Jumat, 10 Maret 2017

Memasak Nasi Liwet Tulang Jambal di Belanda

resep nasi liwet tulang jambal, kejutan awal tahun alfamart

Memasak nasi liwet tulang jambal di Belanda? Beneran? Seriusan?

Sebelum dijawab bener apa enggak, Chi mau tanya dulu. Siapa yang suka nasi liwet? Kalau kami sekeluarga suka. Chi pun seneng bikinnya karena gampang.

Bahan-Bahan:
  • 250 gr Tulang jambal
  • Beras - Cuci bersih *Chi lupa berapa banyak. Pokoknya satu panci berdiameter 24 cm itu cukup untuk 3 porsi
  • 8 butir bawang merah - iris tipis
  • 6 siung bawang putih - iris tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas - digeprek
  • 2 batang lengkuas - digeprek
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng 
Cara Membuat:
  1. Cuci bersih tulang jambal kemudian rendam di air garam kurang lebih 15 menit, tiriskan
  2. Tumis tulang jambal hingga berwarna kecoklatan
  3. Tumis semua bumbu lain hingga harum
  4. Masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam panci. Beri air secukupnya
  5. Masukkan tumisan tulang jambal dan bumbu lainnya ke dalam panci yang berisi beras
  6. Masak beras hingga tanak dengan api sedang
  7. Setelah nasi tanak, kecilkan api dan tutup pancinya
  8. Lanjutkan memasak hingga nasi matang
Tip:
  • Merendam ikan asin di air garam tidak membuat ikan semakin asin justru berkurang rasa asinnya. Tapi tetap berasa asinnya sehingga saya merasa tidak perlu menambahkan garam lagi untuk masakan ini
  • Masak nasi liwet cukup 15-18 menit saja. Tapi sebaik sesekali dilihat, siapa tahu udah matang sebelum 15 menit.
  • Tulang jambal bisa diganti dengan teri atau ikan asin lain. Bebas aja lah sesuai selera
  • Kenapa milih tulang jambal? Dagingnya memang masih ada? Masih lah. Tapi tergantung penjualnya juga, sih karena suka ada yang jual cuma tulang. Kalau Chi milih yang masih ada dagingnya biar dagingnya bisa dimakan trus tulangnya diisep-isep 😂
  • Dikasih daun kemangi bikin nasil liwet semakin wangi *Cuma waktu itu Chi lupa beli 😅
  • Dikasih cabe rawit atau cabe lain juga boleh. Chi gak kasih cabe rawit karena bikin Ase Cabe Gendot buat temen nasi liwet ini. Resep ase cabenya nanti, ya.
resep nasi liwet tulang jambal, kejutan awal tahun alfamart

Pas masak ini sebetulnya hasilnya rada gosong bagian bawahnya *ups! 😜* Ya itu gara-gara Chi mandi dulu. Agak kelamaan mandinya, jadi aja masakannya rada gosong. Untung cuma dikit gosongnya hehehe. Yang menyenangkan, memasak pakai cookware Royal VKB keraknya gak nempel.  Malah Chi sempet bersihin pancinya cuma pake tissue towel udah langsung bersih lagi. Walaupun akhirnya Chi cuci juga pakai sabun pencuci piring. Abis udah kebiasaan kalau nyuci gak pake sabun rasanya kurang afdol 😄

Ada 5 kelebihan peralatan masak premium Royal VKB, yaitu
  1. Kualitas teflonnya tahan lama dan tidak mudah rusak
  2. Panas merata
  3. Mudah dibersihkan
  4. Handle tidak panas ketika digunakan
  5. Lulus uji standar kualitas Eropa
Nah sekarang balik ke pertanyaan awal. Beneran masak di Belanda? Iya beneran di Belanda alias Belakang Dapur hehehe. Etapi, dari urusan memasak trus berkesempatan ke Belanda, mendapatkan motor, atau banyak hadiah lainnya juga bisa banget. Caranya, ikutan Program Kejutan Awal Tahun (KAT) Alfamart 2017.

Peralatan Masak Premium Royal VKB


Sebetulnya Chi rada jarang beli alat masak. Punya mamah yang pinter masak dan rajin beli peralatan masak, Chi tinggal minjem aja hehehe. Pengen juga punya peralatan masak sendiri. Maunya yang murah tapi berkualitas. 😂

Kayaknya mustahil banget beli beralatan murah tapi berkualitas. Apalagi Chi pernah denger ada salah seorang chef bilang kalau alat masak juga ibarat investasi. Jangan ragu beli peralatan masak yang mahal. Gara-gara program KAT Alfamart 2017, Chi bisa punya peralatan masak premium dengan diskon 85%!


Caranya belanja minimal Rp30.000,00 berlaku kelipatan, teman-teman sudah mendapatkan 1 stamp. Kalau belanja produk sponsor bisa mendapatkan stamp tambahan. Setelah terkumpul 10-15 stamp, teman-teman sudah bisa menukarkan stamp dengan peralatan masak pilihan cukup menambah sejumlah nominal tertentu.

Bila teman-teman khawatir stamp fisik bakal hilang atau rusak, bisa menggunakan stamp digital. Syarat pertama harus punya kartu Ponta dulu. Setelah itu install Digital Alfastamp Apps versi 2.0 *Bisa dicari di Google Play* Nanti stampnya disimpan secara digital. Gak usah khawatir hilang atau rusak kalau pakai stamp digital. Selain itu harga tebusannya juga lebih murah.

Ngumpulin 10 s/d 15 stamp kayaknya berat, ya? Kalau kata Chi enggak juga. Belanjanya kan gak sekaligus. Bisa dicicil jadi beberapa kali belanja. Kalau Chi salah satu belanjaan rutin adalah susu cair untuk minuman harian Keke dan Nai. Bisa 2-3 hari sekali Chi belanja susu cair. Kebetulan Ultra jadi salah satu produk sponsor, lumayan bisa dapat stamp tambahan. *Bisa lihat di poster apa aja yang jadi produk sponsor

Kontes Resep Enak


Udah punya peralatan masak berkualitas, sekalian aja ikutan kontes resep enak. Untuk syarat dan ketentuannya bisa lihat di poster. Hadiahnya juga keren-keren. Tour ke Belanda, sepeda motor, hingga uang tunai. Dan semua pemenang juga berhak mendapatkan 1 set cooking ware.

Gak hanya yang ikut kontes resep enak aja yang berkesempatan jalan-jalan ke Belanda. Apabila teman-teman sudah terkumpul sejumlah stamp dan menukarkannya dengan peralatan masak pilihan juga bisa ikut undian berhadiah jalan-jalan ke Belanda.

Teman-teman ikutan, ya! Catet dulu nih periodenya biar jangan terlewat
  • Pengumpulan Stamp: 16 Januari - 8 Mei 2017 
  • Penukaran Stamp: 16 Januari - 21 Mei 2017
  • Kontes Resep Enak: 16 Februari - 31 Maret 2017 
Teman-teman juga bisa membaca info ini di situs Alfamart. Kira-kira peralatan masak premium Royal VKB mana yang jadi favorit teman-teman?

24 komentar:

  1. Wah enak nih nasi liwetnya. Itu nasi yg sudah tanak bisa empuk matang ya dg cara dikecilin apinya?

    BalasHapus
  2. Wuidih ngiler. Tambah sambel, lalap, tahu, tempe, udah deh, nambah 3 piring. Tar nyobain aaaaaah... :)))

    BalasHapus
  3. Mau makan liwet jambalnya aja tp ga ikutan kontesnya gimana? *ga jelas
    Galau euy.. Sudah blom dpt ide

    BalasHapus
  4. Meweeek...dr kemarin bolak balik ke alfamart kosong casserolnya. Katanya ini paling laris.
    Liat nasi liwet jambal mupeeeng.

