Selasa, 12 Mei 2015

FOTILE Mewujudkan Dapur Impian. Memasak Tanpa Asap Dapur

Sumber: Booklet FOTILE

Apa pendapat teman-teman ketika melihat foto dapur di atas? Kalau Chi, sih, yang langsung terpikirkan adalah masaknya harus tertib hehehe. Dapur seperti foto di atas itu disebut juga dapur kering. Fungsinya, sih, sebetulnya kayak showroom aja. Dalam artian, kegiatan masak-memasak yang sebenarnya gak dilakukan di dapur tersebut.

Kegiatan masak-memasak yang sebenarnya ada di dapur basah yang biasanya ditempatkan di belakang rumah. Di dapur basahlah segala proses memasak terjadi. Gak heran kalau dapur basah itu tampilannya berbading terbalik dengan dapur bersih. Dapur basah lebih kotor.

Trus, apakah dapur bersih memang hanya berfungsi sebagai showroom alias gak ada kegiatan masak sama sekali? Enggak juga, sih. Dikatakan showroom karena biasanya ada pemilik rumah (biasanya kalangan atas) ingin juga memamerkan dapurnya. Banyak peralatan dapur modern yang memang pantas untuk dipamerkan. Tapi, kalau mengajak tamunya ke dapur kotor, khawatir akan menimbulkan beberapa masalah. Biasanya dapur kering juga dipakai untuk kegiatan seperti memanaskan makanan. Untuk proses awalnya dilakukan di dapur basah.

Kalau tidak memungkin memiliki 2 ruangan untuk dapur, bisakah kita tetap memiliki dapur dengan peralatan yang bagus seperti foto di atas? Bisa saja, sih. FOTILE adalah perangkat kebutuhan dapur yang akan menjawab pertanyaan tersebut.


"FOTILE bukan merk Eropa. Seperti yang kita tau, semua orang pengen merk Eropa. Tapi, sekarang produk apa yang tidak dibuat di China? Bahkan iPhone sudah dibuat di China. Karena di China semua harga bisa lebih murah," uhar Mr. Hansen, Director of FOTILE Indonesia, ketika memberikan sambutan singkat dalam rangka launching FOTILE. Brand perangkat dapur nomor 1 di Asia ini meluncurkan merknya pada tanggal 7 Mei 2015 di hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.


Ms. Jiang Yi, General Manager Overseas Division FOTILE, memberikan sambutan berikutnya. Mengenalkan produk FOTILE lebih detil lagi. Menurut Ms. Jiang Yi, di China kegiatan makan memiliki makna penting. Ada beragam festival yang memasukkan unsur makanan ke dalamnya, misalnya kue bulan di pertengahan musim gugur, festival bacang, dan lain sebagainya. Dalam setiap pertemuan keluarga atau kerabat juga kerap ditandai dengan kumpul bersama. Bahkan ada serial yang membahas tentang beraneka masakan Tionghoa, membuat yang melihatnya semakin ingin mencicipi aneka masakan tersebut. Hingga ke depan nanti, makan memang masih merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Dan karena makan juga memiliki makna penting, maka sebuah kehormatan bagi FORTILE untuk bergerak diindustri makanan, yaitu di perangkat dapur.

Suasana launching FOTILE di hotel Indonesia Kempinski, Jakarta

Setiap negara memiliki kebiasaan makan dan memasak yang berbeda-beda. Untuk alasan ini, maka perlengkapan dapur terbaik yang dibutuhkan adalah yang peralatan yang sesuai dengan kebutuhan. Menumis, merebus, memanggang, menggoreng, dan mengukus adalah cara memasak yang umum dilakukan di Indonesia. Banyak masakan Indonesia yang membutuhkan api besar dan menghasilkan asap yang banyak. Dari kebiasaan memasak yang seperti ini bisa menyebabkan lantai menjadi licin karena tumpahan minyak dan dapur menjadi bau. Hal ini, ditambah lagi dengan asap yang memenuhi ruangan setiap kali memasak, bisa menimbulkan masalah dalam rumah tangga, terutama bagi kesehatan anggota keluarga.

 Antusiasme para tamu undangan yang ingin melihat dan mengenal lebih dekat produk FOTILE

Tahun 2008, FOTILE mulai masuk ke Indonesia. Dan, baru pada tahun 2013, FOTILE mulai memasuki pasar Indonesia. Dalam kurun wkatu 5 tahun (2008 - 2013), FOTILE melakukan pengamatan kepada 45 keluarga di 9 kota. Mempelajari aneka makanan, bumbu-bumbu yang digunakan, proses memasak, hingga peralatan dapur yang digunakan oleh 45 keluarga tersebut. FOTILE juga mempelajari berbagai distribusi pemasaran di Indonesia dengan tujuan untuk mengetahui apakah memungkinkan FOTILE dipasarkan di Indonesia.

Selama 2 dekade, FOTILE selalu berpegang teguh pada tujuan awal, yaitu menjadi terdepan dalam perangkat dapur. Selalu menciptakan terobosan baru agak rumah menjadi lebih baik. FOTILE ingin memberikan produk, pelayanan, dan budaya unik kepada konsumennya. Dengan memberikan berbagai kejutan pada produk, gaya hidup, dan kemanusiaan yang baru.


Mr. Hu Guoqing, Product and Marketing Deparment of Overseas Division FOTILE, memberikan sambutan berikutnya. Secara garis besar, produk FOTILE adalah sebagai berikut:
  1. Efisiensi - memasak lebih cepat dengan penggunakan gas yang lebih sedikit
  2. Aman - ada 12 proteksi keamanan FOTILE yang menjadikan produk ini sangat aman
Permasalahan asap dapur seringkali tidak disadari oleh para pengguna dapur. Asap dari masakan bisa menyebabkan dapur menjadi rusak, seperti dinding yang menghitam, minyak menempel dimana-mana, dan lain sebagainya. Asap dapur juga sama bahayanya dengan asap rokok. Substansi asap dapur bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan, dari yang ringan hingga berat. Efek pada kesehatan seringkali tidak dirasakan secara langsung, tapi menjadi manifestasi dalam tubuh selama bertahun-tahun. Pada tanggal 22 April 2015, di salah satu seminar kesehatan di Manhattan, para ahli meminta seluruh masyarakat dan institusi kesehatan untuk mulai memperhatikan kanker paru-paru pada ibu rumah tangga seperti yang banyak dikeluhkan akhir-akhir ini.

Sumber: web FOTILE

Masakan Indonesia yang umumnya menghasilkan banyak asap, membutuhkan range hood, extraordinary extraction terbaik dan cocok dengan masakan Indonesia. FOTILE mengklaim kalau produknya lebih peduli dengan kesehatan dibandingkan dengan produk sejenis dari Eropa. Masakan Eropa yang umumnya tidak menghasilkan banyak asap seperti masakan Asia, maka produk range hood-nya pun tidak di desain  untuk menyerap masakan yang banyak.

 
Sumber: web FOTILE

Selain mampu menyerap asap dan bau dengan sangat baik, kelebihan lain dari range hood FOTILE adalah suaranya yang tidak bising (max 48db), daya listrik yang rendah (200 watt), juga mudah dibersihkan. Range hood FOTILE tidak menggunakan filter yang sering susah dibersihkan, tapi semua minyak akan ditampung di oil cup. Konsumen akan lebih mudah membersihkan oil cup dibandingkan filter.

Sebagai brand kelas atas (kisaran harga Rp2,5 juta - 50juta), FOTILE memastikan bahwa produknya tidak hanya nyaman digunakan tapi juga bisa mewakili gaya hidup pemiliknya. Untuk itu, FOTILE juga bekerja sama dengan perusahan ternama di internasional. Prestasinya juga udah banyak. Kalau di perfilman ada penghargaan Oscar, untuk perlengkapan dapur pun ada penghargaan sekelas Oscar. Dan, FOTILE pernah menyabet penghargaan tersebut. Kalau penasaran ciba aja mampir ke web FOTILE untuk melihat deretan penghargaan. Ada penghargaan berarti ada kualitas yang diakui.

Brand FOTILE memang mahal, tapi daripada mengeluarkan uang untung biaya kesehatan lebih baik membeli peralatan dapur yang bisa menjaga kesehatan. Lagian kalau peralaan dapur nyaman, masa juga makin nyaman. Bisa-bisa malah masak melulu hehehe. Jajan di luar juga bukan solusi baik, lah. Sesekali sih gak apa-apa. Tapi, kalau keseringan gak bagus juga buat kesehatan tubuh. Beberapa kali ada kasus-kasus kesehatan karena makanan di luar.



Mendengar uraian saat launching, Chi jadi inget dengan dapur tradisional masyarakat Indonesia. Biasanya dapur tradisional itu besar, ada di belakang rumah, dengan ventilasi yang baik. Jadi, untuk masalah asap masakan mungkin saja dulu belum menjadi masalah. Masalahnya, rumah sekarang itu banyak yang kecil-kecil. Jangankan memiliki 2 tipe dapur di rumah, bahkan urusan ventilasi dapur pun diabaikan. 

Kalau buat Chi sih gak masalah kalau tetangga mau goreng ikan asin dan baunya kecium, karena bau makanan memang terkadang juga bisa memicu nafsu makan. Tapi, bakal mabok kalau cium jengkol rebus. Beugh! Trus, Chi juga pernah baca, kalau di beberapa negara, bau makanan yang terlalu menyengat itu bisa jadi kasus sosial, malah bisa sampe didatangi polisi. Jadi masalah asap dan bau masakan yang keluar memang harus dipikirkan juga. Karena masalah tersebut bisa menimbulkan beberapa masalah, yaitu dapur yang rusak, kesehatan, hingga masalah sosial

 Sumber: Liswanti Pertiwi (@Lizone_tie)

Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi 

web FOTILE: www.fotile.co.id

post signature

43 komentar:

  1. Makasih banyak Mbak Myra informasinya. Jadi tahu nih tentnag Fotile. Luar biasa ya ternyata riset yang mereka lakukan sebelum launching produknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perusahaan yang bagus memang risetnya luar biasa, ya

