5 Cara Bijak Menggunakan Gaji Bulanan

By Keke Naima - September 10, 2021

Biasanya awal atau akhir bulan suka jadi waktu yang paling ditunggu. Yup! apalagi kalau bukan tanggal gajian, terutama bagi para pekerja. Langsung, deh, pengen beli ini-itu. Kalau sampai kebablasan, bisa-bisa gaji udah habis dalam waktu singkat. Padahal, baruuuu aja gajian.

5 Cara Bijak Menggunakan Gaji Bulanan

Masalah seperti itu terkadang bukan perkara besar-kecilnya gaji. Tetapi, bagaimana kita mengelola gaji bulanan secara bijak. Harus tau caranya, nih!

Pengeluaran bulanan mendadak jadi besar? Masih suka tergoda online shopping? Gaji, kok, kayaknya cepet banget habisnya? Lebih sedih lagi kalau sampe terjebak banyak tagihan kartu kredit atau utang-utang lainnya. Hiks!

Yuk coba kita hindari semua kejadian yang gak diingak tersebut dengan belajar mengelola lebih baik. Simak caranya menurut Co-Founder Sipundi.id, M.Kharisma pada artikel ini!


1. Gunakan metode 50-30-20 untuk mengelola gaji

Metode 50/30/20 adalah salah satu metode budgeting yang dapat membantumu mengelola gaji bulanan. Metode ini memaparkan masing-masing gaji dialokasikan sebesar 50% untuk keperluan, 30% untuk gaya hidup, dan 20% untuk tabungan jangka panjang.
 
Teman-teman bisa membagi secara ideal pengeluaran untuk keperluan sehari-hari hingga menabung dengan menggunakan metode ini. Tentu saja konsistensi selalu menjadi kunci keberhasilan pengelolaan gaji. Jadi jangan hanya diterapkan pada bulan pertama. Bulan-bulan berikutnya juga harus melakukan cara yang sama.


2. Buatlah Anggaran Bulanan

Selalu membiasakan membuat rencana anggaran bulanan. Buat daftar pengeluaran bulanan menjadi 2 bagian yaitu promer dan tersier. Kebutuhan primer di antaranya adalah makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor, dan lain sebagainya. Sedangkan yang termasuk kebutuhan tersier adalah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja.


3. Atur Pengeluaran

Setiap bulan tentu akan selalu ada pengeluaran. Rutin lakukan cek dan ricek untuk mengetahui apakah kondisi finansial teman-teman termasuk sehat atau tudak. Tanda keuangan sehat adalah jika pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan.

Mengatur uang memang gampang-gampang susah. Godaannya suka banyak banget! Apalagi di era belanja online dengan segudang promo seperti gratis ongkir, paylater, flash sale, cicilan 0% dan lain sebagainya. Beugh! Memang kembali ke kedisiplinan masing-masing.

Bukan berarti teman-teman gak boleh bersenang-senang dengan uang yang dimiliki, lho. Malah wajib banget menikmati hidup. Tetapi, tetap harus diukur sesuai dengan kemampuan. Dahulukan membeli barang yang dibutuhkan. Jangan terlalu konsumtif hanya untuk kesenangan semata.


4. Miliki Asuransi

Asuransi bisa memproteksi keadaan finansial saat hal-hal tak terduga terjadi. Karena kita tidak akan pernah tahu kejadian di masa depan. Bisa saja secara tiba-tiba mengalami sakit atau kecelakaan dan butuh uang dalam jumlah besar untuk berobat.

Ada beragam jenis asuransi. Asuransi yang paling penting untuk dimiliki antara lain asuransi kendaraan (asuransi mobil), asuransi perjalanan, asuransi rumah, asuransi kesehatan, hingga asuransi jiwa. Salah satunya, dengan perlindungan dari FWD. Dengan tagline #BebaskanlangkahBerani. Sehingga teman-teman tetap bisa  mengejar passion tanpa perlu khawatir.


Saat ini pembelian produk Asuransi FWD Insurance berhadiah diskon langsung premi/kontribusi 30%, khusus untuk pembelian/kepesertaan produk asuransi: FWD Cancer Protection, Bebas Rencana, Asuransi Bebas Handal & Bebas Aksi (tidak termasuk Bebas Aksi Flash) di ifwd.co.id dan nomor undian #ProteksiOn Lucky Draw untuk setiap kelipatan Rp 100.000,00 dari premi/kontribusi yang dibayarkan pada saat periode program “Promo Flash Sale 9.9” tanggal 9 September – 10 September 2021. Info lebih lanjut silahkan mengunjungi website ifwd.co.id.


5. Investasi

Utamakan menggunakan gaji bulanan untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan. Bila masih ada lebih, dana tersebut tersebut bisa digunakan untuk investasi dengan mengikuti Asuransi, Reksa Dana, maupun membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi.

Investasi ini berbeda dengan menabung. Jika menabung teman-teman bisa mengambilnya setiap saat. Sedangkan berinvestasi, uang yang disimpan dalam bentuk lain dan tidak bisa diambil kapanpun sesuai keinginkan. Cara ini tidak hanya membuat uang teman-teman diam di tempat, namun juga dapat menguntungkan di masa depan.

Salah satunya bentuk investasi adalah asuransi. Saatnya teman-teman mengaktifkan FWD #ProteksiOn Lucky Draw! Siapkan perlindungan dengan beli produk asuransi FWD yang termasuk dalam program dari 26 Juli-31 Desember 2021 dan raih kesempatan menang Grand Prize Mobil Toyota Raize, Sepeda Brompton, iPhone 12 Pro, exclusive Workshop/Class with Expert serta hadiah menarik lainnya!

Teman-teman berhak dapatkan 1 nomor undian untuk nasabah baru dan 2 nomor undian untuk nasabah existing di setiap Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah) premi/kontribusi yang dibayarkan (berlaku kelipatan), selama periode kegiatan 26 Juli - 31 Desember 2021. Pilih produk asuransi dari FWD Insurance sesuai kebutuhan kamu melalui jalur Keagenan: FWD Critical Armor, Asuransi Bebas Rencana Optimal, FWD Legacy Protection dan Asuransi Bebas Handal. Cari tahu syarat & ketentuan program di sini https://www.fwd.co.id/proteksion.

Sebetulnya bukan gaji besar yang membuat kita menjadi kaya. Karena sebesar apapu  gaji yang dimiliki akan terus berasa kurang bila tidak dikelola. Kebiasaan baik mengelola uang gajian ini harus teman-teman miliki. Jika ingin memiliki masa depan dengan keuangan yang sehat dan lebih baik dari kehidupan saat ini, ayo mulai bijak atur uang untuk masa depan! 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^