Metode Belajar: Dodo dan Syamil

By Keke Naima - November 27, 2012

Beberapa tahun lalu Chi pernah nulis status di FB kalo ada kartun untuk anak yang sangat layak untuk di tonton.. Kebanyakan menyangka kalo kartun yang Chi maksud itu adalah Upin-Ipin. Padahal bukan, tapi kartun itu adalah Dodo dan Syamil

Belum kenal Dodo dan Syamil? Coba liat video yang Chi dapet dari youtube itu deh.. Video itu mengajarkan anak-anak tntang agama Islam.. Dikemas dalam video animasi dengan tokoh utamanya Dodo dan Syamil.. Ada juga tokoh Nadya, kakaknya Syamil dan juga tokoh-tokoh lainnya

Dodo di gambarkan sebagai anak yang rada nakal khas anak-anak, sementara Syamil sebaliknya. Walopun begitu mereka berdua bersahabat. Kisah dalam serial Dodo dan Syamil sederhana, seperti kehidupan kita sehari-hari.. Bahkan lucu bisa bikin Keke & Nai ketawa-ketawa, pokoknya menarik untuk anak-anak.

Chi sendiri udah tau kartun itu dari sekitar +/- 4 tahun lalu.. Waktu Keke masih TK. Yang Chi ingat waktu itu bulan Ramadhan. Salah satu stasiun televisi kita, Global Tv, menayangkan kartun ini.. Dulu Keke suka banget sama kartun ini.. Menjelang kartun ini tayang di tv, Keke udah duduk manis di depan tv kemudian menonton kartun tersebut sampe selesai, sesekali ketawa-ketawa kalo ada adegan lucu. Bahkan kalo di banding dengan Upin-Ipin aja Keke belom pernah menonton sesenang itu..

Sayangnya film tersebut cuma tayang selama bulan Ramadhan. Setelah itu kartunnya gak tayang lagi sampe sekarang.. Keke tentu aja merasa kehilangan waktu itu :(

Setelah bertahun-tahun gak nonton kartun Dodo dan Syamil, bahkan kami pun udah gak pernah mengingat lagi sebetulnya.. Sekarang kami lagi rajin nonton kartun Dodo dan Syamil lagi.. Awalnya Nai lagi buka-buka youtube.. *anak-anak memang udah bisa buka youtube sendiri, paling Chi awasin ajah..  Chi lupa dia lagi cari video apa, trus tau-tau ketemulah video Dodo dan Syamil ini..

Ternyata mereka suka banget. Dan Keke juga ternyata masih inget, dia langsung bilang "Ini kan kartun yang Keke suka banget nonton dulu waktu masih kecil..". Jadilah sekarang mereka setiap hari nonton video Dodo dan Syamil ini..

Dan untuk Nai yang gaya belajarnya bertipe visual, video ini sangat membantu Nai untuk belajar.. Contohnya ketika Nai belajar untuk ulangan fiqih. Salah satu materinya adalah menghapal 10 nama Malaikat. Cukup susah meminta Nai untuk menghapalkan nama-nama Malaikat hanya dengan cara membaca atau menerangkan.. Video Dodo dan Syamil di atas yang berjudul Malaikat itu ternyata sangat membantu Nai untuk menghapal nama-nama malaikat dengan cepat.

Chi dulu pernah terheran-heran dan sekarang jadi heran lagi, kenapa ya kartun Dodo dan Syamil ini nyaris gak pernah tayang di televisi. Kalopun pernah cuma sekejap tayang di bulan Ramadhan beberapa tahun lalu.

Kalo banyak orang yang memuji kartun Upin-Iin, banyak orang tua yang merekomendasikan dan banyak anak-anak yang mengidolakan Upin-Ipin menurut Chi kartun Dodo dan Syamil ini lebih bagus loh dari Upin-Ipin. Hasil karya Indonesia pula.. Untung aja ada Youtube, jadi kami masih bisa melihat banyak kartun Dodo dan Syamil ini.. Tengkyu Youtube!! :)

Kalo mereka lagi asyik nonton, biasanya youtubenya suka di pindahin ke layar tv. Kalo dulu mau nontonnya lewat tv, harus nunggu wiken dulu. Karena Chi gak ngerti gimana cara nyambungin kabel dari laptop ke tv *gak pernah tanya juga sih caranya ke K'Aie.. :p

Sekarang K'Aie beliin WD TV. Jadi gak perlu nyambung-nyambungin kabel. Cukup nyalain WD TVnya. Klak-klik aja remotenya (pake galaxy tab juga bs kalo lagi gak mau pk remote), semudah kayak kita mau nonton tv aja.

Keuntungannya :


  1. Mata gak pegel, karena jarak mata ke tv lebih jauh ketimbang mata ke laptop/pc. Selain itu jarak pandang mata ke tv gak sejajar
  2.  Lebih puas, karena layar tv lebih besar..
  3.  Bisa sambil tidur-tiduran nontonnya jadi gak pegel badannya
  4.  Laptopnya jadi bisa dipake sama Chi :D
Sempet-sempetnya berpose pas lagi nonton :D
Seperti ini bentuknya WD TV

  • Share:

You Might Also Like

26 comments

  1. boleh juga nih myr, cari tau ah harganya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy rekomendasiin deh Lid.. Enak kok pake WD TV :)

      Delete
  2. Tentang Upin dan Ipin, yang buatan negara tetangga itu, ternyata banyak tenaga kreatif dari Indonesia yang ikut juga membuatnya. Mula2 ada 1-2 orang. Sekarang sekitar 10-an orang yang ikut jadi tenaga kreatif dibalik Upin dan Ipin. Salah satunya adalah anak bungsu nya Marissa Haque.

    O ya, saya taunya pas ada wawancara dg anaknya Marissa tadi dengan temannya yang lagi belajar di Malaysia. Dan ternyata banyak tenaga kreatif kita yang berkiprah di dunia animasi di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurlah kalo banyak anak bangsa kita yang ikut terlibat di sana ya.. Krn anak Indonesia memang kreatif2..

      Tp kan tetep aja yg punya nama Malaysia ya.. Coba kalo kartun lokas yang di buat di sini juga punya porsi yang besar seperti Upin-Ipin misalnya.. Kayaknya lebih asik & bangga ya :)

      Delete
  3. iya bund, aku juga punya judulnya CInta ALLAH..bagus isinya ttg mengajak sholat, trus apa itu Pelangi dan bagaimana muncul nya pelangi,nama2 malaikat, macem2 deh..bagussssss..Quin lbh hapal Diva n puss sih, tp dia seneng jg ama ini tp ga panggil syamil tp kaset cinta ALLAH hehhe..hmm jd pengen beli lagiiiiiiiiii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diva & puss juga anak2 suka, tp yg paling favorit itu Dodo-Syamil ini.. Krn ada Dodonya :D

      Delete
  4. Dodo dan Syamil juga dulu disukai sama anak-anakku. Tapi skrg juga sdh tidak pernah nonton lagi. Baca ini jadi ikut tergerak utk hunting lagi.

    ReplyDelete
  5. hasex2 mantap,ni genk. trmakasih linik download nya'y

    ReplyDelete
  6. keisha juga aku beliin dvd syamil dan nadia ini, mba. lumayan dia jadi sedikit ngerti tentang islam dan Allah. Secara disini kering kerontang banget pendidikan agamanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara mengajarkan di video itu bagus ya buat anak2 :)

      Delete
  7. sama.. anak2 sy jg suka nonton vidio ini... akhirnya sy beliin dvd-nya aja...*idem dg komentar mba dessy*

    ReplyDelete
  8. oohh ini kartun toh kayaknya pernah denger, coba deh tak dunlud yaa bund :D


    keke seneng banget rek ketemu kartun jaman kecilnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. utk murid2nya Niar juga boleh nih di kasih liat :)

      Delete
  9. baru tau ada kartun dodo & syamil ini..:)
    iya sayang banget ga dibikin secara rutin ya filem kartun ini. Dan setuju ini lebih mendidik dari pada upin ipin..keren keren.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup.. lebih bagus.. Sayang gak di siarin di tv ya.. Radit juga pasti suka deh :)

      Delete
  10. Sepupuku juga suka nonton kartun dodo dan syamil ini bun :D
    itu WD TV menggiurkan hhhe

    ReplyDelete
  11. berbahagialah ortu jaman sekarang banyak pilihan fasilitas penunjang sbg sistem pembelajaran anak dan ortu..mudah2an byk dmanfaatkan oleh ortu ya, sehingga bangsa ini makin maju..cieee udah kayak ibu mentri aja nih.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. salaman dulu kalo gitu saya sm bu menteri.. hehehe..

      Delete
  12. ini dia tontonan dan cara belajar yg baik dan tepat untuk buah hati, bunda kita yg satu ini memang kreatif abiss ;d

    ReplyDelete

Terima kasih banyak sudah berkenan berkomentar di postingan ini. Mulai saat ini, setiap komen yang masuk, dimoderasi dulu :)

Plisss, jangan taro link hidup di kolom postingan, ya. Akan langsung saya delete komennya kalau taruh link hidup. Terima kasih untuk pengertiannya ^_^