Percakapan BB

By Keke Naima - September 19, 2013

Akhirnya kami punya BB, yeaaaayyy ...! *Berita gak penting. Emang ada yang nanya? :p

Awalnya kami punya BB karena K'Aie mulai jualan online (klik aja tulisan yang jualan online itu, ya. Kalau mau tau jualan apa. *promosi terselubung :p). Dan menurut saran beberapa temannya, sebaiknya kalau mau jualan (online atau enggak) punya BB. Pengguna BB di Indonesia itu banyak banget, jadi punya BB bisa membantu penjualan. Bener atau enggak, kita gak bakal tau kalau gak membuktikan sendiri, kan? Akhirnya kami pun beli BB. Sejauh ini, sih, pembelinya kebanyakan ordernya lewat sms atau whatsapp

Karena emang cuma dipake untuk jualan, jadi kami pun gak ikut group-group apapun. Males, nanti bunyi terus. Berisik, ah :D Dikatakan BB kami karena memang jadinya BB bersama. Sesekali Chi pake buat bikin status di FB atau twitter hehe. Tapi kalau ada yang tanya Pin BB suka gak Chi kasih. Selain gak tau, juga karena tujuan awal BB kan untuk jualan aja. Lupa, kapan tepatnya, Keke pun mulai pake BB itu. Dan mulai, deh, BBnya berisik ... tang ting tung tiap hari, karena Keke ikut group sama beberapa teman seangkatannya di sekolah.

Sebagai orang tua, Chi dan K'Aie masih bebas untuk melihat isi percakapan Keke dan teman-temannya. Keke juga udah ngerti, karena sering diingatkan kalau dia masih anak-anak, masih harus dalam pengawasan, jadi bukan berarti kami gak menghargai privasinya.

Dari group itu Chi jadi tau kalau beberapa temen Keke memang ada yang udah dibeliin BB tapi ada juga yang masih pake bersama kayak Keke. Chi juga jadi lebih tau temen-temen Keke ada yang bahasanya masih sopan, ada yang rada kasar. Gak ada satupun dari mereka yang pake bahasa 4l4y, tapi tetep aja Chi pusing bacanya kalo mereka udah nulis pake tulisan-tulisan 'berenda' khas BB.

Chi selalu ingetin Keke untuk tetap menjaga sopan-santun walaupun lagi ngobrol. Siapa tau orang tua temen-temennya juga seperti Chi dan K'Aie, masih mengawasi. Apalagi ada juga temennya yang seperti Keke, pake BB orang tuanya.

Dari semua percakapan itu, beberapa hari lalu ada percakapan yang menarik. Keke sendiri saat itu gak ikutan, karena udah tidur. Ya, dari situ Chi bisa kira-kira, pukul beberapa temen-temen Keke tidur. Kalau Keke pukul 8 udah gak tahan ngantuk, sementara beberapa temen Keke biasanya masuk pukul 10 baru sepi BBnya :)

Ceritanya, salah seorang dari mereka ada yang mau pindah ke Amsterdam, katakanlah namanya A. Trus salah seorang temen Keke lainnya, mengajak 11 orang temannya (termasuk Keke) berdiskusi kira-kira hadiah perpisahan apa yang bakal dikasih untuk A.

Awalnya ada yang tanya kenapa beberapa teman lain gak diajak? Trus dijawab sama yang lain, kenapa-napanya. Pokoknya akhirnya mereka sepakat cuma 12 orang aja yang diajak. Dan harus dirahasiakan. Tanpa bermaksud menilai benar atau salah, Chi jadi tau kalau mereka udah bisa menilai teman-temannya begini-begitu.

Kemudian berlanjut ke pembicaraan tentang uang, yang menurut Chi paling menarik dan kadang bikin Chi senyum-senyum sendiri. Pertama ada yang ngusulin untuk patungan masing-masing Rp.5.000,00. Tapi ada yang gak setuju, katanya terlalu sedikit. Pas yang gak setuju ditanya maunya berapa, dia jawab Rp.6.000,00 aja. Dan langsung dibales sama temen yang lain, nangggung amat! :D Ada yang ngusulin 10 ribu, 15 ribu, 20 ribu, bahkan Rp.17.500,00 *Halah! Lebih nanggung lagi. Susah cari kembalian 500 rupiahnya nanti :p. Yang akhirnya sepakat patungan Rp.20.000,00

Yang menarik, sempat terjadi perdebatan rada sengit antar 2 orang teman Keke. Yang satu ngusulin 10 ribu aja, alasannya uang bulanan dia belum waktunya turun. Itupun tadinya dia ragu untuk ikutan karena uangnya tinggal 10 ribu. Tapi yang temen yang lain bilang, "Kok, kayak gajian orang kantoran aja? Uang tinggal minta aja sama orang tua. Repot banget" Yang pake uang bulanan awalnya tetep gak mau minta, karena merasa udah dijatah sama orang tuanya. Tapi setelah agak sedikit debat dengan temannya, akhirnya mau ngalah dan bilang akan coba minta. Buat Chi percakapan itu menarik, entah seperti apa model pendidikan masing-masing orang tuanya tapi ada anak yang udah bisa mengatur keuangan dan ada juga yang masih berpikir kalau uang tinggal minta.

Percakapan berikutnya bikin Chi senyum-senyum. Setelah disepakati patungan Rp.20.000,00 mereka sepakat juga untuk bikin 3 kelompok. Alasannya supaya hadiahnya jadi banyak. Masing-masing kelompok terdiri dari 4 anak, yang kalau uangnya udah terkumpul berarti tiap kelompok akan terkumpul Rp.80.000,00. Nah yang bikin Chi ngikik itu, ide-ide mereka untuk hadiah. Pada setuju untuk ngasih coat, alasannya di Amsterdam udaranya dingin jadi coat pasti kepake. Masalahnya emang ada coat dengan harga segitu? Hehehe. Apalagi mereka juga berencana, uang yang terkumpul kalau ada sisanya buat makan-makan perpisahan :O Tapi di sini mereka juga belajar berdiskusi dan membuat keputusan yang disepakati bersama.

Keke sendiri baru nimbrung besok paginya. Dia gak banyak ikut diskusi karena udah banyak diputusin pas dia lagi tidur, Tapi sampe sekarang belom tau juga hadiahnya apa, uangnya juga belom dikumpulin karena temannya memang belum pindah.

Mengawasi anak-anak kalau lagi ngobrol ada manfaatnya juga. Selain menjaga supaya anak sendiri gak kebablasan, juga bisa tau seperti apa, sih, jalan pikiran anak kita dan teman-temannya itu. Dan kadang seru juga, kok. Cobain, deh :)

  • Share:

You Might Also Like

20 comments

  1. setuju mbak..kadang kita memang harus "nimbrung" pembicaraan anak2 supaya tahu gimana pergaulan mereka dengan teman2nya..
    aku juga cek hp Zidan dan kadang nimbrung sedikit saat Zidan kumpul dgn teman2nnya :D

    ReplyDelete
  2. hihihi emang lucu2 percakapan anak2 mba, aku aja dulu suka dengerin pembicaraan adeku sama temen2nya kalo lagi ngumpul, kadang bikin ngikik sendiri.

    ReplyDelete
  3. saya juga kadang ngintip tulisan-tulisan anak-anak yang ada di hape, akun sosial maupun terkadang menelusuri laptop mereka. Inilah sebagai salah satu upaya kita mengetahui bagaimana perkembangan anak-anak di lingkungan sosialnya.

    ReplyDelete
  4. Bener banget.. suka nimbrung kalo dzaky lagi main sama temen2nya.. Aku bakal nemuin beraneka ragam percakapan anak kecil yang bikin kita senyum2 sendiri...

    Aku ngikik banget tuh pas ada temen Keke yang nolak iuran 5rb tp malah ngusulin 6rb duank.. hahaha *nanggung cuuiiii.. Dasar anak2^^

    ReplyDelete
  5. hahhaha.. ya ampuuun,, berarti wktu dulu klo aku suka ngubrul ama temen2, ortuku geli gak ya ? -_____-

    ReplyDelete
  6. klo Keke ikutan nimbrung obrolan itu, kira2 Keke akan ajuin uang patungannya berapa ya? :):) xxixiixixi

    ReplyDelete
  7. hahaha iya ya seru juga mantau percakapan anak2 kayak gitu :D
    aku aja kadang suka nguping kalo ponakanku ngobrol ama temen2nya..luucuuk2 bahasannya.. :D

    ReplyDelete
  8. Wah! Padahal BB mo gulung tiker dg pemecatan 5000 karyawannya, tapi ampe sekarang gue gak pernah kesampean punya BB. Dan kerennya sekarang BBM udah ada di android, so ampe kapanpun gue gak jadi minat punya BB. :-)

    ReplyDelete
  9. Hihi...kemarin dah komen di sini sampai dua kali, ternyata gak masuk juga.
    Teman-teman Keke keren keren ya Teh, kecil kecil dah pandai diskusi. Kadi senyam senyum aja baca kisah kepolosan mereka. Itu lho yang iuran 5rb jadi 6rb, dan mau beli coat 80rb.

    ReplyDelete
  10. sama mak, bb jadi milik bersama, 4 org barengan he he.. Yg sering make malah anaknya, emaknya jarang banget pake. Klo anak2 jam 10 sdh sepi ya, klo sdh mulai remaja spt anakku ini, jam 12 masih aktif itu teman-temannya yaelah *tidur jam berapa mereka? Klo buat anakku jam paling malem utk bb, sms ato telp ya setengah sembilan malem..

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^