saya kalau harus dibikin bento buat bekal anak...ga sempet :(

    ReplyDelete
  11. iya ya,dulu sering lihat mak chi bikin bento...samai sekarnag penasaran banget,emang kalo dibikinin bekal bento,anak2 yg g mau makan jadi mau makan gitu...masih penasaran,apalagi anak2 yg g doyan makan yg ada sayurnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, kadang meminta anak untuk gak sulit makan itu harus banyak cara. Salah satunya adalah dengan ngebento. Walopun bukan berarti bento adalah satu2nya solusi :D

      Delete
  12. Kayaknya kalau saya punya anak juga ga mungkin ngebento, Mak. Habisnya ribet.. :)

    ReplyDelete
  13. Ada yg sama, saya juga ngasih uang sakunya hanya seminggu sekali berkisar antara 10 ribu - 15 ribu, kalau berangkat wajib sarapan dan minum susu serta bawa sebotol (1 L) minum. Makan siang ikut program di sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ternyata kita ya, Mbak. Cuma di sekolah gak ada program makan siang. Jaid tetep bawa bekal :)

      Delete
  14. Bawaannya laper haaa, nyicip boleh? :-D

    ReplyDelete
  15. Wah waktu saya kurang memadai untuk buat Bento ini

    ReplyDelete
  16. bendera putih deh kalau bekal harus ngebento dulu. ngantuk bingits! hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sih. lawan terbesar saya ketika ngebento adalah melawan ngantuk hehehe

      Delete
  17. hihihihih sempet juga bikin bento untuk bekel anak, tapi diprotes, porsinya kurang katanya wkwkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sih. Kadang isi bento itu lebih sedikit hihi

      Delete
  18. Anak-anakku malah gak ada yang mau diibikinin bento. Bawa bekal biasa aja. Lumyan, ngurangin kerjaan hihihi

    ReplyDelete
  19. Bawa bekal emang perlu banget buat jajanan yang kurang sehat sekarang ini, aku aja yang SMA masih bikin bekal terus tiap hari. Biar kagak jajan xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga pengennya anak2 bawa bekal smapai besar. Semoga mereka mau :)

      Delete
  20. aku blm bisa bikin bento mak, e mak myr malah udah berenti.. hihihiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, gpp. Kan, umur Noofa dnegan Keke-Nai juga jauh :)

      Delete
  21. Sejak di kantor baru, gk mbekelin suami lagi, huhu. Udah dapet soale dari kantor :D

    ReplyDelete
  22. kalau bilang by-by bento berarti sudah ndak buat bekal lagi dong,.... sebenarnya tapi ini tergantung orang juga, membuatkan bekal adalah bagian yang terpaling indah bagi seorang istri terhadap suaminya atau ibu terhadap anak2nya, ketika saya bertanya ke istri saya, hal apa yang paling senang di lakukan di pagi hari, dia bilangnya membuatkan kalian bekal,.. hehhee sukses untuk segala aktifitas mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Zulham ini pasti gak baca tulisan saya sampe selesai. Kata siapa saya gak buat bekal lagi? :)

      Delete
  23. aku nggak terampil ngebento mak, tapi terampil makannya :P
    alhamdhulilah nadia sih gampang makannya jadi dibawain apapun insyaallah abis :)

    ReplyDelete
  24. Saya pernah nonton Cooking with the dog (channel youtube) tentang bentou. Ribet, tapi hasilnya cantik.. Iya juga sih mak, klo nggak dihabiskan malah kecewa, Boleh kapan2 pamer peralatan bentou dan harganya mak, siapa tahu berguna buat emak2 lain yg anaknya susah makan :D

    Tfs mak Myra..

    ReplyDelete
    Replies
    1. peralatan bento ada yang murah dan mahal. Peralatan yang syaa punya banyak yang murah. Coba cari di google, deh. Sekarang udah banyak yang jual peralatan bento

      Delete
  25. Kalo ada emak2 yang bikinin bento buat anaknya, bagiku udah emakw hebatlah. Krn bikin bento itu it takes time. Beda dengan bekelin biasa :)
    Ooohh ada toh cetakah bento ya? *baru tau*
    Waah ajarin aku bikin bento dong mak. Persiapan buat Narend sekolah hihii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak. Banyak kok sekarang yang jual cetakannya :)

      Delete
  26. Pengen belajar bikin bento yang indah :D. Kalo punya anak harus nguasain seninya nih. Bisanya bikin omurice terus dibikin wajah smile pake saos doang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelan-pelan aja. Saya juga waktu pertama biki, gak jelas bentuknya hehe

      Delete
  27. anak saya alhamdulillah gak pernah jajan, dibawain bekal apa aja juga seringnya dimakan, makanya sy pengen bgt belajar ngebento, biar si kecil seneng sm bekalnya.

    ReplyDelete
  28. Huaaa... jadi pengen deh ngebento. Tapi buat siapa Chi -_-

    ReplyDelete
  29. saya cmn seneng liatnya, alhamdulillah skrg msh aman bekel jav tetep abis walau bentuknya ga lucu2, tp hrs siap2 mulai belajar ngebento nih...
    kirain peralatan bentonya mau dijual hehehe...

    ReplyDelete
  30. Aku punya cetakan bento, tapi ya cuma sekali dua kali aja dipakenya. Vivi sering ga mau bawa bekal. Kalaupun pas bawa, ga usah dicetak2 gitu dia udah lahap banget hahahaa... *alesyan

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^