Puasa

Bulan Ramadhan udah berjalan kira-kira 3/4 nya, tapi Chi belom cerita tentang puasanya anak-anak, terutama Keke karena Nai emang belom Chi kenalin sama puasa. Tahun ini Chi mulai ngenalin Keke tentang puasa. Dimulai dari kasih pengertian dulu sih, pengertiannya juga sederhana aja di sesuaikan dengan pemikiran anak-anak.. Chi bilang ke Keke kalo selama puasa kita gak boleh makan-minum, marah, nangis & berbuat nakal lainnya.. Berpuasa melatih kita untuk lebih bisa merasakan kalo Keke itu termasuk anak yang beruntung karena masih bisa makan & minum dengan enak kapan pun Keke mau. Sementara di luar sana masih banyak anak-anak & orang lain yang hidupnya serba kekurangan.. Ya kira-kira gitu deh penjelasan Chi ke Keke.

Awalnya Keke menolak ikut puasa, katanya dia bisa lemes karena kelaperan nanti... Ughhh dasar tukang makan nih...!! Hehehe... Jadi bertahap aja Chi ngajarinnya.. Sebelum sekolah Chi tetap mengharuskan dia untuk sarapan.Anggap ajalah sahur yang kesiangan... hehehe...

Waktu hari pertama Chi juga tetep kasih dia bekel sekolah. Chi sih saranin untuk gak dimakan, tapi kalo dia emang bener-bener gak bisa nahan laper ya silahkan di makan deh.. Ternyata sama wali kelasnya untuk TK B disarankan gak makan selama istirahat. Alhamdulillah Keke mau nurut.. Jadi deh selama sekolah Chi gak bawain bekel lagi. Lumayan rada nyantai buat Chi karena gak harus nyiapin bekel, paling buat Nai aja bekelnya.. :D

Pertama kali gak makan di sekolah, sampe rumah Keke langsung minta makan.. Gak tanggung-tanggung porsinya... banyak bangetttt!!!! Hahahahaha.... anak bunda kelaperan ternyata... :D Tapi lama-lama Keke mulai terbiasa, yang tadinya sampe rumah langsung minta makan kayak orang kelaperan banget, sekarang enggak. Chi pun selama bulan puasa gak pernah nawarin Keke makan, kecuali makan malem. Chi pikir kalo dia bisa lupa sama lapernya sampe maghrib kan secara langsung dia ikutan puasa tuh. Walopun sahurnya jam 06.30 pagi... :D

Tapi paling mentok jam 1 siang dia mulai minta makan. Ya lumayan deh, kalo dari jam 7 pagi s/d 1 siang dia gak makan berarti kan sekitar 6 jam dia bisa nahan laper tuh.. ALhamdulillah, mudah-mudahan tahun depan bisa lebih lama lagi.. :)

Ada yang lucu waktu dia 'merasa' berpuasa. Kenapa Chi tulis merasa, karena KeKe sempet merasa puasanya belom batal, padahal pas siang dia makan nasi sampe 2 piring. Mungkin karena abis makan tumben-tumbenan dia langsung tidur kali ya, trus bangun-bangun menjelang maghrib jadinya dia merasa puasa. Hihihi...

Keke : "Ayah, Keke hari ini puasanya belom batal doooong!!!"
Ayah : "Wah hebat dong anak ayah!!"
Bunda : "Lah tadi siang yang makan nasi sampe 2 piring siapa tuh?"

Keke diam sejenak, trus cengar-cengir...

Keke : "O'iya ya bun.. Tapi kata ms. Novie kalo kita puasa trus kita makan-minum karena lupa, puasa kita gak batal."
Bunda : "Iya bener, tapi masa' lupa sampe 2 piring"
Keke : "Namanya juga lupa bun.. Mau kita makan 4 piring juga kalo lupa ya gak batal puasanya"
Ayah : "Iya bener tuh Keke, dia emang lupa.. Lupa brenti kalo lagi makan... Hehehehe...."

Hehehehe... kalo beneran ada yang lupa sampe berpiring-piring gitu enak banget ya... :D

Posting Komentar

0 Komentar