Bernostalgia di Festival Kuliner Pasar Senggol Summarecon Mal Bekasi

Summarecon Mal Bekasi
 Kunjungan pertama kali ke Summarecon Mal Bekasi adalah main ke Timezone trus dilanjut dengan makan di Fiesta Steak. Makan di area luar, angin sepoy-sepoy (bikin betah), plus menikmati kolam ikan koi. Beruntungnya lagi, pas selesai makan adalah saatnya memberi makan ikan koi. Petugas membagikan makanan ikan ke gelas-gelas kecil kepada anak-anak. Jelas aja bikin Keke dan Nai suka banget ke sana.

"Bunda, coba kita punya rumah di sini. Asik deket mall. Mallnya juga bagus."

"Bunda, siapa sih yang punya rumah-rumah di sini? Keke juga mau ah, kapan-kapan punya rumah di sini. atau nanti kalau udah gede, Keke yang akan bikin rumah-rumah kayak gini trus dijualin, deh."

17 September 2013 adalah kunjungan pertama kami ke Summarecon Mal Bekasi. Keriuhan Keke dan Nai yang terkesan dengan Mal Summarecon Bekasi, bikin Chi senyum-senyum sendiri. Gak cuma itu, mereka lalu melanjutkan khayalan kalau punya tanah luas apa aja yang akan mereka bikin. Berkhayal bikin mal yang tentu aja isinya kesukaan mereka semua :)

Chi cuma menjawab, "Aamiin. Do'ain aja suatu saat kita bisa tinggal dilingkungan seperti itu." Padahal dalam hati, kayaknya ini mimpi yang terlalu jauh. Boro-boro bisa memiliki, sekedar untuk datang berkeliling melihat-lihat area perumahannya pun rasanya Chi gak berani. Takut kepengen berat tapi gak mampu, euuuuyy hehehe.

Tapi, kita memang gak boleh meremehkan kekuatan do'a. Ya, walopun impian untuk memiliki tempat tinggal seperti di Summarecon masih sangat jauh, tapi dengan dapet kesempatan untuk mengelilingi seluruh area tersebut bersama puluhan blogger rasanya seperti mimpi yang 'sedikit' dikabulkan. Alhamdulillah :)

Memiliki Rumah Idaman di Summarecon Bekasi


Summarecon Mal Bekasi

Sabtu 19 April 2014, Chi dan puluhan blogger lain mendapat undangan One Day Tour With Blogger dari Summarecon Bekasi. Kawasan terpadu Summarecon Bekasi merupakan kota hijau yang ramah lingkungan. Segala ada di sini, perumahan, pasar, sekolah, fasilitas olahraga, hingga mall. Pokoknya komplit.

Mendengarkan penjelasan demi penjelasan di Marketing Gallery Summarecon Bekasi, kemudian dilanjut dengan mengelilingi area perumahan tersebut, bikin Chi semakin meyakini kalau ini memang rumah idaman. Area seluas 240 ha ini bersahabat dengan alam dan mempunyai kampanye daur ulang bagi penghuni.

Rumah tanpa pagar, anak-anak bisa leluasa bermain dengan nyaman dan aman di depan rumah atau sekitarnya tanpa kita perlu khawatir karena setiap pengamanan ketat ada di setiap cluster Summarecon Bekasi. Double check security dan panic button, membuat warga yang tinggal di sana merasa aman.

Summarecon Mal Bekasi
Kolam renang tanpa tepi, jadi kesannya kayak menyatu dengan danau

Mau olahraga juga gak usah pergi jauh, di setiap cluster juga dilengkapi dengan kolam renang dan taman bermain bagi anak. Bahka pecinta olahraga sepeda juga dimanjakan. Selain memiliki bicycle track di trotoarnya, Summarecon Bekasi juga membangun fasilitas bicycle park.

Kualitas air di Summarecon Mal Bekasi juga gak perlu diragukan. Di sana dibangun Water Treatment Plant. Beli air curah dari PAM, kemudian oleh Summarecon Bekasi di saring lagi dengan menggunakan Disc Filter dan dapat menyaring partikel hingga berukuran 20 micron. Ada ruang ultraviolet juga untuk membunuh kuman setelah air disaring. Air limbah diolah dan digunakan kembali untuk menyiram tanaman juga menyiram air di toilet.

Summarecon Mal Bekasi
Water reservoir ini mempunyai kapasitas 50 lt/detik dan akan dikembangkan menjadi 350 lt/detik. Ke depannya akan dikembangkan supaya air tersebut bisa langsung diminum.

Ada 3 danau di area ini, yang fungsinya tidak hanya untuk memperindah tapi juga sebagai pengendali banjir serta taman air. Dan untuk urusan tata air juga drainase, ditangani oleh konsultan dari Belanda. Kita semua tau lah kalau Belanda memang jagonya untuk urusan tata air :)

Summarecon Bekasi udah bisa dikatakan sebagai kota hijau. Karena selain mendukung go green, area ini memang serba ada alias gak cuma perumahan aja. Yuk, lihat di sini apa aja yang ada di sana:


  1. Apartemen
  2. Sekolah Islam Al-Azhar, dibangun di atas lahan 1 ha. Sekarang sudah dibuka untuk SMP dan SMA. Rencananya, tahun depan akan dibuka SDnya.
  3. Masjid Al Azhar, yang menggunakan material ramah lingkungan ini di desain oleh Ridwan Kamil. Sekarang Udah jadi walikota Bandung, ya :)
  4. Pasar modern Sinpasa seluas 3400 m2, diisi oleh 175 kios dan 105 lapak.
  5. Summarecon Mal Bekasi

Summarecon Mal Bekasi


Tidak sulit mencari lokasi Summarecon mal Bekasi. Ternyata dekat sama rumah, aksesnya gampang pula. Bahkan yang dari luar Bekasi pun gampang carinya, apalagi kalau lewat jalan tol. Pokoknya cari aja flyover KH. Noer Ali Summarecon Bekasi.

Flyovernya dengan panjang 1 km dan lebar 22 m ini keren, lho. Jembatannya gak pakai tiang penyangga tapi gak perlu khawatir karena dibangun dengan konstruksi canggih, yaitu metode "Balance Cantilever"

Gak jauh dari jembatan, langsung keliatan deh mallnya. Etapi sebelumnya ngelewatin Landmark Summarecon yang berbentuk piramida dulu. Landmark yang memiliki penampang atas 27 m dan tinggi 17 m ini kelihatan cantik banget kalau malam hari. Teknologi 'color kinetic' dengan mengaplikasikan 300 buah lampu dapat merubah warna secara dramatis.

Summarecon Mal Bekasi
Flyover KH. Noer Ali dan Landmark yang berbentuk piramida ini menjadi pintu gerbang kalau ingin datang ke Summarecon Bekasi.

Summarecon Mall Bekasi adalah pusat perbelanjaan yang ramah lingkungan. Air limbah yang sudah diolah kembali di Sewage Treatment Plant, salah satunya difungsikan untuk menyiram tanaman dan menyiram air di toilet. Mall ini juga melarang penggunaan styrofoam, trus plastik yang digunakan harus yang ramah lingkungan yang bisa diurai dalam waktu singkat. Sampah gelas plastik, kardus, dan koran akan disalurkan ke Yayasan Buddha Tzu Chi setiap tanggal 1 dan 15 setiap bulannya.

