Selasa, 15 Mei 2012

Keke Belajar Jualan

Sejak mereka mulai sekolah di playgroup sampe sekarang Chi gak pernah kasih anak-anak uang jajan ke sekolah. Chi selalu membiasakan membawakan mereka bekel ke sekolah setiap hari.. Chi pikir membawa bekel dari rumah itu banyak manfaatnya kok. Selain lebih irit, kebersihannya kan juga lebih terjamin.. Walopun di sekolah Keke ada kantin sekolah yang cukup bersih (di sekolah Keke gak ada penjual makanan kaki lima) & ada catering juga. Tapi Chi juga gak tertarik untuk order catering sekolahan. Walopun makanannya udah pasti komplit menunya tapi Chi pikir belum tentu setiap menu yang di tawarkan sesuai dengan seleranya anak-anak Chi.. Buktinya Keke beberapa kali cerita kalo dia suka dapet limpahan makanan dari temen-temennya yang gak suka menu tertentu atau kalo gak Keke di ajak tukeran bekel. Yah karena Keke emang dasarnya suka makan jadi dia gak terlalu masalah, hanya kadang-kadang aja kalo hari itu dia di bawain bekel yang kesukaan dia banget trus ternyata temen-temennya juga pada suka jadi dia suka ilfil kalo banyak yang minta.. Dengan kata lain emang paling pas ya menu yang di buat sama bundanya sendiri lah, karena yang paling tau seleranya Keke-Nai kan Chi :D

Tapi bukan berarti mereka gak pernah jajan ya.. Mereka suka jajan tapi Chi yang temenin.. Jadi jajannya mereka tetep dalam pengawasan Chi.. Gak boleh berlebihan & jangan makanan yang aneh-aneh.. Atau pernah juga Chi kasih Keke uang jajan, tapi biasanya itu karena Chi kesiangan bangun jadi gak sempet bikin bekel.. Untungnya frekwensi kesiangannya jarang banget sih..

Suatu hari Keke cerita kalo di kantin sekolahnya jualan yoghurt..

Keke : "Bun, di kantin sekolah kan sekarang jualan yoghurt. Keke mau ya bun.."
Bunda : "Bukannya tiap hari juga Keke minum yoghurt di rumah?" *fyi, dari bayi anak-anak emang lebih Chi biasain konsumsi yoghurt ketimbang sufor
Keke : "Yang ini banyak rasanya bun.."
Bunda : "Yang di rumah juga.. Bedanya dimana?"
Keke : "Tapi yang di sekolah lebih banyak.. Boleh ya bun.."
Bunda : "Harganya berapa?"
Keke : "8000 bun"
Bunda : "Kalo gitu gak setiap hari ya Ke.. Sayang kan uangnya.. Mending di tabung.. Kan Keke katanya mau nonton Disney Magic"
Keke : "Gini deh bun, setiap hari bunda kasih Keke 1000. Trus dalam seminggu kan ada 7 hari berarti Keke punya 7000. Nah bunda tambahin 1000 lagi buat bonus. Jadi Keke beli yoghurtnya seminggu sekali aja. Gimana bun?"

Deal pun tercapai... Sesuai dengan permintaan Keke :)

Kira-kira awal Mei lalu, Keke cerita kalo dia jualan..

