Tetap Olahraga Saat Puasa Sekaligus Berdonasi

By Keke Naima - May 14, 2020

Tetap Olahraga Saat Puasa Sekaligus Berdonasi - Sebelum ada pandemi COVID-19, biasanya ngabuburit dengan cara keluar rumah. Sekadar jalan-jalan sore atau malah banyaknya cari menu tajil hingga utama. Gak heran kan kalau sore hari di berbagai lokasi banyak tukang jualan makanan yang diserbu banyak pembeli.

Tetapi, karena saat ini mayoritas masyarakat harus di rumah aja karena PSBB, jadi ngabuburit dengan cara lain. Ada gak yang terpikir untuk berolahraga di saat ngabuburit?

tetap olahraga saat puasa sekaligus berdonasi

Hmmm ... Seharusnya dalam kondisi apapun tetap rutin berolahraga, ya. Termasuk saat bulan Ramadhan. Ada atau gak ada virus Corona, olahraga seharusnya tetap dilakukan saat berpuasa. Tentunya untuk menjaga kebugaran tubuh. Self reminder juga nih buat diri sendiri.


Workout From Home


Selama berada di rumah aja, kita bisa tetap berolahraga. Apalagi di zaman digital begini, banyak aplikasi yang akan memandu kita untuk melakukan workout. Bia perlu alat bantu pun bisa menggunakan apapun yang ada di rumah.

Tetapi, bagi yang belum terbiasa, berolahraga memang akan terasa berat. Apalagi kalau harus melakukan sendiri. Suka berasa kurang seru kalau gak ada temannya.


berolahraga saat puasa ramadhan

Rabu (6/5), melalui IG live di akun FWD, mengajak kita semua untuk WFH (Workout From Home) bersama GOFIT. Workout ini dengan dipandu oleh Sistya Windasari, Founder Fit Squad. Juga ditemani oleh Zee Zee Shahab, Health Influencer.

Sehabis olahraga kan biasanya haus. Itulah kenapa dipilih waktunya sore hari. Supaya gak kelamaan menahan hausnya.

Gerakannya pun gak sulit. Bagi pemula masih bisa mengikuti. Dan durasinya pun hanya sekitar 30-45 menit. Lumayan lah membakar kalori sekaligus menjaga tubuh tetap bugar.

Sebelum hingga sesudah olahraga, kita bisa bertanya kepada Sistya atau Zee Zee. Beberapa pertanyaan akan dijawab oleh mereka berdua


#BukaBarengFWD


Selama pandemi gak ada acara bukber?

Tetap ada, dong! Tetapi, pastinya dilakukan secara online.

Jum'at (8/5), FWD mengajak #BukaBarengFWD melalui Zoom. Sekitar 1 jam sebelum waktu berbuka, kita semua diajak berbincang-bincang tentang kolaborasi FWD Life bersama SOS Children's Village untuk berbagi.

Host pada acara #BukaBarengFWD adalah Zee Zee Shahab. Diawali dengan bincang-bincang tentang topik Workout From Home bersama Sistya Windasari sebagai narasumber.

Sistya mengatakan sebaiknya hindari gorengan untuk menu berbuka puasa. Tetapi, yang terpenting adalah menjaga kondisi perut. Setelah sekian jam perut dibikin kosong, jangan sampai jadi kaget dengan menu buka puasa yang tidak tepat.

Ya kalaupun belum bisa menghindari gorengan, setidaknya jangan kebablasan, lah. Nanti pelan-pelan berusaha deh menghindari makan gorengan *Duh! Semoga Chi juga bisa ya menghindari gorengan sebagai ta'jil. Tetapi, selama ini juga gak berlebihan kok menyantapnya hehehe.

Memilih olahraga di sore hari juga untuk menghindari tubuh kekurangan cairan dalam waktu yang lama. Seusaikan juga dengan kemampuan tubuh masing-masing, ya. Jangan memaksakan diri hingga malah jadinya cedera. Bila belum terbiasa, gak perlu setiap hari juga. 3-4 x dalam seminggu juga cukup


Kolaborasi untuk Berbagi FWD Life dan SOS Children's Village


donasi kolaborasi untuk berbagi fwd life dan sos children's village

Ibu Evelyn Simanjuntak, Head of Bancassurance Business at FWD Life Indonesia, mengatakan bahwa sekecil apapun donasi yang diberikan pada saat ini akan saat berarti bagi yang membutuhkan. Saat pandemi COVID-19 ini memang banyak yang terkena dampaknya, termasuk anak-anak. Oleh karena itu, FWD Life berkolaborasi dengan SOS Children's Village mengajak masyarakat untuk ikut berdonasi #BerbagiBarengFWD.

Menurut Mas Luthfi Moch. Zaky - Corporate Partnerships at SOS Children's Villages Indonesia, saat ini lebih dari 5500 anak  dari 2400 keluarga yang berada di desa SOS di seluruh Indonesia. Pola asuh di desa SOS ini sebetulnya berkelanjutan. Anak-anak diberikan berbagai pelatihan yang kelak akan berguna bagi mereka.

Tetapi, saat pandemi saat ini, anak-anak ini berisiko kehilangan pengasuhan orang tua sebagai dampak dari pandemi. Oleh karenanya SOS Children's Village berusaha memenuhi kebutuhan dasar keluarga seperti makanan dan sanitari sebesar Rp1 juta per bulan agar pengasuhan bisa tetap berjalan.

Kolaborasi ini bentuknya unik, lho. Masyarakat yang ingin ikut berdonasi ditantang untuk melakukan olahraga virtual selama 7 hari. Caranya mudah banget


  1. Daftar di https://www.sos.or.id/berbagibarengfwd dan bayar biaya registrasi sebesar Rp200.000,00. Seluruh biaya registrasi akan didonasikan kepada SOS Children's Village
  2. Selama 7 hari, kita diminta submit berapa kalori yang berhasil terbakar selama workout. Jumlah kalori tersebut akan dikonversikan oleh FWD menjadi donasi
  3. Di akhir tantangan, peserta akan mendapatkan jersey FWD

Unik banget 'kan donasinya. Dengan #DiRumahAjaBarengFWD, kita bisa dapat 2 manfaat, nih. Badan jadi bugar karena rutin berolahraga. Sekaligus juga ikut berdonasi. Apalagi sekarang bulan Ramadhan. Insya Allah, berkahnya bisa berlipat ganda. Aamiin.

Bagaimana kalau tidak sanggup workout, tetapi tetap ingin berdonasi?

Silakan buka https://kitabisa.com/campaign/BerbagiBarengFWD. Teman-teman bisa langsung berdonasi di sana sesuai kemampuan.

Teman-teman bisa lihat juga infonya di akun Instagram @fwd_id atau @desaanaksos. Semoga di masa pandemi ini kita tetap semangat untuk berolahraga dan berdonasi, ya

  • Share:

You Might Also Like

41 comments

  1. Selalu ada cara untuk sehat, tetep berpuasa , berolah raga dan berbagi. Keren banget acara FWD ini yang reminder untuk terus berolahraga sambil berdonasi. Semoga sehatnya dapet dan berkahnya juga dapet.

    Meni oren-oren ceria nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Oren kan nuansanya segar dan ceria, Teh hehehe

      Delete
  2. Di zaman sekarang, ada banyak cara untuk berbagi ya, Mak. Acara buka bareng virtualnya menarik ini, ada hal edukatif yang bisa diperoleh.

    ReplyDelete
  3. Wah, mantap ini sambil berolahraga sekalian berdonasi juga di pandemi corona ini. Ternyata di rumah aja kita memang mesti makin menjaga kesehatan dan pola makan yang baik ya mbak :) Coba ah, olahraga virtual selama 7 hari yeay!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Tetap usahakan bergerak supaya tubuh tetap sehat

      Delete
  4. olahraga tetap bisa dilakukan secara rutin meski di rumah aja ya mba, ya gerak-gerak tipis dikit lah biar badan ini digerakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Jangan diforsir kalau bulan puasa. Nanti bisa dehidrasi juga

      Delete
  5. Ada trigger untuk donasi yg diadakan sama fwd ini bagus bgt buat ingetin kita untuk olahraga krn yg susah emang motivasi olahraga di rumah itu, tp klo ada motif donasi semoga tambah semangat yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mbak. Saya juga harus ada motivasinya kalau mau olahraga

      Delete
  6. Nah biasanya kan males-malesan tuh kalau mau workout di rumah, bisa banget sekalian berdonasi gini bareng FWD agar workoutnya makin semangat.

    ReplyDelete
  7. AKu semenjak puasa agak kendor nih olahraganya, padahal sebelumnya setiap hari minimal olahraga tapi sekarang malah 2 hari sekali bahkan kadang 3 hari sekali. Jadi pengen lebih semangat lagi untuk olah raga dan terus menjaga asupan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak salah gak perlu tiap hari juga gak apa-apa. Asalkan konsisten aja

      Delete
  8. Aku ikut kelas FWD ini dan senang banget bisa ikut workout barneg dan berkeringat jelang buka puasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru ya kalau workout rame-rame gitu meskipun virtual :D

      Delete
  9. asik ya ada aja idenya bukber online hehehe jadi penasaran nih pengen liat acara IG Livenya FWD ntar aku kepoin dulu ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, seru. Karena bisa sambil dengerin materi yang bagus :)

      Delete
  10. Wah, idenya menarik ya ikut kegiatan menarik sambil berdonasi, kita bisa seru-seruan sehat dan membantu orang lain juga..

    ReplyDelete
  11. Zaman sekarang semua dipermudah ya mak. Yang biasa olahraga diluar sekarang masih tetep bisa olahraga di rumah. Salah satunya workout from home. Aku sering lihat igtv workout beberapa artis, lumayan bikin keringat ngocor hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sebelum pandemi pun lebih sering workout from home :)

      Delete
  12. Iya ya, terbaik untuk berbuka memang menghindari gorengan tapi susah kalo beneran dilakukan. Pasti di rumah ada yang protes, hihihi

    Challenge dari FWD untuk mengajak masyarakat berdonasi unik juga. Dengan work out nantinya bakal dapat Jersey, asik nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi buat penggemar gorengan garis keras hahaha. Iya memang keren program FWD

      Delete
  13. Aku juga melakukan olahraga ringan walaupun di rumah aja kadang buka di YouTube untuk mengetahui gerakannya. Unik banget ini gerakan berdonasi nya

    ReplyDelete
  14. Seru ya mba buka bareng meski online bersama FWD btw zee zee juga kan suka lari ya dia pas nih jadi hostnya krn dia demen olahraga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru. Zee zee memang pas deh jadi host saat itu

      Delete
  15. Nah ini dia yang belum sempat saya lakukan, berolahraga di saat bulan ramadan. Rasanya tuh waktu terlipat semakin hectic padahal niatnya menjelang buka mau oleharaga dulu sekitar 15 menit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang seperti itu godaan untuk berolahraga saat Ramadhan :)

      Delete
  16. aku walkathome olahraganya muter muter muter ae gitu di rumah wkwkwk
    senneg walau suka diriwehin anak-anak paling ga ya usaha biar sehat
    meskipun ttp kudu ada perlindungan ya buat keluarga demi masa depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Cha. Saya juga belum berani olahraga di luar rumah

      Delete
  17. Wih seru olahraga online rame2 gtu, bisa berdonasi juga buat mereka yang membutuhkan pula.
    Iyes mbak di rumah aja jgn sampai rebahan mulu, soalnya kalau gak banyak gerak malah imunitas bisa turun yg bahaya banget biat kita nantinya

    ReplyDelete
  18. Wah, inovatif banget ya FWD. Kalau kayak gini jadi semangat karena berasa dobel manfaatnya. Aku juga berusaha tetap olahraga meskipun lagi puasa dan di rumah saja. Tapi emang banyak godaan malasnya. Kudu punya tujuan yang jelas.

    ReplyDelete
  19. sebelum puasa aku masih olahraga di rumah aja bareng anak dan suami. Selama puasa aku belum pernah ... khawatir ga kuat, heu ... padahal yaa coba aja jalanin buat kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. idealnya memang tetap berolahraga sata Ramadhan :D

      Delete
  20. Saya pernah nyobain plank, tangan langsung tremor heheh, Harus sering latihan yah, semangat Tian mau ikutan nih tantanganya semoga ga males hehe

    ReplyDelete
  21. Semoga kita semua diberi kesehatan dan kelancaran dalam beribadah di bulan Ramadan ya mba. Kalau badan sehat, ibadah jg lancar ya.

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^