      Hapus
  2. keren banget memang ya mak...bisa ngg ya ikutan mejeng di dapurku nanti :)

    BalasHapus
  3. wah luar biasa yah manfaatnya Fotile ini, kadang asap dapur sering kita abaikan ternyata memang bisa merugikan kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. Kita suka gak sadar tentang bahaya dari asap dapur

      Hapus
  4. gambar di atas beda banget dengan dapurku mak, berantakan dapurku :D

    BalasHapus
  5. iya bener, berhubung harga tanah sekarang mahal, rumah-rumah di perkotaan sekarang rata-rata tipe mungil dan didesain kompak. Luas lahan dimanfaatkan seoptimal mungkin.Kalau anggota keluarganya lebih dari 3 orang, huniannya dibikin vertikal. Pengin punya kebun, cukup puas dengan kebun mini. Yang penting rumah ada ijo-ijonya. Dapur apalagi. Boro-boro bisa punya dapur luas nan kinclong dengan koleksi peralatan dapurnya yang komplet keluaran terbaru. Ada dapur di rumah aja udah untung. Kehadiran Fotile bisa memenuhi keinginan masyarakat yang memiliki dapur serbaguna meski dalam ruang terbatas. Desainnya saya lihat di foto kok tidak hanya modern, tapi juga nggak makan tempat. Boljug nih Fotile. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup! Designnya modern. Bagus tampilannya. Dan, memang sepertinya cocok untuk rumah-rumah zaman sekarang

      Hapus
  6. naksir ya sama fotile ini, sama modena murahan mana? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau kalau perbandingan harganya, Mak. Karena saya gak punya Modena :)

      Hapus
  7. aku jadi fokus banget masalah asap dapur itu deh mak Myr... emang kendala utama di perumahan kecil ya asep masakan yang bisa kecium kemana2..penting banget punya alat pengisap asap masakan di rumah nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Mak. Pengisap asap itu udah mulai harus dipikirkan, deh

      Hapus
  8. hihihi... iya ya mak, kalo nyium wangi ikan asin yg di goreng tetangga itu, enak banget deh.... jadi kebawa laper :)

    BalasHapus
  9. Waaah pengin banget ini. Tapi dapurku aja masih setengah jadi lantainya, atapnya pakai awning supaya asap ikan bisa keluar. Akibatnya dimasukin ular deh :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. iiihhh serem banget bisa dimasukin ular, Mak *merinding

      Hapus
  10. Untuk mengurangi paparan asap dapur yang menurut riset sama bahayanya dengan asap rokok, kalau begitu marilah tidak masak #pemalas hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkkw tapi jajan melulu nanti pusing lagi sama urusan keuangan yang jebol :p

      Hapus
  11. brb laporan ke pacar biar pas nikahin aku di rumahnya udah ada fotile :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiiikkk. Semoga lolos permintaannya :D

      Hapus
  12. Memang harus coba punya ginian ya mba di rumah. apalagi di kita udaranya panas dan lembap

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kita kita ajuin proposal ke suami masing-masing, Mak :D

      Hapus
  13. lengkap bgt ini artikel, keceee.... aku mah terllau fokus makan hahah :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha udah saatnya makan malam, ya :D

      Hapus
  14. Memang paling enak punya dapur 2. Kalau mau masak2 gak kotor semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Tapi kalau ruangannya terbatas, lebih baik maksimalkan dengan 1 dapur aja

      Hapus
  15. Baru tau kalau bau makanan bisa sampe didatengin polisi maak hehehehe..
    Aku dirumah juga cuma ada 1 dapur.. Pengen sih kalau punya rumah baru punya istilah itu dapur bersih.. tapi ga buat mamerin, lebih untuk manas2in makanan aja kali yah supaya tetep bersih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pernah beberapa kali saya dengar ceritanya. Tapi kejadiannya gak di sini. Di negara lain :D

      Rumah saya dulu sempet pae 2 dapur. Dapur bersih memang fungsinya kalau lagi ada acara ajah :D

      Hapus
  16. enak ya..nggak bau asap dimana-mana. jadi aman deh nggak nempel ke sofa asapnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sofanya gak bau ikan asin jadinya :D

      Hapus
  17. Menarik ya fotile ini, membuat asap ga akan kemana-mana ya..
    Coba meluncur ke webnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya karena asapnya langsung diserap

      Hapus
  18. Dapur impian kelak harus pakai penyedot asap dr Fotile

    BalasHapus
  19. aku fokus ke galla dinnernya kak..
    itu kalangan jetset mua ya.hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. para pemakai setia produk FOTILE, Mak :)

      Hapus
  20. Gala dinnernya aja udah menunjukkan "kelasnya" yaa

    BalasHapus
  21. harganya lumayan juga ya Myr, tapi untuk kesehatan penting. Nabng dulu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya daripada keluar untuk untuk biaya kesehatan, mendingan invest ke peralatan dapur

      Hapus
  22. Dapurnya keceee ya mak. Fotile emang juara!

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge