Sudah lama Bandung menjadi salah satu kota terfavorit tujuan wisata bagi orang Jakarta. Jaraknya yang relatif tidak terlalu jauh, bahkan bisa pulang hari. Waktu tempuh dengan naik kereta api atau travel hanya sekitar 3 jam tanpa macet.

Persiapan Traveling Agar Perjalanan Aman dan Menyenangkan

Ingin refreshing liburan sejenak ke Bandung di saat weekend?

Kota ini masih terbuka untuk wisatawan. Tetapi, di saat pandemi teman-teman harus menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan maupun saat mengunjungi berbagai destinasi wisata di Bandung yang buka.

Nah, agar liburan ke Bandung di saat weekend terasa nyaman, berikut ada tips yang bisa jadi referensi nih!


1. Pilih Jam Berangkat/Pulang yang Nyaman

Dibandingkan kereta api, jadwal travel jurusan Bandung lebih fleksibel. Sehingga cocok dipilih sebagai moda transportasi ke Bandung. Untuk masalah jam berangkat harus dipikirkan terlebih dahulu karena dapat mempengaruhi kenyamanan perjalanan.

Hal ini karena biasanya jalanan Jakarta-Bandung bisa macet dengan berbagai alasan di siang hingga sore hari. Maka dari itu banyak yang berangkat di Jumat malam setelah jam pulang kerja untuk menghindari kemacetan dan bisa istirahat di jalan.

Begitu sampai di Bandung saat tengah malam, teman-teman bisa langsung tidur di hotel. Baru deh keesokan harinya langsung cus jalan-jalan keliling Bandung. Ada juga yang berangkat subuh dari Jakarta di hari Sabtu. Tiba di Bandung tidak terlalu siang dan langsung meluncur ke tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Sama halnya dengan jam pulang ke Jakarta. Travel biasanya memiliki banyak waktu keberangkatan, bahkan subuh sekalipun. Jika teman-teman tipe yang sanggup pulang liburan, tanpa jeda dan langsung kerja, bisa memilih pulang ke Jakarta dengan jadwal travel paling awal sekitar pukul 5 pagi di hari Senin.

Tapi bagi teman-teman yang ingin istirahat setelah perjalanan ke luar kota, bisa memilih pulang dari Bandung di Minggu sore. Tiba di Jakarta malam hari. Sehingga ada waktu istirahat sebelum lanjut bekerja di hari Senin.


2. Beli Tiket Travel Online

Sudah punya plan ingin berangkat ke Bandung jam berapa? Jika ya, selanjutnya teman-teman harus membeli tiket travel yang bisa dilakukan secara online. Lebih cepat, aman dan pastinya sangat praktis. Hanya modal klik klik setelah menentukan tanggal dan jam berangkat serta jumlah penumpang, teman-teman sudah bisa mengantongi tiket travel ke Bandung dengan mudah.

Salah satu keunggulan beli tiket online adalah ada banyak pilihan operator yang tersedia. Misalnya Daytrans yang menawarkan jam berangkat dan titik pool keberangkatan yang banyak. Tiket travel Daytrans bisa dipesan lewat Traveloka. Kamu bahkan bisa pilih kursi sesuai keinginan lho!


3. Atur Itinerary yang Sejalan

Bandung punya banyak sekali destinasi wisata yang bisa teman-teman kunjungi. Namun untuk menghemat waktu dan juga waktu tempuh, ada baiknya itinerary ke Bandung mu berisi tempat wisata yang sejalan.

Misalnya Lembang. Ada banyak hal menarik yang bisa dikunjungi di Lembang. Contohnya ke Gunung Tangkuban Perahu terlebih dahulu, lalu turun mampir ke Cikole, bisa juga mampir ke Floating Market, Farmhouse, Rumah Sosis Bandung yang berada di satu jalur jalan yang sama. Jika ingin mengeksplor Bandung Selatan bisa dimulai dengan mengunjungi Ciwidey Valley Resort, lanjut ke Kawah Putih lalu Ranca Upas.

Untuk itinerary liburan, pastikan teman-teman sudah mengetahui perkembangan terbaru soal penerapan pembatasan di Bandung karena dapat berubah-ubah sesuai kondisi di lapangan. Ada tempat wisata yang membatasi jumlah pengunjung, ada yang mewajibkan reservasi online untuk mengurangi antrian dan kontak fisik, dan ada juga yang jam bukanya terbatas.

Teman-teman harus punya info mengenai hal ini agar tidak kaget jika ternyata ada tempat wisata yang ditutup sementara. Pastikan juga selalu pakai masker selama perjalanan dan saat mengunjungi tempat wisata di Bandung, ya! Bawa juga hand sanitizer untuk memastikan tangan selalu bersih dan terhindar dari kemungkinan potensi penularan virus corona selama liburan. Selamat bepergian ke Bandung! Ingat tetap praktekkan 3M ya; memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.