Kamis, 11 Desember 2008

Sebel Banget Deh!!

Di sekolahnya Keke & Nai lagi musim penyakit gondongan. paling gak udah ada 4 anak yang kena. Chi sendiri baru taunya kemarin.. Kenapa virus ini bisa nyebar di sekolah, ini dia yang bikin Chi kesel...... banget!!!! Katanya ada salah satu anak yang kena gondongan orang tuanya tetep maksain sie anak untuk sekolah. Alasannya anaknya sendiri yang minta sekolah, gak betah di rumah.

Pihak sekolah udah berusaha melarang. Tapi orang tua si anak ini tetep ngotot, malah katanya marah besar. Karena mau sekolah kok di larang..

Ya udah karena nie orang tua ngotot banget & sekolah gak mau cari ribut kali ya... solusinya katanya selama jam istirahat si anak yang sakit ini gak boleh keluar kelas. Jadi tetep di kelas selama ada di sekolah.. Tapi yah namanya juga virus kan menyebar, akhirnya beberapa anak mulai ketularan deh...

Emang sie semua anak yang kena gondongan itu semuanya satu kelas. Belum nyebar ke kelas lain. Aduh jangan sampe.... Tapi tetep aja sebagai orang tua was-was..

Apalagi setelah Chi cari-cari info lewat google, ternyata gak bisa dianggap main-main ya... Orang dewasa pun bisa kena. Apa Chi gak makin was-was tuh


Ngobrol 'ma ayahnya anak-anak, K'Aie nyaranin untuk gak masuk sekolah dulu. Tapi berapa lama mereka harus bolos? Kalo ayahnya sie nyaranin 1 minggu. Mendingan gak usah sekolah dulu daripada ketularan katanya
.
Katanya sie salah satu pencegahannya adalah dengan imunisasi MMR. Nah Keke & Nai itu belom MMR sama sekali!!! Bukan karena Chi takut 'ma yang namanya imunisasi MMR (banyak kan info-info miring tentang MMR). Tapi karena DSAnya yang belom jadwalin anak-anak untuk MMR.

Kalo sekarang Chi minta sendiri ke dokter untuk imunisasi, kayaknya belom tentu bisa ngilangin rasa was-was Chi deh. Karena dari info yang Chi baca katanya setelah MMR badan kita gak otomatis kebal, tapi tunggu 6 bulan dulu. Sementara virusnya kan lagi nyebar di sekolah sekarang-sekarang.. Bingung jadinya

Jadi sekarang ini yang Chi lakuin adalah menjaga kondisi anak-anak untuk tetep fit. Paling gak kalo badan tetep fit, Insya Allah penyakit gak gampang nyerang. Tapi bukan persoalan yang mudah ya mengingat cuaca yang kurang bersahabat akhir-akhir ini...

Di sini Chi gak mau terus bertanya kenapa begini, kenapa begitu... Kenapa orang tuanya tetep ngotot, kenapa pihak sekolah gak berusaha lebih keras lagi untuk melarang, dan lain-lain... Kayaknya gak akan ada habisnya... Cuma kalo boleh saran sie mungkin untuk lain kali pihak sekolah bikin aturan tertulis yang di sepakati sama ke dua belah pihak (orang tua & sekolah) kalo anak yang lagi mengalami sakit tertentu/menular di larang masuk sekolah. Tapi yang lebih penting menurut Chi sie adanya PENGERTIAN! Maksudnya.. ada atau gak ada peraturan harusnya orang tua itu bisa lebih ngerti kondisi dan situasi. Kalo anak kita lagi terkena penyakit menular, apapun alasannya ya jangan masuk sekolah dong!! Emangnya kalo anak kita sampe kena, dia mau apa nanggung pengobatan & sakitnya anak-anak!! Sebel banget!!

Ada beberapa orang tua yang mulai menanyakan masalah ini ke sekolah. Tapi keliatannya sie agak bisa di redam, karena anak yang sekarang ini sedang terkena gondongan orang tuanya mau di ajak kerjasama. Gak memaksakan anaknya untuk masuk sekolah kalo belom bener-bener sembuh. Jadi kami semua masih bisa berharap mudah-mudahan setelah ini rantainya putus. Gak ada lagi yang kena gondongan. Ya... mudah-mudahan aja deh...

post signature

12 komentar:

  1. sabar...sabar mom...
    aku lom searching tentang penyakit gondongan, jadi lom mudeng...ga bisa ikut ngasih saran.
    mungkin bener saran papanya, ga masuk aja dulu...biar yang sakit sembuh dulu*smoga aja si sakit cepet sembuh, jadi ga klamaan bolosnya*

    BalasHapus
  2. kemarin pas mudik lebaran idul fitri ada sepupu Fikri sakit gondongan.
    Tiap hari si Fikri main sama sepupunya itu, tapi alhamdulillah Fikri dan sepupu2 yang lain gak ketularan.
    Jadi yang penting memperkuat daya tahan tubuh si anak aja.
    Kali gitu ya...

    BalasHapus
  3. aku dan icha pernah sakit gondongan jaman kecil dulu kalau gak salah penyakit ini cuma sekali seumur hidup kayak cacar gitu kalau udah pernah kena sekali gak akan kena lagi, badan agak meriang terus dirahang kita bengkak...memang sebaiknya jgn keluar rumah dulu apalagu sekolah kasian anak2 yg lain kalau ketularan ..coba tanya2 ke dokter dulu deh ma biar kita bisa mencegak penyakit itu..ok?

    BalasHapus
  4. Wah emang pasti chi was-was banget ya!!! Orang tuanya kok gak bisa tegas ya ama anaknya yg lg sakit, kan demi kebaikan anaknya juga dan orang lain...
    Mudah-2an rantainya terputus dan gak ada yg sakit lagi ya...

    BalasHapus
  5. Pihak sekolah harusnya lebih tegas kalo masalah penyakit yang bisa menular gitu.Kan kasian jadi nular kemana2...

    BalasHapus
  6. @istantina - katanya sie imunisasi MMR bisa mencegah tapi dari info yang sy baca efek imunnya br bekerja 6 bulan stlh imunisasi.Kl di imunisasi skrg2 blm menjamin bakal kebal dr gondongan..

    BalasHapus
  7. baru tahu lho mba Chie aku, klo gondongan itu menular, gaptek amat daku ya?? duh....
    dulu jaman daku masih kecil klo ada yg kena gondongan dikasih "blawu", tahu ngga mba Chie? itu lho yang buat cuci baju warnanya biru? masih ada ngga ya dijual sekarang????

    BalasHapus
  8. Loh, gondongan menular ya, Mbak? Aku malah baru tau sekarang *dasar lemot*

    Mudah2an Keke & Nai tetep sehat ya..
    Setuju ama Mbak, harusnya ada PENGERTIAN dari setiap pihak, terutama yang membawa virus..
    Kalo aku, meski cuma pilek, anakku kusuruh diem di rumah aja.. Kasihan kan anak lainnya kalo tadinya sehat tiba2 ketularan pilek?! Siapa sih ya yang mau sakit.. Apalagi penyakit yang agak serius.. waduhhhh, jangan dianggap remeh..

    BalasHapus
  9. Ya, emang susah jeng kadang2 berhadapan dengan banyak orang, intinya kita mesthi kulakan sabar dalam menghadapi nya. Susah deh kalau berhadapan dengan orang yang kadang maksakan kehendak gitu, tanpa memikirkan kepentingan orang lain.
    Biasanya kalau satu dah kena gondongen, pasti semuanya kena.
    Beberapa bulan lalu Safa juga kena gondongan, juga ketularan teman dari sekolah. Padahal juga sudah diimunisasi. Tapi imunisasi kan juga cuma sebatas mencegah/mengurangi sakitnya saja. Dari teman2 nya yg kena biasa panas hingga 15 harian, safa alhamdulillah 5 hari dah sembuh. terus katanya gondongen itu sekali seumur hidup ? sepertinya saya kurang sependapat, karena saat kecil saya sudah gondongen dan begitu safa sembuh eh giliran saya kena gondongen lagi. Bahkan lebih parah hasilnya, bengkak di bagian pipi hampir tidak bisa kembali seperti semula, karena katanya sih kelenjar yg ada dlm leher tuh pecah atau gmn gitu lho... jadi walaupun kurus/bb turun bagian pipi dan rahang saya tetep saja gemuk akayak orang ngemut permen gitu.
    So kita mesthi lebih waspada akan gondongan ini, hati2 kalau satu rumah/teman kena, segera mungkin pergi ke dokter dan juga kita yang sehat memperbanyak asupan gizi.
    Mudah2an Keke dan Nai juga keluarga sehat ya mbak.
    maaf kalau kepanjangan, sekedar sharing.

    BalasHapus
  10. Maaf saya terlambat komentar, karena saat saya nulis ini, sudah ada solusi dari sekolah

    BalasHapus
  11. Sekarang gimana mbak...??? semoga gak ketularan gandongan... kesian pasti gak enak badan

    BalasHapus
  12. emang klo udah mulai sekolah mesti mulai ngambil imunisasi macem2 kali yah...
    makanya kemaren si Darris juga saya rapel...MMR, varicela, Hep A..biarpun inkubasinya bisa lama, tapi setidaknya udah dapet ketimbang ngga samsek.

    BalasHapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge