الأربعاء، 13 يناير 2021

Tentang Cerita Pandemi di Tahun 2020

Tentang Cerita Pandemi di Tahun 2020 - "Optimis banget sih menghadapi tahun 2021?"
 
Ada beberapa orang yang berkata kurang lebih seperti itu. Seketika Chi langsung mikir, 'apa iya begitu?'
 
tentang cerita pandemi di tahun 2020

Kalau dipikir lagi, kadang-kadang merasa down juga. Marah, sedih, galau, dan berbagai perasaan lainnya juga suka hadir. Sama halnya dengan perasaan gembira, bahagia, dan lain sebagainya.

Tentua aja kita harus berpikiran positif, tetapi gak boleh sampai berlebihan. Jatuhnya nanti toxic positivity. Berusaha sewajarnya aja merasakan semua emosi. Kalau pun tetap ada rasa optimis karena agar tetap ada semangat untuk hidup.

Baidewei, tahun 2020 itu kan katanya jumpalitan banget. Alhamdulillah tetap dapat merasakan hikmahnya. Apa aja sih hikmah di balik cerita pandemi?


Happy Time Bersama Keluarga


Ini udah Chi ceritain di postingan sebelumnya, ya. Di tahun 2020, kebersamaan dengan keluarga tuh melimpah. Memang gak selalu berjalan mulus. Tetap ada dramanya. 

Tetapi, Chi merasa kebersamaan keluarga ini sesuatu hal yang disyukuri banget. Jadi berasa semakin dekat bondingnya. Alhamdulillah.

[Silakan baca: 2020 Tahun Kebersamaan Keluarga]


Ujian Keimanan

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Al-Baqarah : 155)

Di postingan sebelumnya, Chi cerita kalau tahun 2019 itu penuh cobaan sampai lelah lahir batin. Menjelang akhir tahun, mulai agak enak kondisinya. Makanya, Chi bertekad di tahun 2020 mau lebih banyak bersenang-senang.

Tetapi, begitu pandemi datang, amarah Chi jadi memuncak. Kok, kayaknya cobaan gak selesai-selesai? 2019 udah dibikin capek, tahun berikutnya datang pandemi. Adil gak sih ini?

Bener-bener marah di awal pandemi. Pandemi memang sangat menguji keimanan. Apakah kita akan tetap terus bersabar atau malah menjadi gak peduli?
 
Alhamdulillah gak berlarut-larut marah dan sedihnya. Ketika membaca Al-Quran, banyak ditemukan ayat-ayat yang menyejukkan. Terutama tentang sabar menghadapi ujian dan bersyukur. Ayat-ayat yang memang Chi butuhkan dalam kondisi terpuruk.

'Alhamdulillah tahun 2019 bisa dilalui dengan baik, begitu pun di tahun 2020.' Begitu lah yang tertanam di pikiran Chi. Bahwa sesulit apapun tetap bisa dilalui dengan baik. Tetap diberi kesehatan dan kebahagiaan bersama keluarga tercinta.

Itu lah alasan Chi tetap bisa optimis menjalani tahun ini. Bukan kah Allah SWT juga gak ingin hamba Nya berputus asa?

Gak berani juga mengklaim kalau sekarang Chi udah beriman banget. Tetapi, bersyukur dengan segala cobaan ini jadi bisa re-charge keimanan. Banyak hal yang sudah mulai kendor, coba dikencangkan lagi. Paling enggak, kalau lagi dikasih banyak cobaan jangan sampai juga malah nambah banyak dosa. Naudzubillah min dzalik.


Gak Merasa Sendiri


Di saat pandemi ini, bukan hanya Chi yang merasakan ujian. Rasanya hampir seluruh masyarakat dunia merasakan hal yang sama. Buat Chi merasa gak sendiri tuh pengaruh banget. Paling gak bisa memilih circle yang sama-sama menguatkan. Kalau yang masih cuek, mendingan dijauhkan aja, deh.


Mengelola Emosi dan Informasi


Di awal pandemi rasanya horror banget. Selain tidur gak nyenyak, memandang ke luar jendela aja kayaknya serem. Deg-degan aja gitu bawaannya. Meski pun ada rasa nyaman juga karena kami semua ngumpul di rumah.

Sempat kesal dengan Keke karena dia bersikeras ingin main. Untungnya setelah ngotot-ngototan, dia menurut untuk tetap di rumah aja. Lihat orang keluar rumah juga rasanya kesel banget. Pengennya semua diam aja gitu di rumah. Biar COVID-19 gak semakin mewabah.

Tetapi, lama-lama Chi belajar paham. Kita memang gak boleh mengabaikan pandemi. Tetapi, bersikap lebay juga jangan.

Belajar memahami jalan pikiran remaja tentang pandemi dengan cara berdiskusi. Karena yang pusing dengan kondisi begini gak hanya orang tua. Semua generasi bisa terkena imbasnya. Apalagi Gen Z itu sedang masa produktif. Pandemi membuat aktivitas mereka menjadi seperti terkekang. 
 

Ketika K'Aie harus ke kantor untuk pertama kalinya di masa pandemi, Chi rasanya kesel banget. Tetapi, kan memang gak semua kerjaan bisa dikerjakan dari rumah alias work from home.

Kebetulan di saat pandemi, kantornya juga pindah lokasi. Gak mungkin lah urusan pindahan dilakukan digital. Makanya K'Aie tetap harus ngantor untuk ngurusin pindahan. Bahkan ke luar kota juga.

Dari situ, kami belajar bagaimana bisa tetap beraktivitas yang aman di masa pandemi. Kami setuju kalau sebaiknya tetap di rumah aja. Tetapi, bila harus ke luar rumah, tentunya harus tau cara yang aman. Jangan malah bereuforia merasa bisa beraktivitas sebebas-bebasnya. 
 

Lagipula di rumah terus juga gak menjamin 100% aman. Kan kita gak tinggal dalam gelembung yang benar-benar terkunci dari siapa pun. Bisa aja tertular dari tamu, paketan, atau lain sebagainya. 

Jadi memang harus dipahami seperti apa cara hidup yang aman di saat pandemi. Kalau pun masih juga tertular, setidaknya kita sudah berikhtiar maksimal. Bukan karena mengabaikan segala protokol kesehatan.

Belajar memahami ini bagian dari mengontrol emosi dan informasi. Gak semua informasi ditelan mentah-mentah. Nanti malah kesel sendiri. Padahal menghadapi pandemi adalah sebuah perjalanan panjang. Harus dihemat-hemat energinya. Jangan sampai darting melulu bawaannya.
 
Hempaskan semua yang toxic, termasuk toxic positivity. Gak apa-apa kok bersedih. Semua rasa tetap harus punya ruang asalkan dikelola. Chi tau prosesnya gak mudah. Sampai sekarang pun masih harus banyak belajar.


Manusia Beradaptasi


"Jangan khawatir, Bun. Manusia bisa beradaptasi."

Chi tuh suka kasihan sama Keke dan Nai. Di saat mereka sedang aktif-aktifnya beraktivitas, tau-tau jadi serba terbatas. Padahal masa remaja kan biasanya juga lagi seru-serunya main sama teman. Eh, udah hampir setahun ini gak ketemuan sama sekali. Tetapi, justru Keke yang bilang supaya jangan khawatir karena manusia itu makhluk yang beradaptasi.

Benar juga apa yang dikatakan Keke. Awalnya memang kayak 'terpenjara'. Ya meskipun tetap lebih enak bersosialisasi langsung seperti saat normal. Tetapi, beradaptasi membuat di rumah aja tidak terasa terlalu jelek.

PJJ yang awalnya jungkir balik karena banyak drama. Terutama, dari guru-guru yang gaptek. Lama-kelamaan mulai lebih teratur. 
 

Di rumah aja juga bisa tetap hepi-hepi. Mereka yang kreatif mulai menemukan jalannya untuk tetap bisa berkreasi tanpa harus ambil risiko menambah jumlah pasien COVID-19.
 
Kangen banget kumpul dengan keluarga besar. Tetapi, tetap bahagia saat kopdar virtual. Generasi yang lebih tua belajar untuk gak gaptek. Seseruan di saat Lebaran hingga malam tahun baru bersama keluarga bisa tetap asik meskipun secara virtual.


Sortir Pertemanan 


Chi berusaha memahami tentang berbagai aktivitas yang tetap harus dilakukan saat pandemi. Gak mau langsung generalisir kalau semua itu salah. Tetapi, tetap aja ada yang termasuk Covidiot. Pandemi udah berjalan hampir setahun. Tetap aja ada yang gak peduli. Mengabaikan segala protokol kesehatan. Dikasih tau malah ngeyel.
 
Covidiot tuh ngeselin banget. Chi masih santuy kalau lihat ada pro kontra apa pun di dunia maya. Tetapi, kalau ada yang koar-koar gak percaya wabah corona, trus dia ke sana-sini dengan mengabaikan protokol kesehatan tuh rasanya ... eeerrrgghh!

Untungnya di keluarga gak ada yang begini. Kalau pun sempat ada sebar-sebar hoax, masih mau menerima bila ada yang meluruskan.

Di lingkungan pertemanan juga cuma segelintir yang begini. Langsung dijauhin aja, lah. Capek juga ngasih taunya. Mendingan kasih tau atau diskusi sama orang-orang yang sama-sama mau belajar. Biar hati juga lebih adem hehehe.


Aktivitas Menyenangkan Menjadi Self Healing


Siapa yang jadi hobi bercocok tanam sejak pandemi? Udah berapa gelas dalgona yang dibikin? Naik sepedanya udah ke mana aja?

Kalau Chi gak pernah bercocok tanam. Berasa punya 'tangan panas'. Gak telaten juga sama tanaman.

Cuma sekali doang bikin dalgona karena ngeri sama komposisinya. Sepedaan juga gak Chi lakukan karena memang takut hahaha.

Ketiga aktivitas di atas memang termasuk yang booming di saat pandemi. Tetapi, kalau kita cocok dengan ketiganya ya gak usah diikutin. Pokoknya yang penting tetap cari aktivitas yang menyenangkan bagi diri sendiri. Biar gak keingetan pandemi melulu.


Pentingnya Kesehatan


Adanya pandemi semakin menyadarkan pentingnya arti sehat. Sekarang pilek dikit aja bikin deg-degan. Jadi agak parno gitu.
 
Berasa penting deh untuk selalu menjaga iman dan imun. Insya Allah akan aman.
 
Salah satunya caranya dengan mengikuti berbagai artikel kesehatan. Tetapi, jangan ditelan mentah-mentah juga semua berita. Apalagi di saat pandemi begini tuh banyak banget bersliweran berita. Duh, harus semakin disaring, deh. Jangan malah nantinya membahayakan kesehatan diri sendiri dan keluarga.

 

Langit yang Biru

 
Setidaknya untuk 3 bulan pertama pandemi, pernah melihat langit Jakarta yang bersih. Karena PSBB membuat banyak masyarakat tidak keluar rumah. Polusi pun jauh berkurang.
 
Gak hanya di Jakarta aja yang begini. Di medsos bersliweran foto-foto di berbagai belahan dunia tentang dunia yang kembali bersih. Semakin berpikir dan nyadar kan kalau penyebab polusi memang manusia juga. 
 
Ya walaupun sekarang mulai banyak yang beraktivitas lagi, setidaknya mulai peduli deh ya dengan lingkungan. Bisa diawali dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Itulah beberapa hikmah yang Chi dapat selama pandemi. Mungkin nanti bisa ditambah lagi. Semoga pandemi segera berlalu, ya. Aamiin Allahumma Aamiin

Continue Reading
ليست هناك تعليقات
Share:

السبت، 2 يناير 2021

2020 Tahun Kebersamaan Keluarga

2020 Tahun Kebersamaan Keluarga - Rasanya kita semua sepakat kalau 2020 bukanlah tahun yang mudah untuk dijalani. Bahkan banyak yang bilang kalau hanya ada 2 bulan yaitu Januari dan Februari. Sisanya pandemi hingga sekarang.

2020 tahun kebersamaan keluarga

Tentang tahun yang gak mudah, sebetulnya sudah Chi rasakan sejak tahun 2018. Paling jumpalitan di tahun 2019. Banyak banget cerita sedih. Tetapi, cerita bahagia juga gak kalah banyak. Berasa kayak naik roller coaster. Bahagia dan sedih kadang-kadang jaraknya tipis. Sekarang bahagia, tetapi dalam hitungan jam ada kejadian sedih.

Bukan bermaksud untuk tidak mensyukuri semua kejadian bahagia dan rezeki di tahun 2019. Tetapi, serangkaian kejadian di sepanjang tahun itu membuat Chi lelah lahir batin. Pikiran kadang-kadang suka jadi 'blank'. Seringkali menjerit kecil karena kaget. Padahal K'Aie dan anak-anak sekadar menyapa. Biasanya kalau begitu pikiran lagi kosong.

Gak perlu lah ya Chi ceritain di sini tentang segala kejadian di tahun 2019. Bukan konsumsi publik juga. Malah sebetulnya Chi pengen lupain tahun 2019. Makanya gak pernah diceritain di blog hehehe. Tetapi, yang pasti di awal tahun 2020, Chi bertekad untuk menjadi lebih bahagia.

Sebetulnya dari dulu gak pernah bikin resolusi. Tetapi, dengan segala jumpalitan di tahun 2019, Chi berharap bisa lebih santai di 2020. Udah merencanakan libur agak panjang juga di bulan Maret meskipun anak-anak belum libur sekolah hihihi.


Ingin Semakin Dekat dengan Keluarga


hikmah di masa pandemi

Banyak yang bilang kalau Chi dan K'Aie dekat dengan anak-anak. Tetapi, sampai tahun 2019 itu Chi mulai galau dengan kedekatan ini. 

Chi memang kerap kali bilang kalau bonding adalah sesuatu yang mahal. Gak bisa terjalin instan. Itulah pentingnya mengeratkan ikatan batin ini sejak dini.

Tetapi, semakin besar Keke dan Nai, mulai timbul galau di hati Chi. Masih gak ya bisa dekat sama anak?

Penyebab kegalauannya karena mereka semakin sibuk dengan berbagai kegiatan. Pulang ke rumah udah sore atau menjelang maghrib. Quantity time semakin berkurang. Tinggal quality time yang tetap bertahan dan coba ditingkatkan.

Tetapi, kan tetap aja khawatir. Bisa gak ya kualitas kebersamaan tetap ada meskipun quantitynya berkurang? Teorinya sih seharusnya bisa. Hanya saja mengingat tahun 2019 banyak cobaan yang bikin hati Chi down, jadi suka ada rasa agak renggang bonding ma keluarga. Kalau lagi sensian gitu jadi semakin baper.

Pada saat pandemi, waktu berkumpul bersama keluarga sangat melimpah. Tentu aja gak mau disia-siakan. Meskipun jalannya gak selalu mulus. Salah satu rintangannya adalah aktivitas belajar dari rumah. PJJ memang berasa banget bedanya dengan pelajaran tatap muka. Tetapi, diusahakan enjoy aja meskipun sesekali ada dramanya.

Kami jadi mulai sering ngobrol dari hal receh sampai serius, bergantian memasak (kadang-kadang barengan), mengurus rumah bersama, dan lain sebagainya. Beneran semakin berasa kebersamaannya. Jadi kayak balik ke masa Keke dan Nai masih kecil. Di mana mereka masih banyak menghabiskan waktu di rumah. Bahkan sekarang K'Aie pun sering di rumah karena gak harus ke kantor setiap hari.

Memang gak selalu berjalan mulus dan adem ayem. Namanya juga keluarga. Ribut-ribut kecilnya masih ada. Tetapi, kebersamaannya juga semakin erat. Perasaan labil, pikiran kosong, emosi yang kerap berubah-ubah secara cepat seperti di 2019 udah jarang Chi rasakan. Di tahun 2020 lebih banyak tertawanya. Menangis udah gak sebanyak tahun sebelumnya. 
 
Bukan berarti tahun 2020 tuh nyaman banget. Chi juga sama kok kayak banyak masyarakat lainnya. Bukan tahun yang mudah. Tetapi, memang secara pribadi lebih bisa bersabar dan banyak tertawa saat menjalaninya dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Masih ada hikmah-hikmah lainnya yang patut disyukuri sepanjang tahun 2020. Terutama saat pandemi datang. Kapan-kapan Chi tulis, ya. Sebagai pengingat juga bahwa seberat apapun masih bisa tetap bertahan. Banyak pelajaran berharga di tahun kemarin. Alhamdulillah 
 


Berharap Lebih Baik di 2021


harapan di tahun 2021

Semua berharap tahun 2021 pandemi sudah berakhir. Ya semoga aja do'a dan harapan kita semua ini akan dikabulkan oleh Nya. Aamiin Allahumma Aamiin.

Meskipun vaksin kabarnya sudah ada. Tetapi, rasanya mengawali tahun masih terasa berkabut. Angka penambahan yang positif Covid-19 di Indonesia saat ini sedang tinggi-tingginya. Rumah sakit penuh di mana-mana. Para nakes semakin kewalahan. Sedihnya lagi yang abai protokol kesehatan masih aja banyak.

Bersyukur dulu sepanjang tahun 2020 menjadi semakin akrab dengan keluarga. Masih bisa merasakan bahagia. Tetap diberi kesehatan dan rezeki. Ya semoga aja tahun 2021 masih bisa tetap bertahan bahkan lebih baik. Gak mau terlalu berekpektasi tinggi juga.

Ya meskipun masih terasa 'berkabut' di awal tahun bukan berarti akan selamanya suram. Seperti foto Chi ini. Ketika perlahan kabutnya menghilang akan terlihat pemandangan yang indah. Insya Allah akan seperti ini. Tetap semangat dan patuh dengan protokol kesehatan, ya!

Thank you 2020. Welcome 2021.

Continue Reading
هناك 68 تعليقًا
Share:

الخميس، 24 ديسمبر 2020

Resep Japanese Curry Tacos by House Kari ala Jepang

Resep Japanese Curry Tacos by House Kari ala Jepang - "Chi, besok mamah kirimin makanan ya ke rumah."

Setiap 2 minggu atau sebulan sekali, mamah suka kirim makanan ke rumah kami. Padahal kami gak pernah meminta karena gak ingin merepotkan. Lagipula, Chi juga setiap hari memasak. Tetapi, ya begitulah mamah. Alasannya kangen masakin buat anak dan cucu. 

resep japanese taco curry house kari ala jepang
 
Begitu pun ketika kami menginap di rumah mamah. Selalu aja mamah memasak berbagai masakan untuk anak, menantu, dan cucu-cucunya. Kalau ada 1 orang aja yang belum terlihat makan, bisa dipanggilin melulu disuruh makan hehehe. Mamah kelihatan seneng banget kalau kami semua terlihat lahap.


Momderful, Wonderful Spicy Dish by House Kari ala Jepang

 
house kari ala jepang
 
Setelah menjadi ibu, Chi semakin paham dengan sikap mamah yang seperti itu. Senang banget rasanya kalau masakan yang dibuat disukai oleh semua anggota keluarga. Bahkan ketika anak-anak sudah menikah pun, mamah tetap ingin memasak untuk anak dan cucunya.

Masakan ibu memang selalu spesial. Tetapi, pernah gak punya keinginan sesekali gantian anak yang masakin buat ibu? 
 
Yakin banget deh kalau ibu akan merasa bahagia. Keke dan Nai kadang-kadang suka bikin masakan untuk orangtuanya. Chi selalu merasa terharu, lho.

Hmmm ... Kira-kira apa ya masakan spesial Hari Ibu untuk mamah? 
 
Sabtu (19/12) Chi menonton IG Live Cooking di akun IG @dapurkarialajepang. Ada Putri Habibie yang sedang memasak Taco Curry menggunakan bumbu dari House Kari ala Jepang.

Tunggu dulu .... Bisa gak ya mamah disuguhin menu kari? Mengingat waktu keluarga besar kami jalan-jalan ke Malaysia, mamah tuh menghindar banget sama makanan yang serba kari. Bahkan kalau ada resto yang tercium bau kari pun, mamah gak mau masuk.

kari jepang pedas
 
Sebelum acara memasak dimulai, ada yang Chef Chandra Yudasswara yang menjelaskan berbagai jenis kari. Ternyata, kari memang ada berbagai macamnya. Kalau kari India, baunya memang cukup tajam karena rempah-rempahnya yang banyak dan beraroma kuat. Begitu pun dengan kari Indonesia, masih cukup banyak rempahnya. 
 
Tetapi, kari Jepang lebih light dari aroma dan juga rasa. Cocok nih untuk yang tidak menyukai kari dengan aroma yang tajam banget. Untuk teman-teman uang peduli dengan halal dan haram, ini bumbu kari jepang halal. Sudah ada logo halal MUI di kemasannya.
 
Takahiro Kuramochi, President Director PT House And Vox Indonesia, mengutarakan bahwa “rasa Kari Jepang sangat enak dan disukai banyak orang, khususnya bagi orang Indonesia. Karena kami tahu bahwa Indonesia memiliki ragam menu yang variatif, kaya rempah dan gurih seperti Kari yang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.”

Pada acara live cooking "Momderful - Wonderful Spicy Dish" bertepatan dengan virtual launching produk terbaru House Kari ala Jepang yaitu varian spicy. Dalam rangka menyambut Hari Ibu, 22 Desember 2020, varian terbaru ini siap memanjakan lidah para penggemar rasa pedas. 
 


Re-cook Japanese Curry Tacos Putri Habibie


kari jepang halal
 
Bumbu kari saus padat (kari roux) House Kari ala Jepang bukan sesuatu yang baru untuk Chi. Sejak mengenalnya setahun lalu, sekeluarga udah langsung suka. 
 
Beberapa kali pernah memasak menggunakan bumbu instan ini di rumah. Selain suka dengan rasanya, cara memasaknya juga praktis banget. Tinggal siapin bahan-bahan sayur dan lauknya aja.

Komposisi kari roux ini memang sudah komplit rasanya. Gak perlu dikasih pengental dan bumbu perasa lagi. Tinggal dicampur ke bahan yang ditambah, tambahkan sedikit air, kemudian diaduk sebentar. Masakan pun siap dinikmati. 

Kali ini, Chi mau re-ccok Taco Curry buatan Putri Habibie. Saat ini, taco termasuk makanan yang sedang digemari. Beberapa hari lalu, Keke sampai rela antre panjang untuk beli taco di salah satu resto.

resep japanese taco curry
 
Taco bukan makanan asing di keluarga kami. Nai sering bikin kulit tortilla di rumah. Isiannya gonta-ganti, tergantung selera.

Kulit tortilla / taco yang sering Nai bikin itu jenis soft. Bukan taco shells. Anak-anak memang lebih suka soft taco daripada yang teksturnya kriuk.

bumbu instan padat saus kari
 
Pas banget nih lihat Putri Habibie membuat Taco Curry di acara IG Live Cooking @dapurkarialajepang. Semua bahan-bahannya pun ada di rumah. Gak perlu belanja lagi. Tinggal re-cook aja. Baidewei, resep dan cara membuatnya, Chi tulis persis seperti yang dibagikan oleh Putri Habibie.

Bahan-Bahan:

  • Bumbu House Kari ala Jepang Spicy
  • Air
  • Bawang Bombay, iris kotak- kotak kecil
  • 1 wortel, potong kecil-kecil 
  • 350gr daging sapi cincang
  • Soft taco / taco shell
  • Selada, iris secukupnya

Cara membuat:

  1. Tumis wortel dan bawang bombay hingga harum. 
  2. Masukkan daging hingga berwarna kecokelatan.
  3. Tuangkan air dan aduk hingga mendidih.
  4. Masukkan kari roux. Aduk hingga larut dan mengental.
  5. Sajikan dengan soft taco / taco shell dan selada.
 
Catatan: 

  1. Chi menggunakan 1kg daging sapi cincang. Jadi jumlah bahan-bahan lainnya pun menyesuaikan. Chi pakai 4 buah wortel brastagi (kalau di supermarket biasanya ditulis wortel import), 4 buah bawang bombay berukuran kecil, dan 2 blok kari roux.
  2. Jumlah kari roux bisa disesuaikan dengan selera. Buat Chi, untuk 1kg daging cincang cukup menggunakan 2 blok
  3. Jumlah air juga sesuai selera. Bila ingin lebih berkuah, maka airnya pun semakin banyak.
  4. Tidak perlu menambahkan bahan perasa lainnya seperti gula dan garam. Karena rasa rouxnya sudah komplit.
  5. Taco bisa menggunakan yang soft atau shell
  6. Kulit tortilla dipanaskan di pan tanpa minyak / margarin, hingga agak gosong kemudian balik. Diamkan sebentar, setelah itu angkat dan siap digunakan.
  7. Alternatif lain selain taco, bisa gunakan roti tawar, kulit lumpia, puff pastry, kebab, atau lainnya.
  8. Bumbu saus padat House Kari ala Jepang bentuknya seperti blok coklat. Bila masih ada sisa, masukkan kembali ke dalam kotaknya, tutup rapat, dan simpan di kulkas. Bisa juga tetap disimpan di suhu ruangan. Asalkan jauhkan dari benda lain yang aromanya tajam.
  9. Masukkan isian daging yang sudah dingin ke dalam wadah tertutup rapat. Kemudian simpan di kulkas.
  10. Bila ingin digunakan, bisa dipanaskan sebentar di microwave atau pan.
  11. Mencairkan roux kari ini harus dengan air panas. Makanya Chi lakukan berbarengan dengan proses memasak. Tidak bisa dicairkan dengan microwave. Tetapi, bila sudah jadi, boleh dihangatkan menggunakan microwave.

Bila teman-teman baru pertama kali menggunakan bumbu saus padat House Kari ala Jepang, sebaiknya pakai sedikit dulu. Kalau kurang bisa ditambahkan lagi sampai dapat rasa kari yang diinginkan.

resep kari jepang praktis
 
Untuk resep ini, Chi memang sengaja hanya kasih 2 blok. Nanti bisa ditambah lagi, menyesuaikan selera masing-masing. Tetapi, 2 blok ini juga udah berasa bumbu kari dan pedasnya. Kuahnya juga Chi bikin sedikit banget. Karena pengen menikmati taco sambil digenggam tanpa kuahnya luber ke mana-mana.

Japanese Tacos Curry ini cocok buat dinikmati kapan pun. Kalau kami menikmatinya saat sore hari atau sarapan. Biasanya kan cari makanan lain selain nasi. Nah, tacos curry ini mengenyangkan, deh. Karinya berasa, ada rasa manis juga dari wortel dan bawang bombay, serta kesegaran daun selada yang crunchy.
 
daging cincang kari jepang
 
Sengaja bikin sampai 1kg daging sapi cincang karena stok yang di freezer memang segitu. Nanggung kalau cuma dibikin sedikit. Lagipula Chi memang suka bikin stok makanan. Nanti bisa dimodifikasi untuk berbagai makanan.

Daging cincang di freezer itu rencananya mau dibikin isian untuk martabak. Pas banget ada resep dari Putri Habibie dia IG Live cooking House Kari ala Jepang. Isiannya juga enak buat dibikin martabak.

house kari ala jepang spicy
 
Kami suka dengan bumbu House Kari ala Jepang yang original. Produk terbarunya yaitu spicy flavour pun sama enaknya. Perbedaannya ada sedikit sensasi rasa pedas. Tetapi, gak sampai bikin kepedesan banget, kok. Ini pedes tipis-tipis aja.
 
1kg saus daging cincang kari yang Chi bikin ini gak bertahan lama juga. Baru juga matang, Nai udah ambil piring kecil buat digadoin. Pagi-pagi bikin nasi goreng dengan saus daging kari. Baru deh siangan bikin Japanese Tacos Curry. Sisa stok tingga sedikit di kulkas hehehe.

Kari Jepang Pedas ini Chi rasa akan semakin disukain oleh masyarakat Indonesia. Tetapi, bila dirasa kurang pedas, teman-teman bisa tambahkan bubuk cabai atau irisan cabe segar pada tumisannya. Banyaknya sesuai selera, ya.
 
 bumbu praktis kari jepang halal
 
Alternatif lainnya Chi sajikan di mangkok untuk disajikan bersama tortilla. Seladanya Chi ganti dengan coleslaw. Salad yang juga paling sering Chi bikin dan dijadikan stok di kulkas. Boleh ditambahkan dengan mayonaise / thousand island bila suka.
 
Saus dagingnya Chi panaskan dulu di pan, tambahkan air dan roux kari. Sesekali diaduk hingga bumbu praktis kari jepang halal ini meleleh dan meletup-letup kuahnya. Tuang ke dalam mangkok. Tortilla chips yang crispy, salad dingi, dan saus kari daging jadi perpaduan yang enak banget!

Siap deh menyambut hari spesial sambil menikmati Curry Tacos by House Kari ala Jepang

Continue Reading
هناك 34 تعليقًا
Share:

الاثنين، 21 ديسمبر 2020

Paket Halo Unlimited Tawarkan Akses Tanpa Batas untuk Kenyamanan Pelanggan

Paket Halo Unlimited Tawarkan Akses Tanpa Batas untuk Kenyamanan Pelanggan - Kalau dipikir-pikir lagi udah sekitar 20 tahunan Chi menggunakan kartuHalo. Termasuk yang lumayan lama atau lama banget? 
 
Tapi, ya Chi nyaman banget pakai kartu ini. Apalagi sekarang ada paket Halo Unlimited yang menawarkan akses tanpa batas yang memang banyak orang mengakses seperti aplikasi MAXSTREAM (MAXstream App, beIN SPORTS connect, HBO GO, IFLIX, VIU, UseeTV GO, Vidio, Sushiroll, Genflix, RCTI+, Disney+ Hotstar), GamesMAX (Free Fire, MLBB, AoV, PUBGM, LINE Lets Get Rich, Marvel Super War, Rise of Nowlin), MusicMAX (LangitMusik, JOOX, Smule, Spotify, Svara, Resso), serta aplikasi pesan instan (WhatsApp, LINE) dan e-commerce (Shopee, Tokopedia, dan Lazada). 
 
Dengan menggunakan paket Halo Unlimited ini Chi bisa lebih produktif selama masa pandemi yang mengharuskan melakukan segala sesuatunya hanya dari rumah. Bukan hanya untuk kebutuhan pekerjaan dan sekolah saja. Bahkan untuk kebutuhan lainnya yang mengharuskan menggunakan banyak aplikasi yang di sediakan oleh paket Halo Unlimited ini. 
 
akses tanpa batas halo unlimited
 
Bayangin aja, sejak Maret bisa dibilang gak pernah ke mana-mana. Merasa bosan itu udah pasti. Padahal sebagai manusia butuh hiburan. 
 
Sebelum pandemi, staycation atau sekadar nongkrong di coffee shop untuk mencari hiburan bisa menghilangkan kejenuhan. Tetapi, saat ini berpikir panjang banget kalau mau ke luar, Meskipun udah mematuhi protokol kesehatan saat berada di luar. Rasanya lebih nyaman tetap di rumah aja. 
 
Mulai deh tuh mencari berbagai hiburan di dunia digital. Naima senang menonton berbagai film, terutama drakor. Sedangkan Keke lagi senang main PUBG. 
 
Chi sendiri beralih ke kegiatan belanja online. Daripada ambil risiko, mending belanja dari rumah. Harganya juga seringkali sama. Malah bisa lebih murah. 
 
Kegiatan-kegiatan tersebut membutuhkan internet untuk di rumah yang tinggi, tapi jangan sampai salah pilih paket internet, ya. Bisa-bisa malah bikin emosi apalagi ketika koneksi internet mengalami masalah. Udah gitu kalau kejadiannya di saat genting. Ketika anak-anak lagi menghadapi ujian di sekolah maupun bimbel. Errrgggh! 
 
Senangnya tuh, ada paket Halo Unlimited dari kartuHalo Telkomsel selalu menjadi solusi di rumah. Cuzz, deh! Aplikasi yang disediakan nya pun cukup banyak dan memudahkan kita untuk mengaksesnya dan lancar lagi untuk kembali beraktivitas secara dunia digital. 
 
Pandemi memang membuat jadi berpikir ulang tentang paket internet yang selama ini digunakan. Pemakaian yang meningkat, membuat biaya paket internet bertambah. Padahal kan pengennya berhemat. 
 
Sedangkan kalau bertahan dengan paket yang biasa-biasa aja, sepertinya gak cukup karena kebutuhannya meningkat. Butuh paket internet unlimited terbaik dari segi kuota maupun harga.

 

Pengalaman sebagai Pengguna Lama kartuHalo

 
 halo unlimited menawarkan berbagai akses tanpa batas
 
Sebagai pelanggan lama, pastinya nomor kartuHalo yang Chi pakai ini masih sedikit digitnya. Sampai beberapa kali pernah dikonfirmasi ulang sama orang lain. Bener ini nomornya, Mbak? Kok, sedikit banget angkanya? 
 
Bener kok itu nomornya. Sekaligus menunjukkan kalau Chi memang udah lama menjadi pelanggan Telkomsel, khususnya kartuHalo. Happy deh punya nomor spesial begini hehe 
 
Pertama kali kenalan sama kartuHalo itu dipengaruhi sama alm. papah. Waktu itu, Chi baru diterima kerja. Gaji pertama langsung dibeliin hp. Pertama kalinya punya hp, tetapi bingung milih kartunya.
 
Papah menyarankan pakai kartuHalo. Karena papah udah duluan pakai kartu ini dan menjelaskan kelebihannya. Kebetulan juga saat itu lagi ada penawaran paket keluarga. 
 
Chi percaya aja lah sama saran papah. Kalau papah bilang bagus, biasanya memang Chi setuju. Terbukti kan Chi terus pakai kartu ini sampai 20 tahun lebih. 

 

Halo Unlimited, Paket Internet Unlimited Terbaik dari Telkomsel 

 
 keuntungan menggunakan halo unlimited
 
Paket Halo Unlimited merupakan paket data terbaru untuk pelanggan kartuHalo yang memberikan kuota data besar, paket berlangganan layanan video on-demand, hingga akses tanpa batas di berbagai aplikasi streaming video dan musik, game, pesan instan, serta e-commerce terpopuler.
 
Dari awal menggunakan kartuHalo, Chi sudah menemukan berbagai kemudahan dan kenyamanan yang dirasakan. Hingga akhirnya mencoba migrasi ke paket Halo Unlimited. Tentunya gak ribet lagi sekarang harus top up melulu. Apalagi buat Chi yang suka lupa begini. Pernah beberapa kali punya kartu kedua selain kartuHalo dan selalu berakhir dengan hangus karena lupa isi pulsa atau perpanjang paket layanan internet. 
 
Telkomsel juga jaringannya sangat luas dan ada di mana-mana. Makanya urusan koneksi internet di rumah atau di manapun selalu lancar banget.
 
 paket kartu halo
 
Dan kemarin denger kalau Telkomsel baru saja mengeluarkan paket Halo Unlimited. Langsung deh Chi tertarik untuk mencari tau. Kalau melihat dari perbandingan dua gambar di atas, meskipun sama-sama paket kartuHalo, tetapi Halo Unlimited ini kelihatan lebih menguntungkan. 
 
Apa yang ditawarkan di Halo Unlimited sesuai dengan kebutuhan akan dunia digital saat ini. Jadi kepengen banget untuk pindah paket, nih! Abisnya kelihatan lebih menguntungkan. 
 
Paket Halo Unlimited memberikan akses unlimited untuk berbagai aplikasi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari diantaranya adalah

  1. WhatsApp dan LINE supaya chatting-an bisa jalan terus
  2. Bebas belanja berbagai kebutuhan tanpa kuota di Shopee, Tokopedia, dan Lazada
  3. Puas-puasin menonton berbagai tayangan favorit di MAXstream, beIN Sports Connect, HBO GO, Iflix, VIU, UseeTV GO, Vidio, Sushiroll, Genflix, RCTI+, dan Disney+ Hotstars
  4. Penggemar game online bisa seseruan dengan puas di Free Fire, Mobile Legend, Arena of Valor, PUBG Mobile, LINE Let’s Get Rich, Marvel Super War, dan Rise of Nowlin
  5. Langit Musik, JOOX, Smule, Spotify, Svara, dan Resso untuk yang senang mendengarkan musik
 
beberapa paket halo unlimited
 
Cara beli paket internet Telkomsel selalu mudah, termasuk untuk Halo Unlimited. Melalui situs https://www.telkomsel.com/halounlimited, Chi tinggal pilih paket Halo Unlimited apa yang diinginkan. Paketnya mulai dari Rp100 ribu per bulan. Tinggal ikutin step by step-nya. 
 
cara aktivasi dan migrasi halo unlimited
 
Beberapa hari lalu, K’Aie bilang mau migrasi. Dia kan selama ini pakai kartu pra bayar Telkomsel. Sebetulnya udah lama dia bilang mau migrasi ke pasca bayar Telkomsel, tetapi belum juga dilakukan.
 
Di saat pandemi, di mana kebutuhan akan internet semakin meningkat, K’Aie mulai berpikir untuk migrasi kembali. Apalagi melihat Chi yang kelihatan nyaman banget pakai kartuHalo. Gak ribet harus isi pulsa melulu. Tinggal bayar bulanan. 
 
Berhasil juga ya Chi bikin K’Aie pengen migrasi ke kartuHalo. Prosesnya juga tetap mudah. Unduh aja apps MyTelkomsel, aplikasi self-service yang memudahkan para pelanggan Telkomsel.
 
 asisten virtual telkomsel
 
Bila ada yang ingin ditanyakan, terkait proses aktivasi kartu atau migrasi bisa ke Asisten Virtual Telkomsel. Ada beberapa pilihan untuk menghubungi. 
 
Ayo deh beralih ke kartuHalo dari Telkomsel, aktifkan paket Halo Unlimited, dan rasakan kenyamanannya!

Continue Reading
هناك 104 تعليقات
Share:

السبت، 19 ديسمبر 2020

5 Ide Merayakan Tahun Baru di Rumah Aja Bersama BARDI Smart Home

5 Ide Merayakan Tahun Baru di Rumah Aja Bersama BARDI Smart Home - Tahun baru 2021 tinggal menghitung hari. Udah di depan mata banget. Kemungkinan besar akan banyak yang merayakan di rumah aja karena pandemi. Bahkan beberapa pemerintah daerah sudah melakukan larangan untuk menggelar malam pergantian tahun.

5 ide merayakan tahun baru bersama bardi smart home
 
Kesel gak sih harus merayakan tahun baru di rumah?

Kalau Chi pribadi sih enggak. Dari dulu juga lebih sering merayakan di rumah. Sejak sebelum ada pandemi paling gak suka berkerumun dengan  orang banyak sekadar merayakan malam pergantian tahun. Apalagi kalau harus 'menikmati' macet. Duh enggak mau, deh! 
 
Makanya lebih sering berada di rumah di rumah sendiri atau kumpul bersama keluarga besar. Karena akhir tahun kan berbarengan dengan libur sekolah. Jadi beberapa kali kumpul keluarga. Tetapi, ngumpulnya tetap di rumah.


Merayakan Tahun Baru di Rumah 


ide merayakan malam tahun baru bersama keluarga
 

Barbeque Party

Salah satu momen yang selalu ditunggu anak-anak saat tahun baru adalah makanannya. Anak-anak bisa makan steak sepuasnya pada malam tahun baru. Biasanya sehari atau beberapa jam sebelum malam pergantian, Chi dan K'Aie membeli daging dan sausnya. 

Makanan pendampingnya ada sosis, jagung manis, kentang goreng, dan lain sebagainya. Tetapi, yang paling ditunggu ya steaknya. 
 
K'Aie yang selalu bertugas memasak setiap tahun baru. Nai biasanya ikut membantu. Chi dan Keke tinggal makan aja hahaha.


Movie Marathon

Waktu masih remaja, Chi paling suka malam tahun baru karena banyak film bagus di tv. Padahal dulu kan channel tv belum sebanyak sekarang, ya. Tapi, itu aja udah puas banget.
 
Coba deh mulai ngelist film atau serial apa aja yang mau ditonton di malam tahun baru. Biar lebih spesial, bisa bikin ala-ala bioskop.
 
Kalau K'Aie suka pasang projector biar layarnya semakin besar. Soundnya pun dibikin lebih seru. Trus, ngegelar kasur dan bantal-bantalnya. Asiiiik!

 

Bermain Game

main gamekonsol bersama keluarga
 
Bermain game di sini gak harus online di hape masing-masing, loh. Kalau punya konsol, bisa nih main bareng sama keluarga. Apalagi kami sekeluarga penggemar game. Seru banget!

Main board game juga asik. Cobain deh monopoli atau board game lain. Enaknya kalau begini mainnya rame-rame.


Karaokean

 fitur musik smart light bulp
 
Ayo yang pada seneng menyanyi, juga asik nih karaokean. Chi dan keluarga besar kalau udah kumpul juga suka nyanyi-nyanyi. Senangnya itu meskipun jenis lagunya bukan yang kita suka, tetapi kalau udah kumpul seru-seru aja.


Ngobrol

Ih, ngobrol kan aktivitas harian!

Iya bener, tetapi 'kan boleh juga sesekali ngobrol dengan tema spesial di akhir tahun. Misalnya saling curhat atau merenung apa aja yang udah terjadi selama setahun. Kalau lagi kumpul dengan keluarga besar, kami bisa betah lho ngobrol berjam-jam. Dari mulai obrolan serius sampai becandaan yang bikin sakit perut karena ketawa melulu.


BARDI Smart Home Bikin Tahun Baru Semakin Asik


Tahun baru, suasana rumah harus baru?

Sebetulnya gak harus juga. Tetapi, seneng aja kalau punya suasana baru meskipun gak harus renovasi total.

Kayak saat ini, Chi pakai 3 produk dari BARDI yaitu Smart Light Bulb, IR Remote, dan Smart IP Cam. Tetapi, di sini mau Chi ceritain yang lampu dan remote dulu, ya. Kalau yang IP cam bakal tayang di blog Jalan-Jalan KeNai.

Punya Smart Light Bulb dan IR Remote tuh bikin jiwa mager Chi bersorak gembira hahaha. Menyalakan dan mematikan lampu kelihatannya sepele, ya. Tetapi, kadang-kadang bikin malas juga, lho.


BARDI Smart Light Bulp 9W - RGBWW

Harga: Rp 115.000,00

bardi smart light bulp
Bisa pilih mau lampu kuning atau putih. Intensitas warnanya pun bisa diatur sesuka hati.

 

"Bun, enak juga ya punya lampu kayak di rumah Adhi."

K'Aie ngomong seperti itu ketika melihat adik Chi pakai 'lampu pintar' di rumahnya. Tinggal on/off pakai aplikasi. Bahkan intensitas cahayanya juga bisa diatur.

Menyalakan/mematikan lampu kelihatannya aktivitas yang sepele, ya. Tetapi, suka mager banget deh kalau udah sore hari dan haru mulai menyalakan lampu. Apalagi kalau sedang berada di lantai atas. Males aja turun naiknya hehehe.

Makanya, seneng banget, sekarang kami pun pakai BARDI Smart Light Bulp. Kami tinggal setting jam berapa lampu akan menyala dan mati setiap harinya. Jadi gak perlu on/off setiap hari juga lewat hp. Benar-benar lampu pintar!
 
Asalkan waktunya udah disetting dan posisi saklar on, udah auto mati dan nyala. Koneksi internet juga tentu harus ada. Aplikasi ini kan diinstal di hp K'Aie. Kalau sore hari, lampu rumah udah otomatis menyala, meskipun K'Aie masih di kantor.

warna lampu bardi smartlamp
Selain lampu putih dan kuning, teman-teman suka lampu warna apa?

 

Gak hanya itu. Dari satu lampu aja bisa banyak pilihan warna. Lagi pengen lampu putih, kuning, atau warna-warni? Gak perlu gonta-ganti bohlam. 
 
 manfaat memiliki smartlamp
Beberapa fitur di aplikasi BARDI Smart Light Bulp

 

Pilihan fiturnya juga banyak. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau kondisi hati hehehe. Paling seru ada fitur musik. Nanti lampunya akan nyala warna-warni mengikuti irama musik. Seru kan tuh buat acara karaokean di saat malam tahun baru. Kalau penasaran seperti apa, silakan lihat IG story @ke2nai yang HL BARDI. 
 
Musiknya juga gak harus dari hp. Asalkan ada musik yang terdengar jelas dari sumber manapun, kemudian settingan BARDI Smart Light Bulp di fitur musik, maka lampunya pun akan langsung mengikuti irama lagu.


BARDI IR Remote 10M - BLK

Harga: Rp160.000,00
 
 bardi ir remote
 
Kalau magernya kurang puas hanya dengan urusan lampu, yuk pasang BARDI IR remote. Ini tuh remote universal. Hanya dengan satu perangkat saja, sudah bisa dipakai untuk on/off AC, TV, dan perangkat lainnya yang menggunakan remote infra red. Kurang nyaman kayak gimana lagi coba kalau serba dimudahkan begini.
 
Dengan sudut pemancaran di 360 derajat dan jarak hingga 10m, remot BARDI dapat mengendalikan banyak perangkat yang dalam garis pandang karena signal infrared tidak dapat tembus halangan.
 
Remote tuh kadang-kadang bikin drama juga. Suka lupa disimpan di mana. Tapi, gak bisa juga di miss call kayak hp. Kadang-kadang suka agak kesel kalau jadi ketambahan kerjaan buat cari remote.
 
Paling sering tuh kejadian ma remote tv. Semakin banyak orang, semakin ke mana-mana. Misalnya saat kumpul keluarga di malam tahun baru. Udah pindah-pindah deh remotenya. Kalau ada remote universal di hp kan bisa mengurangi drama mencari remote hehehe.
 
Cara pasangnya gak sulit. Cukup dicolokkan ke listrik. Tentu juga membutuhkan koneksi internet supaya alatnya bisa bekerja. 

BARDI memiliki beberapa produk. Tidak hanya lampu dan IR remote. Semua produk hanya dikumpulkan 1 aplikasi saja yaitu BARDI Smart Home. Jadi gak akan menuh-menuhin hp dengan banyak aplikasi. Teman-teman bisa mengunduhnya di PlayStore atau iOS.

So, merayakan tahun baru gak harus ke mana-mana juga bisa tetap asik, kan? Rencananya tahun ini kami juga masih sama seperti sebelumnya. Tetapi, ada kemungkinan juga di rumah adik. Ya sama-sama di rumah hehehe.
 
K'Aie: "Bun, tadi lampu udah dinyalain? AC udah dimatiin?"
Chi: "Duh! Kayaknya sih udah, Yah. Etapi, apa balik lagi aja, ya."
 
Kebiasaaaan .... Sebetulnya udah dikerjain, tetapi kalau ditanya mendadak ragu-ragu. Bila masih deket rumah biasanya suka balik lagi. Tetapi kalau udah jauh ya pasrah hehehe. Makanya terbantu banget nih kalau pakai BARDI smart light bulp dan IR remote. Semua bisa dikontrol melalui 1 aplikasi. Asiiiik!

Continue Reading
هناك 26 تعليقًا
Share: