Hari Pertama Sekolah, Hari Dimana Mereka (Ternyata) Masih Anak-Anak.

By Keke Naima - August 03, 2015

"Bunda, nanti hari pertama sekolah nemenin, kan?"

Sekitar dua minggu sebelum tahun ajaran dimulai, Nai sudah bertanya seperti itu. Dan selalu aja seperti itu pertanyaannya setiap tahunnya. Begitu juga Keke, selalu menanyakan dan meminta hal yang sama.

Kalau Keke dan Nai masih baru masuk TK atau SD sih mungkin permintaan untuk selalu ditemani di hari pertama sekolah itu sesuatu yang umum, ya. Bahkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI sampai bikin infografis tentang pentingnya menemani di hari pertama sekolah. Karena sekolah memang merupakan rumah kedua bagi anak. Tentu anak harus merasa nyaman juga dengan rumah keduanya dimana gak setiap saat orang tua selalu menemani.

Oleh karena memang penting bagi anak untuk ditemani di hari pertama sekolah. Supaya mereka merasa nyaman dan aman. Terlebih buat anak yang gak mudah langsung akrab dengan suasana baru. Tentu adanya orang tua sebagai pendamping di hari pertama membuat anak merasa nyaman.

Tapi, Keke dan Nai kan udah bertahun-tahun sekolah di sana. Malah Keke sekarang udah kelas 6. Makanya Chi suka merasa lucu aja kalau mereka masih suka meminta untuk ditemani di hari pertama sekolah. Kadang waktu suka gak berasa berjalan begitu cepat. Tau-tau anak udah gede. Tapi kalau melihat mereka masih minta ditemani di hari pertama sekolah, rasanya itu salah satu momen dimana mereka itu (ternyata) masih anak-anak. Chi sih suka aja ngelihatnya. Walopun kadang Chi suka pura-pura menolak. Trus nanti Keke dan Nai ngerengek minta ditemenin hihihi.


Pelepasan balon selalu jadi favorit siswa/i di sana. Selalu pada bersorak-sorai kalau saatnya pelepasan balon. Tapi tahun ini Chi merasa mellow lihat pelepasan balon.


Kegiatan hari pertama di sekolah Keke dan Nai itu gak pernah lama. Paling cuma sejam ajah. Cuma upacara dan pelepasan balon, abis itu bagi-bagi goodie bag *etapi tahun ini tumben gak ada goodie bagnya hehehe*. Upacaranya juga bukan upacara bendera. Tapi upacara perkenalan, dimana seluruh murid dari mulai play group hingga SMP masuk secara tertib dikawal wali kelas masing-masing. Trus MC mengenalkan masing-masing wali kelas. Setelah itu ada sedikit wejangan dari ketua yayasan lalu selesai, deh. Ditutup dengan pelepasan balon sebagai tanda dibukanya tahun ajaran baru. Selesai, deh.

Upacara pembukaan tahun ajaran ini rada bikin Chi mellow karena bisa jadi upacara pelepasan balon buat Keke di sekolah ini. Belum tau ngelanjutin ke SMP mana tahun depan. Kalau ngelanjutin di sana lagi, berarti masih akan ada upacara pelepasan balon. Dan, bisa jadi Keke masih tetep akan minta ditemenin saat hari pertama sekolah. Gak tau deh kalau SMPnya gak di sana. Mungkin pelepasan balon tetap akan ada. Tapi, belum tentu orang tua masih boleh menemani.

Makanya Chi rada-rada mellow. Gak berasa kalau anak-anak udah makin gede. Apalagi pas lihat anak-anak playgroup masuk ke halaman upacara. Eyaampun mungil-mungil bangeeett! Trus diantara mereka ada yang ceria, ada juga yang nangis. Jadi inget kalau Keke dan Nai juga pernah semungil itu. Ketika TK, Keke masih menangis. Ketika masuk SD, giliran Nai yang menangis. Dan, Chi harus menemani mereka upacara saat itu hihihi.

Sekarang sih mereka cuma minta ditemenin aja. Sampe pintu gerbang, Keke langsung ngacir main sama temennya. Kalau Nai. harus diantar ke kelas barunya dulu baru main sama temannya. Jadi, sebetulnya begitu sampe di sekolah, bundanya dicuekin hahaha. Tapi, gak-apa, lah. Request setahun sekali aja. Karena setiap pagi kan yang anter ayahnya. Cuma di hari pertama sekolah aja buat mereka bunda wajib menemani sampe selesai. Ah, ternyata mereka masih anak-anak kalau udah kayak gitu :)

  • Share:

You Might Also Like

42 comments

  1. Waktu ga terasa ya, Mba.
    Asyik juga ada pelapasan balon :)

    ReplyDelete
  2. Ternyata udah lama ya aku follow blog ini. Jadi ngerti tiap tahun ada apa aja di sekolah Keke Nai :)

    ReplyDelete
  3. sekolah kayak event blogger ya mbak, ada pelepasan balon sama bagi-bagi goodie bag ??

    ReplyDelete
  4. tau-tau nanti keke nai udah pada kuliah, terus kerja, mak. hihiiii

    ReplyDelete
  5. Wah, sekolahnya asyik ya...ada pelepasan balon segala..Anak- anak tidak terasa cepat besar ya..

    ReplyDelete
  6. keke tahun depan dah SMP ya??aih,udah gede aja yaa hehehe...

    ReplyDelete
  7. Asik banget itu sekolahnya ada pelepasan balonnya :')

    ReplyDelete
  8. Nggak terasa anak-anak sudah tambah gede ya, dulu masih digendong sekarang sudah beranjak jadi ABG :)

    ReplyDelete
  9. Time flies ya mak Chi..aku pun mewek juga pas nadia pake seragam merah putih pertama x dan masuk kls dgn pedenya..dulu pas PG nangis kejer :p

    ReplyDelete
  10. wah ada bagi2 goodiebag juga, asyk juga ya mb

    ReplyDelete
  11. Request anakku kalo mama anter harus dadan cantik hahaha

    ReplyDelete
  12. aq bru pertama kali nganter anak sekolah.. mungkin nanti.akan merindukan masa masa ini

    ReplyDelete
  13. Melihat anak kita mulai memakai seragam tuh rasanyaaaaa...

    Ternyata dia bukan baby lagi

    ReplyDelete
  14. Waah anak-anak ternyata emang tetep anak :D

    ReplyDelete
  15. aku jaman skolah dulu g prnh dianter ama ortu ;p.. sedih sih ga, tp mungkin krn dr TK udh dibiasain gitu kali ya, jdnya, memang g prnh minta ditemani tiap hr pertama msk skolah lagi... biasanya baby sitterku dulu cm anter ampe dpn pintu gerbang, trs guru deh yg menymbut :)..

    tp jdnya, skr fylly msk paud pun, babysitterny juga yg anterin ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gak pernah dianterin. Tapi ketika jadi ibu, saya pengen nganterin terus :D

      Delete
  16. seru bgt ada acara pelepasan balon gitu ya bun...

    time flies..tau2 anak2 udah pada gede2 aja ya

    ReplyDelete
  17. Pelepasan balon, unik yaah... Hehe, klo di sekolah negeri mana ada. :D mba myr, hamil lg yuk, biar punya anak mungil lagi :v

    ReplyDelete
  18. membayangkan juga ntr kalo punya anak..pengen nemenin juga melihat aktifitas mereka di awal-awal.. :)

    ReplyDelete
  19. Sekolah anakku juga ada pelepasan balon pdhl sdh SMP & SMA. Apakah sekolah2 di Jawa begitu semua ya?

    ReplyDelete
  20. Belum pernah aku mengalami pelepasan balon di hari pertama masuk apapun. Apa ini sesuatu yang baru ya? Semoga nanti di sekolah Ubii ada aahhh :D

    ReplyDelete
  21. Hari pertama sekolah emang gak bisa dilupain. Aku dulu nganterin mereka sampe ku kursi tempat duduknya. Si sulung sih langsung minta aku keluar. Tapi kalo anak kedua, dia minta dtemenin sampe guru datang. Dia mah pemalu banget. Wuih.... dua tahun lagi, aku bakal ngerasain ini lagi deh. De Zaudan bakal segera masuk TK. Gak tahu deh dia bakal gimana. Kalo diliat sih, dia juga jago kandang :D

    ReplyDelete
  22. Dinikmati ya, mbak saat-saat anak-anak masih minta ditemani. Makin besar semoga makin membanggakan :) Kalau aku sampai hari pertama kuliah pun minta ditemani, tapi bukannya manja, cuma pengen sama-sama tahu. Kalau ortuku gak lihat takutnya mereka khawatir, jadi akunya nyaman dan merekanya juga hatinya tenang, hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih asik sampe kuliah. Kira-kira anak-anak saya bakal begitu gak, ya? :)

      Delete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^