Kenali Penyebab dan Penanganan Ruam Popok pada Bayi

By Keke Naima - March 12, 2022

Ketika Keke dan Nai masih bayi pernah terkena ruam popok. Katanya, sih, di usia 3 tahun pertama memang anak cenderung terkena ruam popok. Tapi, kan, tetap aja ketika mereka mengalami.

Kenali Penyebab dan Penanganan Ruam Popok pada Bayi

Nah, bersyukurnya mereka jarang terkena. Menurut Chi, sebagai orangtua memang penting mengetahui penyebab ruam popok pada bayi. Supaya anak gak sering mengalami. Dengan mengetahui cara mengatasi ruam popok yang tepat, juga gak menyebabkan gejala menjadi lebih parah.
 
Ruam popok biasanya muncul sebagai corak merah pada kulit yang meradang di sekitar pantat dan selangkangan bayi.

Kulit yang mengalami ruam popok biasanya terlihat berwarna merah cerah dan seringkali diiringi oleh bengkak. Dalam beberapa kasus yang lebih parah, bagian yang terkena ruam bisa terinfeksi. Kemudian menjadi lecet, jerawat, bernanah, atau berubah menjadi bercak kuning dengan luka terbuka. Langkah pertama untuk menanganinya adalah dengan memahami penyepab terjadinya.


Penyebab Ruam Popok pada Bayi


Mengenalkan Makanan Baru

Ruam popok bisa saja terjadi ketika terdapat perubahan dalam pola makan si Kecil, misalnya dari ASI ke MPASI atau dikenalkan dengan makanan baru. Pola makan yang berubah akan mengakibatkan perubahan atau adaptasi pada tingkat keasaman di dalam ususnya. Sehingga bisa mengubah komposisi tinja dan berpeluang meningkatkan frekuensinya saat buang air besar dalam sehari.


Popok Kotor Dibiarkan Terlalu Lama

Penyebab ruam popok yang paling umum biasanya disebabkan oleh kondisi kulit popok yang basah dan lembab. Kondisi ini biasa terjadi ketika urin bercampur dengan bakteri yang ada pada tinja, kemudian terurai dan membentuk amonia- semacam senyawa asam sehingga dapat mengiritasi kulit.


Gesekan Kotoran pada Kulit Pantat Bayi

Popok yang lembap dapat menyebabkan lecet jika tidak segera diatasi. Gesekan terus-menerus antara popok dan area pantat bayi akan merusak lapisan luar kulit yang halus sehingga menyebabkan ruam popok.


Penggunaan Popok yang Terlalu Ketat

Kondisi ruam popok bisa semakin diperparah oleh penggunaan popok yang terlalu ketat. Apabila bayi  memiliki jenis kulit sensitif, maka mungkin dapat bereaksi terhadap berbagai bahan kimia seperti parfum yang digunakan dalam popok sekali pakai atau sabun deterjen yang dipakai untuk mencuci popok kainnya. Popok yang kurang longgar sangat ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur, di mana 2 hal ini bisa menjadi penyebab munculnya ruam popok di area lipatan kulit.


Penanganan Ruam Popok yang Tepat


Terlepas dari berbagai usaha pencegahan yang sudah dilakukan, si Kecil tetap bisa mengalami ruam kemerahan dan iritasi kulit. Jika hal ini tetap terjadi, ada berbagai cara mengatasi ruam popok secepat mungkin, yaitu


Tetap Mengganti Popok Bayi Secepat Mungkin

Jangan pernah abaikan langkah ini. Menggunakan air untuk membersihkan selangkangan jauh lebih aman dan tidak akan begitu mengiritasi kulitnya jika dibandingkan tisu.


Bersihkan Pantat Bayi dengan Benar

Gunakan sabun pembersih yang lembut untuk kulitnya. Tepuk-tepuk kulit bayi secara perlahan dan lembut hingga kering. Jangan digosok karena dapat memperparah iritasi dan ruam.


Oleskan Salep Popok Bayi

Biarkan kulit bagian popok bayi terekspos oleh udara agar kulitnya benar-benar kering. Oleskan salep popok bayi usai mengganti popok atau setelah mandi.

Pilihlah salep yang berkualitas dan sudah teruji secara klinis. Krim ruam popok yang aman untuk bayi seperti salep Bepanthen di toko terdekat. Oleskan salep secara perlahan pada bagian ruam setiap mengganti popoknya. Krim ruam popok yang mengandung Vitamin B5 juga dapat melembapkan dan meningkatkan fungsi perlindungan kulit.

  • Share:

You Might Also Like

29 comments

  1. masalah ruam popok sangat menjadi perhatian saya waktu anak bayi
    karena kasian klu sudah ruam tentu membuatnya tidak nyaman
    menyediakan krim anti ruam adalah salah satu upaya saya
    alhamdulillah anak sehat2 sampe sekarang

    ReplyDelete
  2. Ruam popok itu seperti masalah sepele tapi pas anak kena wah kewalahan bisa seisi rumah. Anak jadi rewel itu bisa menghambat semua aktivitas. Menyediakan Bepanthen bisa jadi salah satu penjagaan kita sebagai orang tua ya

    ReplyDelete
  3. Penggunaan popok bayi terlalu lama bisa menyebabkan ruam dan gatal-gatal ya, Mbak. Setuju banget dong kalau sesegera mungkin untuk mengganti popok bayi agar tidak mengalami ruam dan gatal-gatal.

    ReplyDelete
  4. Wah, ruam popok bayi ini walau tidak bahaya tapi tetap harus segera ditangani ya mba.. Karna kasihan juga anakknya kalau tidak segera ditangani.. Makasih tipsnya yaa..

    ReplyDelete
  5. wah klo udah ruam popok nih, anak anak rewel terus ya. Apalagi cuaca panas banget begini. ya.

    ReplyDelete
  6. Kalo aku sudah terjadi ruam popok, jangan dulu dikasih popok. Jadi cukup lepaskan popok lamanya, dan pakaikan popok kain atau celana atau diangin anginkan Dahulu supaya kulit bernapas, untuk pembersihannya pun lebih baik pakai kapas dan air hangat..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Tetapi, bila masih terjadi ruam, bisa dikasih krim atau salep

      Delete
  7. Ruam popok ini ya, gangguang yang kayak sepele tapi mengganggu. Bikin anak rewl. Dulu pas anak pertama dan kedua, aku sering ngasih bedak yang banyak di lipatan paha biar mereka gak kena ruam. Eh ternyata katanya gak boleh, bisa bikin iritasi dan malah jadi infeksi kalo masuk ke tubuh. Beruntung ya orang tua zaman sekarang, ada banyak produk yang bisa dipakai untuk ruam popok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, Mbak. Sebaiknya jangan dikasih bedak

      Delete
  8. Ruam popok begini pernah bikin aku merasa sendu sekali, Teh. Selain melakukan beberapa poin penanganan yang Teteh sampaikan, aku pun mengganti merk popok yang si kecilku pakai. And it works, alhamdulillah.

    ReplyDelete
  9. Wah jadi inget saat anakku masih kecil dlu sering terkena ruam popok mba anak langsung jadi rewel bngt nih tapi para mama sekarang gk usah khawatir banyak solusinyaa jika terkena ruam popok ..artikelnya sngat bermanfaat mba myraa

    ReplyDelete
  10. Ruam popok ini memang tampak sepele, tapi kalau sudah mengalami, aku pertama kali panik banget.
    Alhamdulillah,
    Dulu dibantu tetangga untuk atasi ruam dan kini ada Bepanthen yang cepat atasi ruam popok pada bayi. Bikin hati tenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ibu baru biasanya suka panik kalau anak terkena ruam

      Delete
  11. Ruam popok bikin khawatir mba, Almira kemarin sempat kena, merah2 dan pastinya perih. Duh jadi gak tega lihat dia nangis. Jadi lebih hati2 lagi mengganti popok, dan iya Almira pakai Bepanthen juga 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kasihan kalau anak sampai kena ruam popok

      Delete
  12. Terlalu lama mengganti popok juga bisa menyebabkan ruam popok ya mbak. Soalnya lembab dan bisa menyebabkan iritasi.

    ReplyDelete
  13. Mengatasi ruam popok pada bayi memang perlu penanganan baik ya, jangan sampai berlarut juga, karena kasihan kulitnya masih lembut

    ReplyDelete
  14. Kalau bayi kena ruam popok suka rewel karena enggak nyaman kali yah. Jadi emang harus dikenali dulu apa penyebabnya biar bisa ditangani dengan baik ya.

    ReplyDelete
  15. Kalau anakku pernah sekali doang karena terlalu lama pakai popok. Ternyata dari mengenalkan makanan baru juga bisa menyebabkan ruma ya. Aku baru tahu.

    ReplyDelete
  16. Ruam popok tu masalah yang biasa dihadapi bayi muda ya. Untung sekarang banyak informasi cara menanggulanginya. Jadi ibu yang baru pertama kali punya baby bisa punya banyak referensi untuk mencegah dan mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! Permasalahan umum, tetapi sebetulnya bisa dihindari

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^