Beberapa tahun lalu Chi pernah nulis status di FB kalo ada kartun untuk anak yang sangat layak untuk di tonton.. Kebanyakan menyangka kalo kartun yang Chi maksud itu adalah Upin-Ipin. Padahal bukan, tapi kartun itu adalah Dodo dan Syamil

Belum kenal Dodo dan Syamil? Coba liat video yang Chi dapet dari youtube itu deh.. Video itu mengajarkan anak-anak tntang agama Islam.. Dikemas dalam video animasi dengan tokoh utamanya Dodo dan Syamil.. Ada juga tokoh Nadya, kakaknya Syamil dan juga tokoh-tokoh lainnya

Dodo di gambarkan sebagai anak yang rada nakal khas anak-anak, sementara Syamil sebaliknya. Walopun begitu mereka berdua bersahabat. Kisah dalam serial Dodo dan Syamil sederhana, seperti kehidupan kita sehari-hari.. Bahkan lucu bisa bikin Keke & Nai ketawa-ketawa, pokoknya menarik untuk anak-anak.

Chi sendiri udah tau kartun itu dari sekitar +/- 4 tahun lalu.. Waktu Keke masih TK. Yang Chi ingat waktu itu bulan Ramadhan. Salah satu stasiun televisi kita, Global Tv, menayangkan kartun ini.. Dulu Keke suka banget sama kartun ini.. Menjelang kartun ini tayang di tv, Keke udah duduk manis di depan tv kemudian menonton kartun tersebut sampe selesai, sesekali ketawa-ketawa kalo ada adegan lucu. Bahkan kalo di banding dengan Upin-Ipin aja Keke belom pernah menonton sesenang itu..

Sayangnya film tersebut cuma tayang selama bulan Ramadhan. Setelah itu kartunnya gak tayang lagi sampe sekarang.. Keke tentu aja merasa kehilangan waktu itu :(

Setelah bertahun-tahun gak nonton kartun Dodo dan Syamil, bahkan kami pun udah gak pernah mengingat lagi sebetulnya.. Sekarang kami lagi rajin nonton kartun Dodo dan Syamil lagi.. Awalnya Nai lagi buka-buka youtube.. *anak-anak memang udah bisa buka youtube sendiri, paling Chi awasin ajah..  Chi lupa dia lagi cari video apa, trus tau-tau ketemulah video Dodo dan Syamil ini..

Ternyata mereka suka banget. Dan Keke juga ternyata masih inget, dia langsung bilang "Ini kan kartun yang Keke suka banget nonton dulu waktu masih kecil..". Jadilah sekarang mereka setiap hari nonton video Dodo dan Syamil ini..

Dan untuk Nai yang gaya belajarnya bertipe visual, video ini sangat membantu Nai untuk belajar.. Contohnya ketika Nai belajar untuk ulangan fiqih. Salah satu materinya adalah menghapal 10 nama Malaikat. Cukup susah meminta Nai untuk menghapalkan nama-nama Malaikat hanya dengan cara membaca atau menerangkan.. Video Dodo dan Syamil di atas yang berjudul Malaikat itu ternyata sangat membantu Nai untuk menghapal nama-nama malaikat dengan cepat.

Chi dulu pernah terheran-heran dan sekarang jadi heran lagi, kenapa ya kartun Dodo dan Syamil ini nyaris gak pernah tayang di televisi. Kalopun pernah cuma sekejap tayang di bulan Ramadhan beberapa tahun lalu.

Kalo banyak orang yang memuji kartun Upin-Iin, banyak orang tua yang merekomendasikan dan banyak anak-anak yang mengidolakan Upin-Ipin menurut Chi kartun Dodo dan Syamil ini lebih bagus loh dari Upin-Ipin. Hasil karya Indonesia pula.. Untung aja ada Youtube, jadi kami masih bisa melihat banyak kartun Dodo dan Syamil ini.. Tengkyu Youtube!! :)

Kalo mereka lagi asyik nonton, biasanya youtubenya suka di pindahin ke layar tv. Kalo dulu mau nontonnya lewat tv, harus nunggu wiken dulu. Karena Chi gak ngerti gimana cara nyambungin kabel dari laptop ke tv *gak pernah tanya juga sih caranya ke K'Aie.. :p

Sekarang K'Aie beliin WD TV. Jadi gak perlu nyambung-nyambungin kabel. Cukup nyalain WD TVnya. Klak-klik aja remotenya (pake galaxy tab juga bs kalo lagi gak mau pk remote), semudah kayak kita mau nonton tv aja.

Keuntungannya :


  1. Mata gak pegel, karena jarak mata ke tv lebih jauh ketimbang mata ke laptop/pc. Selain itu jarak pandang mata ke tv gak sejajar
  2.  Lebih puas, karena layar tv lebih besar..
  3.  Bisa sambil tidur-tiduran nontonnya jadi gak pegel badannya
  4.  Laptopnya jadi bisa dipake sama Chi :D
metode belajar dodo syamil
Sempet-sempetnya berpose pas lagi nonton :D
Seperti ini bentuknya WD TV