Summarecon Mal Bekasi
 Selain ramah lingkungan, mall ini juga ramah dengan pengunjung. Battere handphone abis, tinggal di charge di lantai 2. Tempat ngecharge handphone dengan berbagai colokan. Ada sofa nyaman plus tempat bermain anak. Jadi gak bikin bosen nunggu battere terisi kembali.
Toiletnya juga ada yang khusus untuk difabel. Trus ada juga mother's room untuk ibu yang menyusui

Waktu pertama kali datang ke sana, mall serasa milik pribadi alias masih sepi hihihi. Cari parkiran itu gampang banget, tinggal milih karena sepanjang mata memandang kosooooonnngg. 3 bulan kemudian kami kesana lagi, mall udah mulai rame. Cari parkir mulai susah. Beberapa kali kami ke mall ini udah agak lama cari parkirnya. Makanya, Chi setuju banget kalau ada yang bilang mall ini maju pesat dalam waktu yang sangat singkat.
Summarecon Mal Bekasi

Menurut Chi, yang bikin mall in cepat maju adalah area makannya. Banyak banget pilihan dan tersebar di 3 area, yaitu: 

  1. Foodcourt - lantai atas mall Summarecon Bekasi dan aklau makan di sana kita harus pakai kartu yang bisa diisi ulang.
  2. The Downtown walk
  3. Bekasi Food City

Chi belum pernah makan di area Bekasi Food City, tapi di foodcourt dan the down town walk pernah. Paling sering itu di the down town walk, apalagi di area luar yang ada kolam ikan koi. Suasananya enak banget, apalagi kalau sore hari. Keke dan Nai sih udah pasti seneng lihat ikan koinya, kalau Chi seneng bisa santai-santai duduk di kursinya.

Summarecon Mal Bekasi
Tuh, anak-anak emang seneng main sama ikan. Makanya lebih suka makan di The Downtown Walk

Faktor kedua yang bikin mall ini cepat ramai menurut Chi adalah banyaknya event keren. Yang terbaru dan lagi berlangsung adalah Festival Kuliner Pasar Senggol dan World of Lantern. Uhuuuyyy!

Festival Kuliner Pasar Senggol


Beberapa bulan lalu di blog ini Chi pernah menulis tentang rasa kangen pengen jalan-jalan ke pasar malam lagi. Pasar malam tradisional yang bikin Keke dan Nai seneng banget, tapi sayang udah gak bisa dinikmati karena satu-satunya area kosong di dekat rumah udah beralih fungsi untuk dibangun apartment :(

Alhamdulillah, kerinduan Chi ini terjawab di Pasar Senggol Summarecon Mall Bekasi. Pasar malam seluas 7000 m2 ini dapet banget nuansanya, malah jauh lebih meriah dari yang bisa Chi bayangkan

Awalnya, Chi akan menikmati pasar senggol bersama para blogger di acara one day tour Summarecon Bekasi itu. Tapi, pas sampe mall, hujan turun deras banget. Gagal deh, main di pasar senggol.

Minggu sore, 27 April, Chi kesana lagi bersama K'Aie dan anak-anak. Sengaja berangkat sore, biar hujan turun dulu. Trus niatan mau sekalian ke world of lantern. Sampe Summarecon Mall Bekasi, sekitar pukul 5 sore. Kami parkir di deket Bekasi Food City. Ternyata di seberangnya lagi ada panggung besar. Katanya sih ada Nidji juga di sana.

Summarecon Mal Bekasi
Kapan-kapan, kita main air di sini ya, Nak :)

Kami gak mampir ke panggungnya, langsung ke Tamani. Isi perut dulu biar gak masuk angin hehehe. Ternyata di deket Tamani itu ada tempat bermain baru, namanya water fountain. Keke dan Nai kepengen main sebetulnya. Chi juga udah bawa baju ganti. Tapi karena udah sore, kayaknya harus milih antara water fountain atau pasar senggol karena anak-anak kalau udah main air suka susah brenti.

Summarecon Mal Bekasi

"Hari ini Bunda yang traktir semua, anggap aja ngerayain pra ulang tahun Bunda," kata Chi waktu itu. Walopun kekurangannya tetep aja K'Aie yang nalangin :D
Summarecon Mal Bekasi
Di foto dari lantai 2 The Downtown Walk

Kami pun sepakat pilih pasar senggol. Selesai makan tinggal nyebrang, udah masuk area pasar senggol. Nai langsung kepengen main bola air. Tapi, ya ampun antri bangeeeettt! Udah antri lama, belum dapet giliran juga, akhirnya pilihan beralih dengan nonton tong setan.
Summarecon Mal Bekasi
Beberapa permainan di pasar senggol. Bahkan odong-odong juga ada.

Seru-seru ngeri pas nonton tong setan. Ngeri takut yang naik motornya jatoh, abis pecicilan banget hahaha. Selesai nonton tong setan, kami naik kincir-kincir. Cuma bertiga, sih. K'Aie milih nunggu aja.
Summarecon Mal Bekasi
Meriahnya pasar senggol, dilihat dari atas kincir-kincir. Terlihat juga world of lantern, landmark piramida, dan flyover KH. Noer Ali di kejauhan.

Gerimis pun mulai turun, tapi pasar senggol tetep rame aja tuh. Emang seru, sih. Kami pun mulai cari-cari makanan. Hah? Makan lagiii? Hehehe. Coba, sebutin semua kuliner yang kita suka... Ayam Bakar Ganthari, Roti Bakar Eddy, Bandar Djakarta, Bebek Kaleyo, Siomay Dago, Bakso Kota Cak, Man, ... hmmm... apa lagi, yaaa? Pokoknya sebutin aja, karena kemungkinan besar di sana ada semuanya. Karena ada 119 gerai kuliner dengan total 614 jenis kuliner ada di sana.
Summarecon Mal Bekasi

Tapi, yang kami cari bukan kuliner yang tadi Chi sebutin itu. Selain perut masih kenyang banget, kuliner-kuliner yang tadi disebutin sih masih bisa didatengin kapan aja. Tapi, kami cari yang unik, yang bisa bikin nostalgia hehehe.
Summarecon Mal Bekasi
Jajanan Chi pas masih SD

Es goyang, kue laba-laba, gulali, es doger yang kami cari. Kalau ini perut bisa nampung lebih banyak lagi kayaknya aneka jajan masa kecil bakal dibeli semua. Gak cuma makanan, aneka mainan masa kecil juga dijual disana. Iiihhh, bener-bener jadi inget zaman SD.

Kayaknya gak cuma, Chi dan K'Aie aja yang bernostalgia. Setiap kali lagi beli makanan, suka ada aja bapak-bapak atau ibu-ibu yang lagi bernostalgia trus cerita ke anak-anaknya. Sama, Chi juga begitu. Sambil jajan, sambil ceritain juga ke mereka. Ah, akhirnya Keke dan Nai bisa ngerasain juga jajanan zaman ayah dan bunda masih kecil.

Summarecon Mal Bekasi

Chi dan anak-anak pun melipir sejenak ke World of Lantern. K'Aie gak ikut, memilih untuk duduk di deket panggung. Nonton Tjoreng Keroncong feat Beatbox. Niatnya memang cuma sebentar, eh malah jadi agak lama. Gara-garanya, Keke dan Nai ketagihan main becak mini. Keke yang ngayuh, Nai yang jadi penumpang. Chi yang lari-larian ngejar mereka. Kesimpulannya, Chi dan Keke olahraga malam

Summarecon Mal Bekasi
Sementara Chi dan anak-anak lagi di world of lantern, K'Aie melipir di sini nonton pertunjukkan.

Dari World of Lantern, cari camilan masa kecil lagi di Pasar Senggol. Ternyata, ada layar tancapnya juga, lho. Film yang diputar saat itu film warkop DKI. Jadul banget hahaha! Asik... asik... asiiiiiiikkk! Chi beneran bernostalgia abis-abisan.
Summarecon Mal Bekasi

Biasanya Keke dan Nai itu pukul 9 malam aja udah gak kuat melek. Tapi, mungkin ini saking serunya, pukul 10 kami baru pulang.
Summarecon Mal Bekasi
Keluarga yang aneh. Ngakunya gak pernah foto keluarga, sekalinya berfoto keluarga milihnya di parkiran hahaha

"Ayah, Bunda nanti tanggal 11 Mei kan hari terakhir Pasar Senggol. Kesana lagi, ya. Anggap pra ulang tahun Nai," kata Keke.

Wedeeewww, kalau Minggu kemaren pra ulang tahun Chi. Trus kalau tanggal 11 jadi ke sana lagi berarti pra ulang tahun Nai. Bener-bener bikin pra-ulang tahun hihihi.

"Yah, Bun... Ima lapeeeer. Kita cari restoran padang, yuk!"

Hah?! Perasaan tadi makan udah macem-macem? Sekarang udah laper lagi?? Mana udah lebih dari pukul 10 malam lagi. *Pingsan :p

Summarecon Mal Bekasi
Summarecon Mal Bekasi, tunggu kedatangan saya lagi, ya :)

Seru abis lah pokoknya. Chi sih berharap, Mall Summarecon Bekasi gak cuma sekali ini aja bikin Pasar Senggol. Kalau dijadiin agenda rutin, Chi bakal setuju banget deh. Bukan berarti event lain gak keren. Tapi, pasar senggol ini ada nilai plusnya. Bisa bernostalgia :)

Ayo, ke Pasar Senggol, Summarecon Mall Bekasi. Masih ada sampe tanggal 11 Mei 2014. Senin-Jum'at buka pukul 16.00-22.00. Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional buka pukul 11.00-23.00.

Summarecon Mal Bekasi

Kolam ikan koi di malam hari. Gak terlalu keliatan ikannya, tapi romantis suasananya, ya

60 comments

  1. Waaah lengkap sekali.Kayaknya asyik ya main kesana malem -malem.Lampunya warna warni.

    BalasHapus
  2. Megah banget ya. Ada gramedianya ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada, tp di sana ada peperclip. Kurang lebih sm kayak gramedia :)

      Hapus
  3. baru kemarin saya juga kebetulan ngelewati flyovernya dan memang terlihat jelas piramidnya yg unik dan di hiasi lampu..apalagi kalo malem hari pas ngeliatnya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan-jalan trus jangan lupa main ke pasar senggolnya :)

      Hapus
  4. jadi mupeng ih pengin ikutan senggol2an bareng kekenai hihihii...
    good luck for d contest Mak Chi

    BalasHapus
    Balasan
    1. main dong ke Bekasi, Mak hehehe

      terima kasih, ya :)

      Hapus
  5. wih,,enak mak chi ya,,dari sore sampe malam si keke ma nai betah,,,sapa yg nggak betah coba kalo mall kaya gitu,,paling aku juga nggak mau pulang,,,hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betah banget mereka di sana hehe

      Hapus
  6. Duh tempat tinggal yang ideal banget ya Mbak. Indah, gak sumpek, jadi pengen hehehe..,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo beli, Mbak. Nanti saya mampirin hihi

      Memang bener-bener ideal tempat tinggalnya

      Hapus
  7. Pasar malam yg ada dermolen & tong setan itu disebut pasar senggol ya mak.
    Aku sukaaaa.... banget. Di sini namanya pasar malam. Favoritku omabak banyu. Iiihhh.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga menyebutnya pasar malam. Mungkin isebut juga pasar senggol karena ramai pengunjungnya dan bs saling bersenggolan, ya :)

      Hapus
  8. Aku selalu suka tulisan Chi! Ternyata kalo malam hari lebih cantik yaa... baiklah... datang lagiiiiii ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, Mak.

      Yuk datang lagi. Kasih tau saya biar bisa ketemuan :)

      Hapus
  9. Aku juga suka melihat rumah yang tanpa pagar Mbak. Rasanya lebih dekat aja sama tetangga sekitar.
    Wah Bekasi making banyak Mall ya Semarang seeing ban get baca ulasan ten tang Mall di Bekasi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bekasi semakin dikepung mall. Tp yang ini mallnya bagus banget

      Hapus
  10. Hua....aq kemarin ga ikut tour, tapi sudah diajak Nengnong Irma sih kesini :D

    BalasHapus
  11. waaa berarti masih ada ya ...sabtu ini emang rencana mau kesana, karna janjian ama temen2..ternyata ada pasar senggolnya segala..
    ga sabar nunggu besok deh... ;))

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada sp 11 Mei. 'Met senang2, ya :)

      Hapus
  12. Wah seruuu.... apalagi festival kulinernya. Pengen ke situuuu...

    BalasHapus
  13. waah.. senengnya dpt undangan One Day Tour dari Summarecon Bekasi dan bisa hadir pulak... :)

    BalasHapus
  14. wiii kayaknya asik tu ya Summarecon Mall Bekasi, belom pernah soale.

    Pasar senggolnya juga keliatan meriah banget, waah kalo rumah deket mah udah bolak balik ke pasar senggolnya kali ya? hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bikin betah. Saya juga rencananya mau ke sana lagi hihi

      Hapus
  15. Makasiih, chi...informasinya lengkap bgt. Pengen bgt nyasar seharian di situ. Tp anak2ku dan suami paling susah diajak ke mall. Kl ke mall yg ditanya,"Ada gramedia nya ga?"
    Bsk saya sendirian aja aah ke situ :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juag termasuk yang selalu cari gramedia. Tp disana ada paperclip, Mak. Sama aja kok. Siapa tau semangat, deh :)

      Hapus
  16. wuaaa.... gilaak keren yah mallnya.... beruntung sekali sih makk hehheee jd pengeennn

    BalasHapus
  17. aku semalem myr baru dari sana memanfaatkan vocer hehehe

    BalasHapus
  18. Wah, punya tempat pengolahan air sendiri? keren ...

    BalasHapus
  19. Saat ke Pasar Senggol Sumarecon saya sempat kaget ketika uang rupiah 10ribu ditukar dengan 1rupiah sebanyak 10 lembar saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi di sana pake nominal kecil, ya :)

      Hapus
  20. Asiiiik ya, nanti tiap Pra ultah keluarga singgah di Mall yang megah ini. Hahahhaa

    Serius, makan smbil liat ikan koi tuh sesuatu bgttt. Ademm. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambah banyak makannya atau males berdiri karena nyaman hehehe

      Hapus
  21. Seneng liht poto keluarganya maaak...antimainstream. Ha..ha.... :)

    BalasHapus
  22. Mudah2an mall2 yang sedang dan akan dibangun mempunyai konsep ramah lingkungan spt ini. Sedangkan mall2 yg belum punya konsep go green diwajibkan utk segera menyesuaikan.!!!!

    BalasHapus
  23. Wahhhh bangus banget ya mbak... mauuu main kesana :)

    BalasHapus
  24. asik nih...minggu depan rencana pulang keBekasi...maen ah ke summarecon

    BalasHapus
  25. waah.. makin kepingin ke sana deh. Sodara-sodaraku juga pada ngerekomendasiin nih mall ini. Katanya tempat makannya asyik, luas dan gak terlalu sumpek ma manusia. liat tulisan ini kayaknya yang mereka bilang bener deh. bagus ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tempat makannya banyak banget pilhan. Favorit saya di the downtown walk itu :)

      Hapus
  26. kereen ya mak... kayanya aku juga mau kalo tinggal di sana...hihhii..
    foto keluarganya we o we banget :p

    BalasHapus
  27. Aku pas long woken kamrin cuma numpang lewat doang Mak Cie...nyesel nih gak mampir...

    BalasHapus
  28. cita citanya keren
    punya rumah deket mall
    *tinggal emaknya yang mumet hehe

    BalasHapus
  29. Aku pernah ke Summarecon Mall tapi baru tau lho ada pasar senggolnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena pasar esnggol itu event. Jadi gak setiap satat ada :)

      Hapus
  30. wow keren banget....Jakarta dilawan hehehe....kapan ya saya bisa ke tempat ini...hiks pengeeeennn

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^