Keke : "Bun, Keke kan mau dapet uang dari temen-temen.."
Bunda : "Kok bisa, gimana caranya?"
Keke : "Jualan biodatanya Suju, SNSD sama One Direction"
Bunda : Maksudnya jualan biodata?"
Keke : "Jadi Keke nanti cari di google data-data artis yang diminta temen-temen Keke.. Trus data-datanya itu Keke print. abis itu Keke sewa-sewain deh ke temen.. 1 band Keke hargain 1000/hari"
Bunda : "Kenapa harus di sewain segala sih Ke? Kenapa gak Keke pinjemin aja?"
Keke : "Mereka gak keberatan kok.."
Bunda : "Tapi Keke gak maksa kan?"
Keke : "Ya enggak lah bun.."
Bunda : "Tapi kok temen-temen Keke mau-maunya sih nyewa? Kan kayak gitu tinggal baca aja di google"
Keke : "Masalahnya temen-temen Keke banyak yang gak boleh main komputer kalo hari sekolah bun.. Mereka cuma boleh main komputer hari Sabtu-Minggu aja. Tapi ternyata kalo Sabtu-Minggu orang tua temen-temen Keke malah suka ngajak anak-anaknya jalan-jalan. Jadi akhirnya temen-temen Keke tetep aja gak bisa main komputer.." *Oooohhh ternyata Keke melihat peluang disitu.. Hihi..
Bunda : "Trus kenapa Keke bisa kasih harga sewa 1000/band?"
Keke : Tadi ayah kan kasih Keke uang 5000 buat jajan, trus Keke balikin lagi ke ayah.."
Bunda : "Kok di balikin?"
Keke : "Bunda inget kan kalo Keke kepengen yoghurt? Kalo ayah kasih 5000 berarti masih kurang 3000. Ya udah buat kekurangannya Keke jualan ajah... Kalo 1 band 1000, 3 band kan berrati 3000. Pas deh buat beli yoghurt"
Bunda : "Oooohhh... Ya udah tapi beneran harus di kerjain ya.. Karena biar gimana Keke udah janji sama temen-temen untuk biodata itu.."
Keke : "Iya bun.."

Sampe rumah Keke langsung kerjain "barang daganganya". Chi bantuin sedikit terutama pas ngerapihin file..

Besoknya...

Bunda : "Biodatanya udah di kasih ke temen Ke?"
Keke : "Udah bun.. Di bayar 2000/data bun"
Bunda : "Kok naik harganya?"
Keke : "Kata temen Keke, dia gak jadi sewa tapi beli aja. Ya karena dia beli jadi harganya Keke naikin.."
Bunda : "Berarti sekarang Keke pegang uang dong.."
Keke : "Belom bun.. Katanya nanti di bayarnya setelah libur selesai"
Bunda : "Kalo ternyata temen Keke gak bayar gimana?"
Keke : "Keke yakin di bayar kok.. Kalo temen cewek sih gak bakal bohong.. Kalo yang cowok-cowok tuh baru Keke gak percaya.. Pokoknya kalo yang cowok harus bayar cash.."
Bunda : "Taunya kalo temen cowok suka pada bohong dari mana?"
Keke : "Mereka suka bilang nanti-nantinya pake muji-muji bun.. Maksudnya biar bisa gak bayar kali ya.."
Bunda : "Muji-muji gimana?"
Keke : "Mereka suka ngomong gini.. Bayarnya nanti ya gan.. Tuh ngapain juga mereka pake gan-gan segala.. Pasti mereka sengaja muji-muji bilang Keke ganteng supaya gak bayar kan?" *Wakssss... pede abis nih anak bunda.. Hahahha...
Bunda : "Wkwkwkkw.... Gan itu artinya juragan.. Itu kan istilahnya banyak di kaskus Ke"
Keke : "Tapi bisa juga kan gan itu artinya ganteng.. Ya suka-suka temen-temen Keke aja mau artiin apa.. Kalo Keke sih yakin artinya pasti ganteng.." *gubrak... :p
Bunda : "Hihi.. iya deh iya... Tapi ngomong-ngomong sekolah emang ngebolehin jualan-jualan kayak gitu?"
Keke : "Gak apa-apa bun asal jangan lebih dari 10.000 per barang.. O'ya bun Keke dapet orderan lagi nih.. Ada 6 band berarti kira-kira Keke bakal dapet 12.000 lagi.. Nanti kalo uangnya udah dapet Keke mau kasih 6000 ke ayah ah.."
Bunda : "Bunda gak dapet nih Ke?"
Keke : "Tadinya Keke mau kasih ke bunda, tapi kata ayah buat ayah aja.. Katanya buat ongkos tinta printer karena kalo ayah gak beliin tinta berarti Keke gak bisa jualan.. Jadi gak apa-apa ya bunda gak dapet..."

Waaaa.... emang udah naseeeebbbb gak kebagian :p

Setelah liburan selesai..

Keke : "Bun, Keke tadi udah dapet uangnya dari temen Keke.."
Bunda : "Asyiiikkk doooonngg... Sekarang mana uangnya?"
Keke : "Udah abis Keke beliin juice bun.. Hehe.."
Bunda : "Yaaaa.... gak kebagian nih bunda ceritanya? Hehe.. Tapi Ke, kalo bunda perhatiin temen-temen sekolah Keke kayaknya kebanyakan pada bawa uang jajan.. Keke suka merasa gimana gak gitu karena Keke kan nyaris gak pernah di kasih uang jajan sama bunda.."
Keke : "Enggak biasa aja.. Tapi emangnya sampe gede Keke bakal di bawain bekel terus yah bun? Kenapa?"
Bunda : "Yah Keke kan tau alasannya.. Bunda sering cerita kan kalo bawa bekel itu lebih banyak manfaatnya.. Syukurlah kalo Keke gak merasa sedih atau gimana.. Keke bisa ngerti kan alasan bunda?"
Keke : "Bisa, ya paling kalo Keke mau jajan kayak waktu itu aja nabung dulu atau Keke jualan ya bun.."

Catatan :
  1. Dari awal Chi sebetulnya cekikikan terus denger-denger idenya Keke, cara dia jualan, dll. Termasuk ketika dia mengartikan istilah "gan". Hahah..
  2. Chi lupa siapa nama temen cewek yang akhirnya beli biodata itu.. Pas postigan ini di tulis Keke udah tidur..
  3. Chi sama sekali gak bilang apakah harga segitu rugi atau untung.. Chi pengen liat keberanian & cara berpikir dia aja dulu. Apalagi inisiatif berjualan ini kan murni dari dia sendiri jadi ya untuk awal-awal Chi mengamati.. Dan Chi bangga ternyata Keke mampu liat peluang.. :D
  4. Pernah baca, kalo ada buku tentang entrepreneur untuk anak.. Tapi lupa judulnya.. Ada temen-temen yang tau gak?? Atau buku-buku lain yang recommended untuk di baca sama anak-anak? ^^
 post signature

35 komentar:

  1. Ahh..keke pintar deh..
    ajarin tante nchie jualan donk..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo sini mama olive mau di ajarin jualan apa sama Keke #Edisi sok tau nih Keke :D

      Hapus
  2. Wuiihh...calon enterpreneur nih Keke, lanjutkan Gan! hihihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya Keke ganteng juga kaaaaann? Hihi..

      Hapus
  3. wah...lucu banget ceritanya mbak...tadinya kupikir keke itu perempuan..tapi ternyata laki2..hahaha
    inspiratif deh...:D
    salam buat keke mbak..salam kenal buat mbnya juga yah...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya panggilannya itu Key.. tp lama2 jadi Keke.. :D Salam kenal juga ya.. Terima kasih udah mampir :)

      Hapus
  4. wach...kecil2 udah berani, saya aja yg besar kadang agak sedikit risakan kalo harus berjualan.he...salut dech baut keke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya sy seneng aja kl Keke udah berani jualan2.. Ya itung2 memupuk keberanian dia :)

      Hapus
  5. Wah, bagus tuh...belajar berani & berusaha sejak dini..
    ada bakat dagang tampaknya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar dr neneknya kayaknya yg rajin jualan kue :D

      Hapus
  6. Kekeeee......
    pinter amat jualannya,berbakat tuh bun...

    btw temen2nya keke pada seneng K Pop ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pada seneng termasuk Keke juga seneng.. Makanya takjub juga pas salah seorang temennya sukanya westlife :D

      Hapus
  7. hihi.. chayo Keke..
    anakku juga suka pada jualan Chi
    jualan kue buatan Ummi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah senengnya.. emang baiknya dr kecil di ajarin jd entreprener ya :)

      Hapus
  8. Hai Mbak Chi,

    Senyum-senyum baca ceritanya Keke yang cari duit dengan nyewain biodata band. Hah, memangnya biodata itu info yang penting sekali ya buat anak-anak itu sampek disewa-sewain segala..

    Tapi aku lebih tertarik sama jiwa bisnisnya. Sifat kayak gini nih patut dilestarikan. Dibimbing terus ya, Mbak. Kalo gede nanti dia nggak akan jadi pengangguran lho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. penting kayaknya .. soalnya dulu wkt kecil sy juga tergila2 boyband (inget gak NKOTB?). Sampe rela rebutan hanya demi sebuah foto NKOTB.. Wkwkkw....

      Hapus
  9. hehehe jadi inget dulu saya wkt kecil jg jualan pernak-pernik
    gak tau jg dpt ide dari mana

    salam kenal mbak :)

    BalasHapus
  10. belajar jadi enterprener sejak dini ya mbak....inspiratif...

    BalasHapus
  11. Ini keke yg cowok kecil di bak mandi itu ya? Hehehe
    Awalnya aku kira bakal bosen baca ceritanya, eh ternyata lucu! Keke masih kelas berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh.. masih inget ajah.. :p

      Keke sekarang kelas 2 ^^

      Hapus
  12. Whuaaaaa...
    Keke ini keren sekaliiiii...
    pintar melihat peluang bisniiiis...hihihi...

    dan gan ituh emang kepanjangan dari ganteng mbaaa...*ngebelain Keke*...

    ckckck...ternyata Suju dan SNSD ituh saking kerennya sampai sampai bisa membuat Keke jajan juice dan yogurt tanpa harus minta uang ke ayah bundanya...hihihi...sungguh kpop gak ada matinya deeeeh...hihihi...*terlalu fanatik*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl masih kecil sih jualan biodata ajah dulu, nanti kl udah gede kyk bibi ke Koreaaaaa... Hehe..

      Hapus
  13. Keke pintar bernegosiasi ya bun. duh jajanan anak SD mahal juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dia mah segala hal juga di negosiasiin mbak.. :D

      Hapus
  14. keke kreatif ya, kecil-kecil sudah jadi ganteng ehh juragan hehe. ini nurun siapa nih bun ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gantengnya sih nurun dari ayahnya kayaknya... Hahhaha... *sesekali muji ayahnya anak2 :p

      Hapus
  15. Wah keke kreatif ya... sini sini jadi reseller boneka korea aku. hehe
    nice posting banget bun. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii... bonekanya lucuuuuu ^^

      Hapus
    2. mau dong jadi reseller boneka koreanya.....

      Hapus
  16. Ya ampun, Mbak, jeli banget sih Keke nangkep peluang bisnis...

    Dari molai ngeprint biodata yang tadinya mau disewain, malah dijual. Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya sy juga kaget sih sebetulnya.. Ya sy dukung aja selama itu positif :)

      Hapus
  17. Salut deh sm keke gk keliatan sirik atau gimana gitu krn temen2nya rata2 pd dikasih uang jajan sementara dia cuma bw bekel dr bundanya :) pdhl yg aq tau rata2 anak2 jaman sekarang kalo yg namanya jajan mah udah wajib hukumnya hihihi ky anak2 tetanggaku di komplek tuh...
    Emang bener ya mbak kalo bekel bikinan sendiri pastinya kebersihan dan kualitas terjamin 100%

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya sy ajak ngobrol terus.. yah biar sy selalu tau perasaan dia :)

      Hapus

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
badge