    BalasHapus
  5. pasti senang banget masak dengan perkakas sebagus ini
    masaknya jadi pede, jadi makanan apa pun berasa lezat aj

    BalasHapus
  6. Tadi membaca judulnya aku sempat heran kok jauh amat memasak nasi liwet di Belanda. Setelah membaca sampai habis baru ngerti. Dia punya peralatan masak lengkap di dapur asik banget Mbak Myr... Apalagi setelah itu diajak jalan-jalan ke Belanda :)

    BalasHapus
  7. Nasi iwetnya bikin lapar aja. DUh aku naksir banget peralatan masaknya mba. Penasaran ah pengen ikut lomba masak

    BalasHapus
  8. Wah saya jadi laper nih makchi, huhuhu jadi pengen bikin liwet tulang jambal ini deh

    BalasHapus
  9. Aduh itu, ngisep2 tulang ikan yang masih ada dagingnya ... Gue banget hahaha

    Btw, aku blm dpt casserole, kosong di mana2 hiks ...

    BalasHapus
  10. Judulnya kece Mba, haha. Aku lagi ngumpulin stamp juga nih :D

    BalasHapus
  11. Wahh akhirnya dapat juga resep bikin nasi liwet. Selama ini aku beli nasi liwet yg kemasan itu.. makasih resepnya ya chi

    BalasHapus
  12. Aku udah komplit lho mbak itu stikernya, tinggal dituker aja dan bisa nih contek resep nasi liwetnya xiixxiixix

    BalasHapus
  13. saya suka nasi liwet. kalo lagi kumpul ama keluarga besar, pasti bikin nasi liwet. kalo mkn di rmh mkn yg menyediakan ansi liwet, pilihannya nasi liwet. Nasi liwet itu enak, gurih :)

    BalasHapus
  14. Nasi liwet itu memang sumpah enak bangetttt ya mba.. Eh aku justru seneng yg rada gosong dikit, aromanya malah jd khas :D. Trs enaknya nasi liwet, krn dimakan gt aja udh mantep gt loh :D.. Duuh jd ngences lg inget kmrn makan nasi liwet di ikan bakar cianjur :D

    BalasHapus
  15. Nasi liwet juga favorit keluargaku. Dimakan sama tahu tempe goreng, urap atau lalapan. Wuiiih.. nasi sepanci langsung ludes :))

    BalasHapus
  16. Aku baru tahu nasi liwet tulang jambal. Kayaknya sedap ya

    BalasHapus
  17. Pengin banget punya alat masaknya tapi sayang di sini ga ada alfamart :-(
    Nasi liwetnya terlihat enak sekali, mbak. Dimakannya pakai apa? Lauk pelengkapnya apa? Ayam goreng?

    BalasHapus
  18. nasi liwet dengan ikan asinnnn, menggoda iman banget tuhh.
    zaman dah maju, bukan pake kastrol ya skarang masaknya :D

    BalasHapus
  19. wah suka bgt sama nasi liwet.....kmrn baru aja buat,,tapi bukan yg tulang jambal, peralatan masaknya keren sekali,,

    BalasHapus
  20. Adududu Mbak Chi, nggak kuat aku baca ini. Jadi pengen ngeliwet deh. Makannya tambahin tumis kangkung, sambel, jengkol atau pete. Maknyusss pisan.

    BalasHapus
  21. aaaaaa belakang dapur aaaaaa *ga konsen* hahaha

    BalasHapus
  22. Wahh jadi pengen bikin jugaaa. Mak Chi rajiiin. Tapi bayangin bikinnya agak ribet, jadi kayaknya pengen beli ajaa ahaahaha..

    BalasHapus
  23. Laparrrr..malam-malam lihat nasi ini

    BalasHapus
  24. Mak Chiii, aku mau lah nasi liwetnya. Keknya enak.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge