Kamis, 23 Januari 2014

Mommychi dan 1000 hari pertama kehidupan

Pernahkah kita mendengar istilah gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan?
Menurut Menkes, istilah 1000 hari pertama kehidupan atau the first thousand days mulai diperkenalkan pada 2010 sejak dicanangkan Gerakan Scalling-up Nutrition di tingkat global. Hal ini merupakan upaya sistematis yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan khususnya pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat untuk memberikan perhatian khusus kepada ibu hamil sampai anak usia 2 tahun, terutama kebutuhan pangan, kesehatan, dan gizinya. - sumber -
1000 hari pertama kehidupan memang sangat penting karena bisa menentukan kualitas hidup di masa depan. Alasannya, proses tumbuh kembang terjadi sangat cepat pada periode masa janin hingga anak berusia 2 tahun. Itulah kenapa asupan gizi harus benar-benar diperhatikan sejak bayi dalam kandungan, bukan sejak dilahirkan.

Untuk memantau apakah asupan gizi selama mencukupi, biasanya saya rajin bertanya ketika konsultasi ke dokter kandungan. Selain itu, rumah sakit tempat saya mengecek kandungan dan melahirkan juga memberikan buku catatan medis.

 Salah satu buku catatan medis yang saya punya

Buku catatan medis adalah buku yang didalamnya berisi perkembangan berat badan dan tensi saya setiap bulan bahkan minggu, catatan dari dokter, foto USG, serta aneka tips untuk ibu hamil. Buku catatan medis ini juga bisa membuat seorang ibu terhindar dari stress. Karena seluruh catatan medis dirinya selama kehamilan dan juga anak-anaknya tercatat lengkap di buku tersebut.

Buku catatan medis ini, selalu saya bawa kemanapun. Terutama buku catatan medis untuk anak. Menurut saya, membawa catatan medis kemanapun termasuk kalau lagi di luar kota itu sangat penting. Kalau suatu waktu kita harus ke dokter, catatan medis ini bisa membantu dokter yang menangani kita dengan melihat riwayat kesehatan yang ada di buku tersebut.

Mommychi = Catatan medis digital

Catatan medis yang saya punya memang masih berupa buku. Ada 3 buku yang saya punya, yaitu catatan medis ibu, dan 2 buku catatan medis untuk anak (Kan, anak saya 2 orang :)). Bentuknya yang sebesar buku tulis, gak memungkinkan kalau dibawa ke dalam tas perempuan yang kecil. Memang, jadi kurang praktis.
 
Tapi, kalau sekarang serba digital. Bahkan catatan medis pun dibuat digital. Adalah Mommychi, sebuah aplikasi mobile gratis yang berfungsi sebagai asisten pribadi untuk memberikan catatan medis digital bagi 1000 hari pertama kehidupan (sejak masa kehamilan dan tumbuh kembang anak). Fitur-fitur didalamnya terlengkap dan mudah untuk digunakan.

Penasaran kayak apa aplikasi Mommychi? Yuk, kita 'bedah' satu per satu.

mommychi 1000 hari pertama kehidupan
 3 fitur utama Mommychi

Secara garis besar, aplikasi Mommychi terbagi dalam 3 fitur, yaitu:
  • Fitur Umum
  • Fitur Kehamilan
  • Fitur Anak

Fitur Umum


Di dalam fitur umum terdapat :
  • Galeri - Dimana kita bisa menyimpan foto-foto masa kehamilan dan foto anak
  • Direktori alamat - Terkadang kalau kita sedang berada di suatu tempat lalu harus ke rumah sakit, dokter, atau apotek, kita suka gak tau harus cari dimana. Direktori alamat akan membantu kita mencari fasilitas kesehatan yang dibutuhkan
  • Fitur menyenangkan - semua orang butuh hiburan. Di aplikasi Mommychi juga ada hiburannya, seperti mewarnai, kumpulan lagu anak, hingga musik klasik. Dan, musik klasik itu katanya bagus buat kecerdasan bayi, lho :)
  • Belanja online - Belanja online di sini, bukan belanja pakaian tapi belanja berbagai nutrisi yang dibutuhkan di Kalbe Store. Jangan khawatir kita akan mendapatkan obat yang sudah kadaluarsa. Kalbe sudah memiliki nama besar, harusnya tetap akan menjaga nama baiknya.

Fitur Kehamilan

mommychi 1000 hari pertama kehidupan

  • Ibu hamil seharusnya rutin konsultasi ke dokter kandungan atau bidan. Dan, setiap kunjungan harus dicatat penambahan berat badan dan perkembangan janin untuk menggambarkan seperti apa status gizi ibu hamil dan janin yang dikandungnya
  • Ibu hamil harus banyak membaca informasi seputar kehamilan serta tips-tipsnya. Aplikasi Mommychi akan selalu meng-update berbagai info penting tentang kehamilan termasuk video senam hamil. Ibu hamil juga bisa menyimpan foto-foto selama kehamilan, termasuk foto USG. Bingung karena belum menemukan nama bagi sang buah hati? Ada aplikasi Baby Namerator yang akan membantu orang tua menemukan nama bayi yang pas untuk buah hati tercinta.

Fitur Anak


  • Mengamati dan mencatat tumbuh kembang anak terutama hingga usia balita adalah hal penting. Perkembangan yang diukur adalah berat badan, panjang tubuh, dan lingkar kepala. Orang tua bisa menilai apakah gizi yang sudah diberikan seimbang dengan melihat tumbuh kembang si anak. Imunisasi juga harus dicatat, supaya jangan terlewat atau dobel. Ada reminder, supaya orang tua tidak terlewat waktunya mengimunisasi anak.
  • Selalu meng-update informasi tentang anak juga penting. Terutama buat orang tua muda, terkadang masih suka panik tentang tumbuh kembang anak, terlebih kalau anaknya sakit. Dengan banyak mendapatkan info tentang anak, bisa mengurangi rasa panik orang tua, lho.

    Bagus banget aplikasinya, kan? Trus, kelebihannya sama buku catatan medis apa? Perbedaannya adalah:
    1. Info-info penting tentang kehamilan dan tumbuh kembang anak akan selalu di update di aplikasi Mommychi. Sedangkan kalau buku kan tidak mungkin.
    2. Hanya membutuhkan 1 akun saja, pengguna sudah bisa mendapatkan fitur kehamilan dan juga fitur anak. Sedangkan untuk buku tidak. Saya aja sampe punya 3 buku.
    3. Seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kehilangan gadget, kita tidak akan kehilangan catatan medis digital. Asalkan mempunyai lagi gadget yang berbasis Android atau iOS. Sedangkan kalau buku, apabila hilang atau koyak (misalnya kebasahan) maka sebagian catatan pun bisa ikut hilang. Kalaupun ada, catatan cadangannya biasanya untuk arsip rumah sakit.
    4. Tidak ada fitur-fitur yang menyenangkan, seperti album foto, musik, dan game di duku catatan medis

    Untuk informasi lebih lanjut silakan lihat ke web Mommychi. Bisa juga langsung download di AppStore atau Google Play.

    Jangan lupa untuk bikin akunnya dulu. Gratis, kok! Registrasi bisa menggunakan akun FB atau email

    Coba applikasi Mommychi udah dari dulu, ya. Kayaknya Bunda Chi dan Mommychi bakal jadi sahabat baik Apa perlu hamil lagi? Hmmmm... ;)
    Yuk! ibu-ibu yang lagi hamil, yang baru melahirkan download aplikasi ini, ya. Yang baru menikah juga boleh, kok. Karena 1000 hari pertama kehidupan itu sangat penting. lho :)

    Keterangan : Seluruh foto yang ada di postingan ini, kecuali foto buku catatan medis, adalah milik Mommychi
post signature

80 komentar:

  1. Meluncur Mba Myra. Bahkan untuk tumbuh kembang anak jaman sekarang sudah didigitalkan ya..

    BalasHapus
  2. Chi.....kirain mommychi di sini tuh chi sendiri hihihi...ternyata oh ternyata....canggih ya jaman skrg en praktisss

    BalasHapus
  3. Baru tau nih.. Jadi pengen download. Pas banget buat aku yg lagi hamil.. Makasih Chi infonya ^^

    BalasHapus
  4. salam silaturahim, mak Chi ...
    sudah beberapa kali kemari, tapi kayaknya belum pernah koment deh (*atau udah ya? lupa lagi
    Ini sangat berguna bagi ibu-ibu muda, kalo saya sih udah gak akan hamil lagi kayaknya(berharap) soalnya sudah usia 'resti'. Makin kesini makin canggih aja ya. Makasih ya, infonya, bisa saya bagi buat adik dan teman2 lain yang mash muda

    BalasHapus
  5. Uwahhhh ini mah informatif bgttt....komplit ternyata ya mak,stidaknya bt baca2 prsiapn pnyy anak :)

    BalasHapus
  6. makin komplit aja yaa aplikasinya, dulu aku cuma donlod babybump :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy dulu malah gak donlot apa2. Masih zaman kertas hihi

      Hapus
  7. Wah buku catatan medisnya masih tersimpan sampai sekarang... hebat deh mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena masih dipake sampe sekarang, Mbak :)

      Hapus
  8. Wah saya selama ini tidak punya catatan medis & baru terpikirkan untuk memilikinya. Pastinya saya coba dulu Mommychi, dari penjelasan disini fitur-fiturnya keren, terima kasih mba sudah berbagi.

    BalasHapus
  9. waaahh.. menarik banget nih mak.. pasti langsung saya donlot deh, secara kan dulu anak saya lahiran di RS Br, punya buku kecil sendiri.. trus sekarang udah gedean seringnya periksa ke RS Hr, dikasih buku satu lagi.. jadi rada riweuh ya memantau 2 buku gitu, mana tulisan DSA-nya juga keriting susah dibaca #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha sama. Tulisan dokter suka susah dibaca :D

      Hapus
  10. Tahun ini pengin hamil lagi. Insya Allah bisa pakai Mommychi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa terkabulkan keinginannya, Mak :)

      Hapus
  11. kalau buku medisnya sama sama ya myr, doktenrya juga kan hehehe

    BalasHapus
  12. eyampun keren amat..pas saya hamil dulu ga ada yg beginian :p

    BalasHapus
  13. wah, mak..kita samaan nulis inih, hihihi... untung anak baru satu, jadi semangat deh buat nambah #eh
    http://istianasutanti.wordpress.com/2014/01/20/mommychi-demi-anak-dan-waktu-yang-tidak-akan-pernah-kembali/

    BalasHapus
  14. aku udah telat 24 hari belum di testpack sih ehhe, doain yah mak Chi semoga positif, aku download ahhh, bermafaat banget loh buat aku ^_&

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga beneran positif. Jangan lupa di donlot, banyak manfaatnya :)

      Hapus
  15. Waktu baca judulnya, Kirain ganti nama jadi MommyChi. Ternyata beneran Mommychi. xixixi

    BalasHapus
  16. wah tfs mbak myra, setidaknya buat persiapan kalau diksh rejeki hampil dan punya anak... :)

    BalasHapus
  17. menarik ya mak aplikasinya, bisa dicoba buat Hana

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat Thifa juga kayaknya masih bisa :)

      Hapus
  18. Terima kasih informasinya, Mbak. Langsung download aplikasinya.

    BalasHapus
  19. Aplikasi yang keren, mumpung anak masih balita, download ah, juga buat persiapan kalau ntar hamil lagi he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat yg balita juga masih bs dipake :)

      Hapus
  20. Ih, keren banget nih aplikasi, coba ada dari dulu yaa, jadi bisa memantau perkembangan anak sampai detail. Makasih infonya Mom Ke2Nai :)

    BalasHapus
  21. naah.. ini info penting buat ibu2... :)

    BalasHapus
  22. wah keren ya mak, fitur2nya juga canggih...

    BalasHapus
  23. Woooh, kebanyakan aplikasi yak *memandang henpon yang sudah disuruh kerja paksa habis2an*
    Belum download ini. Selama ini cuman pake aplikasi buat ngitung period doang. Masa subur dll. :p Ntar liat2 deh.

    BalasHapus
  24. asli kereeen nih aplikasinya maak....kebayang mencatat perjalanan warna warni si buah hatii...jadi inget jaman hamilnya bo et obi...pakai apa yaa waktu itu..

    BalasHapus
  25. teknologi semakin keren, semakin membantu (y)

    BalasHapus
  26. Kereeeen, belum terlambat meski Al dah hampir 16 bulan :D

    BalasHapus
  27. Waah canggih..aplikasi ni mommy friendly bgt y mb!thanks sharingnya ya

    BalasHapus
  28. Jadi pengen hamiiilll doain ya mbak supaya bisa pakao momychi

    BalasHapus
  29. Makasih infonya, Mak

    buku hamil punya saya hilang --". Untung masih ada bukunya Arfan, hehe

    ke tekapeh dulu ah :D

    BalasHapus
  30. Dibookmark dulu webnya, sewaktu-waktu hamil langsung download. Makasih infonya Mak :)

    BalasHapus
  31. melestarikan alam dengan menguangi penggunaan kertas, inlah salah satu solusinya, kece mak, dan gutlak yah ;)

    BalasHapus
  32. Bagus nich untuk mengabadikan penggalan-penggalan sejarah anak-anak
    Kuncinya hanya 1 : disiplin dalam mengerjakannya
    Jangan kayak ngebloig, pakai hiatus segala ha ha ha
    terima kasih infonya

    BalasHapus
  33. Keren sekali..
    Sangat membantu sekali tentunya, dan menarik :)

    BalasHapus
  34. waaah sangat inovatif sekali :D keren aplikasinya

    BalasHapus
  35. waaah... kemana gerangan catatan2 itu yaaa....
    era digital memang lebih memudahkan segalanya

    BalasHapus
  36. aplikasi yang lengkap dan sangat membantu, semoga ibu-ibu yang sedang merencanakan kehamilan atau yang sedang hamil bahkan yang mempunyai baby bisa memanfaatkan aplikasi ini sebaik mungkin

    BalasHapus
  37. canggih mba.. semoga bisa membantu bumil-bumil ya.. kan jadi mudah tu klo ada aplikasi gt.. :)

    BalasHapus
  38. tulisannya keren mbak.... :)

    BalasHapus
  39. Baru tahu ada aplikasi ini. makasih infonya mak Chi, sangat manfaat untuk ibu dan calon ibu :). Sepertinya saya harus hamil lagi nih kalau mau praktek ini hehe.

    BalasHapus
  40. i was looking for this info for quite a long time thanks for posting

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge