Minggu, 27 Desember 2015

Flash! Flash! Flash OPPO R7s!

OPPO R7s, all about flash, allaboutflash 
Press conference launching OPPO R7s di Empirica, Jakarta. 7 Desember 2015.

Flash! Flash! Flash!

Yup! It's all about flash untuk OPPO R7s.

Etapi, OPPO? Apa itu OPPO?

OPPO adalah smartphone asal Tiongkok. Huh … Bukankah produksi Tiongkok identik dengan barang KW? Lagian gak gengsi pakai barang produksi Tiongkok?

Eits! Santaaaiii … Itu pemikiran saya sekitar 2 tahun lalu. Saat saya baru berkenalan dengan OPPO. Yang kemudian saya semakin berkenalan dengan OPPO setelah diundang ke acara N1 Pre Unboxing Event di The Cone, FX Sudirman Jakarta pada tanggal 30 November 2013 (Baca: OPPO N1 Layak Diperjuangkan!)

Pepatah tidak kenal makan tidak sayang itu berlaku banget. Setelah saya hadir di undangan Pre Unboxing 3 tahun lalu, saya mulai merasa kalau OPPO itu handphone yang bisa direkomendasikan. Kemudian semakin ke sini, banyak yang sudah membuktikan kalau OPPO memang handphone yang keren punya.

OPPO R7s, all about flash, allaboutflash


Sejarah OPPO

Di acara Pre Unboxing Event itu untuk pertama kalinya saya mengenal OPPO lebih dekat. Saya jadi mengetahui kalau produk Tiongkok gak selalu KW. Lagipula, sekarang apa, sih, yang gak dibikin di Tiongkok? Berbagai barang branded dibuat di Tiongkok. Jadi, kalau kemudian salah satu perusahaan dari Tiongkok memproduksi smartphone dengan kualitas tinggi seharusnya bukanlah hal yang aneh.



OPPO adalah perusahaan yang berdiri sejak tahun 2004. Seiring berjalannya waktu, prestasi demi prestasi terus diraih oleh OPPO. Membuktikan bahwa OPPO memang sebuah brand yang produk-produknya berkualitas. Tidak hanya berkualitas, smartphone OPPO adalah teknologi dengan balutan cita rasa seni yang juga tinggi.

"The Art of Technology" adalah filosofi OPPO. Setiap produk OPPO selalu terinspirasi dari para penggunanya. Terutama anak muda yang selalu ingin memiliki smartphone yang tidak hanya berteknologi tinggi tapi juga stylish. Oleh karenanya OPPO terus mengejar kesempurnaan yang dibutuhkan pengguna. Dimulai dari pengembangan produk hingga after sales service.

Beberapa sejarah yang telah diraih OPPO adalah sebagai berikut:
  • OPPO Blu Ray dijadikan sebagai standar produksi dalam elektronik Blu Ray
  • OPPO Electronics Corp berhasil masuk dalah daftar Fortune 100 Amerika (daftar 100 perusahaan yang berhasil sukses di Amerika)
  • Meraih penghargaan The Best User Experience Smartphone dalam ajang IGRA (Indonesia Golden Ring Awards)
Setiap produk smartphone OPPO juga selalu menjadi yang pertama. OPPO Finder menjadi smartphone tertipis di dunia (tebal 6,65mm). OPPO Find 5  adalah smartphone pertama yang memiliki layar full HD 1080p. OPPO N1 adalah kamera putar pertama di dunia dengan kualitas 13MP.

OPPO R7s, all about flash, allaboutflash

Teman-teman pernah menonton America's Next Top Model cycle 22? Beberapa kali dalam setiap episodenya para model melakukan selfie dengan menggunakan smartphone OPPO. Woohoo! Jadi masih gengsi pakai produk OPPO hanya karena buatan Tiongkok? Ah, hari gini kalau mikirin gengsi rugi banget! Lagian udah terbukti OPPO memang berkualitas.

OPPO R7s - Style in Flash

Flash! Flash! Flash OPPO R7s! Yeay! It's all about flash!
“Kami melihat bahwa masyarakat Indonesia memiliki antusiasme yang cukup tinggi terhadap seri R7, sehingga kami tertantang untuk memberikan terobosan baru pada seri tersebut. Oleh karena itu, kami meluncurkan OPPO R7s, smartphone pertama OPPO yang serba cepat dengan kemampuan flash performance, flash charging, dan flash camera focus,” ujar Ivan Lau, CEO OPPO Indonesia.
Coba, deh, kalau kita tanya diri sendiri untuk urusan handphone. Handphone yang lemot dan gampang hang bisa bikin bete. Handphone butuh waktu lama dicharge juga bikin kesel. Ujung-ujungnya mengandalkan powerbank. Hasil tangkapan kamera yang gak bagus juga bikin kecewa. abis kelamaan cari auto fokusnya.

Handphone memang seharusnya bisa mendukung aktivitas pengguna. Kalau dulu, fungsi telpon dan sms saja sudah cukup untuk mendukung pengguna berkomunikasi dengan lebih lancar. Seiring perkembangan teknologi, tuntutan para pengguna terhadap handphone lebih banyak lagi. OPPO R7s menjawab semua kebutuhan itu. Smartphone dengan kinerja super cepat untuk berbagai aktivitas yang cepat. Semua serba flash tapi tetap bergaya.

Dengan 7 Alasan Ini, Maka Beri Saya OPPO R7S

"Mas ... Mas ...Udah, ah, penjelasannya nanti saya semakin tertarik untuk punya OPPO."

Tentu saja saya berkata seperti itu dalam konteks becanda. Mas *Maaf, saya lupa namanya hehehe* yang menjelaskan tentang berbagai kelebihan OPPO R7s itu pun tertawa mendengar ucapan saya. Kenyataannya, saya malah bertanya terus. Dan gak bisa dipungkiri kalau semakin banyak mas Sales Promotion Boy itu menjelaskan, saya makin tertarik memiliki OPPO R7s.

Saya memiliki 7 Alasan Kenapa Menginginkan OPPO R7s *alasan ini biasanya yang selalu saya tanyakan dan pertimbangkan kalau mencari handphone baru*

1. Saya Blogger

  

Saat baru menjadi blogger, seperangkat PC dan kecepatan internet yang seadanya sudah cukup bagi saya. Tapi, dengan berjalannya waktu, kebutuhan pun semakin meningkat. Saya membutuhkan internet dengan kecepatan yang tidak lagi seadanya. Kemudian saya pun mulai membutuhkan laptop. Agar bisa ngeblog secara mobile. Bahkan saya mulai membutuhkan handphone yang smart untuk menunjang kegiatan saya sebagai blogger.

Memang hingga saat ini, saya belum juga terbiasa membuat artikel dengan menggunakan smartphone. Tapi saya tetap butuh smartphone untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan. Blogwalking ke teman-teman blogger, berinteraksi di berbagai social media, mencatat berbagai jadwal, dan lain sebagainya juga lebih banyak dengan smartphone. Dan tidak hanya membantu kegiatan saya sebagai blogger, tapi bisa multitasking.

Sekali berselancar di dunia maya, saya bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus. Melihat kualitas OPPO R7s yang dipersenjatai oleh RAM 4GB, sistem operasi ColorOS 2.1 berbasis Android 5.1, Octacore Processor dari Snapdragon 615, membuat loading aplikasi menjadi lebih cepat. Tampilan antarmuka Color OS 2.1 lebih rapi, cepat, stabil, serta lebih hemat baterai.

Sistem ColorOS 2.1 akan membuat OPPO R7s booting 30% lebih cepat. Aplikasi yang dalam 10 menit tidak digunakan akan otomatis ditutup. Karena ColorOS 2.1 mempunya fitur pembersihan otomatis. Aktivasi aplikasi juga dipersingkat menjadi 311 milidetik. 


RAM dengan 4GB itu besar, lho. Buat teman-teman yang suka download berbagai aplikasi bisa bakal bersorak-sorak gembira dengan RAM sebesar ini. Ayo download sepuasnya! Menyimpan banyak rekaman video, donlot musik, dan lain sebagainya juga gak akan ketar-ketir. OPPO R7s memiliki memori penyimpanan internal sebesar 32GB yang bisa diperluas sebesar 128GB dengan kartu MicroSD

2. Kamera Andalan

OPPO R7s, all about flash, allaboutflash

Seberapa sering teman-teman melihat seseorang melakukan pemotretan dengan menggunakan handphone? Kalau saya, sih, sering banget. Bahkan saya sendiri melakukannya tidak hanya untuk selfie, memotret tingkah lalu anak-anak, tapi juga dilakukan kala reportase.

Apalagi kamera di smartphone saat ini semakin canggih saja. Kamera belakang beresolusi 13mp dan kamera depan 8mp sudah ada beberapa brand smartphone yang memilikinya. Tapi yang membedakan memang hasilnya. Dengan resolusi yang sama belum tentu menghasilkan kualitas foto yang sama.

OPPO R7s, all about flash, allaboutflash

Saya sudah mendengar testimoni dari sepupu dan juga beberapa teman yang sudah menggunakan OPPO. Semua mengatakan kamera OPPO memang andalan. Ketika saya datang pada acara launching OPPO R7s pada tanggal 7 Desember 2015 di Empirica, Jakarta, 2 orang blogger sekaligus vlogger juga mengatakan kalau kamera yang dimiliki OPPO memang andalan.

Kalau memang butuh kamera bagus, kenapa gak beli kamera pocket, mirrorless, atau DSLR aja?

Alasan belum punya uang yang cukup rasanya belum tentu, ya. Karena gak semua yang lebih memilih mengandalkan kamera handphone beralasan belum punya uang cukup untuk membeli kamera. Saya selalu membawa kamera pocket, tapi memang tetap membutuhkan kamera smartphone yang bagus. Alasan utamanya tentu karena praktis. Saya tinggal mengupload hasil foto ke social media apabila menggunakan kamera smartphone. Menggunakan kamera smartphone kadang membuat saya merasa nyaman. Terutama saat memotret makanan di resto atas inisiatif sendiri *kecuali kalau memang diudang oleh resto tersebut*. Padahal saya butuh foto-foto untuk melengkapi tulisan wisata kuliner di blog saya.


"Kalau motret objek bergerak, hasilnya bagus, gak?"

Saya bertanya seperti itu kepada mas Sales Promotion Boy karena objek yang paling sering difoto adalah anak-anak. Tentunya anak-anak saya sendiri. Tapi, anak-anak saya susah banget disuruh berpose. Pasti bergerak terus. Jadi saya lebih sering memotret candid. Masalah yang sering terjadi adalah objek menjadi goyang dan kurang jelas hasil fotonya.

Pada OPPO R7s ada fitur new Flas Shot. Dalam hitungan 0,1 detik saja sudah flash camera focus. Aman berarti, ya kalau fotoin anak-anak yang maunya bergerak terus. Memotret dalam keadaan yang minim cahaya pun hasilnya masih terang dan jernih. Ada juga fitur beauty untuk memanjakan para penggemar selfie, sehingga tidak perlu donlot aplikasi lain. Mau bikin video juga kualitasnya akan bagus. Bahkan kamera OPPO R7s bisa beresolusi hingga 50mp sebanyak 10 foto. Ya, siapa tau menemukan objek yang bagus banget dan butuh hasil yang maksimal untuk dicetak.

3. Saya Juga Gamer

OPPO R7s, all about flash, allaboutflash 
Sizenya nyaman buat main game

Hidup saya hampa kalau gak nge-game hahaha!

Buat saya antara rutinitas kerja dan bermain harus seimbang. Menulis di blog memang passion saya. Tapi, kemudian passion saya ini mulai menghasilkan pundi-pundi uang. Jadi, kalau dibilang ngeblog itu murni passion dan me time saya juga sudah tidak bisa lagi. Karena terkadang, saya menulis blog untuk pekerjaan.

Saya membutuhkan keseimbangan lain. Yang saya lakukan salah satunya adalah main game. Sebetulnya dari dulu saya sudah suka main game. Bahkan jauh lebih lama sebelum saya mengenal dunia maya.


Game pertama yang saya mainkan di handphone adalah snake game. Dulu, sih, asik-asik aja ain game kayak gitu. Tapi dengan semakin berkembangnya teknologi, pilihan untuk bermain game semakin banyak pertimbangan. Ingin game yang grafisnya bagus, yang bisa berinteraksi dengan banyak orang, gak gampang error, yang begini ... yang begitu ... Banyak pertimbangan pokoknya. Semakin banyak pertimbangan, tentunya harus didukung dengan kemampuan handphone yang mumpuni.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan kalau handphone dengan 'otak' quad core saja sebetulnya sudah cukup. Apalah artinya octa-core kalau RAM dan baterainya gak mendukung. Tapi OPPO R7s sudah memikirkan itu semua. Octacore Processor dari Snapdragon 615 diperkuat dengan RAM 4GB dan kapasitas baterai 3070mAh Li-Po. Eits! Jangan lupakan 4G LTE pada OPPO R7s. Apalagi sekarang semakin banyak game online yang asik buat dimainkan.

OPPO R7s mempunya dimensi/berat 151,8mm (tinggi), 75,4mm (lebar), 6,95mm (tebal), dan 155gr (berat). Buat saya ukuran dan beratnya termasuk pas. Apalagi buat main game, lebar layarnya pas banget, deh.

4. Internet yang Wuzzz!


"Bundaaa ...! Ngelag melulu gamenya, nih!"

Anak-anak saya suka rada uring-uringan, deh, kalau lagi main game atau buka YouTube di handphone trus nge-lag melulu.

Sekarang sudah banyak provider yang menawarkan jaringan 4G tapi kalau handphone kita gak 4G LTE percuma juga. Keduanya harus saling mendukung. OPPO R7s sudah 4G LTE, lho.

OPPO R7s juga bisa untuk SIM ganda. Tapi, kalau cuma SIM ganda aja kayaknya berbagai brand handphone sudah memiliki, ya. Masalahnya untuk SIM kedua koneksi internetnya biasanya jelek. Nah, kalau OPPO R7s ini mengklaim baik SIM1 atau 2 sama-sama bagus. Gak usah khawatir kalau mau gonta-ganti provider untuk internetan.

Nah, kecepatan internet ini juga sangat membantu kegiatan saya. Misalnya saat harus melakukan live tweet sebuat acara. Butuh respons cepat kalau ada emial masuk. Gregetan, deh, kalau gak bisa langsung balas, padahal sedang dibutuhkan. Bisa manyun kalau koneksi internetnya payah.

5. VOOC Flash Charge

Saya, sih, pengennya handphone yang dipakai cuma boleh dipakai sendiri. Tapi, kenyataannya gak bisa. Anak-anak selalu aja meminjam handphone bundanya. Biasanya buat main game sama buka YouTube. Kalau udah gitu, siap-siap deh baterai cepat habis.

Kalau lagi di jalan, powerbank selalu jadi andalan *padahal pengennya gak sering pake powerbank*. Kalau di rumah, kendalanya suka lupa ngecharge. Akibatnya begitu dibutuhkan, baterainya lagi habis. Mau dicharge, lama aja nunggu penuhnya. Masalah banget, deh.


Kalau punya OPPO R7s bagaimana? Bakal lama banget, dong, ngechargenya karena kapasitas baterai OPPO R7s 3.070mAH. Ternyata ngechargenya gak pake lama, lho.

OPPO R7s punya yang namanya VOOC Flash Charge. Ngccharge 5 menit sudah bisa dipakai untuk menelpon selama 2 jam. Mengisi kapasitas baterai hingga 90% hanya membutuhkan waktu 50 menit saja. Cepet banget, ya. Dan gak perlu khawatir baterai cepat rusak.

Baterai OPPO R7s adalah Li-Po (Lithium Polymer) non removeable. Kelebihan baterai Li-Po adalah aman, ringan, tahan lama, dan ramah lingkungan. Sehingga walaupun kapasitas baterainya besar (3070mAh), OPPO R7s tetap terasa ringan.

6. Tahan Banting


Brakk!!

Ketika saya datang ke acara launching OPPO R7s, salah satu meja display jatuh. Saya tidak tau penyebabnya. Mungkin tersenggol salah satu tamu undangan atau Sales Promotion Boy.

Saya: "Mas, handphone ini tahan banting, gak?"
SPB: "Ya, kalau dibanting dari tempat yang tinggi banget, pasti enggak, Mbak."
Saya: "Ya, gak gitu juga, sih, maksud saya. Cuma kadang, kan, gak sengaja ngejatuhin handphone. Misalnya pas lagi ngeluarin tas."
SPB: "Oh, kalau kayak gitu, sih, tahan banting. Mbak tadi lihat, gak, pas salah satu meja display jatuh? Handphonenya gak apa-apa, kan?"

Saya memang membutuhkan handphone yang tahan banting. Tentu bukan untuk sengaja dibanting. Tapi kemungkinan jatuh, kan, pasti ada. Apalagi suka dipakai sama anak-anak. Kalau jatuh begitu aja gampang rusak, rasanya malesin banget, deh.

OPPO R7s didukung dengan Gorilla Glass 4. Versi keempat ini mengklaim 2 kali lebih kuat dibandingkan versi sebelumnya. Menurut penelitian sudah teruji jatuh dari ketinggian 3,3m ke permukaan kasar seperti trotoar dengan kaca menghadap ke bawah, kualitasnya masih terjaga. Ini yang saya butuhkan, apalagi *sedikit curcol* handphone yang saya pakai sekarang sudah mulai retak kacanya. Heuuu ...

7. After Sales Service dan Komunitas yang Kuat


Siapa, sih, yang berharap punya handphone rusak? Saya rasa gak ada. Tapi tetap aja setiap kali saya membeli peralatan elektronik dan juga handphone, after sales service selalu saya tanyakan. Bagi saya, sebuah produk yang memiliki after sales service mempunyai nilai plus. Pengguna lebih terjamin apabila produk yang dipakainya butuh perbaikan. Hebatnya, after sales service OPPO sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Tidak hanya after sales service saja yang menjadi poin plus OPPO. Komunitas pengguna OPPO termausk solid. Saya mengetahui itu sejak 2 tahun saat diundang ke acara unboxing OPPO N1. Mayoritas tamu undangan yang hadir adalah dari komunitas pengguna OPPO. Wah, ternyata mereka suka melakukan gathering, lho. Groupnya pun aktif hingga saat ini.

Kerennya lagi, pihak OPPO pun ikut aktif. Makanya, gak heran kalau OPPO mendapatkan penghargaan "Best User Experience" dari IGRA. Karena OPPO memang sangat memperhatikan apa yang jadi kebutuhan para user. Setiap produk yang dikeluarkan, fitur-fiturnya selalu berdasarkan kebutuhan para user. Fitur yang tidak diperlukan, biasanya tidak akan ada lagi di produk terbaru.

OPPO R7s, all about flash, allaboutflash


Dengan spesifikasi yang oke seperti itu, harga yang OPPO bandrol masih termasuk kelas menengah. Dibandrol dengan harga Rp4.999.000,00 teman-teman sudah bisa memiliki OPPO R7s. Bonus tahun baru cukuplah buat beli handphone OPPO R7s :D

Semua serba flash di OPPO R7s. Flash performance, flash charging, dan flash auto focus. Ya, siapa tau aja kalau udah punya camera mumpuni yang serba flash, rezeki juga serba flash. Mengalir terus. Aamiin.

Ada 2 warna, nih. Gold dan Rose Gold. Teman-teman suka yang mana? Kalau saya, lebih suka yang Rose Gold. Cantik warnanya. Kayaknya pas dengan tagline "Beauty and Technology" kalau memiliki OPPO R7s berwarna Rose Gold. Etapi yang Gold juga sama cantiknya, sih. Yuk, ah, buruan dapetin OPPO R7s di toko terdekat :)


Sumber referensi
  1. http://www.oppo.com/id/smartphone-r7s/
  2. http://www.xiaovee.com/2013/10/narsis-tanpa-batas-bersama-oppo-n1.html
  3. http://blog.ofanstore.co.id/r7-raih-best-user-experience-smartphone-diajang-igra-2015/
  4. http://vnhoel.blogspot.co.id/2013/07/story-of-handphone.html 
  5. http://www.jagatreview.com/2014/11/gorilla-glass-4-dua-kali-lebih-kuat-dibandingkan-generasi-sebelumnya/
OPPO Indonesia


Website: www.oppo.com/id
Fanpage: OPPO Indonesia
Twitter: @OPPOIndonesia  

post signature

35 komentar:

  1. iya mbak, mereka udah pake Gorilla Glass 4
    jadi ga takut baret atau lecet kalo ditaruh di saku celana yang kesenggol kunci sepeda motor atau uang logam :)

    dengan berbagai kelebihan itu, wajar jika Oppo R7s jadi barometer smartphone premium di tanah air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk spesifikasi OPPO R7s ini premium, tapi harga kelas menengah. Asik, ya :)

      Hapus
  2. kece, keren, mantap dan high performance, kepengeeeen punya juga :) Oppo R7s memang menggoda sekali untuk dimiliki ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga kita berdua punya OPPO R7s, ya :D

      Hapus
  3. Ternyata dulu OPPO perusahaan MP3 yah mba.. saya kira langsung ke gadget

    BalasHapus
  4. kalau saya tertarik OPPO soalnya kameranya mantep bgt untuk smartphone sekelasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah banyak yang bilang kamera OPPO itu bagus :)

      Hapus
  5. Octacore & RAM 4 GB suuuuper menggiurkan... :D

    BalasHapus
  6. Hampir semua blog blog yang aku kunjungi rata rata bahas oppo r7s, jadi pengin beli :')

    BalasHapus
  7. Ya ampuuun Snake Game zaman aku ngekos itu heitz banget. Dan, sekarang aku jadi inget, aku ngekos itu udah 15 tahun yang lalu. Aku tuaaa! :)))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan saya juga ikutan tua. Kan, kita seangkatan hehehe

      Hapus
  8. ahhh beneran jatuh cinta sama OPPO R7sini mbak
    keren dah, benran :D

    BalasHapus
  9. Seger baca postingannya mbak :) Rapi...
    Saya sekarang pakai hp Oppo sih, tapi yang Neo 3 :D
    Kameranya gak bagus, hiks. Eh maksudnya gak bagus seperti waktu pertamakali pakai.

    Sepertinya boleh juga nih yang r7 ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gitu ganti baru aja. Pakai R7s :)

      Hapus
  10. kalau udah ada hp dengan kamera canggih , jadi agak males beli kamera hihih itu mah aku belum ada uangnya buat beli kamera. Oppo keren juga speknya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ada juga, lho, yag tetap pilih kamera HP bukan karena alasan uang. Tp lebih karena praktis :)

      Hapus
  11. Gara-gara baca review Oppo, tiap ke mall dan lewat gerai ponsel, aku pasti liat-liat Oppo. Naksir pengen ada yg ngasih #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga maunya ada yang ngasih dulu hahaha

      Hapus
  12. Waaah....makin keder nih saya, para mastah blogger pada ikutan inih...hehehe
    by the way, emang bagus OPPO ini...kemarin saudara saya juga beli, uuuh makin mupeng... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau rezeki gak akan kemana, Mbak :D

      OPPO memang bagus. Sepupu dan beberapa teman saya juga ada yang pakai OPPO

      Hapus
  13. Reviewnya keren, Chie. Gutlak yuaaaah...

    BalasHapus
  14. Mba, RAM-nya emg gedhe bgt.
    Mggu lalu ke OPPO, naksir sih sm ini tapi kudu nabung duyu hehehe.

    Mba, samaan, aku klo ngeblog jg masih pake PC. klo BW ato jawab komen, biasanya lewat HP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan RAM gede sangat saya butuhkan :D

      Hapus
  15. oooi cakep punya nih Oppo ya, buat motret obyek bergerak gambarnya nggak kabur

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu juga yang saya cari. Karena objek yang paling sering saya foto adalah anak-anak

      Hapus
  16. Buat saya after sales service ini penting banget. Apalagi fitur-fitur dan harga belinya juga wah. Sukses dan semangat terus nge-blognya Mbak Mira. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup! Buat saya HP dan alat elektronik itu sebaiknya punya after sales service. Pokoknya brand yang punya after sales service, nilainya menjadi tambah di mata saya :)

      Hapus
  17. Nah ini yang aku cari.. mau candid motret bisa cepet, mau pindah ke fitur lain juga tinggal geser monitor. Uuh kapan ya bisa punya Oppo R7s hihh

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge